Bagikan Artikel Ini:

Diedit:

Dapatkah Kanker Ginjal Dicegah? Dalam banyak kasus, penyebab kanker ginjal belum diketahui secara pasti. Bahkan saat penyebabnya diketahui dalam beberapa kasus lain (seperti kondisi bawaan), kanker ginjal tetap tidak dapat dicegah. Tapi ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi risiko penyakit ini. Apa saja tindakan pencegahan kanker ginjal yang mampu mengurangi risiko serangan kanker?

Dalam artikel ini Anda akan memperoleh informasi seputar pencegahan kanker ginjal, mulai dari menghentikan kebiasaan merokok, mengurangi konsumsi minuman beralkohol, mewaspadai kandungan bahan kimia tertentu, serta melakukan pemeriksaan berkala. Simak penjelasan selengkapnya dalam artikel berikut!

Pencegahan Kanker Ginjal

Tahukah Anda bahwa faktor yang berbeda dapat menyebabkan beragam jenis kanker? Maka dari itu banyak periset yang masih terus meneliti faktor penyebab kanker ginjal. Dengan mengetahui penyebab kanker ginjal, maka diharapkan agar pencegahan kanker ginjal dapat dilakukan juga.

Meskipun tidak ada cara yang terbukti efektif yang benar-benar dapat mencegah penyakit ini, Anda mungkin dapat menurunkan risiko kanker ginjal dengan metode berikut:

Hentikan Kebiasaan Merokok

Jika Anda masih ingin menikmati kehidupan berharga yang Anda miliki, cobalah untuk menghentikan kebiasan merokok. Ingatlah pesan singkat dan gambar mengerikan yang ada pada kemasan rokok merupakan kenyataan yang harus Anda alami dengan mengisap rokok. Rokok bertanggung jawab atas sebagian besar kasus serangan kanker, sehingga berhenti merokok dapat menurunkan risiko kanker.

Berhenti merokok merupakan cara nomor satu yang dapat Anda lakukan untuk membantu mencegah kanker ginjal. Zat berbahaya dalam asap tembakau yang diserap darah dapat merusak ginjal dan meningkatkan kemungkinan terkena kanker ginjal atau kemunculan kanker untuk kedua kali setelah perawatan.

Kontrol Berat Badan

Obesitas dan tekanan darah tinggi juga menjadi faktor risiko terjadinya kanker ginjal. Mempertahankan berat badan yang sehat dengan berolahraga dan memilih diet tinggi kaya buah atau sayuran, serta mendapatkan pengobatan tekanan darah tinggi juga dapat mengurangi kemungkinan terkena penyakit ini.

Waspada Bahan Kimia

Jika Anda bekerja dibawah paparan bahan kimia, bisa jadi serangan kanker dapat berisiko tinggi. Terutama zat berbahaya seperti kadmium dan pelarut organik. Kadmium merupakan zat logam serupa dengan seng dan raksa yang cukup berbahaya. Kadmium merupakan zat yang biasa digunakan sebagai pelapis baja sehingga tidak mudah mengalami korosi. Kadmium memilki kadar oksidasi tingkat +2, oksidasi merupakan proses pelepasan elektron yang perlu diperhatikan dan dapat membahayakan Anda.

Jika Anda berada di lingkungan kerja tersebut, cobalah sebisa mungkin untuk mengurangi kontak langsung terhadap paparan zat berbahaya tersebut. Cobalah untuk memperlengkapi diri Anda dengan perlengkapan yang dapat melindungi Anda, seperti; helm, sarung tangan, masker, kacamata khusus dan pakaian khusus guna melindungi diri Anda dan mengurangi kontaminasi zat berbahaya.

Jadi, hindarilah paparan bahan kimia berbahaya dan iritasi yang membuka peluang masuknya zat berbahaya ke dalam tubuh. Lakukan tindakan pencegahan keamanan yang tepat jika Anda bekerja di lingkungan dengan bahan kimia berbahaya, untuk melindungi ginjal Anda.

Lakukan Pemeriksaan Berkala

Tindakan pencegahan lainnya yang bisa Anda pertimbangkan ialah melakukan pemeriksaan kanker ginjal berkala. Cobalah memastikan agar tekanan darah Anda tetap dalam batas normal. Pemeriksaan skrining kanker juga dapat dilakukan untuk membantu menemukan kanker ginjal pada tahap awal, sehingga meningkatkan peluang keberhasilan obat kanker ginjal.

Pemeriksaan ini biasanya memberika hasil optimal dengan efek samping yang lebih sedikit. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan saat pasien sehat dan tidak memiliki gejala spesifik.

Banyak jenis kanker dapat dicegah sampai batas tertentu dengan melakukan tindakan pencegahan kanker ginjal dan menjalani gaya hidup sehat. Melakukan langkah-langkah ini dapat membantu Anda dalam menurunkan risiko terkena kanker ginjal dan menghindari kambuhnya kanker ini.  Ayo cegah kanker ginjal dari sekarang!