Resep Herbal Kolesterol: Belimbing Wuluh, Bawang Putih, & Bawang Merah

488
bawang putih untuk resep herbal kolesterol
Bawang Putih (Credit: Amarita / Shutterstock)

Diedit:

Jika Anda punya kolesterol tinggi, jangan abaikan! Kolesterol tinggi adalah salah satu pemicu penyakit jantung dan stroke. Jadi sebelum timbul penyakit yang serius, segera turunkan dengan mengonsumsi tanaman herbal untuk kolesterol yang terbukti efektif. Ayo pelajari cara meramu resep herbal kolesterol.

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya membuat 3 ramuan herbal kolesterol dari belimbing wuluh, bawang putih, dan bawang merah. Pilih salah satu resep yang paling mudah dan cocok bagi Anda. Artikel ini juga akan menjelaskan tips-tips praktis untuk membantu menormalkan kadar kolesterol.

Tanaman Herbal untuk Kolesterol 1: Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh (Averrhoa bilimbi) adalah tanaman obat yang berkhasiat sebagai hipolipidemik. Yaitu artinya dapat menurunkan kadar lemak darah, seperti kolesterol dan trigliserida. Khasianya ini telah diuji oleh penelitian ilmiah.

Salah satunya dibahas dalam karangan ilmiah yang berjudul “Uji Efek Etanol 70% Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L) terhadap Penurunan Kadar Kolesterol pada Serum Darah Tikus.” Disebutkan bahwa belimbing wuluh dapat mencegah kenaikan kadar kolesterol pada serum darah serta mencegah terjadinya aterosklerosis (penyumbatan pembuluh arteri akibat endapan berlemak).

Hasil uji statistik dari penelitian juga menunjukkan bahwa ekstrak etanol 70% buah belimbing wuluh dengan dosis 800 mg/kg berat badan sebanding efeknya dengan obat simvastatin dosis 0,72 mg/hari pada penurunan kadar kolesterol dari tikus laboratorium. Simvastatin adalah obat yang biasa diresepkan untuk kolesterol.

belimbing wuluh
Belimbing Wuluh (Credit: Dethan Punalur / Getty Images)

Hasil penelitian itu dapat menjadi dasar untuk penelitian lebih lanjut terhadap subjek percobaan yang tingkatannya lebih tinggi hingga pada manusia, serta untuk dijadikan alternatif pengganti obat medis. Untuk membuat ramuan herbal kolesterol dari belimbing wuluh, ikutilah langkah-langkah berikut.

Resep Herbal Kolesterol – Belimbing Wuluh

Bahan:

Belimbing wuluh, 3 buah.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih lalu iris-iris tipis.

Rebus bersama 1 gelas air sampai mendidih selama 15 menit.
Angkat dan dinginkan.

Aturan Minum:

Minum ramuan herbal kolesterol ini sekaligus habis.
Lakukan 2 kali sehari.

Catatan:

Penderita maag dan/atau kencing batu dilarang mengonsumsi ramuan ini.

Tanaman Herbal untuk Kolesterol 2: Bawang Putih

Bawang putih (Allium sativum) adalah bumbu dapur yang juga punya banyak khasiat kesehatan. Bawang putih terbukti memiliki efek menurunkan kadar koleterol total dan LDL. Untuk meneguhkan manfaatnya itu, dilakukan penelitian yang diulas pada artikel ilmiah berjudul “Efek Suplemen Bawang Putih terhadap Kadar Kolesterol dan Trigliserida pada Tikus Wistar yang Diberi Diet Tinggi Minyak Sawit.”

bawang putih, tanaman herbal untuk kolesterol
Bawang Putih (Credit: Amarita / Shutterstock)

Dari hasil penelitian didapati bahwa pemberian ekstrak bawang putih selama 6 minggu menghasilkan penurunan kadar kolesterol pada tikus laboratorium sebesar 13,34 mg/dL. Juga diamati bahwa ekstrak bawang putih mampu menurunkan kadar trigliserida sebesar 15%.

Baca juga:  Resep Herbal Eksem Redakan Gatal dan Sakit di Kulit

Dengan begitu dapat dikatakan bahwa bawang putih memang sanggup menurunkan kadar kolesterol sekaligus trigliserida dalam darah. Untuk membuat ramuan herbal kolesterol, ikutilah langkah-langkah di bawah ini.

Resep Herbal Kolesterol – Bawang Putih

Bahan:

Bawang putih, 2 siung.

Cara Meramu Resep:

Iris tipis-tipis bawang putih.
Gumpalkan menjadi bulatan-bulatan.
Ramuan herbal kolesterol siap dikonsumsi.

Aturan Pakai:

Konsumsi bersamaan dengan makan nasi.
Lakukan 2 kali sehari.

Catatan:

Selain dimakan mentah, bawang putih bisa diolah dulu menjadi masakan, tapi harus dengan api kecil.
Jangan konsumsi berlebihan, karena bisa timbul efek samping seperti mual atau rasa terbakar di tenggorokan, lambung, dan usus.

Tanaman Herbal untuk Kolesterol 3: Bawang Merah

Bawang merah (Allium cepa) adalah bumbu dapur berikutnya yang bermanfaat sebagai resep herbal kolesterol. Manfaatnya ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Hongkong terhadap mencit yang kadar kolesterolnya tinggi.

Sekelompok mencit diberikan bawang merah selama 6 minggu. Hasilnya terlihat bahwa mencit-mencit ini mengalami penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) tetapi kadar kolesterol baik (HDL) mereka tidak menurun.

bawang merah untuk ramuan herbal kolesterol
Bawang Merah (Credit: DoroMlecz / iStock)

Zhen Yu Chen, seorang peneliti dari Chinese University of Hong Kong, menjelaskan bahwa bawang merah memiliki interaksi dengan enzim tertentu yang bekerja untuk menurunkan kolesterol. Penelitian di Hongkong ini menjadi penelitian pertama yang meneliti interaksi bawang merah dengan fungsi biologis tubuh.

Selama ini peneliti memang lebih berminat pada bawang putih yang memang terbukti efektif mencegah dan mengobati beragam penyakit. Diharapkan ke depannya para peneliti lebih mendalami dan menyelidiki khasiat bawang merah terhadap kolesterol.

Resep Herbal Kolesterol – Bawang Merah

Bahan:

Bawang merah, 20 gram.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih lalu iris tipis-tipis.
Ramuan herbal kolesterol ini siap dikonsumsi.

Aturan Pakai:

Konsumsi bersamaan dengan makan nasi.
Lakukan 3 kali sehari dengan takaran yang sama (20 gram).

Alternatif Ramuan Herbal Kolesterol: Noni Juice

Noni juice adalah minuman herbal yang dibuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia). Buah Noni sudah terkenal akan khasiatnya dalam pencegahan maupun pengobatan beragam jenis penyakit dan masalah kesehatan, termasuk kolesterol tinggi. Manfaatnya sebagai tumbuhan herbal untuk kolesterol telah diuji kemampuannya melalui berbagai penelitian ilmiah.

Salah satunya diulas dalam sebuah artikel ilmiah bertajuk “Effect of Morinda Citrifolia Fruit Extract Capsule on Total Cholesterol Levels in Patients with Hypercholesterolemia.” Penelitian itu membuktikan efek dari ekstrak buah Noni terhadap kadar kolesterol total dan kolesterol “jahat” LDL pada penderita kolesterol tinggi.

noni juice
Buah Noni (© Scot Nelson / Flickr / Public Domain Mark 1.0)

Mereka diberikan ekstrak Noni selama 14 hari. Terlihat bahwa rata-rata kadar kolesterol total mereka menurun sebesar 13,8% dan kadar kolesterol LDL mereka berkurang sebesar 15,5%. Artikel itu juga menyebutkan bahwa manfaat Noni dalam mengurangi kolesterol akan semakin besar apabila dibarengi dengan pola hidup sehat, antara lain konsumsi makanan bergizi seimbang, olahraga, tidak merokok, dan jaga berat badan.

Baca juga:  Sering Sariawan? Coba Atasi dengan Resep Herbal Sariawan

Hasil penelitian itu meneguhkan bahwa Noni memang bermanfaat sebagai herbal penurun kolesterol. Namun bukan hanya itu, herbal ini juga dikenal dengan kemampuannya untuk mengatasi masalah-masalah kesehatan lain yang terkait, misalnya darah tinggi, gangguan jantung, hingga stroke.

Aturan Konsumsi Noni Juice:

Noni juice praktis untuk dikonsumsi karena sudah dikemas dalam bentuk minuman herbal. Sebagai ramuan herbal kolesterol, dosis yang dianjurkan yaitu 50 – 100 ml diminum 2 – 3 kali sehari. Ukuran 50 ml kurang-lebih setara dengan ¼ gelas belimbing.

Tips-Tips Praktis untuk Menormalkan Kadar Kolesterol

Kolesterol sedikit-banyak dipengaruhi oleh pola makan dan gaya hidup Anda. Jadi selain mengonsumsi resep herbal kolesterol, upayakanlah tips-tips gaya hidup berikut ini agar kolesterol tetap stabil dan tidak gampang naik.

Sarapan Bubur Oatmeal

Semangkuk bubur oatmeal bukan hanya membuat Anda kenyang sampai siang, tapi juga mengandung serat yang bermanfaat untuk menurunkan kolesterol LDL. Selain oatmeal, makanan whole grain (serealia utuh) lainnya juga bagus untuk kolesterol, misalnya beras merah dan roti dari gandum utuh. Beras merah juga lebih baik daripada beras putih.

Ganti Minyak dengan Minyak Tak Jenuh

Minyak tak jenuh mengandung jenis lemak yang sehat. Contohnya adalah minyak canola, zaitun, dan safflower. Kandungan lemak sehat di dalamnya membantu mengurangi kolesterol “jahat” LDL tetapi meningkatkan kolesterol “baik” HDL. Tapi jangan berlebihan memakainya, karena lemak sehat pun mengandung banyak kalori.

Olahraga 30 Menit Sehari

Untuk menormalkan kadar kolesterol, Anda hanya butuh setengah jam olarhaga selama sekurangnya 5 hari dalam seminggu. Tapi tidak apa-apa jika tidak bisa berolahraga 30 menit sehari. Yang penting adalah berupaya untuk lebih aktif secara fisik sepanjang hari.

Sering-Sering Jalan Kaki

Tahukah Anda bahwa jalan kaki juga termasuk olahraga? Ya, jalan kaki termasuk olahraga aerobik yang akan mengurangi risiko Anda terserang stroke atau sakit jantung, menurunkan berat badan, memperkuat tulang, dan bahkan menetralisir stres. Cobalah biasakan diri untuk berjalan kaki sedikitnya 10 menit setiap hari.

Perbanyak Buah & Sayur

Isi piring makan Anda dengan buah dan sayuran yang beraneka ragam. Antioksidan dari buah dan sayur sangat baik untuk kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika lebih dulu makan buah dan sayur, Anda akan cepat kenyang sehingga tidak akan banyak makan makanan lain yang berlemak, seperti daging dan gorengan.

Kemungkinan besar kadar kolesterol Anda akan kembali normal jika sudah mengupayakan tips-tips di atas, terlebih lagi jika ditambah konsumsi ramuan herbal kolesterol. Tetapi jangan senang dulu kalau sudah normal, teruslah jaga kolesterol Anda supaya kondisi jantung dan pembuluh darah tetap berfungsi baik sampai tua nanti.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal kolesterol dari 3 tumbuhan herbal untuk kolesterol yang ampuh. Semoga Anda berhasil menurunkan kolesterol dengan segera menerapkan informasi di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. (2008). 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Prastyan, Emika. (2008). Uji Efek Etanol 70% Buah Belimbing Wuluh (Averrhoa Bilimbi L) terhadap Penurunan Kadar Kolesterol pada Serum Darah Tikus. [skripsi tesis] Surakarta (ID): Universitas Muhammadiyah Surakarta

Asnel, Mulfa & Kadri, Husnil & Arisanty, Dessy. (2015). Efek Suplemen Bawang Putih terhadap Kadar Kolesterol dan Trigliserida pada Tikus Wistar yang Diberi Diet Tinggi Minyak Sawit. Jurnal Kesehatan Andalas. (4)1: 189-194

Kompas.com. Bawang Merah Kikis Kolesterol Jahat. Published: 2010-10-08. URL: https://lifestyle.kompas.com/read/2010/10/08/10491899/Bawang.Merah.Kikis.Kolesterol.Jahat. Accessed: 2019-01-09 (Archived in WebCite®)

Sasnan, Grace & Hanani, Endang & Kristianto, Jusuf. (2014). Effect of Morinda Citrifolia Fruit Extract Capsule on Total Cholesterol Levels in Patients with Hypercholesterolemia. Tropical Journal of Pharmaceutical Research. 13(8): 1319-1326


Advertisement
Alinesia