Terapi Alternatif: Apa Manfaat Suplemen, Homeopati, Atau Kiropraktik Bagi Kesehatan Anda?


By Fery Irawan

Pengobatan alternatif tidak hanya dengan mengonsumsi tanaman obat saja, beberapa jenis terapi alternatif seperti konsumsi suplemen, homeopati, dan kiropraktik juga dapat dilakukan. Jika Anda asing mendengar istilah tersebut, perhatikanlah keterangan berikut ini!

Suplemen

Siapa yang tak asing dengan kata tersebut, suplemen bisa disebut sebagai makanan penambah nutrisi yang mengandung beragam vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Konsumsi suplemen biasanya dilakukan jika seseorang memang kekurangan nutrisi atau tidak mendapatkan nutrisi dari makanan yang dikonsumsinya. Kebutuhan akan suplemen juga diperuntukkan bagi mereka yang memiliki anemia ataupun osteoporosis, bahkan mencegah cacat pada janin.

Walaupun konsumsi suplemen dapat di kata aman, tapi bila di konsumsi berlebihan ini dapat menimbulkan gangguan yang berbahaya bagi kesehatan. Misalnya, konsumsi suplemen berlebih dapat mengganggu penyerapan zat gizi lainnya. Selain itu kerja ginjal pun jadi semakin berat, karena ia harus menyaring kelebihan vitamin dan mineral yang dikeluarkan lewat urin.

Homeopati

Metode ini mula-mula di ciptakan oleh Samuel Hahnemann pada tahun 1796. Pengobatan ini bersifat lembut atau lebih ringan dibandingkan dengan metode pengobatan lainnya. Ya, pengobatan homeopati di landasi oleh sebuah prinsip “like cures like” dan teori penggunaan dosis minimum. Apa maksudnya? Pengobatan ini dilakukan dengan melakukan proses penguraian obat secara berulang hingga tidak ada molekul yang tersisa.

Menurut sebuah ensiklopedia bebas, metode homeopati berupaya mencari zat yang menjadi penyebab suatu gejala penyakit dan menguraikan zat tersebut untuk melawan gejala yang sama pada orang sakit. Jenis obat yang diberikan berdasarkan pengamatan dari buku referensi dengan mempertimbangkan gejala yang dialami pasien secara keseluruhan, kondisi fisik maupun psikologis, dan sejarah kehidupannya.

Apakah memang efektif? Menurut artikel The Journal of the American Medical Association, homeopati dapat menjadi alternatif pengobatan yang penting bagi kebanyakan pasien pengidap penyakit kronis yang tidak terdiagnosis dengan saksama. Namun, jika Anda berada dalam keadaan yang sangat kritis atau darurat, ada baiknya memilih perawatan medis konvensional. Homeopati terbukti berkhasiat atasi asma, alergi, serta diare pada anak-anak.

Baca Juga:  Terapi: Pernahkah Anda Mencoba Terapi Belatung?

Kiropraktik

Di Amerika Serikat, kiropraktik telah menjadi bagian dari terapi alternatif yang umum dengan metode berupa manipulasi tubuh. Fokus utama penyembuhan penyakit berdasarkan pada proses memosisikan kembali saraf tulang belakang yang tidak pada tempatnya. Proses manipulasi spinal untuk menyesuaikan bentuk tulang belakang seingkali digunakan.

Kiropraktik diterapkan saat Anda merasa nyeri dan jarang dilakukan pada kondisi lain. Saat Anda merasa nyeri pinggang yang tak terobati oleh metode konvensional ada baiknya mencoba kiropraktik. Menurut beberapa pasien di Amerika Serikat, metode demikian cukup memuaskan.

Karena tindakan ini dilakukan oleh orang yang benar-benar ahli, maka jarang sekali terjadi komplikasi atau efek samping. Kecuali jika proses ini diterapkan pada bagian leher yang beresiko terhadap kelumpuhan ataupun stroke. Untuk menghindari hal yang tidak diinginkan para terapis akan memeriksa keamanannya terlebih dahulu, sebelum memulainya.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}