Penyebab Kanker Ginjal

101
Penyebab Kanker Ginjal

Diedit:

Tahukah Anda apa penyebab kanker ginjal? Apa yang menjadi pemicu kanker ginjal? Apa sebab kanker ginjal yang perlu Anda waspadai? Dengan mengetahui berbagai penyebab dan pemicunya, tentu Anda dapat meminimalisasi keberadaan serangan kanker ginjal bagi tubuh Anda.

Dalam artikel ini, Anda akan menemukan kaitan pola hidup, faktor keturunan, dan penyakit lainnya yang turut menjadi penyebab kanker ginjal. Beberapa mungkin bisa dihindari, namun adapula yang tak bisa Anda hindari!

Penyebab Kanker Ginjal

Kanker Ginjal dikenal dengan istilah Renal Cancer Carcinoma, penyebab kanker ginjal masih belum jelas – terutama mengenai bagaimana sel DNA ginjal tiba-tiba berubah menjadi sel kanker. Perubahan DNA dikenal dengan istilah mutasi genetika.

Perubahan susunan sel dalam tubuh ini mengakibatkan proses pembelahan diri yang tidak terkendali, sehingga ini menekan sel sehat di sekitar ginjal. Sel kanker ini semakin lama akan membesar hingga keluar dari ginjal. Apabila hal ini terjadi, sel kanker yang ada di ginjal dapat menyebar ke berbagai jaringan sel yang ada di dalam tubuh.

Rokok

Banyak ahli meyakini adanya faktor-faktor yang turut memperbesar kemungkinan seseorang untuk mengidap kanker ginjal.  Apa saja yang tercakup di dalamnya? Ada pepatah yang mengatakan ‘kubur kata mari, rumah kata nanti’pepatah yang menggambarkan usia tua ini tampaknya memperlihatkan penurunan kondisi kesehatan seorang lansia.

Hal ini juga dapat terjadi pada penderita kanker ginjal yang berusia lanjut, namun bukan saja usia tua yang menjadi penyebab kanker ginjal. Kebiasaan merokok menjadi faktor yang memperbesar risiko kanker dibandingkan yang tidak.

Tahukah Anda mengapa Anda sulit sekali menghentikan kebiasaan merokok? Karena terdapat nikotin yang memiliki sifat mencandu.

Baca juga:  5 Ciri-Ciri Kanker Ginjal yang Mudah Dikenali

Sebenarnya tak hanya rokok yang memiliki kadar nikotin, bahkan kopi dan teh memilikinya juga dalam kadar yang sedikit. Tapi, ini tak jadi alasan untuk berhenti merokok! Bila Anda merasa sulit melakukannya, cobalah untuk meminta bantuan anggota keluarga atau rekan yang sama-sama sedang berjuang mengatasi kecanduan rokok.

Kegemukan Menjadi

Memiliki berat badan yang berlebihan atau obesitas juga memperbesar kemungkinan Anda mengidap kanker ginjal. Bagaimana mungkin? Seseorang yang mengalami obesitas cenderung memiliki kadar lemak dan cairan dalam tubuh yang berlebihan.

Lemak merupakan pemicu kanker ginjal dimana sel kanker mendapat asupan makanan dari lemak dan protein tubuh yang telah terkontaminasi dengan zat karsinogen salah satu ciri-ciri kanker ginjal. Seseorang yang mengalami kegemukan cenderung berpotensi mengidap ‘tekanan darah tinggi’ atau hipertensi.

Tekanan darah tinggi dapat terjadi karena adanya penyempitan dalam saluran darah ataupun meningkatnya kadar garam dalam tubuh. Fungsi ginjal adalah menyaring itu semua dan membuang zat sisa pembuangan menuju kandung kemih kedalam bentuk urine. Penumpukan zat beracun pada ginjal menjadi pemicu kanker ginjal atau penyebab kanker ginjal.

Mengenai berat badan yang berlebihan, Anda dapat mengurangi asupan kalori harian Anda. Setelah melakukan program diet tersebut, cobalah mengimbanginya dengan berolahraga dengan teratur. Hindari makanan yang mengandung lemak dan gula, begitu pula dengan makanan yang berbumbu ‘pekat’.

Ganti hidangan Anda menjadi buah dan sayuran, walaupun sedikit – semua nutrisi yang Anda butuhkan ada di sana, dari pada makan dengan porsi besar, namun tidak sehat. Hal ini juga berkaitan dengan tekanan darah Anda, lakukanlah pemeriksaan yang rutin – termasuk pemeriksaan kanker ginjal.

Konsumsi Obat

Bahkan pengobatan dialisis yang dilakukan untuk mengobati gagal ginjal juga dapat menjadi penyebab kanker ginjal – bila dilakukan dalam jangka panjang. Konsumsi obat dalam jangka panjang tanpa petunjuk yang jelas dari dokter dapat menjadi pemicu terjadinya kanker ginjal. Bagaimana mungkin?

Baca juga:  Pengobatan Kanker Ginjal

Konsumsi obat-obatan dalam jangka panjang dapat menyebabkan pengendapan zat sisa yang seharusnya dibuang oleh ginjal. Pengendapan ini yang menjadi penyebab kanker ginjal. Jika dibiarkan terus menerus, ginjal dapat mengalami peradangan dan infeksi sehingga memperbesar potensi untuk terjangkiti kanker ginjal. Namun hal ini tidak berlaku pada obat kanker ginjal alami.

Penyakit Genetika

Kondisi medis lainnya ialah penyakit Von Hippel-Lindau – ini merupakan salah satu penyakit turunan yang dapat meningkatkan risiko kanker ginjal. Penyakit turunan lainnya dengan potensi serupa ialah karsinoma sel papiler. Penyakit tersebut tak hanya menjadi penyebab kanker ginjal, ini juga dapat memicu penyakit kanker lainnya.

Jika Anda ingin mencegah terjadinya kanker ginjal, Anda tentu harus menghindari penyebab kanker ginjal. Bila Anda perhatikan, ada penyebab yang bisa dihindari ada pula yang tidak.

Penyebab yang tidak dapat dihindari ialah faktor penyakit turunan, sedangkan kondisi medis lainnya seperti tekanan darah tinggi dan obesitas dapat Anda atasi bukan? Sama halnya dengan pola hidup, seperti kebiasaan merokok yang menjadi ‘dalang’ dari setiap jenis penyakit kanker – termasuk kanker ginjal. Saatnya untuk peduli dengan keadaan tubuh Anda dan hindarilah pemicu kanker ginjal dari sekarang!