Resep Herbal Penyakit Jantung yang Perlu Diketahui

380
buah murbei untuk resep herbal penyakit jantung
Buah Murbei (Image by JoaoBOliver on Pixabay)

Diedit:

Mengidap penyakit jantung bukanlah akhir segalanya. Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi dampak dari penyakit ini dan bahkan menormalkan kembali fungsi jantung Anda. Tentunya yang paling harus diupayakan adalah menyesuaikan pola hidup Anda. Selain itu, ada juga resep herbal penyakit jantung yang patut dicoba.

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya meracik ramuan herbal penyakit jantung dari dua bahan bermanfaat: buah murbei dan daun digitalis. Juga akan dijelaskan apa saja tips-tips praktis lain yang perlu diupayakan untuk membantu menormalkan kembali fungsi jantung.

Resep Herbal Penyakit Jantung: Buah Murbei

Bahan Baku:

Buah murbei, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih buah murbei.
Buat jus murbei menggunakan blender.

Aturan Minum:

Minum jus murbei sekaligus habis.
Lakukan pengobatan ini setiap hari.

Catatan:

Jangan konsumsi buah murbei jika sedang diare akibat dingin atau jika sedang mengalami defisiensi limpa dan lambung.

Mengapa Buah Murbei Bermanfaat untuk Ramuan Herbal Penyakit Jantung?

Buah murbei (Morus alba) bermanfaat bagi jantung karena mengandung serat larut bernama pektin. Serat larut adalah jenis serat yang dapat menyerap air dan telah terbukti membantu menurunkan kadar kolesterol serta mengurangi risiko penyakit jantung.

buah murbei untuk resep herbal penyakit jantung
Buah Murbei (Image by JoaoBOliver on Pixabay)

Sebuah penelitian pada Journal of Food Science mendapati bahwa senyawa-senyawa dalam murbei membantu mencegah oksidasi dari kolesterol LDL, yang merupakan salah satu faktor risiko utama untuk penyakit jantung.

Penelitian pada Journal of Agricultural and Food Chemistry menggunakan hewan percobaan menunjukkan bahwa ekstrak cair murbei membantu mengurangi kadar trigliserida sekaligus kolesterol. Apabila faktor-faktor risikonya dapat dikendalikan, maka masalah jantung juga dapat dikontrol dengan baik.

Resep Herbal Penyakit Jantung: Daun Digitalis

Bahan Baku:

Daun digitalis, 50 gram.

Cara Meramu Resep:

Cuci daun digitalis sampai bersih, lalu rebus bersama 2 gelas air selama 15 menit.
Angkat, dinginkan, dan saring airnya.

Aturan Minum:

Minum ramuan herbal penyakit jantung ini 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Catatan:

Oleh karena mengandung racun, penggunaan herbal ini harus di bawah pengawasan seorang dokter herbalis.

Mengapa Daun Digitalis Bermanfaat untuk Ramuan Herbal Penyakit Jantung?

Digitalis (Digitalis lanata) lebih dikenal sebagai tanaman hias karena bunganya yang indah. Bunganya berbentuk loncengan kecil, warnanya putih krem dan cokelat keunguan. Bunga digitalis biasanya mekar di tahun kedua. Baik bunga maupun batangnya memiliki bulu-bulu halus.

Rupanya tidak hanya penampilannya yang cantik, khasiatnya juga bagus untuk kesehatan jantung. Di dalam daun digitalis terdapat kandungan bernama digoxin yang bermanfaat untuk pengobatan masalah jantung, seperti tekanan darah tinggi dan kondisi gagal jantung.

Baca juga:  Resep Herbal Kanker Kolorektal yang Perlu Anda Gunakan
digitalis untuk ramuan herbal penyakit jantung
Bunga dari Tanaman Digitalis (Copyright: Katya / Flickr)

Bahkan sudah dibuat obat digoxin (namanya sama) dari kandungan dari tanaman digitalis tersebut. Obat digoxin saat ini digunakan untuk mengendalikan detak jantung pada sejumlah pasien penderita aritmia jantung, dan telah diperlihatkan dapat meringankan gejala-gejala gagal jantung.

Namun tanaman digitalis diduga mengandung racun yang dapat membahayakan tubuh. Jadi Anda perlu mengetahui cara pengolahan dan dosis yang tepat untuk mengonsumsi daun digitalis untuk menghindari efek samping akibat racunnya. Karena itu penggunaan herbal ini harus di bawah pengawasan dokter herbalis (ahli herbal).

Tips Praktis untuk Perawatan Penyakit Jantung

Selain menggunakan ramuan herbal penyakit jantung, Anda juga perlu melakukan beberapa perubahan dalam gaya hidup. Dengan mengupayakan tips-tips praktis berikut, masalah jantung Anda kemungkinan besar akan membaik.

Berhenti Merokok:

Merokok adalah faktor risiko utama untuk penyakit jantung, terutama masalah aterosklerosis (pengerasan dan penyempitan pembuluh arteri). Berhenti merokok adalah cara terbaik untuk mengurangi risiko Anda mengalami masalah jantung yang lebih parah dan komplikasi yang diakibatkannya.

Kontrol Tekanan Darah:

Cek tekanan darah Anda ke dokter sedikitnya setiap dua tahun sekali. Dokter mungkin akan menyarankan untuk lebih sering melakukan pengecekan bila tekanan darah Anda lebih tinggi daripada normal atau jika Anda punya riwayat masalah jantung. Tekanan darah normal adalah 120 per 80. Resep herbal penyakit jantung dari daun digitalis dapat membantu menurunkan tekanan darah.

Periksa Kadar Kolesterol:

Mulailah secara rutin mengecek kadar kolesterol saat memasuki usia 20-an dan sedikitnya setiap 5 tahun sekali. Anda mungkin harus mengeceknya di usai lebih awal jika punya riwayat keluarga penderita kolesterol tinggi. Dokter mungkin menyarankan untuk lebih sering mengecek bila kadar kolesterol Anda lebih dari normal. Ramuan herbal penyakit jantung dari buah murbei bagus untuk menurunkan kolesterol.

Pada umumnya kadar kolesterol normal adalah di bawah 130 mg/dL, atau 3,4 mmol/L. Jika punya risiko mengidap penyakit jantung, Anda harus berupaya mencapai kadar kolesterol 100 mg/dL atau 2,6 mmol/L. Jika Anda sangat berisiko mengidap penyakit jantung—misalnya jika sudah pernah terkena serangan jantung atau mengidap diabetes—berupayalah mencapai kadar 70 mg/dL atau 1,8 mmol/L.

Kontrol Kadar Gula Darah:

Selain tekanan darah dan kadar kolesterol, Anda juga harus mengendalikan kadar gula darah. Hal ini khususnya penting apabila Anda juga mengidap penyakit diabetes. Diabetes adalah salah satu faktor risiko penyakit jantung.

Baca juga:  Resep Herbal Sakit Kepala dari Daun-Daunan

Aktif Bergerak:

Olahraga membantu untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat serta mengendalikan diabetes, kadar kolesterol, dan tekanan darah. Semua itu merupakan faktor risiko untuk penyakit jantung.

Bila Anda mengidap aritmia jantung atau cacat jantung, mungkin dokter memberikan sejumlah batasan aktivitas yang boleh lakukan, jadi bicarakan dulu dengan dokter sebelum mulai rutin berolahraga. Jika dokter mengizinkan, lakukanlah olahraga rutin 30 – 60 menit beberapa hari dalam seminggu.

Konsumsi Makanan Sehat:

Resep herbal penyakit jantung di atas terbuat dari tumbuh-tumbuhan yang bermanfaat bagi jantung. Sebenarnya ada banyak makanan dari tumbuh-tumbuhan lain yang juga bermanfaat. Makanlah buah, sayur, dan serealia yang mengandung sedikit lemak jenuh, kolesterol, natrium (garam), dan gula tambahan. Mengonsumsi makanan sehat akan membantu mengontrol berat badan, tekanan darah, serta kadar kolesterol.

Pertahankan Berat Badan Sehat:

Orang yang kegemukan lebih berisiko mengalami gangguan jantung. Nilai IMT (Indeks Massa Tubuh) yang terbaik untuk mencegah dan mengatasi penyakit jantung adalah kurang dari 25. Rumus untuk menghitung nilai IMT yaitu: berat badan (kg) : tinggi badan (m) x tinggi badan (m).

Kurangi Tingkat Stres:

Kurangi sebisa mungkin tingkat stres Anda. Lakukanlah hobi atau aktivitas lain yang dapat membantu meredakan stres. Anda juga bisa mengonsumsi herbal yang berkhasiat untuk meredam stres, seperti Noni juice.

Jaga Kebersihan dan Kesehatan:

Jauhi orang-orang yang sedang mengidap penyakit menular seperti pilek atau flu, cuci tangan secara teratur, dan sikat gigi Anda secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh. Lakukan checkup medis secara rutin untuk sejak awal mendeteksi gangguan kesehatan yang mungkin ada dan segera mengatasinya sebelum parah.

Ingatlah bahwa masalah pada jantung Anda berkaitan erat dengan apa yang Anda konsumsi sehari-hari dan bagaimana gaya hidup Anda selama ini. Agar bisa tetap hidup sehat meski memiliki sakit jantung, buatlah perubahan yang semestinya: aktif bergerak, berhenti merokok, dan konsumsi makanan sehat.

Demikianlah artikel ini yang mengulas tentang resep herbal penyakit jantung. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Resep Herbal Penyakit Jantung:

Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Daun Digitalis:

NHS. Foxglove Extract Digoxin Helps The Heart. Published: 2012-06-18. URL: https://www.nhs.uk/news/heart-and-lungs/foxglove-extract-digoxin-helps-the-heart/. Accessed: 2019-03-05

Buah Murbei:

Imran, Mohammad, dkk. (2010). Chemical Composition and Antioxidant Activity of Certain Morus Species. Journal of Zhejiang University Science. 11(12):973–980

La, Bazzano. (2008). Effects of Soluble Dietary Fiber on Low-Density Lipoprotein Cholesterol and Coronary Heart Disease Risk. Current Atherosclerosis Reports. 10(6):473-7

RH, Knopp, dkk. (1999). Long-Term Blood Cholesterol-Lowering Effects of A Dietary Fiber Supplement. American Journal of Preventive Medicine. 17(1):18-23

SR, Glore, dkk. (1994). Soluble Fiber and Serum Lipids: A Literature Review. Journal of the American Dietetic Association. 94(4):425-36

LK, Liu, dkk. (2008). Mulberry Anthocyanin Extracts Inhibit LDL Oxidation and Macrophage-Derived Foam Cell Formation Induced by Oxidative LDL. Journal of Food Science. 73(6):H113-21

Tips Perawatan:

Mayo Clinic. Heart Disease. Published: 2018-03-22. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/heart-disease/symptoms-causes/syc-20353118. Accessed: 2019-03-05


Advertisement
Alinesia