Apakah Anda Sudah Cukup Berolahraga? Rasakan Manfaatnya Rutin Olahraga!


By Cindy Wijaya

Tampaknya obat lain manapun tak dapat bekerja sebaik program olahraga rutin yang sanggup menjamin kesehatan Anda dalam jangka panjang. Pernyataan ini ditulis oleh Dr. Walter Bortz II, seorang profesor fakultas kedokteran pada tahun 1982. Sampai sekarang, prinsip dari pernyataan diatas tampaknya masih berlaku karena banyak pakar kesehatan yang mengutip pernyataan tersebut. Kalau begitu, bagaimana dengan Anda? Apakah Anda sudah cukup berolahraga supaya kesehatan terjamin?

Ada orang yang berpendapat bahwa mereka tidak gemuk jadi tidak usah berolahraga. Orang yang kegemukan memang perlu cukup berolahraga, namun sekalipun Anda tidak gemuk, program olahraga rutin bisa memperbaiki kesehatan dan mencegah berbagai penyakit serius, termasuk kanker.

Disamping itu, penelitian belakangan ini menunjukkan bahwa kegiatan fisik bisa mengurangi kecemasan dan bahkan mungkin mencegah depresi. Faktanya, banyak orang kurus yang menderita tekanan mental dan emosi, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan gangguan kesehatan lain yang diperburuk kurang olahraga. Jadi, cukup berolahraga sama-sama bermanfaat bagi mereka yang gemuk maupun yang tidak.

Gaya Hidup Kurang Gerak—Apa Itu?

Terdapat banyak pendapat mengenai bagaimana gaya hidup kurang gerak itu. Kebanyakan pakar kesehatan setuju dengan pedoman umum yang berlaku bagi kebanyakan orang. Berdasarkan pedoman yang diakui oleh beberapa organisasi kesehatan, Anda termasuk kurang gerak apabila:

  • Tidak berolahraga atau melakukan aktivitas fisik energik sedikitnya 30 menit tiga kali dalam seminggu
  • Tidak bergerak kemanapun sewaktu melakukan aktivitas yang santai
  • Jarang berjalan lebih dari 100 meter dalam sehari
  • Lebih sering duduk selain waktu tidur
  • Memiliki profesi yang tidak mengharuskan aktif secara fisik.

Jadi, dari pedoman diatas, sudahkan Anda cukup berolahraga? Jika jawabannya tidak, Anda bisa mulai mengubahnya dari sekarang juga. Bagaimana caranya?

Tetapkan Tujuan yang Sewajarnya

Langkah pertama saat membuat rencana untuk mulai suatu program olahraga adalah dengan menetapkan tujuan yang realistis. Mulailah secara perlahan dan tingkatkan kegiatan olahraga dengan bertahap. Misalnya dimulai dengan menyisipkan beberapa menit kegiatan fisik tambahan setiap hari dan tingkatkan sampai 30 menit selama beberapa hari setiap minggu.

Kegiatan fisik tambahan tersebut cukup hanya dengan yang biasa-biasa saja, misalnya berjalan kaki dan menaiki tangga, hanya kali ini dilakukan lebih sering, lebih lama, atau lebih cepat. Anda sebaiknya berfokus pada keteraturan, ketimbang pada intensitas. Jadi, jadwalkanlah hari dan jam yang dikhususkan untuk berolahraga. Dan berpeganglah sebisanya pada jadwal tersebut.

Meskipun meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari sudah cukup bisa menghasilkan manfaat kesehatan yang terlihat nyata, namun para pakar kesehatan menyatakan bahwa manfaat yang lebih besar dapat diperoleh dari kegiatan olahraga yang lebih energik. Ini termasuk olahraga jalan cepat, joging, bersepeda, berenang, dan olahraga-olahraga aerobik lainnya.

Setelah beberapa minggu Anda menjalankan jadwal olahraga secara teratur, kemungkinan besar hal tersebut sudah jadi kebiasaan dan bagian normal dari hidup Anda. Besar juga kemungkinannya Anda mulai merasakan beragam manfaat kesehatan dari gaya hidup cukup berolahraga.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}