Pengobatan Katarak Yang Dapat Dijalani

490
pengobatan katarak pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki) ataupun wanita (perempuan)
Sumber Gambar: Viva

Diedit:

Sekarang saatnya bagi Anda untuk melihat metode penyembuhan atau pengobatan katarak yang umumnya dilakukan, baik pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki) ataupun wanita (perempuan). Apa saja pilihan yang tersedia bagi Anda?

Dalam artikel ini Anda akan melihat beragam jenis tindakan medis ataupun metode yang bisa digunakan untuk mengembalikan fungsi penglihatan Anda. Seberapa efektif potensi pemulihan yang bisa Anda dapatkan? Temukan jawabannya dalam informasi berikut ini.

Pengobatan Katarak pada Anak (Remaja), Lansia (Orang Tua), Pria (Laki-Laki) ataupun Wanita (Perempuan)

Ingat, pengobatan katarak yang melibatkan operasi baik pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki) ataupun wanita (perempuan) mungkin tidak diperlukan. Namun, jika aktivitas kehidupan Anda terganggu oleh keberadaan katarak tindakan itu mungkin diperlukan. Penggunaan kacamata atau lensa kontak masih dapat digunakan untuk meningkatkan penglihatan Anda, jika Anda memiliki gangguan mata lainnya.

Jika Anda mengidap katarak, ini merupakan keputusan Anda dalam memilih untuk melanjutkan tindakan pengobatan dengan cara operasi mata katarak atau tidak. Namun perlu diingat bahwa katarak biasanya semakin memburuk seiring dengan berjalannya waktu. Sehingga, operasi untuk mengganti lensa yang keruh merupakan satu-satunya cara untuk meningkatkan penglihatan Anda.

Keputusan untuk menjalani operasi tidak boleh hanya berdasarkan hasil tes mata (ketajaman visual) saja. Beberapa orang mungkin memiliki alasan pribadi lain yang menjadi pertimbangan sewaktu memutuskan untuk menjalani operasi. Misalnya pengaruh operasi terhadap aktivitas harian, hobi, dan minat Anda. Anda dapat memilih untuk menunda operasi untuk sementara dan melakukan pemeriksaan rutin guna memantau situasi penyakit tersebut.

Perlu diketahui, bahwa tidak ada obat-obatan atau obat tetes mata yang telah terbukti dapat memperbaiki katarak atau menghentikannya gejala agar tidak bertambah buruk. Jika Anda didiagnosis menderita katarak, ada pilihan perawatan lain yang dapat Anda pertimbangkan sebelum memilih operasi untuk mengganti lensa Anda yang memudar. Pengobatan katarak terdiri dari dua metode, yaitu: non-bedah maupun bedah.

Keduanya bertujuan untuk memperbaiki gejala kerusakan penglihatan. Anda dan dokter mata perlu membuat perencanaan yang matang berdasarkan jenis dan tingkat keparahan katarak. Efek samping dari tindakan pengobatan non-bedah dan bedah juga perlu dipertimbangkan. Sehingga Anda benar-benar memperoleh pengobatan katarak yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Perhitungkan pula biaya pengobatan yang harus dikeluarkan, sehingga perencanaan Anda dapat berjalan dengan lancar.

Baca juga:  Jenis Operasi Mata Katarak Yang Tersedia

Pengobatan Katarak Ringan

Pengobatan katarak ringan dilakukan untuk meningkatkan kualitas penglihatan Anda. Ketika gejala katarak muncul, Anda mungkin mengalami penglihatan yang kabur atau buram, kepekaan cahaya, penglihatan malam yang buruk, penglihatan ganda, dan perubahan dalam resep kacamata Anda. Perubahan tertentu dapat secara signifikan mengurangi gejala-gejala ini. Pengobatan katarak ringan pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki) ataupun wanita (perempuan) dapat dilakukan dengan kacamata baru, kacamata anti-silau, atau lensa pembesar.

Warna dan pelapis tertentu juga dapat ditambahkan kedalam lensa untuk mengurangi gejala yang disebabkan oleh katarak. Penempatan lampu, seperti; lampu baca merupakan salah satu metode yang dapat membantu. Dokter mata mungkin menyarankan agar Anda mengenakan topi saat berada di luar ruangan, selain menggunakan kacamata hitam untuk mencegah perkembangan katarak tahap lanjut. Beberapa metode yang dilakukan pada jenis perawatan ini lebih mengarah pada penunjang fungsi penglihatan Anda bukan mengobati.

Perlu diperhatikan bahwa penggunaan kacamata hitam, tidak hanya melindungi mata dari kilauan cahaya saja. Sinar matahari yang memiliki kadar UV tinggi juga perlu dihindari. Maka pastikanlah agar kacamata hitam yang Anda miliki benar-benar 100 persen mampu menolak sinar UV tersebut. Kacamata bisa jadi berwarna hitam, namun tidak semua dapat memantulkan UV. Cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis mata untuk memperoleh spesifikasi yang tepat.

Pengobatan Katarak Berat

Pengobatan katarak berat dilakukan untuk memperbaiki kerusakan yang ditimbulkan oleh katarak itu sendiri. Dokter biasanya menyarankan Anda untuk melakukan tindakan operasi atau pembedahan mata katarak. Pengobatan katarak berat pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki) ataupun wanita (perempuan) dapat dilakukan apabila penderitanya merasa terganggu atau tak dapat melihat dengan jelas. Apabila penderita tidak memiliki komplikasi keberadaan penyakit lainnya, maka penglihatan Anda dapat pulih setelah menjalani operasi.

Pada kasus penderita dengan riwayat penyakit lainnya, seperti; gula darah tinggi dan tekanan darah tinggi tindakan ini biasanya dilakukan dengan pertimbangan yang matang. Terkadang penderita yang menjalani operasi harus dalam keadaan stabil. Tindakan operasi mata katarak bertujuan untuk menghilangkan selaput putih yang melekat dan menghalangi penglihatan Anda. Terkadang tindakan operasi juga mencakup pemasangan lensa pengganti. Hal ini dilakukan untuk mengembalikan fungsi penglihatan Anda.

Baca juga:  Pengobatan Alternatif Katarak Yang Tersedia

Tindakan operasi diyakini dapat memperbaiki penglihatan hingga 90 persen. Komplikasi yang terjadi setelah operasi jarang terjadi, hanya saja penderita gangguan tekanan darah dan kadar gula bisa jadi perlu mmpertimbangkan tindakan ini. Ada baiknya untuk melakukan konsultasi medis dengan dokter yang merawat. Cobalah untuk tidak menutupi riwayat medis yang Anda miliki. Karena hal ini dapat memengaruhi hasil dari tindakan medis apapun yang hendak Anda jalani. Namun, biasanya dokter akan melakukan pemeriksaan medis sebelum tindakan dilakukan.

Pemulihan Katarak Ringan dan Berat

Pemulihan katarak dilakukan setelah selesai melakukan pengobatan katarak yang dilakukan pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki) ataupun wanita (perempuan). Tindakan pemulihan diri dapat dilakukan dengan melakukan istirahat selama beberapa bulan hingga penglihatan Anda bekerja kembali. Dibutuhkan asupan nutrisi yang baik guna mempercepat proses pemulihan diri. Konsumsi asupan nutrisi yang mengandung antioksidan dan vitamin pelengkap juga sangat dibutuhkan bagi kondisi mata dan jaringan saraf disekitarnya.

Selain itu, ada baiknya jika Anda menghindari pantulan sinar matahari menuju mata Anda. Sekalipun Anda berhasil melakukan pengobatan, perlu Anda ingat bahwa kondisi mata Anda tidak 100 persen kembali seperti semula. Maka dari itu, tindakan pencegahan akan membantu Anda terhindar dari serangan kedua ataupun kerusakan lanjutan yang tidak diinginkan. Jika Anda berencana untuk beraktivitas diluar ruangan, cobalah menggunakan kacamata anti UV dan topi. Sekalipun sinar matahari baik hingga taraf tertentu, namun perlindungan mata tetap menjadi prioritas Anda.

Demikianlah informasi lengkap seputar pengobatan katarak yang dapat dilakukan pada anak (remaja), lansia (orang tua), pria (laki-laki) ataupun wanita (perempuan). Konsultasi dokter dibutuhkan sebelum melakukan tindakan medis apapun. Apabila Anda memilih tindakan pengobatan alternatif katarak tanpa operasi, pastikan tingkat keamanan dan keberhasilannya. Hindari tindakan apapun yang meragukan, terlebih jika upaya pemulihan tidak terkait dengan ilmu kedoteran atau tidak memiliki dukungan penelitian.


Gretchyn Bailey, Vance Thompson. 2018-08-20. Cataract Treatment. URL: https://www.allaboutvision.com/conditions/cataracts.htm#treatment. Diakses 2018-12-10. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia