Jangan Takut Mandul, Resep Herbal Kesuburan Ini Bisa Jadi Solusi

620
ginjean untuk ramuan herbal kesuburan
© Zhangzhugang / Wikimedia Commons

Diedit:

Memiliki keturunan sudah tentu adalah harapan semua pasangan. Dan ketika kemudian harus terbentur dengan masalah kesuburan atau dalam bahasa awam dikenal dengan istilah mandul. Maka tentu saja pasangan perlu melakukan banyak langkah dan upaya untuk bisa lepas dari masalah ini. karena faktanya, masalah kesuburan bukan harga mati bagi pasangan untuk dapat memiliki keturunan.

Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba membuka salah satu cara alami dan terbukti empiris untuk membantu mengatasi masalah kesuburan dan keluhan mandul dengan memanfaatkan khasiat resep herbal kesuburan. Ini dipercaya dapat membantu keluhan para calon ibu untuk lebih mudah hamil.

Resep Herbal Kesuburan

Ada cukup banyak varian resep herbal kesuburan yang dikenal secara tradisional di Nusantara. Meski beberapa dianggap belum sepenuhnya terbukti secara medis, beberapa herbal sudah melalui rangkaian riset yang membuktikan khasiatnya untuk kesehatan wanita dan mengatasi keluhan mandul. Dan resep herbal kesuburan kali ini adalah sebagai berikut.

Bahan Baku:

Herbal ginjean (seluruh bagian tanaman) yang masih segar, sekitar 50 gram.
Telur ayam kampung, 1 butir.

Cara Membuat Ramuan Herbal Kesuburan:

Cuci bersih herbal ginjean dengan air mengalir.
Potong-potong kasar herbal ginjean.
Rebus herbal ginjean dengan air sebanyak 3 gelas.
Selama merebus, masukkan telur ayam ke dalam air rebusan.
Terus didihkan selama 15 menit.
Angkat dan dinginkan.

Aturan Pakai:

Setelah dingin, air ramuan herbal kesuburan ini bisa diminum sekaligus.
Kemudian makan juga telur ayam yang sudah direbus bersama dengan ginjean tadi.

Bagaimana Khasiat Resep Herbal Kesuburan Ini?

Ramuan herbal kesuburan ini terdiri dari dua bahan utama, yakni herbal ginjean dan telur ayam. Dan khasiat dari kedua bahan utama tadi untuk kesuburan dan kesehatan wanita adalah sebagai berikut.

Khasiat Herbal Ginjean

Tanaman ginjean memiliki nama latin Leonurus japonicus. Tanaman ini sering dianggap tanaman perdu liar yang dianggap tidak bermanfaat. Kerap dipangkas habis begitu saja karena dianggap sebagai gulma atau tanaman pengganggu.

Sebenarnya tanaman yang dikenal dengan sebutan lain motherwort  ini termasuk dalam famili tanaman mint. Dan rupanya, memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, termasuk untuk resep herbal kesuburan. Tanaman ini juga dipahami sebagai salah satu tanaman untuk pengobatan herbal Tiongkok.

ginjean untuk resep herbal kesuburan
Tanaman Ginjean (Sumber: Cloudfront)

Ginjean sendiri memiliki sejumlah khasiat sebagaimana dijelaskan dalam verywellhealth.com, seperti untuk menurunkan tekanan darah, membantu menstabilkan hormonal dan membantu memelihara kesehatan jantung. Juga baik untuk terapi depresi dan insomnia.

Tetapi secara spesifik disebutkan dalam Journal of Medicine tahun 2016, tanaman ginjean memiliki khasiat untuk membantu memperbaiki kesuburan wanita. Meningkatkan kesehatan rahim dan membantu memperbaiki kemampuan ovarium untuk memproduksi telur.

Secara empiris ginjean dipahami dapat membantu membersihkan rahim dan melancarkan haid.  Ketika rahim bebas dari sisa-sisa lapisan sel endometrium yang sudah usang, maka perlekatan telur akan lebih mudah terjadi, dan proses pembuahan dapat dilakukan dengan lebih optimal.

Ini berkat kandungan leonuridine dan leonurinine. Senyawa ini baik untuk membersihkan rahim. Dipahami pula ginjean akan membantu masalah sulit hamil dan keluhan mandul  seperti karena masalah fibroid, endometriosis, PCOS dan amenorrhea (absen menstruasi). Juga membantu memperbaiki surplai darah menuju rahim untuk menunjang pertumbuhan janin di awal usianya.

Khasiat Telur Ayam

Telur dan utamanya adalah bagian kuning telur memiliki manfaat baik untuk membantu menambah khasiat dari ramuan herbal kesuburan. Ini karena telur mengandung banyak vitamin B yang sangat baik untuk mengatasi keluhan mandul.

Dalam telur juga terdapat kandungan asam lemak omega 3 yang baik untuk meningkatkan kualitas dinding rahim. Dan akan mendapat lebih banyak lagi ketika yang Anda pilih adalah jenis telur yang sudah mendapatkan perlakukan khusus sehingga mengandung lebih kaya asam lemak omega 3.

Dalam telur terkandung kolin, asam folat dan protein arganin yang akan membantu membentuk iklim sehat pada rahim. Ini untuk menunjang proses pembuahan, perlekatan telur pada dinding rahim pasca pembuahan dan proses pembentukan sel demi sel dari janin di awal usianya dalam kandungan.

Penyebab Keluhan Mandul alias Sulit Hamil

Mengatasi keluhan mandul pada wanita bukan perkara sederhana. Anda perlu pahami dulu sejak awal, apa sebenarnya yang menjadi penyebab masalah kemandulan. Ini akan membantu Anda menemukan solusi yang tepat.

Pada umumnya, seiring proses penuaan pada wanita, wanita akan mengalami penurunan fungsi kesuburan. Meski demikian tidak sedikit ditemukan wanita di usia produktif mengalami keluhan mandul. Jadi usia tidak selamanya menjadi penyebab utama.

Dan masalah kesuburan ini akan sulit untuk diatasi bila kita tidak melakukan langkah yang tepat. Untuk menemukan langkah penanganan yang tepat, berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan mandul atau sulit hamil pada wanita.

  • Obesitas

    Memiliki berat badan berlebih kadang dapat mempengaruhi kondisi hormonal tubuh Anda, dan ini dapat menjadi pemicu wanita untuk sulit hamil atau mandul. Lemak memiliki kaitan kuat dengan hormon vital yang berkaitan dengan kesuburan.

    Dan ketika wanita usia subur mengalami obesitas, mereka juga beresiko untuk mengalami penurunan fungsi rahim dan ovarium. Obesitas menyebabkan tubuh lebih mudah mengalami infeksi,  lebih mudah membentuk kista dan menyebabkan siklus haid terganggu.

    Hal ini dijelaskan dalam Journal of Reproductive Biology and Endocrinology  tahun 2018. Dijelaskan pula adanya kaitan kuat obesitas dengan resistensi insulin dan hiperandrogen yang dapat menurunkan fungsi ovarium dan rahim.

  • Terlalu Kurus

    Menjadi terlalu gemuk tentu saja salah, dan rupanya menjadi terlalu kurus tidak kalah buruknya. Karena ketika tubuh terlalu kurus, sejumlah hormon kembali tidak dapat diproduksi dalam kadar normal dan ini memicu munculnya masalah mandul pada wanita.

    Sebagaimana dijelaskan, lemak berkaitan demikian kuat dengan hormon vital pada fungsi kesuburan. Dan ketika kadarnya berlebihan maka lemak akan mengganggu keseimbangan. Tetapi, tubuh membutuhkan lemak untuk memproduksi hormon, jadi ketika tidak cukup lemak dalam tubuh, sejumlah hormon akan berada pada level terlalu rendah dan ini mempengaruhi kesuburan.

    Tidak jarang wanita yang terlalu kurus mengalami gangguan pada siklus haid yang hilang sama sekali. Bahkan dalam sejumlah riset ditemukan bahwa peluang menjadi mandul pada wanita terlalu kurus malah lebih besar dari wanita kegemukan. Dan langkah awal untuk mencoba mengatasi keluhan ini adalah dengan mencoba menaikan berat badan pada titik ideal.

  • Memasuki Usia 40 Tahun

    Wanita di usia 40 tahun memang masih sangat disarankan untuk tetap menggunakan alat kontrasepi mengingat mereka belum mengalami menopause pada fase ini. Jadi secara teori mereka masih mungkin untuk hamil.

    Tetapi faktanya, menginjak usia 40 tahun, sebenarnya kesuburan wanita sudah mengalami penurunan. Tingkat penurunannya bisa cukup signifikan pada beberapa wanita. Bisa ditandai dengan masalaj siklus haid yang mulai datang tidak teratur. Bersamaan dengan ini, sebenarnya wanita mulai mengalami gangguan pada fungsi ovarium.

    Beberapa wanita mulai tidak cukup rutin memproduksi telur. Sedang pada situasi lain, beberapa pakar meihat  bahwa telur yang dihasilkan di fase ini tidak lagi sebaik pada masa-masa produktif.

  • Faktor Genetik

    Ibu yang cenderung tidak memiliki banyak anak (dengan catatan tidak menggunakan alat kontrasepsi) akan cenderung menurunkan potensi yang sama pada anaknya. Demikian pula pada Ibu yang mengalami masa menopause lebih cepat juga akan menurunkan potensi serupa pada anaknya.

    Artinya, aspek genetik banyak berpengaruh di sini. Sebagainya sudah dipublikasikan dalam Current Genetics Medical Representative  tahun 2013, dijelaskan pula beberapa keluhan kesehatan yang berkaitan dengan kesuburan termasuk PCOS dan endometriosis dapat juga berkaitan dengan aspek genetik.

  • Pengaruh Unsur Kimia Berbahaya

    Anda yang bekerja atau berdiam di kawasan dengan tingkat polusi tinggi atau terpapar dengan unsur kimia berbahaya dapat memiliki resiko cukup tinggi mengalami keluhan mandul.  Ini termasuk dengan senyawa pestisida, senyawa kimia untuk pembersih ruangan, pengharum ruangan hingga senyawa kimia dari polusi pada air dan udara.

    Pada Environmental Health Perspectives tahun 2013 dijelaskan bahwa ekspos terhadap senyawa-senyawa kimia berbahaya dapat meningkatkan resiko mandul hingga 29%. Lebih dari 15 jenis bahan kimia dianggap dapat mempercepat datangnya menopause.

    Dan resiko ini berlaku pada mereka yang terbiasa bekerja pada pabrik kimia, pekerja kebersihan, perusahaan tekstil, pekerja yang harus banyak berada di area jalan raya yang sarat polusi udara dan lain sebagainya.

  • Merokok

    Ketika kita bicara soal bahaya merokok, yang terlintas pada benak Anda adalah efeknya terhadap kesehatan paru-paru dan jantung. Sedikit dari kita yang menyadari bagaimana rokok juga dapat menyebabkan efek keluhan mandul.

    Menurut the American Society for Reproductive Medicine tahun 2014 dijelaskan bahwa wanita yang merokok cenderung beresiko untuk mandul hingga 13%. Mengalami gangguan kesehatan pada fungsi rahim hingga 28%. Dan juga memiliki resiko dapat menurunkan kesehatan genital dari anak yang mereka kandung nantinya.

    Kerusakan berawal dari pengaruh nikotin dan sejumlah toksin dalam rokok terhadap stabilitas fungsi endokrin. Gangguan ini mempengaruhi sistem tiroid dan keseimbangan hormon kewanitaan termasuk estrogen dan progesteron yang berperan besar pada proses kehamilan.

  • Mengonsumsi Alkohol

    Kebiasaan mengonsumsi alkohol juga termasuk salah satu penyebab wanita mengalami gangguan kesuburan. Terutama bila kebiasaan ini dilakukan berlebihan. Setidaknya kebiasaan mengonsumsi alkohol berlebih menurunkan potensi kehamilan hingga 18%.

    Wanita alkoholik cenderung memiliki siklus haid yang tidak teratur dan masalah hormonal yang cukup buruk. Ini diduga kuat menjadi penyebab gangguan kemandulan.  Bahkan mengonsumsi lebih dari 1 unit minuman alkohol di saat hamil akan memicu gangguan janin, gangguan pertumbuhan, bayi kurang berat dan masalah kelahiran prematur.

    Pada jurnal Fertility Research and Practice tahun 2017, dijelaskan sebenarnya untuk membantu atasi keluhan mandul pada wanita yang diakibatkan oleh alkohol, maka cara terbaik adalah berhenti sama sekali dari alkohol. Karena efek alkohol bisa bersifat personal dan akan berbeda efeknya pada setiap orang. Sulit mendeteksi dengan tepat bagaimana efek alkohol untuk setiap orang, termasuk pengaruhnya terhadap kesuburan.

  • Sedang Menyusui

    Selama seorang ibu menyusui, selama itu pula tubuh akan menghasilkan senyawa hormonal yang disebut dengan prolaktin. Senyawa ini justru memberi efek menunda kehamilan. Selama kadar prolaktin dalam tubuh tinggi, tubuh akan mendapatkan sinyal untuk mendorong proses kontraksi dinding rahim. Tujuannya untuk meluruhkan sisa-sisa kehamilan sampai benar-benar bersih.

    Biasanya kadar prolaktin tinggi pada ibu muda akan muncul saat usia bayi kisaran 4 – 6 bulan pertama. Pada saat ini ibu akan menyusui dengan intensitas tinggi, mengingat si kecil belum mengenal makanan lain selain asupan ASI.

    Selama masa ini, ovarium tidak mendapatkan cukup support untuk memproduksi telur yang sempurna. Bahkan kadang ibu bisa mengalami absen haid karena telur atau ovum sama sekali tidak diproduksi.

  • Olahraga Fisik Berlebihan

    Olahraga akan membantu tubuh menjadi lebih sehat dan dalam porsi moderat ini akan membantu Anda lebih bugar, termasuk lebih siap menjalankan kehamilan. Bahkan ibu hamil juga disarankan untuk tetap berolahraga untuk lebih bugar dan siap menjalankan persalinan.

    Tetapi rupanya berlebihan berolahraga sama sekali tidak disarankan. Ini bukan berkaitan dengan sejumlah mitos mengenai konsep turun peranakan. Wanita bebas untuk berlari, melompat, berenang, bersepeda hingga jongkok tanpa perlu khawatir soal kesuburan. Ini hanya soal peringatan untuk tidak berlebihan dalam berolahraga.

    olahraga berlebihan menjadi penyebab mandul
    Olahraga Berlebihan (© Izf / Shutterstock)

    Kapan Anda dikatakan berlebih berolahraga? Ketika aktivitas olahraga Anda membuat Anda ekstra lelah. Ketika ini membuat Anda kehilangan kemampuan berkonsentrasi, tidur dengan baik dan mulai merasakan nyeri di beberapa bagian tubuh Anda dengan berlebihan.

    Pada dasarnya ada dua alasan kenapa olahraga berlebih membuat Anda sulit hamil. Pertama karena ini menyebabkan Anda kehabisan energi. Dan ketika Anda berada di level ini, tubuh otomatis memerintahkan sistem reproduksi untuk menurunkan tempo. Tidak jarang wanita dengan olahraga berlebih akan mengalami siklus haid yang tidak teratur, datang terlambat dan selesai lebih cepat.

    Kedua karena olahraga berlebih mendorong produksi hormon androgen berlebihan. hormon pembawa aspek maskulin ini dapat menurunkan kinerja ovarium dan mendorong Anda mengalami PCOS yang mengganggu proses pembentukan telur.

  • Gangguan Tiroid

    Hormon tiroid memiliki kaitan kuat dengan seluruh fungsi endokrin dalam tubuh. Ketika tubuh tidak dapat memproduksi hormon tiroid dalam kadar seharusnya, sejumlah produksi hormon lain juga akan terganggu. Termasuk pula fungsi metabolisme dan pembentukan energi.

    Gangguan ini yang dapat menyebabkan wanita dengan gangguan tiroid akan sulit hamil. Dibutuhkan kadar hormon yang normal dan tepat untuk wanita memproduksi telur, melakukan pembuahan dan menjalankan masa kehamilan dengan sehat. Dibutuhkan pula suplai energi yang cukup untuk menjalankan seluruh proses ini.

  • Terlalu Banyak Kafein

    Sebenarnya mengonsumsi kopi atau teh Anda di pagi hari tidak akan mempengaruhi kesehatan reproduksi Anda sama sekali. Tentu dengan syarat, setelah cangkir pertama Anda tidak meneruskannya hingga cangkir ke 5. Artinya selama Anda tidak berlebihan, kafein sebenarnya aman.

    Mengonsumsi 300 mg kafein dalam satu hari tidak akan mempengaruhi kesuburan wanita. Anda sama suburnya dengan mereka yang tidak rutin minum kopi. Peminum 3 cangkir sehari akan memiliki resiko gangguan hormonal. Tetapi mengonsumsi soda dan minuman energi lebih dari 2 wadah sehari akan memiliki resiko cukup serius mengalami gangguan reproduksi, termasuk keluhan mandul.

    Pada dasarnya kafein dapat mempengaruhi kadar estrogen dalam tubuh. kelebihan kafein memicu dominasi estrogen dan ini bukan kabar baik untuk kesuburan. Meski fungsi reproduksi tubuh membutuhkan estrogen, tetapi ketika kadarnya berlebihan reaksinya justru akan negatif dan ini menyebabkan wanita sulit hamil.

  • Stres Berlebihan

    Pada publikasi di Human Reproduction tahun 2014 dijelaskan wanita yang stress cenderung akan menghasilkan sejumlah enzim yang rupanya dapat menurunkan fungsi kesuburan. Mereka dengan tingkat stress tinggi pada keseharian akan lebih sulit untuk hamil.

    Dalam Dialogues in Clinical Neuroscience tahun 2018, diungkap bagaimana aspek stress dan kesuburan layaknya lingkaran tidak berujung. Wanita dengan stress tinggi cenderung mudah beresiko untuk mandul. Tetapi menjadi sulit hamil sendiri memberi efek tekanan mental dan mudah stress.

    Stress akan mengganggu kerja pituitari yang menjadi elemen penting keseimbangan hormonal dan fungsi endokrin. Ketika sistem ini terganggu otomatis tubuh akan mengalami ketidak seimbangan hormonal yang memicu keluhan kesuburan.

  • Kesehatan pada Fungsi Reproduksi dan Seksual

    Beberapa kasus mandul pada wanita berkaitan dengan sejumlah keluhan kesehatan pada fungsi repoduksi. Sejatinya, untuk bisa menjalankan fungsi dengan sempurna, setiap organ dalam sistem reproduksi harus  berada pada kondisi yang baik. gangguan kesehatan akan menganggu kesinambungan fungsi.

    Beberapa gangguan yang lazim terjadi antara lain adalah PCOS atau Polycystic Ovary Syndrome dimana terbentuk gangguan pada fungsi ovarium sehingga terbentuk kista-kista kecil dalam ovarium. Gangguan ini disebabkan ovarium gagal memproduksi telur, dan akan semakin sulit memproduksi telur karena organ keberadaan kista yang menutup.

    Keluhan lain adalah fibroid, berupa pembentukan sel-sel semacam miom atau tumor kecil di dinding rahim yang menyebabkan telur sulit melekat pada dinding rahim. Keluhan lain adalah endometriosis yang menyebabkan dinding rahim menebal oleh tumpukan sel endometrium yang tumbuh berlebihan. Ini juga menyulitkan proses pembuahan dan proses perlekatan janin.

    Infeksi pada rahim dan pada serviks termasuk efek serangan jamur, virus dan bakteri juga dapat mengganggu proses pembuahan dan perlekatan janin pada dinding rahim. Ini karena infeksi menyebabkan kadar pH pada area dalam rahim tidak ideal. Dan pada kondisi ini sejumlah sperma dapat saja mati sebelum mencapai titik pertemuan. Dan telur tidak dapat bertahan hidup sebagaimana mestinya.

Baca juga:  Buktikan Sendiri! Inilah Dua Resep Herbal yang Efektif Atasi Gagal Ginjal

Bila Anda menginginkan segera hadirnya buah hati yang tak kunjung muncul, langkah terbaik tentu saja mencoba mencari tau terlebih dahulu apa sebenarnya yang menyebabkan masalah Anda muncul. Tidak selamanya kesulitan hamil berarti kondisi mandul permanen. Beberapa aspek penyebab dapat dihilangkan dan masalah kesuburan dapat di atasi. Termasuk dengan menggunakan ramuan herbal kesuburan.

Demikianlah artikel ini yang mengulas resep herbal kesuburan. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Schuster, Dalene. Natural Fertility Info. Fertility Herb: Motherwort. URL: https://natural-fertility-info.com/fertility-herb-motherwort.html. Accessed: 2018-12-02. (Archived by WebCite®)

Gurevich, Rachel. Verywellfamily.com. Fertility Foods to Boost Your Odds of Conception. URL: https://www.verywellfamily.com/fertility-foods-recipes-1959903. Accessed: 2018-12-03. (Archived by WebCite®)

Macmillan, Amanda. Health.com. 15 Factors That Affect a Woman’s Fertility. URL: https://www.health.com/health/gallery/0,,20918587,00.html. Accessed: 2018-12-03. (Archived by WebCite®)