Pengobatan Alternatif Katarak Yang Tersedia

533
pengobatan alternatif katarak pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki) ataupun wanita (perempuan)
Sumber Gambar: Bigstockphoto

Diedit:

Adakah pengobatan alternatif katarak yang bisa diterapkan pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki), ataupun wanita (perempuan). Jika ada, apa saja yang perlu Anda ketahui? Seberapa aman dan efektif langkah pengobatan tersebut?

Meski menurut kebanyakan pakar mata, operasi adalah prosedur terbaik untuk mengatasi katarak, kenyataannya masih banyak orang takut menjalankan prosedur operasi katarak. Rasa takut ini kebanyakan muncul sebagai reaksi terhadap faktor risiko dari operasi yang tinggi juga karena pengaruh tindakan yang diterapkan pada mata sehingga cenderung menakutkan.

Pengobatan Alternatif Katarak Pada Anak (Remaja), Lansia (Orang Tua), Pria (Laki-Laki), Ataupun Wanita (Perempuan)

Bagi Anda yang takut dengan operasi, ada pilihan pengobatan alternatif katarak pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki), ataupun wanita (perempuan). Namun demikian beberapa pengobatan alternatif katarak hanya bisa bekerja pada kasus katarak ringan.

Selain itu, sifatnya lebih mengarah pada tindakan membantu memudarkan efek berkabut pada mata dan menghambat perkembangannya. Sehingga, tidak dapat menghilangkan selaput pada mata seutuhnya.

Konsumsi Herbal

Pengobatan alternatif pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki) ataupun wanita (perempuan) dapat dilakukan hanya jika Anda dan ahli perawatan mata yang dipercaya telah membuat keputusan bersama. Tujuan pengobatan tanpa operasi hanyalah mengurangi tingkat diabetes dan darah tinggi penderitanya. Bukan menghilangkan penyakit katarak yang dialami penderitanya.

Jika keberadaan katarak dikarenakan diabetes dan hipertensi hal ini dapat dilakukan dengan herbal katarak alami, sehingga Anda tak perlu merasa khawatir sehubungan dengan efek samping penggunaannya. Selain itu, dosis herbal biasanya tidak sekuat pengobatan medis dengan obat-obatan. Sehingga tergolong aman untuk dikonsumsi oleh penggunanya tanpa mengurangi manfaat herbal.

Pengobatan tanpa operasi membutuhkan waktu yang lebih lama untuk memulihkan kondisi penderitanya. Terkadang pengobatan tanpa operasi hanya bersifat menunda keberadaanya agar tidak berjalan cepat. Apa saja herbal yang dapat digunakan guna membantu pengobatan penyakit tersebut?

Salah satu herbal yang dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan tekanan darah ialah Noni Juice. Buah ini lebih sering dikenal dengan istilah ‘mengkudu’, ketahuilah bahwa senyawa aktif dalam Noni Juice mampu bekerja secara tidak langsung dalam pengobatan penyakit mata tanpa operasi.

Terutama jika penderitanya mengalami katarak sekunder yang terjadi karena keberadaan penyakit lainnya. Seperti; hipertensi ataupun diabetes. Maka penggunaan herbal tersebut bertujuan untuk mengendalikan kadar gula darah dan tekanan darah penderitanya.

Baca juga:  Gejala Katarak Yang Perlu Diwaspadai

Beberapa langkah tersebut terkait dengan penambahan beberapa jenis asupan yang dikenal baik untuk membantu penanganan kasus katarak tersebut. Konsumsi herbal pendukung pengobatan katarak lainnya ialah Sarang Semut.

Konsumsi Mineral

Tembaga dan Zink adalah dua jenis mineral yang berperan terhadap kesehatan mata dan membantu mencegah pembentukan selaput katarak yang lebih luas lagi. Asupan beberapa jenis makanan kaya tembaga dan zink yang bisa Anda temukan pada beragam jenis sayuran, daging merah, dan buah.

Secara medis ada prosedur penanganan katarak dengan memberikan pasien asupan 300 sampai 600 mg N-Acetylcysteine dengan tembaga sebanyak 3 mg dan zink sebanyak 50 mg. Biasanya pengobatan alternatif katarak pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki), ataupun wanita (perempuan) ini akan membantu membersihkan residu pada mata dan memudarkan sedikit selaput mata.

Tingginya kolerasi antara kekurangan nutrisi dengan kasus katarak, serta masalah diabetes dengan katarak. Menyebabkan diet sehat kaya vitamin, mineral, dan anti-oksidan sebagai alternatif terbaik yang mampu membantu mengatasi keluhan katarak, meski tidak dapat menuntaskan secara maksimal. Anda bisa menambahkan beberapa menu penting untuk mata seperti wortel, tomat, kacang-kacangan, biji-bijian, aneka jenis buah beri, pepaya, kacang merah, serta buah naga.

Konsumsi Vitamin

Riboflavin adalah nama lain dari vitamin B2. Vitamin B2 ini ternyata bisa berperan membantu mencegah perkembangan sel abnormal selaput katarak. Cukup dengan asupan 50 mg riboflavin tiap hari.

Tambahkan dengan vitamin C 1000 mg per hari untuk membantu membersihkan unsur radikal bebas dalam darah dan pada area mata. Radikal bebas menjadi pemicu kemunculan selaput putih pada penyakit katarak.

Dalam vitamin E terkandung senyawa anti-radikal bebas polifenol yang ternyata sangat baik menyingkirkan residu dan toksin pada mata. Sedangkan pada vitamin A sebelumnya berupa jenis pre-vitamin A yang berbentuk alfa-karoten dan beta-karoten. Keduanya memiliki khasiat membersihkan mata, sirkulasi darah, dan membantu regenerasi sel sehat pada mata. Termasuk mencegah pembentukan sel abnormal seperti selaput pada lensa mata.

Untuk mendapatkan beberapa khasiat di atas, sebaiknya pasien juga menghindari beberapa kondisi yang bisa memicu katarak. Seperti menghindai paparan sinar matahari, efek radiasi, debu dan kotoran, serta menghindari laktosa dalam susu.

Baca juga:  Jenis Katarak Yang Perlu Diketahui

Beberapa riset menunjukan adanya kaitan antara mereka yang cenderung alergi laktosa. Namun tetap mengonsumsi susu memiliki risiko serangan katarak. Itulah tindakan pengobatan alternatif katarak pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki), ataupun wanita (perempuan).

Terapi Akupuntur & Refleksiologi

Terapi pengobatan alternatif katarak pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki), ataupun wanita (perempuan) dilakukan dengan metode penekanan pemijatan dan penusukan pada titik refleksiologi tertentu pada kaki. Biasanya akan membantu menetralisir pembentukan selaput lensa pada kasus katarak.

Biasanya terapi ini dilakukan rutin setiap 2 sampai 3 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang baik. Metode ini akan membantu menstimulasi sirkulasi darah menuju mata dan membantu melepaskan radikal bebas dari mata secara alami.

Terapi Gambar & Uap

Beberapa pakar herbal menemukan metode pengobatan alternatif katarak pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki), ataupun wanita (perempuan) dengan memberikan uap hangat disekitar mata. Kandungan beberapa essensial dalam uap akan membantu melepaskan residu dan racun dalam mata.

Residu itu turut berperan menyebabkan munculnya katarak. Metode ini juga akan sangat baik untuk membantu mengatasi masalah pembentukan sel abnormal dengan menambahkan essensial kaya vitamin A, C, E, dan B.

Beberapa dokter mencoba metode pengobatan alternatif katarak stadium awal dengan memberikan terapi penglihatan. Terapi ini berupa bantuan untuk melihat sebuah objek gambar yang berpindah lokasi terus menerus.

Sehingga memaksa lensa membesar dan mengecil terus menerus untuk memindahkan fokus. Cahaya yang dipaparkan juga berganti-ganti sehingga membantu memperbaiki otot diafragma mata. Konon metode ini juga bisa membantu menghambat perkembangan sel abnormal berupa selaput mata.

Walaupun ada pilihan pengobatan katarak alternatif, hampir 80% kasus katarak terpaksa diselesaikan di meja operasi. Dan faktanya operasi penanganan katarak bukan dikategorikan sebagai operasi besar karena waktu penanganan yang cenderung pendek. Namun beberapa pasien juga bisa menjajal beberapa cara pengobatan alternatif katarak di atas, terutama untuk mereka dengan kondisi katarak yang masih belum parah atau masih stadium awal.


Naveed Saleh, MD, MS. 2017-06-10. Can Antioxidants Prevent Cataracts? URL: https://www.verywellhealth.com/do-antioxidants-prevent-cataracts-1123849. Diakses 2018-12-10. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia