Ingin Rambut Hitam Berkilau? Coba Resep Herbal Penghitam Rambut

resep herbal menghitamkan rambut
idntimes/ shutterstock

Diedit:

Punya rambut warna-warni mungkin memang sedang trend dewasa ini. Tapi masih banyak lho yang ingin memiliki rambut hitam legam yang cantik dan alami. Dan mungkin untuk keinginan Anda ini, cara menghitamkan rambut dengan resep herbal penghitam rambut bisa membantu Anda.

Alaminya, rambut hitam adalah ciri khas dari ras masyarakat Asia. Ini adalah genetik dari alami dari ras Asia. Meski belakangan banyak orang tertarik mewarnai rambut mereka dengan aneka warna. Termasuk pula dengan warna-warna eksentrik yang unik.

Tapi bagaimana kalau Anda masih ingin memiliki rambut hita legam yang cantik? Mungkin ada solusi untuk keinginan Anda ini? alih-alih memilih cara menghitamkan rambut dengan obatan kimia yang beresiko merusak rambut alami Anda, coba kembalikan kecantikan rambut hitam Anda dengan resep herbal penghitam rambut berikut ini.

Cara Menghitamkan Rambut secara Alami

Ada beberapa resep herbal penghitam rambut yang dapat membantu Anda mendapatkan kembali kecantikan rambut hitam alami kita.

Resep herbal ini memanfaatkan sejumlah bahan alami yang tidak hanya menjadi cara menghitamkan rambut yang aman, tetapi juga akan membantu Anda merawat dan menyehatkan kembali rambut Anda. Dan beberapa cara menghitamkan rambut tersebut adalah sebagai berikut.

Resep Herbal Penghitam Rambut 1

Bahan Baku:

Daun rambutan secukupnya.

Cara Membuat Ramuan Herbal Penghitam Rambut:

Bersihkan daun rambutan dengan air mengalir.
Tumbuk daun rambutan sampai halus benar.
Tambahkan sedikit air suam kuku dan aduk merata sampai terbentuk adonan serupa bubur.
Peras dan saring adonan.
Sisihkan ampasnya.

Aturan Pakai:

Gunakan air perasan daun rambutan tadi sebagai cem-ceman atau masker rambut.
Diamkan beberapa menit dan cuci rambut sampai bersih.
Lakukan setiap hari selama beberapa minggu sampai rambut benar-benar hitam.

Khasiat Daun Rambutan untuk Resep Herbal Penghitam Rambut

Secara tradisional sejak lama daun rambutan sudah digunakan untuk membantu mengatasi rambut beruban. Di masa lalu, alih-alih diwarnai, rambut akan dimasker dengan ramuan air daun rambutan. Secara tradisional terapi ini disebut dengan cem-cem.

daun rambutan untuk resep herbal penghitam rambut
Pohon Rambutan (Credit: Somnuk Krobkum / Getty Images)

Belum banyak riset yang membuktikan bagaimana kinerja daun rambutan untuk cara menghitamkan rambut. Beberapa komponen fitokimia dalam daun rambutan seperti polifenol, tannin dan saponin diyakini dapat membantu memulihkan pembentukan pigmen melamin dalam rambut.

Terapi dengan daun rambutan tidak bersifat mewarnai rambut. Hanya membantu proses pembentukan  pigmen pada rambut. Sehingga kadar pigmen pada rambut meningkat drastis. Pada umumnya tidak banyak memberi efek pada rambut yang sudah terlanjur putih, tetapi dapat mengembalikan warna rambut yang mulai memudar warnanya, seperti menjadi kelabu atau kecoklatan.

Resep Herbal Penghitam Rambut 2

Bahan Baku:

Urang-aring yang masih segar, 1 genggam

Cara Membuat Ramuan Herbal Penghitam Rambut:

Bersihkan urang-aring dengan air mengalir.
Giling urang-aring sampai halus benar.
Tambahkan air sebanyak 1 gelas.
Aduk rata lalu saring airnya.
Embunkan air saringan tadi selama 1 malam.
Gunakan keesokan harinya.

Aturan Pakai:

Gunakan air saringan urang-aring tadi sebagai masker rambut.
Pijat-pijat dan ratakan pada rambut.
Diamkan beberapa menit dan cuci rambut sampai bersih.
Lakukan setiap hari selama beberapa minggu sampai rambut benar-benar hitam.

Khasiat Urang-Aring untuk Cara Menghitamkan Rambut Alami

Berbeda dengan pemanfaatan daun rambutan untuk rambut yang belum banyak diungkap secara medis. Urang aring yang memang sudah lebih dulu dikenal untuk perawatan rambut sudah mulai banyak diungkap khasiatnya secara medis.

Baca juga:  Resep Herbal Cacar Ular Ringankan Nyeri dan Perih di Kulit
urang-aring untuk ramuan herbal penghitam rambut
Urang-Aring (Credit: Foter.com)

Beberapa pakar menemukan adanya potensi kemampuan daun urang aring untuk memperkuat rambut, mencegah rambut mudah rontok dan patah. Membantu menebalkan folikel rambut. Ini yang kemudian menyebabkan daun urang aring juga membantu mempertahankan kadar pigmen dalam rambut.

Kemampuan daun urang aring untuk memperbaiki kerusakan rambut telah diungkap dalam banyak riset, diantaranya pada Biomedical Research International tahun 2014. Dan dalam Current Science tahun 2015 juga dijelaskan bagaimana daun urang aring akan memiliki pengaruh menggelapkan rambut karena menstimulasi produksi eumelamin, pigmen rambut pembawa warna hitam.

Resep Herbal Penghitam Rambut 3

Bahan Baku:

Daun pandan, 7 lembar.
Buah mengkudu yang sudah matang, 3 buah.

Cara Membuat Ramuan Herbal Penghitam Rambut:

Bersihkan daun pandan dengan air mengalir.
Potong-potong kecil daun pandan.
Rebus daun pandan dengan air sebanyak 1 liter sampai air menjadi berwarna hijau.
Embunkan air rebusan ini selama 1 malam.
Besok paginya, potong-potong buah mengkudu lalu peras dengan kain untuk diambil sarinya.
Campurkan air rebusan pandan dengan sari buah mengkudu tadi.

Aturan Pakai:

Gunakan ramuan herbal sebagai cem-ceman atau masker rambut.
Diamkan beberapa menit dan cuci rambut sampai bersih.
Ulangi seminggu 3 kali sampai rambut berwarna hitam sesuai harapan.

Manfaat Daun Pandan & Mengkudu untuk Resep Herbal Penghitam Rambut

Berbeda dengan pemanfaatan daun rambutan dan urang aring yang jauh lebih dikenal masyarakat sebagai penghitam rambut, daun pandan lebih tidak lazim dimanfaatkan untuk terapi perawatan rambut. Demikian pula dengan buah mengkudu.

Terapi dengan daun pandan lebih dikenal di Thailand,  aromanya sangat disukai untuk membantu mengharumkan rambut. Daun pandan dikenal baik untuk membantu memperkuat rambut dan atasi kerontokan. Daun pandan juga baik untuk atasi rambut kusam dan rambut berketombe. Pada umumnya ketika kekuatan rambut pulih, maka warna rambut juga akan membaik.

Noni atau mengkudu, juga belakangan ditemukan berkhasiat untuk rambut. Dalam mengkudu terdapat kandungan glycerol dan butyric acid yang terbukti membantu menguatkan rambut. Memiliki khasiat mengatasi rambut rapuh, mudah patah, rambut rontok dan mengatasi kebotakan.

buah mengkudu
Buah Mengkudu (Credit: Markuso / Shutterstock)

Lagi, beberapa kali dijelaskan perbaikan kekuatan rambut sama dengan memperbaiki kualitas jaringan keratin dalam rambut. Keratin yang akan mengikat pigmen dalam rambut sehingga memulihkan warna hitam rambut.

Itu sebabnya penambahan air sari mengkudu pada larutan daun pandan akan membantu meningkatkan khasiat dari ramuan herbal ini. Dan tentu saja membantu melindungi serta memperbaiki warna rambut yang memudar.

Mengkudu juga ditemukan memiliki kemampuan mendorong kekuatan keratin. Sehingga membantu mengikat warna pada rambut dengan lebih baik. Bahkan juga dapat membantu mengikat pewarna buatan dengan lebih baik. itu pula sebabnya dewasa ini sari mengkudu juga kerap ditambahkan pada  obat pewarna rambut buatan.

Mengapa Rambut Berwarna Hitam?

Kita mengenal ada begitu banyak warna alami yang berbeda-beda. Beberapa orang seperti dari mereka dengan ras Asia cenderung memiliki rambut gelap hingga hitam. Sedang mereka dari Eropa cenderung memiliki rambut dalam warna lebih bervariasi, dari cokelat terang, merah dan pirang.

Baca juga:  Resep Herbal Luka Berair untuk Mencegah Infeksi pada Luka

Apa yang mempengaruhi warna rambut seseorang? Dan kenapa kita dari Asia cenderung memiliki warna rambut gelap? Jawabannya terletak pada zat warna pada rambut, yang dikenal dengan istilah pigmen.

Pada rambut pada dasarnya terdapat pigmen yang dikenal dengan elemen melamin. Terdapat dua jenis melamin yang terdapat pada rambut, pheomelanin dan eumelanin. Kadar dari kedua elemen melamin ini yang menentukan warna rambut seseorang.

Pheomelamin adalah pigmen warna merah pada rambut. Mereka dengan rambut cenderung merah memiliki unsur pigmen ini dalam jumlah besar.Eumelamin memiliki unsur warna gelap. Semakin banyak komponen eumelamin dalam folikel rambut, semakin gelap warna rambut seseorang. dapat Disimpulkan bahwa eumelamin  lah yang menyebabkan warna rambut kita menjadi hitam.

Pada beberapa orang pigmen ini demikian dominan hingga hasilnya rambut menjadi hitam legam. Tetapi pada beberapa orang memiliki percampuran antara kedua melamin dalam rasio yang tidak jauh berbeda, sehingga warna rambutnya cenderung kecoklatan atau kemerahan.

Mengapa Rambut Hitam Anda Bisa Memudar?

Secara umum dapat disimpulkan, bahwa rambut yang tidak memiliki warna atau cenderung tampak pucat berarti tidak memiliki cukup pigmen. Itulah yang terjadi pada mereka dengan rambut pirang.

Dan ketika warna rambut seseorang kehilangan warna alaminya, maka itu berarti pigmen dalam rambutnya mulai menipis. Pada umumnya, aspek usia berperan di sini. Ketika kemampuan pigmen rambut mengikat diri dalam folikel rambut turun drastis, maka rambut akan beruban.

Tetapi kadang memudarnya warna hitam pada rambut tak melulu akibat efek usia. Ada beberapa alasan sehingga pigmen rambut memudar. Ini semua berawal dari keratin. Keratin adalah elemen penting pembentuk rambut dan folikel.  Di dalam jaringan yang terbentuk dari keratin inilah kemudian melamin membentuk warna rambut

Bertambahnya usia dan atau aspek lain menyebabkan keratin mengalami penurunan kekuatan. Anda dapat melihat bagaimana seseorang kadang memiliki rambut rapuh yang mudah patah dan rontok. Seiring kondisi ini ikatan melamin dalam keratin juga menurun. Ketika kadar melamin menurun maka warna rambut akan memudar bahkan menjadi beruban.

Kekuatan keratin sendiri banyak dipengaruhi oleh kecukupan nutrisi dalam tubuh. Keratin dalam rabut juga banyak dipengaruhi oleh sejumlah aspek lain seperti kondisi hormonal, stress hingga aspek sirkulasi darah.

rambut hitam berkilau
Rambut Hitam Berkilau (Credit: Subbotina Anna / Shutterstock)

Kepadatan keratin dalam rambut dan kadar melamin di dalamnya juga dipengaruhi oleh papara sinar UV. Sinar matahari berlebih akan menurunkan kadar air dalam rambut, merusak keratin dan membakar melamin dalam rambut.

Selain itu, efek paparan obat kimia berlebih seperti obat pelurus dan pewarna rambut juga dapat merusak warna rambut. Pemakaian alat pemanas rambut  berlebih juga memberi efek serupa pada rambut. Termasuk pula mereka yang berada pada lingkungan berpolusi tinggi.

Semua hal tersebut menyebabkan efek kerusakan pada rambut. Rambut akan mulai terlihat kusam, lebih kering, mulai rapuh dan mudah patah dan mulai kehilangan warna gelapnya.

Adakah bahaya mewarnai rambut dengan obat kimia?

Ketika rambut mulai beruban atau terlihat kusam, kebanyakan orang memilih cara menghitamkan rambut dengan cara praktis dengan mewarnai rambut. Tetapi ternyata bila Anda tidak cermat memilih cara menghitamkan rambut ini justru akan memperburuk kerusakan pada rambut Anda.

Beberapa jenis pewarnaan memiliki efek merusak lapisan rambut dan membuat efek berkilap alami rambut hilang. Menyebabkan rambuat terlihat kasar, kering dan tidak berpermukaan halus. Bila Anda merasakan bagaimana rambut Anda terasa mulai mengering dan sulit diatur, mungkin solusinya adalah berhenti mewarnai rambut.

Karena lapisan terluar rambut rusak, maka zat kimia yang seharusnya tak perlu meresap jauh ke dalam dengan mudah masuk hingga ke jaringan keratin dan merusak kekuatan rambut. Di saat inilah kemudian Anda menyadari bagaimana rambut Anda malah semakin terlihat pudar warnanya.

Tentu saja ada beberapa pewarnaan rambut yang memiliki efek merusak yang minimal. Dan itu artinya Anda perlu sangat selektif memilih produk. Atau untuk lebih aman, coba untuk mulai merawat rambut Anda dengan terapi alami resep herbal penghitam rambut.

Ini adalah cara menghitamkan rambut yang aman dan bebas efek toksin. Resep herbal penghitam rambut terbuat dari bahan alami yang akan bekerja dengan cara yang tidak merusak kekuatan dan warna alami rambut. Tetapi justru memperbaiki kepadatan rambut, menguatkan rambut, memperbaiki kadar melamin dalam rambut sehingga perlahan memulihkan warna alami rambut.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

Liz Veloz. Sciencing. Why Do People Have Different Hair Color?. URL: https://sciencing.com/do-people-different-hair-color-5438253.html. Accessed: 2019-01-25. (Archived by WebCite®)

Sara Schwartz. Huffingtonpost. 4 Signs You Should Stop Coloring Your Hair. URL: https://www.huffingtonpost.com/entry/4-signs-you-should-stop-coloring-your-hair_us_57486057e4b055bb1171ec40. Accessed: 2019-01-25. (Archived by WebCite®)