Stadium Kanker Ginjal

119
Stadium Kanker Ginjal
shutterstock_598101971

Diedit:

Tahukah Anda bagaimana stadium kanker ginjal dapat dilakukan? Apa manfaatnya bagi Anda dengan mengetahui stadium kanker ginjal berikut? Mengapa penting untuk memahami stadium kanker ginjal? Kapan stadium kanker ginjal diberitahukan oleh dokter? Mari perhatikan kanker ginjal stadium 1, kanker ginjal stadium 2, kanker ginjal stadium 3, atau kanker ginjal stadium 4 berikut ini!

Temukan info selengkapnya seputar stadium 1 hingga stadium 4 dari kanker ginjal yang menyerang Anda dalam artikel berikut ini! Simak bagaimana penentuan stadium kanker ditetapkan!

Stadium Kanker Ginjal

Setelah seseorang divonis menderita kanker ginjal, maka dokter akan mencari tahu penyebaran kanker, selanjutnya dokter akan mengamati seberapa jauh jangkauannya guna menentukan stadium kanker. Tahukah Anda bahwa setiap tingkatan pada kanker menggambarkan tingkat keparahan kanker. Ini membantu dokter dalam menentukan cara tepat untuk mengobatinya. Stadium kanker merupakan faktor penentu keberhasilan pengobatan kanker ginjal.

Sistem penentuan stadium yang paling sering digunakan ialah TNM yang ditentukan oleh 3 informasi penting, yakni; T – menandakan bentuk ukuran kanker (primer) serta jangkauan kanker di area sekitarnya. N – menandakan penyebaran kanker yang mencapai kelenjar getah bening disekitarnya. M – menandakan penyebaran kanker menuju organ terjauh dari ginjal, biasanya penyebaran kanker ginjal menyerang otak, paru-paru, bahkan tulang.

Baik angka juga huruf dibelakang T, N atau M merupakan rincian lanjutan sehubungan dengan faktor tersebut. Tingginya angka stadium mengartikan tingkat kanker yang lebih parah. Begitu klasifikasi T, N atau M berhasil diketahui, maka informasi ini akan dijadikan satu dalam sebuah proses pengelompokan stadium untuk menetapkan keseluruhan tahapan kanker berdasarkan ciri-ciri kanker ginjal yang ada.

Stadium awal kanker atau stadium 0 (disebut juga karsinoma in-situ) dan kemudian meningkat mulai dari stadium awal I sampai stadium akhir IV. Beberapa stadium dikelompokan dalam sub-kategori yang ditandai dengan huruf A, B, atau C.

Baca juga:  Obat Kanker Ginjal Alami Khas Indonesia

Berikut ulasan kanker ginjal stadium 1, kanker ginjal stadium 2, kanker ginjal stadium 3, atau kanker ginjal stadium 4!

Kanker Ginjal Stadium 1

Pada stadium ini besar ukuran tumor mencapai 7 cm bahkan lebih kecil dari ukuran tersebut dan hanya terdapat pada ginjal. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tidak ada penyebaran sel kanker yang menuju kelenjar getah bening atau organ jauh lainnya.

Kanker Ginjal Stadium 2

Pertama, pada stadium ini besar ukuran tumor bisa mencapai 7 cm atau lebih tapi masih berada disekitar ginjal saja. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tidak ada penyebaran sel kanker yang menuju kelenjar getah bening atau organ jauh lainnya.

Kedua, pada stadium ini tumor tumbuh di pembuluh darah utama maupun ke jaringan di sekitar ginjal, namun sel kanker belum mencapai kelenjar adrenalin maupun di luar fasia Gerota. Hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa tidak ada penyebaran sel kanker yang menuju kelenjar getah bening atau organ jauh lainnya.

Kanker Ginjal Stadium 3

Pada stadium ini tumor (primer) memiliki ukuran yang beragam dan berada keluar ginjal, juga penyebarannya belum berada di luar fasia Gerota. Hasil pemeriksaan memperlihatkan bahwa penyebaran kanker telah mencapai kelenjar getah bening disekitarnya. Namun, penyebarannya belum mencapai kelenjar getah bening yang jauh dari ginjal atau organ terjauh lainnya.

Kanker Ginjal Stadium 4

Pertama, pada stadium ini tumor (primer) telah tumbuh di luar fasia Gerota dan berkembang menuju kelenjar adrenalin yang berada di atas ginjal. Sel kanker bisa jadi menyebar ataupun tidak menyebar menuju kelenjar getah bening disekitarnya. Penyebaran sel kanker juga belum menjangkau kelenjar getah bening serta organ lain yang jauh dari ginjal.

Kedua, pada stadium ini tumor (primer) memiliki ukuran yang beragam dan sudah berkembang di luar ginjal. Penyebaran kanker bisa saja telah menyebar atau tidak menyebar pada kelenjar getah bening disekitar ginjal. Namun, penyebaran kanker telah menyerang kelenjar getah bening maupun organ lain yang jauh dari ginjal.

Sekalipun sistem stadium TNM sangat berguna, beberapa dokter menemukan bahwa ada beberapa faktor penentu selain stadium kanker ginjal yang harus dipertimbangkan saat menentukan stadium kanker dan obat kanker ginjal. Misalnya, peneliti telah menghubungkan beberapa faktor penentu yang menghubungkan antara kesanggupan pasien dalam menghadapi kanker dengan penyebaran kanker yang telah menjalar diluar ginjal.

Baca juga:  Pencegahan Kanker Ginjal

Demikianlah penjelasan mengenai kanker ginjal stadium 1, kanker ginjal stadium 2, kanker ginjal stadium 3, atau kanker ginjal stadium 4 tersebut.