Pengobatan Kanker Ginjal

492
pengobatan kanker ginjal

Diedit:

Tahukah Anda apa pengobatan kanker ginjal yang tepat bagi penderita penyakit ginjal? Adakah obat kanker ginjal yang mampu atasi penyakit ini? Jika Anda mengidap penyakit kanker ginjal, janganlah khawatir akan keberadaan penyakit ini. Anda dapat pulih kembali, bagaimana caranya? Simak uraiannya dalam artikel berikut!

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan pilihan informasi pengobatan kanker ginjal baik secara medis ataupun secara herbal. Ayo temukan beberapa informasi menarik lainnya dalam artikel berikut!

Pengobatan Kanker Ginjal!

Setelah Anda melewati beberapa tahap pemeriksaan, barulah Anda dan dokter dapat berdiskusi mengenai jenis obat kanker ginjal yang sesuai dengan keadaan Anda.

Beberapa pilihan pengobatan kanker ginjal secara medis dapat berupa nefrektomi, cryoablasi, ablasi radiofrekuensi, ataupun terapi radiasi. Mari kita perhatikan penjelasan lebih lanjut mengenai metode pengobatan kanker yang disebutkan ini!

Nefrektomi

Mulai dari nefrektomi yang disebut sebagai pengangkatan ginjal. Pengangkatan salah satu ginjal merupakan situasi manakala sel kanker dikhawatirkan merusak ginjal lainnya. Nefrektomi dibagi menjadi 2 bagian yang disebut dengan nefrektomi parsial (sebagian) dan nefrektomi radikal (seluruh).

Pada nefrektomi radikal, karena kedua ginjal sudah diangkat maka pasien perlu melakukan dialisis. Ini merupakan salah satu cara pengobatan kanker ginjal yang bisa Anda terapkan. Pasien yang kehilangan kedua ginjalnya tentu tidak dapat beraktifitas seperti sediakala, bahkan membutuhkan donor ginjal sehat untuk membantunya menikmati kehidupan seperti semula.

Adapun beberapa komplikasi yang bisa terjadi karena prosedur medis ini, yakni; infeksi, perdarahan hingga kematian. Namun, biasanya dokter akan menjelaskan risiko dan alternatif pengobatan kanker ginjal lain yang sesuai dengan kondisi pasien.

Cryoblasi

Adapula cryoablasi yang dilakukan apabila tidak memungkinkan Anda untuk melakukan operasi. Proses ini dilakukan dengan membekukan sel kanker, awalnya sebuah jarum akan dimasukkan melalui kulit melewati ginjal yang terkena kanker dengan bantuan sinar-x.

Baca juga:  Pencegahan Kanker Ginjal

Lalu, gas akan melalui jarum dan membekukan sel kanker. Mengenai keamanan dari metode ini masih perlu diteliti lebih jauh terutama bagi pengobatan kanker ginjal.

Untuk menghancurkan sel kanker, maka jaringan yang telah dibekukan ini akan melalui proses pencairan. Proses ini akan dilakukan secara berulang hingga sel kanker benar-benar hilang. Cryoblasi juga dilakukan untuk meringankan gejala dan rasa sakit.

Ablasi Radiofrekuensi

Kebalikan dari metode ini ialah ablasi radiofrekuensi dengan pemanasan. Prosesnya dibantu dengan aliran listrik. Sinyal listrik yang dihantarkan akan menghalangi rasa sakit pada syaraf sehingga tidak terasa sakit. Pada kasus tertentu, metode ini dapat mengurangi rasa sakit hingga 2 tahun menurut laporan dari kompas.com dan mampu meminimalisasi penggunaan obat oral.

Terapi

Adapula terapi imun serta terapi radiasi guna mengurangi penyebaran kanker. Dalam sebuah artikel liputan 6 menerangkan bagaimana terapi imun membantu sebagai salah satu pengobatan kanker ginjal. Menurut situs tersebut, terapi imun biasanya dilakukan pada stadium kanker ginjal tahap lanjut. Pada beberapa kasus pengobatan kanker awal terapi yang digunakan masih berupa; kemoterapi dan radiasi saja.

Terapi imun sudah ada sejak tahun 1985 yang disempurnakan pada tahun 2010. Terapi imun atau yang dikenal dengan imunoterapi ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan daya tahan tubuh Anda. Konsepnya bahwa peningkatan daya tahan tubuh akan mampu menghadapi serangan penyakit, sehingga sel penyebab kanker ginjal dapat ditumpas oleh kemampuan tubuh sendiri.

Sarang Semut

Herbal yang satu ini dikenali dapat membantu proses pemulihan dari serangan kanker, bahan dasar alaminya sendiri ialah Sarang Semut Papua yang terdapat pada tanaman epifit asli Papua. Kandungan anti kanker dalam Sarang Semut menjadikannya sebagai obat kanker ginjal yang bisa menjadi pilihan pengobatan.

Baca juga:  Obat Kanker Ginjal Alami Khas Indonesia

Demikianlah beberapa metode yang dapat Anda terapkan sebagai pengobatan kanker ginjal. Sebelum menentukan jenis pengobatan kanker mana yang tepat dengan Anda, pastikan agar melakukan pemeriksaan medis terlebih dahulu.

Pemeriksaan medis membantu Anda untuk memastikan ciri-ciri kanker ginjal yang Anda alami, beserta dengan jenis pengobatan medis mana yang cocok dengan situasi Anda. Hal ini juga membantu Anda dalam menemukan obat kanker ginjal alami sebagai pengobatan kanker ginjal alternatif.

Advertisement
Alinesia