4 Resep Herbal untuk Bersihkan Lendir di Tenggorokan

388
jeruk nipis untuk resep herbal lendir di tenggorokan
Jeruk Nipis (© 2009 Jee & Rani Nature Photography / License: CC BY-SA 4.0)

Diedit:

Tubuh terus membuat lendir (mukus) sepanjang waktu, dan bukan hanya di hidung. Ketika sedang sakit, lendir akan menjadi lebih banyak, sampai memenuhi saluran hidung hingga tenggorokan. Saat itu terjadi, Anda bisa membuat resep herbal lendir di tenggorokan untuk membantu menghilangkannya.

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya membuat 4 ramuan herbal lendir di tenggorokan dari jeruk nipis, pegagan, daun kecubung, dan bunga biduri. Juga dijelaskan beberapa tips praktis lain untuk membantu menghilangkan lendir berlebih di tenggorokan.

Resep Herbal Lendir di Tenggorokan – Jeruk Nipis

Bahan:

Jeruk nipis, 2 buah.
Garam, sedikit saja.

Cara Meramu Resep:

Belah jeruk nipis menjadi 2, lalu peras airnya ke dalam gelas.
Tambahkan garam dan aduk sampai rata.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal lendir di tenggorokan ini sekaligus habis saat perut kosong.

Mengapa Jeruk Nipis Bermanfaat?

Jeruk nipis (Citrus aurantifolia) memiliki kandungan-kandungan bermanfaat seperti vitamin C, beta-karoten, flavonoid, limonoid, dan asam folat. Jeruk nipis mengandung lebih banyak asam sitrat dibandingkan jeruk biasa. Kandungan asam inilah yang diduga berperan dalam mengencerkan lendir sehingga lebih mudah dikeluarkan.

jeruk nipis untuk bersihkan dahak di tenggorokan
Jeruk Nipis (© 2009 Jee & Rani Nature Photography / License: CC BY-SA 4.0)

Jeruk nipis juga dapat membantu membunuh kuman-kuman penyebab infeksi di saluran pernapasan yang memicu lendir berlebih di tenggorokan. Dalam sebuah penelitian pada November 2006 dari Journal of Traditional, Complementary, and Alternative Medicine, berbagai bakteri dan jamur dibuktikan bisa dihambat oleh ekstrak dari sari dan kulit buah jeruk nipis.

Sebuah penelitian pada Maret 2011 dari Annals of Clinical Microbiology and Microbiology menguji kemampuan ekstrak tumbuh-tumbuhan seperti jahe, bawang putih, dan jeruk nipis dalam air yang terkontaminasi E. coli. Hanya jeruk nipis yang terbukti dapat menghambat pertumbuhan bakteri itu.

Resep Herbal Lendir di Tenggorokan – Pegagan

Bahan:

Pegagan yang masih segar, 30 – 60 gram.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih dan rebus bersama 3 gelas air.
Rebus hingga airnya tersisa kira-kira separuhnya.
Angkat dan saring.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal lendir di tenggorokan ini 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Mengapa Pegagan Bermanfaat?

Pegagan (Centella asiatica) mempunyai efek anti-mikroba yang berguna untuk membantu mengatasi infeksi bakteri penyebab lendir berlebihan di tenggorokan. Ini dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dibahas pada artikel ilmiah berjudul “Antimicrobial and Phytochemical Analysis of Centella Asiatica (L.).”

Baca juga:  Resep Herbal TBC Paru-Paru dari Tanaman di Sekitar Kita
pegagan untuk bersihkan dahak berlebih di tenggorokan
Pegagan (Sumber: Dokumen Pribadi)

Pada penelitian itu digunakan beberapa jenis ekstrak pegagan, termasuk ekstrak metanol dan diklormetana. Kedua jenis ekstrak tersebut memperlihatkan aktivitas anti-mikroba yang signifikan terhadap beragam jenis bakteri. Dari hasil itu kemudian disimpulkan bahwa pegagan memang mempunyai efek untuk menghambat pertumbuhan bakteri.

Resep Herbal Lendir di Tenggorokan – Kecubung

Bahan:

Daun kecubung yang masih muda, 3 lembar.
Gula aren, secukupnya.
Air asam, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih daun kecubung, lalu rebus bersama 3 gelas air sampai tersisa kira-kira 1 gelas.
Setelah dingin, saring air rebusannya.
Buat larutan gula asam dengan mencampur gula aren dan air asam.
Rebus campuran gula asam sampai mendidih.

Aturan Pakai:

Minum air rebusan kecubung sekaligus habis.
Lanjutkan dengan minum larutan gula asam.

Mengapa Daun Kecubung Bermanfaat?

Daun kecubung (Datura metel) mengandung banyak konstituen, diantaranya alkoloid tropana (hyoscyamine, hyoscine, littorine, acetoxytropine, valtropine, fastusine, fastusinine), beragam witanolida dan ester triglil dari tropina dan pseudotropina.

Akar pegagan mengandung lebih banyak atropina dibandingkan bagian lain dari tanaman ini. Bagian batang dan daun pegagan biasanya memiliki kandungan skopolamina yang relatif lebih tinggi serta kandungan atropina yang relatif lebih rendah dibandingkan dengan akarnya.

daun kecubung untuk herbal lendir berlebih di tenggorokan
Daun Kecubung (Credit: Noote / Pinterest)

Kandungan alkaloid tropana memiliki efek sedatif, anti-spasmodik, dan midriatik. Seluruh bagian tanaman pegagan, khususnya daun dan bijinya, mempunyai efek anestetik, halusinogenik, anti-asma, anti-spasmodik, antitusif, bronkodilator, anodin, dan midriatik.

Resep Herbal Lendir di Tenggorokan – Bunga Biduri

Bahan:

Bunga biduri yang sudah kering, 0.1 gram.

Cara Meramu Resep:

Rebus bunga biduri dengan 3 gelas air.
Rebus hingga airnya tersisa kira-kira 1 gelas.
Angkat, dinginkan, dan saring.

Aturan Pakai:

Minum ramuan herbal lendir di tenggorokan sekaligus habis.

Mengapa Bunga Biduri Bermanfaat?

Bagian bunga dari tanaman biduri (Calotropis gigantea) secara tradisional sering digunakan sebagai ekspektoran (pengencer dahak). Biduri juga diketahui mengandung banyak kandungan kimia aktif biologis, diantaranya kardenolida, steroid, tanin, glikosida, fenol, terpenoid, gula, flavonoid, alkaloid dan saponin.

Baca juga:  Resep Herbal Kudis: Daun Srikaya, Mindi Kecil, dan Sambiloto
bunga biduri untuk ramuan herbal dahak di tenggorokan
Bunga Biduri (Credit: Adityamadhav83 / Wikimedia Commons)

Selain digunakan sebagai ekspektoran, biduri juga memiliki banyak efek farmakologis lainnya seperti anti-mikroba, antelmintik, anti-inflamasi, analgesik dan antipiretik, anti-kanker, anti-angiogenik, imunologis, anti-diabetik, kardiovaskular, hipolipidemik, gastroprotektif, pelindung hati, pelindung ginjal, anti-fungi, antiokisdan, anti-fertilitas, dan efek relaksan otot polos.

Noni Juice: Alternatif Praktis untuk Bersihkan Tenggorokan

Noni juice mengandung antioksidan tingkat tinggi untuk membantu mengatasi berbagai penyebab lendir berlebihan di tenggorokan. Salah satu penyebabnya adalah infeksi di saluran pernapasan. Noni dapat merangsang sistem kekebalan tubuh untuk bergerak cepat melawan infeksi tersebut.

Noni mengandung senyawa yang kaya akan polisakarida yang sanggup meningkatkan aktivitas sel-sel darah putih. Diketahui bahwa sel-sel darah putih adalah komponen utama dari sistem kekebalan tubuh. Noni juga menstimulasi tubuh untuk menciptakan lebih banyak nitrit oksida untuk membunuh kuman-kuman penyebab infeksi.

noni juice herbal lendir berlebih di tenggorokan
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: Bingregory.com)

Sistem kekebalan tubuh adalah benteng perlindungan tubuh dari lingkungan luar yang menciptakan garis pertahanan terhadap virus, bakteri, atau parasit. Kadang-kadang para “penjajah” itu berhasil lolos masuk garis pertahanan itu, tetapi jika sistem kekebalan bekerja optimal maka akan cepat merespons lalu menyingkirkan penjajah itu sebelum menyebabkan masalah serius.

Aturan Minum Noni Juice:

Noni juice sudah dikemas dalam bentuk minuman sehingga bisa langsung diminum. Sebagai resep herbal lendir di tenggorokan, dosis yang disarankan untuk orang dewasa adalah 50 ml diminum 2 – 3 kali sehari. Untuk anak-anak, dosisnya adalah 2 – 4 sendok makan diminum 2 kali sehari.

Tips Praktis Lain untuk Membersihkan Mukus di Tenggorokan

Lendir di tenggorokan (mukus) sebenarnya dibutuhkan untuk menghalangi debu, virus, dan zat-zat asing lain. Saat tubuh sehat, lendir itu encer dan tidak terlalu banyak. Tetapi jika sedang sakit atau terkena terlalu banyak zat, lendir bisa mengental dan lebih banyak.

Jika lendir berlebih di tenggorokan membuat Anda merasa tidak nyaman, cobalah tips-tips berikut ini untuk mengencerkan atau menghilangkannya. Anda bisa mengupayakan tips-tips ini bersamaan dengan mengonsumsi resep herbal lendir di tenggorokan.

Minum Banyak Air

Minumlah banyak air, terutama yang hangat atau panas, untuk melancarkan dahak. Tambahkan juga asupan cairan dari makanan yang berkuah dan hangat. Keempat ramuan herbal lendir di tenggorokan di atas juga sebaiknya diminum selagi masih hangat.

Berkumur Air Garam

Berkumur dengan air garam bisa membantu membersihkan lendir yang menempel di belakang tenggorokan. Air garam juga membantu membunuh kuman-kuman dan melegakan sakit tenggorokan. Untuk membuat air garam campurkan ½ – ¾ sdt garam ke dalam segelas air hangat. Berkumurlah 30 – 60 detik sebelum memuntahkannya. Ulangi sebanyak dibutuhkan.

Terapi Uap Panas

Uap panas juga membantu mengencerkan lendir kental di tenggorokan. Tuangkan air panas ke dalam mangkuk besar lalu dekatkan kepala ke atas mangkuk dan tutup atas kepala Anda dengan handuk. Hiruplah uap panas dari airnya. Menjauhlah jika panasnya membuat Anda tidak nyaman, lalu ulangi lagi. Setelahnya Anda bisa minum segelas air dingin untuk mendinginkan diri.

Kapan Sebaiknya Periksa ke Dokter?

Jika lendir berlebih di tenggorokan terus-menerus mengganggu, sebaiknya periksa ke dokter. Terutama jika disertai dengan demam, sesak dada, atau susah napas. Juga periksa ke dokter jika sesak dada terasa lebih buruk atau tidak membaik dalam 3 – 4 hari; lendir mengental; atau lendir berwarna hijau atau kuning.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal lendir di tenggorokan. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. (2008). 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Samy, Ramar & Chow, Vincent. (2011). Antimicrobial and Phytochemical Analysis of Centella Asiatica (L.). Nature Precedings. URL: http://hdl.handle.net/10101/npre.2011.6033.1

Monira, Khaton & Munan, Shaik. (2012). Review on Daturan Metel: A Potential Medicinal Plant. Global Journal of Research on Medicinal Plants & Indigenous Medicine. 1(4):123-132

Al-Snafi, Ali Esmail. (2015). The Constituents and Pharmacological Properties of Calotropis Procera – An Overview. International Journal of Pharmacy Review & Research. 5(3): 259-275

Purdie, Jennifer. 8 Ways to Get Rid of Mucus in Your Chest. Reviewed: 2018-11-05. URL: https://www.healthline.com/health/how-to-get-rid-of-mucus-in-chest. Accessed: 2019-01-22


Advertisement
Alinesia