Kurangi Olahraga Anda Jika Mengalami Tanda-Tanda Bahaya Ini

183
Tanda-Tanda Olahraga Berlebihan Itu Seperti Apa?
Credit Photo: Maridav / BigStock
5
(1)

Kita selalu dianjurkan untuk berolahraga secara teratur agar kesehatan tetap terjaga untuk waktu yang lama. Tapi rupanya selain memberikan manfaat kesehatan dan hal-hal positif lain, ada juga dampak negatif dalam olahraga. Ya, khususnya olahraga secara berlebihan justru dapat mengakibatkan masalah kesehatan. Olahraga berlebihan itu seperti apa? Apa tanda-tanda olahraga kita sudah berlebihan?

Artikel ini akan mengulas tentang dampak negatif dari olahraga secara berlebiahn serta tanda-tanda yang perlu diwaspadai. Dengan begitu kita bisa tahu bagaimana berolahraga yang baik tanpa harus melakukannya secara berlebihan.

Seperti Apa Tanda-Tanda Olahraga Berlebihan Itu?

Agar tubuh menjadi lebih kuat dan lebih tahan banting, kita perlu melatihnya. Tetapi kita juga butuh memberinya istirahat. Faktanya, istirahat adalah bagian penting dari olahraga. Tujuannya supaya tubuh punya waktu untuk memulihkan diri dan siap untuk latihan fisik selanjutnya.

Kalau kita tidak cukup istirahat, maka bukan dampak positif dalam olahraga yang kita dapatkan tetapi dampak negatif pada kesehatan fisik dan sekaligus mental kita. Ya, olahraga dapat lebih banyak mengakibatkan hal-hal buruk ketimbang yang baik. Seperti apa tanda-tanda olahraga berlebihan itu?

Ciri-Ciri Olahraga Berlebihan 1: Berkurangnya Kemampuan Olahraga

Berkurangnya kemampuan dalam olahraga adalah salah satu pertanda awal dari olahraga berlebihan. Tingkat kemampuan olahraga tesebut lebih jelas terlihat pada jenis-jenis olahraga aerobik seperti berlari, berenang, dan bersepeda.

Tanda-Tanda Olahraga Berlebihan 2: Kehilangan Motivasi untuk Olahraga

Kehilangan atau berkurangnya motivasi atau kesenangan untuk berolahraga merupakan tanda utama dari kelelahan. Ini lebih sering terjadi pada atlet angkat berat, pelari cepat, atau pemain sepak bola yang diharuskan memiliki kecepatan dan kekuatan.

Ciri-Ciri Olahraga Berlebihan 3: Perubahan Suasana Hati

Depresi, kesal, bingung, cemas, dan gampang marah sering dirasakan apabila tubuh kita kelelahan secara fisik. Hormon stres yang dikeluarkan saat kita sedang stres secara emosi juga dikeluarkan saat kita sedang tertekan secara fisik.

Tanda-Tanda Olahraga Berlebihan 4: Butuh Waktu Lama untuk Pulih

Olahraga secara berlebihan dapat mengakibatkan nyeri otot yang terus ada hingga berjam-jam atau bahkan berhari-hari setelahnya. Jika badan tetap terasa sakit dan pegal dalam waktu cukup lama, itu artinya kita butuh lebih banyak istirahat.

Ciri-Ciri Olahraga Berlebihan 5: Jantung Berdetak dengan Cepat

Olahraga secara berlebihan dapat mengakibatkan jantung harus bekerja lebih keras. Akibatnya detak jantung kita menjadi lebih cepat meski sedang tidak melakukan aktivitas apapun, di antara 50 – 60 denyut per menit.

Baca juga:  Aneka Manfaat dari Berjalan Kaki
Olahraga secara Berlebihan Dapat Mengakibatkan Denyut Jantung Meningkat
Credit Photo: stevanovicigor / iStock

Tanda-Tanda Olahraga Berlebihan 6: Merasa Kelelahan

Kelelahan secara mental ataupun fisik adalah tanda-tanda utama kebanyakan olahraga. Memang salah satu cara untuk mengatasi kelelahan ialah dengan olahraga, tapi kalau dilakukan secara berlebihan justru akan mengakibatkan masalah dan lebih banyak dampak negatif daripada positif.

Ciri-Ciri Olahraga Berlebihan 7: Susah Tidur

Pola tidur kita bisa terganggu akibat tubuh yang terlalu lelah. Jadi bukannya lebih mudah tertidur karena kelelahan, kita malah jadi gelisah dan tidak bisa tidur.

Tanda-Tanda Olahraga Berlebihan 8: Nafsu Makan Berkurang

Berkurangnya nafsu makan dapat dialami berbarengan dengan munculnya perasaan kelelahan dan kehilangan motivasi untuk olahraga. Itu kemungkinan karena tubuh secara paksa berupaya mengurangi bebannya dengan cara memperlambat metabolismenya.

Ciri-Ciri Olahraga Berlebihan 9: Lemak Tubuh Bertambah

Jika berat badan turun tetapi lemak tubuh bertambah, itu mungkin akibat kelebihan olahraga. Tubuh merespons stres berkepanjangan dengan meningkatkan kadar hormon stres, termasuk kortisol.

Seiring waktu ini akan menyebabkan peningkatan penyimpanan jaringan adiposa, serta menghambat hormon seperti steroid yang biasanya membantu meningkatkan massa otot. Berkurangnya massa otot dapat membuat kita kehilangan bobot badan, tetapi membuat tubuh kurang efisian dalam membakar lemak.

Tanda-Tanda Olahraga Berlebihan 10: Kekebalan Tubuh Melemah

Olahraga secara berlebihan dapat mengakibatkan melemahnya sistem kekebalan yang akhirnya membuat kita gampang sakit. Selain melemahnya kekebalan, tubuh juga bisa lebih mudah mengalami peradangan dan cedera. Dan peradangan kronis (yang terjadi dalam waktu lama) kemudian dapat memicu penyakit serius seperti diabetes, gangguan jantung, dan kanker.

Jika Anda selama ini melakukan olahraga yang cukup berat dan mengalami tanda-tanda seperti di atas, kemungkinan besar Anda sudah melakukannya secara berlebihan. Ada baiknya kurangi intensitas olahraga kita atau beristirahat tidak olahraga selama 1 – 2 minggu. Sering kali hanya itu yang Anda butuhkan agar kembali pulih.

Kalau masih merasa letih meski sudah istirahat 1 – 2  minggu, sebaiknya temui dokter. Anda mungkin perlu terus beristirahat atau mengurangi intensitas olahraga Anda selama 1 bulan atau lebih. Dokter bisa memberikan nasihat tentang kapan waktu yang tepat untuk mulai olahraga lagi serta olahraga seperti apa yang tidak berlebihan dan aman bagi Anda.

Bagaimana Cara Agar Olahraga Tidak Berlebihan?

Kita bisa menghindari olahraga secara berlebihan jika “mendengarkan” tubuh kita dan memberinya istirahat yang cukup. Selain itu ada juga tips-tips lain untuk memastikan bahwa olahraga yang kita lakukan tidaklah berlebihan:

  • Mengonsumsi kalori yang cukup sesuai dengan tingkat intensitas olahraga Anda
  • Minumlah air yang cukup saat berolahraga
  • Upayakan untuk tidur setidaknya 8 jam setiap malam
  • Jangan berolahraga di tempat yang sangat panas atau sangat dingin
  • Kurangi atau berhentilah berolahraga jika Anda merasa tidak sehat atau sedang stres
  • Beristirahatlah setidaknya selama 6 jam di antara waktu olahraga
  • Setiap minggu jadwalkan satu hari penuh tanpa olahraga
Baca juga:  14 Makanan Untuk Mempercepat Penyembuhan Cedera Akibat Olahraga: Bagian 2

Ingatlah tips-tips di atas agar olahraga tidak secara berlebihan dan tidak mengakibatkan dampak-dampak negatif, melainkan hanya manfaat positif bagi kesehatan.

Dampak Positif dan Negatif dalam Olahraga
Credit Photo: Thanatip S. / Shutterstock

Olahraga Berlebihan yang Dilakukan secara Kompulsif

Ada beberapa orang yang berolahraga secara kompulsif. Artinya olahraga bukan lagi sesuatu yang dilakukan karena keinginan, tetapi karena keharusan. Jadi jika tidak olahraga rasanya seperti melakukan semacam “pelanggaran”. Berikut adalah tanda-tanda olahraga berlebihan yang dilakukan secara kompulsif:

  • Anda merasa bersalah atau cemas jika tidak berolahraga
  • Anda terus berolahraga, bahkan di saat sedang sakit atau terluka
  • Teman, keluarga, atau dokter khawatir Anda sudah kebanyakan olahraga
  • Olahraga tidak lagi menjadi sesuatu yang menyenangkan
  • Anda tidak masuk kerja, sekolah, atau acara sosial hanya untuk berolahraga
  • Anda tidak lagi mengalami menstruasi (jika Anda wanita)

Olahraga secara kompulsif bisa jadi ada kaitannya dengan gangguan makan, seperti anoreksia dan bulimia. Olahraga secara berlebihan yang disertai gangguan makan dapat mengakibatkan masalah pada jantung, tulang, otot, dan sistem saraf.

Segera Temui Dokter Apabila Anda:


  • Mengalami tanda-tanda olahraga berlebihan setelah 1 – 2 minggu istirahat
  • Mengalami tanda-tanda olahraga berlebihan yang dilakukan secara kompulsif
  • Merasa tidak bisa mengendalikan seberapa banyak Anda berolahraga
  • Merasa tidak bisa mengendalikan seberapa banyak Anda makan

Dokter mungkin akan menyarankan Anda untuk menemui konselor yang menangani orang dengan gangguan olahraga kompulsif atau gangguan makan. Dokter atau konselor mungkin dapat membantu Anda dengan memberikan terapi perilaku kognitif atau dengan meresepkan obat antidepresan.

Kesimpulan tentang Tanda-Tanda Olahraga Berlebihan

Memang ada manfaat positif dalam olahraga, tetapi jika dilakukan secara berlebihan akan menimbulkan dampak negatif pada kesehatan fisik dan mental kita. Seperti apa tanda-tanda olahraga berlebihan itu?

10 tanda-tanda yang perlu diwaspadai yaitu: berkurangnya kemampuan olahraga, kehilangan motivasi untuk olahraga, perubahan suasana hati, butuh waktu lama untuk pulih, jantung berdetak dengan cepat, merasa kelelahan, susah tidur, nafsu makan berkurang, lemak tubuh bertambah, dan kekebalan tubuh melemah.

Apa Anda mengalami ciri-ciri olahraga berlebihan seperti itu? Sebaiknya kurangi atau hentikan dulu kegiatan olahraga Anda, dan berikan istirahat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh Anda. Beristirahatlah selama setidaknya 1 sampai 2 minggu sebelum melanjutkan lagi kegiatan olahraga. Tapi ingat setelah itu pun Anda perlu menjaga jangan sampai olahraganya berlebihan lagi.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang dampak dari kebanyakan berolahraga. Semoga informasi ini dapat membantu Anda mengerti cara yang benar untuk berolahraga agar manfaatnya maksimal bagi tubuh. Nantikan juga ulasan-ulasan menarik lain seputar olahraga hanya di Deherba.com.


Sumber Referensi:

MedlinePlus. Are You Getting Too Much Exercise?. Reviewed: 2018-03-08. URL: https://medlineplus.gov/ency/patientinstructions/000807.htm. Accessed: 2019-12-17

Bush, Chelsea. 10 Signs You’re Exercising Too Much. Published: 2010-11-05. URL: https://health.usnews.com/health-news/blogs/on-fitness/2010/11/05/10-signs-youre-exercising-too-much. Accessed: 2019-12-17


Terima kasih sudah membaca. Seberapa bermanfaat informasi ini bagi Anda?

(1 tidak bermanfaat / 5 sangat bermanfaat)

Rating: 5 / 5. Pemilih: 1

Ikuti media sosial kami untuk terus terhubung dengan deherba.com!

Maaf sekali artikel ini belum bermanfaat untuk Anda

Bantu kami untuk meningkatkan artikel ini!

Beritahukan apa yang bisa kami lakukan untuk meningkatkan mutu artikel ini?