5 Ciri-Ciri Kanker Ginjal yang Mudah Dikenali

117
Ciri-Ciri Kanker Ginjal
Ciri-Ciri Kanker Ginjal

Diedit:

Tahukah Anda bahwa dampak buruk dari kanker ginjal seringkali menimbulkan komplikasi yang serius? Selain itu, agar Anda tidak salah mengira antara penyakit biasa dengan kanker ginjal, Anda perlu memahami apa ciri-ciri kanker ginjal atau gejala-gejala kanker ginjal.

Dengan memahami gejala kanker ginjal atau ciri kanker ginjal, maka tanda-tanda kanker ginjal akan mudah untuk dikenali. Dalam artikel ini Anda akan melihat 5 ciri-ciri kanker ginjal yang menurut Mayo Clinic perlu diperhatikan. Apa sajakah itu?

5 Ciri-Ciri Kanker Ginjal!

Penyebaran sel kanker dapat menuju organ yang jauh dari lokasi infeksi semula, contohnya; hati, paru-paru, dan tulang. Meski demikian kanker tahap awal tampaknya tidak memperlihatkan ciri-ciri kanker ginjal khusus, hingga penyakit ini berkembang ke tahap yang lebih serius dan menimbulkan rasa sakit.

Namun, itulah kinerja sel kanker yang menjadi pembunuh senyap manusia. Upaya tambahan bisa jadi diperlukan agar Anda dapat menenali gejala-gejala kanker ginjal.

Pada beberapa kasus, kanker ginjal dapat diketahui setelah melakukan pemeriksaan kanker ginjal yang dibantu oleh sinar-x atau ultra-sound—itu terjadi saat Anda mulai merasakan adanya tonjolan tidak normal disekitar ginjal yang disertai dengan nyeri.

Kondisi pasien kanker ginjal sering disalah gambarkan dengan penyakit batu ginjal, namun sebenarnya tidak sama. Tanda-tanda kanker ginjal bisa lebih parah daripada gagal ginjal, karena tak hanya ginjal saja yang menderita, seluruh tubuh Anda ikut terlibat.

Sebagian besar kasus kanker ginjal tidak terlihat gejala-gejalanya apabila masih pada tahap awal. Karena itu biasanya kanker baru akan terasa tanda-tandanya setelah mencapai tahap menengah sampai stadium lanjut. Pada tahap-tahap ini, tanda-tanda kanker ginjal yang paling sering terlihat antara lain:

Urin berdarah (Hematuria)

Hematuria dapat Anda ketahui dari perubahan warna urine. Jika warna urine tampak berwarna merah muda, kemerahan, atau berwarna cokelat bisa jadi Anda mengalami gejala hematuria. Hal ini terjadi karena didalam urine telah tercampur dengan sel darah merah akibat peradangan pada ginjal atau sel kanker sendiri.

Baca juga:  Pemeriksaan Kanker Ginjal

Hematuria biasanya tidak disertai dengan rasa sakit, namun apabila sel darah merah menggumpal maka akan dirasa rasa sakit yang cukup menyakitkan. Hematuria bisa diawali dengan sakit perut pada perut bagian bawah, kesulitan buang air kecil, atau bahkan meningkatnya frekuensi buang air kecil.

Sakit pinggang

Rasa sakit yang terus-menerus di sisi tubuh tepat di bawah tulang rusuk dapat menjadi ciri-ciri kanker ginjal, lokasinya di sekitar pinggang tempat dimana ginjal berada. Rasa sakit ini bisa menjadi tanda dari beragam jenis penyakit ginjal lainnya, sehingga pemeriksaan medis mutlak perlu dilakukan.

Benjolan (di kedua sisi tubuh)

Adanya benjolan di kedua sisi tubuh bisa menandakan adanya pembengkakan pada ginjal yang menjadi salah satu ciri-ciri kanker ginjal, adanya benjolan dapat berawal dari kista yang muncul di ginjal dan berkembang menjadi kanker.

Saat masih berbentuk kista, sifatnya tidak begitu ganas dan tidak menimbulkan komplikasi. Namun, jika sudah menjadi kanker maka sifanya berubah menjadi ganas dan sangat menyiksa.

Anemia dan Penurunan berat badan

Salah satu ciri-ciri kanker ginjal lainnya ialah anemia atau kekurangan sel darah merah, hal ini dapat menyebabkan kelelahan yang berkepanjangan. Bagaimana ini dapat terjadi? Sifat kanker pada umumnya adalah menyerap nutrisi yang diperlukan tubuh yang dibawa oleh sel darah merah. Sehingga terjadilah anemia yang menyebabkan kelelahan yang ekstrim.

Ciri-ciri kanker ginjal lainnya ialah penurunan berat badan yang terjadi serupa dengan bagaimana sel kanker menyerap nutrisi dalam darah. Selain darah, sel kanker yang menempel pada ginjal dan sekitarnya memerlukan asupan lainnya seperti protein dan lemak untuk tetap bertahan hidup. Karena kebutuhan tubuh akan cadangan energi berkurang, maka penurunan berat badanpun terjadi.

Baca juga:  Kanker Ginjal

Tekanan darah tinggi (Hipertensi)

Jika sel kanker menghalangi saluran peredaran darah dan menyumbatnya, maka terjadilah tekanan darah tinggi dimana sel darah berupaya menerobos jalur sempit pada saluran peredaran darah guna mengangkut oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Ciri-ciri kanker ginjal ini bisa disertai dengan demam dan peningkatan suhu tubuh hingga 38 derajat Celcius atau lebih. Saat mengalami demam, tentu saja tubuh berupaya untuk menurunkan suhu tubuh yang tinggi tersebut dengan cara mengeluarkan keringat di malam hari.

Dari antara ciri-ciri kanker ginjal atau tanda-tanda kanker ginjal yang diuraikan dalam artikel ini. Yang paling perlu Anda waspadai adalah gejala timbulnya rasa sakit atau benjolan di area ginjal Anda. Ini terletak di kedua sisi tubuh (tepat di bawah tulang rusuk).

Untuk dapat mengetahui penyebab kanker ginjal yang Anda alami, dokter perlu mengadakan diagnosis yang dilakukan dengan tes imaging (disebut juga tes pencitraan), mengingat belum ada metode skrining yang dapat diberikan kepada pasien kanker ginjal tahap awal.

Setelah kanker ginjal ditemukan, tahap selanjutnya yang akan dilakukan dokter ialah memberikan pilihan pengobatan yang tersedia. Guna meringankan gejala-gejala kanker ginjal yang ada sekaligus menghentikan proses penyebaran kanker yang cenderung agresif. Deteksi dini kanker ginjal akan membantu Anda memperoleh kemungkinan sembuh yang lebih besar, sekalipun pencegahan kanker ginjal tak lagi dapat dilakukan.

Bagaimana jika sudah terlanjur divonis mengidap kanker oleh dokter? Anda sebaiknya berusaha tenang dan yakinkan diri Anda untuk tidak menyerah dalam perjuangan mengalahkan kanker ini. Carilah obat kanker ginjal, secara konvensional maupun alternatif, yang paling sesuai dengan keadaan Anda.