Blog Herbal No. 1 Indonesia

6 Hal yang Perlu Dilakukan Sebelum Operasi Katarak


By Cindy Wijaya

Apakah baru-baru ini dokter mengatakan bahwa mata Anda memiliki katarak? Mengembangkan katarak adalah hal yang wajar dan bagian dari penuaan. Dokter kemungkinan menyarankan Anda untuk menjalani operasi katarak untuk memulihkan kembali penglihatan Anda.

Memang operasi ini adalah salah satu operasi yang paling umum dilakukan dan secara umum aman, tetapi Anda tetap saja punya kekhawatiran tersendiri. Artikel ini akan membantu Anda mengurangi kekhawatiran dengan mengetahui apa saja yang perlu dilakukan sebagai persiapan sebelum operasi katarak.

Jadwalkan Pemeriksaan Mata Sebelum Operasi Katarak

Hal pertama yang harus dilakukan adalah menjadwalkan pemeriksaan skrining katarak dengan dokter mata yang Anda percayai. Selama skrining katarak, Anda akan menerima pemeriksaan mata yang menyeluruh dan dokter juga akan meninjau riwayat kesehatan Anda.

Inilah saatnya untuk mendiskusikan apakah Anda punya riwayat diabetes, tekanan darah tinggi, atau faktor lain yang dapat memengaruhi operasi. Dokter mata Anda juga akan menilai kesehatan mata Anda secara keseluruhan dan seberapa parah katarak Anda.

Dalam banyak kasus, pasien tidak perlu segera menjalani operasi katarak. Faktanya, sebagian besar ahli bedah hanya akan melakukan operasi katarak jika katarak sudah mengganggu kegiatan sehari-hari, seperti mengemudi, membaca, atau menyelesaikan tugas yang berhubungan dengan pekerjaan. Jika Anda sudah mencapai titik ini, ahli bedah katarak akan mendiskusikan langkah selanjutnya, dan kapan menjadwalkan operasinya.

Pilih Lensa Intraokular yang Sesuai Gaya Hidup Anda

Operasi katarak melibatkan pengangkatan lensa mata alami yang sudah keruh kemudian menggantinya dengan lensa intraokular bening, atau IOL. Dengan melepas lensa yang sudah keruh, pasien dapat memperoleh kembali penglihatan yang jelas.

Ada berbagai jenis IOL yang tersedia, dan teknologi IOL terus berkembang. Sebagai persiapan sebelum operasi katarak, penting untuk mempelajari apa saja pilihan yang tersedia, dan bagaimana hal itu dapat memengaruhi penglihatan Anda.

Jika Anda tertarik untuk mengurangi ketergantungan pada kacamata atau lensa kontak, Anda bisa mendiskusikan teknologi IOL yang canggih dengan ahli bedah mata Anda.

Berikut adalah sejumlah jenis lensa intraokular yang biasanya tersedia:

  • Fixed-focus monofocal: Jenis lensa ini memiliki kekuatan fokus tunggal untuk penglihatan jarak jauh. Biasanya Anda tetap harus memakai kacamata untuk membaca dalam jarak dekat.
  • Accommodating-focus monofocal: Meskipun lensa ini hanya memiliki kekuatan pemfokusan tunggal, lensa ini dapat merespons gerakan otot mata dan mengalihkan fokus ke objek dekat atau jauh.
  • Multifocal: Lensa ini mirip dengan kacamata dengan lensa bifocal atau lensa progresif. Area lensa yang berbeda memiliki kekuatan pemfokusan yang berbeda, memungkinkan penglihatan jarak dekat, sedang, dan jauh.
  • Astigmatism correction (toric): Jika Anda punya astigmatisme yang signifikan, lensa toric ini dapat membantu memperbaiki penglihatan Anda.

Diskusikanlah manfaat dan risiko dari masing-masing jenis IOL dengan dokter mata Anda untuk menentukan mana yang terbaik untuk Anda.

Cari Seseorang yang Dapat Mengantar & Menemani Selama Operasi

Setelah menjadwalkan operasi katarak, Anda dianjurkan untuk meminta bantuan keluarga atau teman yang dapat menemani selama prosedur dilakukan dan yang dapat mengantar Anda pulang setelahnya.

Operasi katarak biasanya adalah prosedur rawat jalan, yang memakan waktu antara sepuluh hingga lima belas menit. Sebelum operasi katarak, dokter mungkin memberikan obat bius oral atau infus kepada pasien, serta obat tetes mata untuk membuat mati rasa.

Sering kali pasien baru bisa kembali mengemudi sendiri 24 jam setelah operasi katarak dilakukan. Dokter mata akan memeriksa kondisi mata Anda selama pemeriksaan di hari berikutnya, dan menentukan apakah aman bagi Anda untuk mengemudi.

Kenakan Pakaian yang Nyaman di Hari Operasi Katarak

Pakaian juga harus direncanakan sebagai persiapan sebelum operasi katarak. Pasien dianjurkan untuk mengenakan pakaian yang cocok yang membantunya merasa nyaman sebelum, selama, dan setelah prosedur dilakukan.

Anda akna diminta untuk memakai pelindung mata setelah operasi katarak, yang berarti Anda sebaiknya jangan memakai pakaian yang sulit untuk dilepaskan melewati kepala Anda. Pilihlah pakaian yang mudah dilepas.

Setelah menjalani operasi, wajar jika Anda merasa lelah. Anda mungkin ingin langsung tidur begitu sampai di rumah. Mengenakan pakaian yang nyaman untuk tidur siang akan membuat Anda lebih mudah beristirahat setelah operasi selesai.

Miliki Harapan yang Realistis untuk Hasil Operasi Anda

Saat Anda menjalani pemeriksaan skrining sebelum operasi katarak, itulah saat yang tepat untuk mengajukan pertanyaan apapun yang mungkin Anda miliki tentang prosedur ini. Skrining katarak bisa menjadi kesempatan untuk membangun hubungan saling percaya dengan dokter ahli bedah Anda.

Hal ini juga membantu untuk memiliki pemahaman menyeluruh tentang pilihan lensa intraokular Anda. Pilihan IOL yang berbeda akan memberikan berbagai tingkat kebebasan penglihatan setelah prosedur katarak, dan sangat penting untuk mengetahui apa yang bisa diharapkan untuk hasilnya.

Pastikan juga Anda punya pemahaman yang jelas tentang proses pemulihan pasca operasi. Dokter ahli bedah mata Anda akan membantu meninjau proses pemulihan operasi katarak bersama Anda. Jika Anda memiliki pertanyaan tentang aktivitas tertentu setelah prosedur, jangan ragu untuk bertanya.

Anda mungkin ingin meminta bantuan keluarga atau teman untuk datang dan membantu pekerjaan rumah sampai mata Anda sembuh dan penglihatannya sudah stabil.

Ketahui Proses Pemulihan Setelah Operasi Katarak

Mengetahui bagaimana proses pemulihan pasca prosedur juga menjadi bagian dari persiapan sebelum operasi katarak. Dengan begitu Anda bisa bersiap-siap melalui proses ini.

Setelah operasi dilakukan, penglihatan Anda akan pulih secara bertahap dalam beberapa hari. Penglihatan mungkin awalnya buram seraya mata Anda sembuh dan menyesuaikan diri.

Warna-warna mungkin tampak lebih cerah setelah operasi karena Anda melihatnya melalui lensa yang baru dan jernih. Katarak biasanya berwarna kuning atau coklat sebelum operasi katarak dilakukan, memudarkan warna yang sesungguhnya.

Anda biasanya diminta menemui dokter mata satu atau dua hari setelah operasi dilakukan, lalu minggu berikutnya, dan lagi setelah sekitar satu bulan untuk memantau penyembuhan.

Hal yang normal jika terasa gatal dan sedikit tidak nyaman selama beberapa hari setelah operasi. Tapi jangan menggosok atau menekan mata Anda.

Dokter mungkin meminta Anda untuk memakai penutup atau penutup mata pada hari operasi. Mungkin juga Anda diminta tetap memakai penutup mata selama beberapa hari pasca operasi dan pelindung mata saat Anda tidur selama masa pemulihan.

Dokter juga mungkin meresepkan obat tetes mata atau obat lain untuk mencegah infeksi, mengurangi peradangan, dan mengontrol tekanan mata. Kadang obat-obatan ini dapat disuntikkan ke mata pada saat operasi.

Setelah beberapa hari, sebagian besar rasa tidak nyaman akan hilang. Sering kali penyembuhan total terjadi dalam waktu delapan minggu.

Kebanyakan pasien membutuhkan kacamata, setidaknya beberapa waktu, pasca operasi katarak. Dokter Anda akan memberi tahu ketika mata Anda sudah sembuh dan tidak membutuhkan kacamata lagi. Ini biasanya antara satu hingga tiga bulan setelah prosedur.

Jika Anda memiliki katarak di kedua mata, dokter biasanya akan menjadwalkan operasi kedua setelah mata pertama sembuh.

Ingatlah bahwa saran-saran dalam artikel ini hanyalah dimaksudkan sebagai panduan umum dan mungkin tidak dapat diterapkan dalam kondisi yang Anda hadapi. Anda harus selalu mengikuti petunjuk dan saran dari dokter yang menangani Anda.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang apa saja yang perlu dilakukan sebagai persiapan sebelum operasi katarak. Semoga informasi ini dapat membantu mengurangi kekhawatiran Anda dan membuat Anda lebih siap menjalani prosedur operasi katarak.

Sumber

Mayo Clinic. Cataract surgery. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/cataract-surgery/about/pac-20384765

Diagnostic Eye Center. How Can I Prepare Before Cataract Surgery?. https://www.diagnosticeyecenter.com/2019/12/31/how-can-i-prepare-before-cataract-surgery/

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}