Resep Herbal Kutil: Daun Baru Cina dan Kulit Pisang

449
pisang untuk resep herbal kutil
Pisang (Credit: Larry Washburn / Getty Images)

Diedit:

Apa resep herbal kutil yang dapat Anda gunakan? Mungkin Anda sudah mendengar atau membaca banyak saran mengenai cara alami menghilangkan kutil, tetapi masih bingung akan mencoba yang mana. Tentu saja Anda pasti ingin mencoba cara yang sudah teruji dapat membantu banyak orang.

Dalam artikel ini akan dijelaskan cara meracik 2 ramuan herbal kutil yang telah teruji secara empiris. Karena sudah lama digunakan secara tradisional, 2 resep ini telah membantu banyak orang untuk menghilangkan masalah kutilnya. Artikel ini juga akan membahas informasi lain seputar kutil—penyebab, cara mencegah, dan cara menghilangkannya secara medis.

Resep Herbal Kutil – Baru Cina

Bahan:

Daun baru cina yang masih segar, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih daun baru cina, lalu tumbuk sampai lumat.
Ramuan herbal kutil siap digunakan.

Aturan Pakai:

Tempelkan ramuan ini ke kutil.
Lakukan 3 – 4 kali sehari selama 1 bulan.

baru cina untuk ramuan herbal kutil
Daun Baru Cina (Credit: Zanna Pesnina / Shutterstock)

Resep Herbal Kutil – Kulit Pisang

Bahan:

Pisang yang sudah matang, 1 buah.

Cara Meramu Resep:

Kupas pisang, lalu kerok bagian dalam kulitnya.
Ramuan herbal kutil siap digunakan.

Aturan Pakai:

Bubuhkan ramuan ini pada kutil dan tutup dengan plester.
Ganti ramuan dan plester setiap kali mandi.
Lakukan setiap hari sampai kutil hilang.

pisang untuk ramuan herbal kutil
Pisang (Credit: Shutterstock)

Apa Itu Kutil?

Kutil adalah pertumbuhan di kulit yang sifatnya jinak (bukan kanker), yang disebabkan oleh infeksi virus di lapisan terluar kulit. Virus yang menyebabkan kutil adalah human papillomavirus (HPV). Virus itu lebih mudah menginfeksi jika ada luka atau lecet di kulit.

Virus penyebab kutil juga menular. Karena itu, kutil dapat menular melalui kontak langsung dengan kutil atau sesuatu yang tersentuh oleh kutil.

Kutil biasanya berwarna seperti kulit dan permukaannya kasar. Kadang kutil bisa berwarna gelap (cokelat atau abu-abu-hitam), permukaannya datar, dan halus.

Siapa yang Berisiko Memilki Kutil?

Siapapun bisa memiliki kutil. Memang ada beberapa orang yang lebih berisiko kulitnya terinfeksi virus kutil (HPV). Orang-orang tersebut ialah:

  • Anak-anak dan remaja.
  • Orang yang punya kebiasaan menggigit atau mengorek kuku.
  • Orang yang punya sistem kekebalan yang lemah.

Pada anak-anak, kutil sering kali hilang sendiri meski tanpa pengobatan. Anda juga bisa menggunakan ramuan herbal kutil agar lebih cepat hilang. Tetapi  jika kutilnya terasa sakit atau berkembang dengan cepat, ada baiknya bawa anak Anda ke dokter kulit.

Cara Mencegah Kutil Tumbuh

Sebagian jenis kutil bisa dicegah, tapi sebagian jenis lainnya tidak dapat dicegah.Kutil bisa secara alami tumbuh, bergantung pada penyebabnya. Tetapi ada juga kutil yang menular dari orang ke orang. Kutil bisa menular melalui kontak langsung dengan kutil milik orang lain. Kutil juga dapat menular jika menggunakan handuk atau benda lain yang telah tersentuh kutil orang lain.

Baca juga:  3 Resep Herbal Luka Berdarah untuk Cepat Menutup Luka

Kutil di alat kelamin lebih mudah menular dan bisa menular melalui seks oral, vaginal, atau anal. Terutama bagi kaum wanita, kutil bahkan bisa tumbuh di serviks (leher rahim) dan dapat menularkan infeksi virusnya ke pasangannya tanpa menyadarinya. Karena itu sangatlah penting untuk menghindari aktivitas seks apapun dengan orang lain yang bukan suami/istri Anda.

Yang Harus Dilakukan untuk Mencegah Kutil Menular:

  • Jangan mencabut atau menggaruk kutil Anda.
  • Selalu pakai alas kaki ketika berjalan di tempat umum.
  • Jangan menyentuh kutil orang lain.
  • Pastikan kutil Anda tetap dalam keadaan kering, karena kelembapan dapat mempermudahnya untuk menyebar.
  • Jangan melakukan aktivitas seks apapun dengan orang lain yang bukan suami/istri Anda agar tidak tertular kutil kelamin.

Peran Sistem Kekebalan Tubuh untuk Mengatasi Kutil

Karena kutil disebabkanoleh virus, maka sistem kekebalan tubuh sedikit-banyak berpengaruh pada masalah kulit ini. Sebenarnya, memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik akan membantu menghilangkan kutil yang tumbuh.

Kekebalan yang baik juga akan menambah keefektifan ramuan herbal kutil yang Anda gunakan. Berikut adalah sejumlah tips utama untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda:

  • Konsumsi aneka jenis makanan sehat, seperti buah-buahan, sayuran, dan serealia utuh (misalnya nasi merah, oatmeal, dan gandum utuh).
  • Olahraga teratur untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan. Pilihan olahraga yang bagus antara lain olahraga jalan kaki, bersepeda, atau lari.
  • Istirahat malam yang cukup untuk menjaga fungsi kekebalan tubuh.

Dengan memiliki kekebalan tubuh yang optimal, masalah kutil akan lebih mudah untuk menghilang. Bukan hanya itu, tubuh juga menjadi lebih tahan terhadap infeksi virus sehingga tidak mudah terkena kutil.

Cara Menghilangkan Kutil secara Medis

Kutil sering kali bisa hilang sendiri tanpa perlu diobati, meski kadang butuh waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Tetapi ada juga kutil yang tidak bisa hilang sendiri, meskipun sudah dibantu dengan resep herbal kutil. Untuk membantu menghilangkannya, dokter biasanya akan menggunakan metode-metode berikut.

Baca juga:  Cara Alami Atasi Radang Empedu dengan Resep Herbal Ini

Menggunakan Asam Salisilat (Salycylic Acid)

Anda bisa mengatasi kutil di tangan, kaki, atau lutut dengan menempelkan asam salisilat. Untuk hasil terbaik, asam salisilat harus ditempelkan setiap hari selama berminggu-minggu. Setelah mandi, keringkan kulit dengan ditepuk-tepuk handuk lalu tempelkan asam salisilat ke kutil.

Asam salisilat akan meresep lebih dalam dan bekerja lebih baik jika ditempelkan ke kulit yang masih lembap. Dan besok harinya, sebelum mandi, gunakan batu apung atau papan ampelas untuk mengikis permukaan kutil yang mati.

Menggunakan Cantharidin

Dengen metode pengobatan ini, dokter mengaplikasikan cantharidin ke kutil. Biasanya orang tidak akan merasakan apa-apa saat bahan kimia ini diaplikasikan ke kutil. Tetapi 3 – 8 jam kemudian kemungkinan akan timbul sedikit rasa sakit dan melepuh di kutil.

Setelah perawatan dengan cantharidin, dokter akan menutup kutil dengan perban. Anda boleh membuka perbannya setelah 24 jam. Bila cantharidin dicampur dengan campuran kimia lain, mungkin Anda boleh membukanya hanya dalam 2 jam.

Ketika Anda periksa ke dokter lagi kali berikutnya, beliau akan mengikis kulit-kulit mati dari kutil. Jika kutil tidak menghilang setelah satu kali perawatan, dokter akan menyarankan metode perawatan lainnya.

Menggunakan Nitrogen Cair

Dokter mungkin akan menggunakan nitrogen cair untuk membekukan kutil. Metode perawatan ini dinamakan cryotherapy atau cryosurgery. Mengaplikasikan nitrogen cair ke kutil akan menimbulkan sedikit rasa tidak nyaman.

Agar sepenuhnya menghilangkan kutil, perawatan nitrogen cair perlu dilakukan setiap 1 – 3 minggu dengan total perawatan 2 – 4 kali. Bila tidak ada perubahan, dokter akan merekomendasikan metode perawatan lain.

Metode Perawatan Lain

Dokter juga dapat menghilangkan kutil di kulit dengan membakarnya, memotongnya, atau menghilangkannya dengan laser. Metode-metode ini efektif, namun bisa meninggalkan bekas luka. Karena itu biasanya metode-metode ini menjadi pilihan terakhir apabila metode perawatan lain tidak efektif.

Perawatan Khusus untuk Kutil di Kelamin

Kutil kelamin harus ditangani oleh dokter. Jangan gunakan resep herbal kutil apapun untuk menanganinya. Kutil kelamin memang dapat dihilangkan, tetapi belum ada obat yang bisa sepenuhnya mengatasi infeksi virus yang menyebabkannya. Ini artinya kutil kelamin dapat kembali tumbuh walaupun sudah dihilangkan.

Sering kali perawatan medis, dan bahkan ramuan herbal kutil, dapat dengan sukses mengatasi masalah kulit ini. Sistem kekebalan tubuh Anda juga biasanya dapat mengatasi sisa-sisa kutil yang masih tertinggal. Namun tetap ada kemungkinan kutil tumbuh kembali, terutama jika kulit terus-menerus dalam keadaan lembap.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal kutil serta informasi lain seputar kutil di kulit. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi di sini. Nantikan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. (2008). 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Familydoctor.org. Warts. URL: https://familydoctor.org/condition/warts/. Accessed: 2019-13-02. (Archived in WebCite®)


Advertisement
Alinesia