Resep Herbal Karang Gigi untuk Cegah Kerusakan di Gigi & Gusi

577
daun teh untuk resep herbal karang gigi
Daun Teh (Credit: Arayilpdas / Wikimedia Commons / CC BY-SA 3.0)

Diedit:

Karang gigi terbentuk dari plak-plak di gigi. Jika tidak dicegah dan terus dibiarkan, kondisi ini bisa menyebabkan penyakit gigi & gusi yang serius seperti gingivitis dan periodontitis. Buatlah sendiri resep herbal karang gigi untuk membantu mencegah dan mengendalikan pembentukannya.

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya membuat dua ramuan herbal karang gigi dari biji asam jawa dan daun teh. Keduanya sudah sejak lama dimanfaatkan secara tradisional untuk merawat kesehatan mulut. Artikel ini juga akan menjelaskan 7 tips praktis untuk mencegah plak dan karang gigi.

Herbal 1: Biji Asam Jawa

Biji dari tanaman asam jawa (Tamarindus indica) sudah sejak dahulu dikenal khasiatnya bagi kesehatan. Misalnya untuk perawatan artritis, penyakit jantung, kesehatan gigi, gangguan pencernaan, hingga kanker. Kemampuan biji asam sebagai pelunak karang gigi juga telah diuji dan dibahas secara ilmiah.

Misalnya dalam konferensi Asia-Pasifik tahun 2017 mengenai kesehatan dan perawatan gigi bertajuk “39th Asia-Pacific Dental and Oral Care Congress.” Dalam konferensi itu salah satu topik yang dibahas adalah tentang efektivitas pasta gigi dari ekstrak biji & buah asam jawa sebagai agen anti-bakteri dan pelunak karang gigi.

Dalam topik itu dijelaskan bahwa biji asam jawa memiliki kandungan aktif yang menghambat aktivitas bakteri dan mampu melunakkan karang gigi, yaitu misalnya senyawa albuminoid dan tanin. Tanin adalah senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan mikroba dengan cara menghambat pergerakan dari enzim-enzimnya.

biji asam untuk ramuan herbal karang gigi
Buah dan Biji Asam (© Anya Brewley Schultheis / Stocksy United)

Albuminoid adalah sekelompok portein yang berbentuk larutan koloid dan berperan untuk mengikat ion kalsium serta fosfat. Ion kalsium dan fosfat bertanggung jawab dalam pembentukan garam kalsium fosfat (mineral pembentuk karang gigi). Jika albuminoid mengikat mineral tersebut, maka proses pembentukan karang gigi akan terhambat.

Dengan efek anti-bakteri yang dimilikinya, biji asam akan membantu menghambat pertumbuhan bakteri yang menjadi pemicu karang gigi. Dan dengan efek pelunak karang giginya, biji asam akan membantu mengurangi karang yang sudah terbentuk di gigi. Berbekal dua kemampuan itu, biji asam terbukti cocok untuk dijadikan resep herbal karang gigi.

Resep Herbal Karang Gigi – Biji Asam

Bahan:

Biji asam jawa, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Sangrai biji asam dan tumbuk sampai halus.
Ramuan herbal karang gigi siap digunakan.

Aturan Pakai:

Gosokkan ramuan ini ke gigi menggunakan kain bersih atau sikat gigi.

Herbal 2: Daun Teh

Daun dari pohon teh (Camellia sinensis) sangat populer dan dikonsumsi di seluruh dunia. Daun teh dilaporkan mengandung berlimpah kandungan bioaktif yang bermanfaat untuk mencegah dan mengobati banyak masalah kesehatan. Salah satu manfaatnya adalah untuk membantu mengatasi masalah karang gigi.

Manfaatnya ini diulas dalam sebuah artikel ilmiah bertajuk “Review of The Therapeutic Effects of Camellia Sinensis (Green Tea) on Oral and Periodontal Health.” Dijelaskan bahwa daun teh berguna untuk pencegahan penyakit periodontitis dan untuk perawatan kesehatan mulut. Penyakit periodontitis dapat terjadi jika masalah karang gigi dibiarkan tidak ditangani.

Baca juga:  Singkirkan Gatal dengan Bantuan Resep Herbal Pilihan

Artikel tersebut juga menyebutkan sebuah penelitian epidemiologik yang menunjukkan bahwa ada hubungan terbalik antara asupan teh hijau harian. Juga disebutkan bahwa meminum teh hijau saat makan dan istirahat adalah kebiasaan yang relatif mudah untuk menjaga kesehatan gigi dan gusi.

daun teh untuk resep herbal karang gigi
Daun Teh (Credit: Lotus Images / Shutterstock)

Selain itu, sejumlah penelitian in vitro telah memperlihatkan bahwa kandungan katekin dalam teh, misalnya EGCG, dapat menghambat pertumbuhan Porphyromonas gingivalis, Prevotella intermedia, dan Prevotella nigrescens. Ketiga bakteri itu sangat terlibat dalam perusakan gigi dan gusi, sehingga jika mereka dihambat maka akan mencegah terjadinya periodontitis.

Penelitian lain memperlihatkan bahwa berkumur setelah makan dengan 0,05 – 0,5% polifenol teh hijau selama 3 hari bisa menghambat pembentukan plak gigi sebesar 30 – 43%. Dalam pengamatan terhadap anak-anak sekolah dasar, mereka yang minum 1 cangkir teh hijau setiap hari setelah makan siang di sekolah didapati berkurang karies giginya.

Dari beberapa penelitian yang telah disebutkan tadi maka jelas terlihat bahwa daun teh memang bermanfaat untuk perawatan gigi. Bukan hanya bagus untuk resep herbal karang gigi, daun teh juga dapat meningkatkan dan memelihara kesehatan mulut secara keseluruhan.

Resep Herbal Karang Gigi – Daun Teh

Bahan:

Daun teh, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Seduh daun teh dengan air panas di dalam cangkir.

Aturan Pakai:

Selagi hangat, gunakan ramuan herbal karang gigi ini untuk berkumur.
Lakukan setiap selesai makan.

Herbal Alternatif untuk Karang Gigi: Noni Juice

Noni juice adalah minuman herbal yang terbuat dari sari buah Noni (Morinda citrifolia). Buah Noni telah dimanfaatkan untuk pencegahan dan pengobatan berbagai macam penyakit, termasuk gingivitis dan periodontitis. Dua penyakit gigi & gusi itu bermula dari pembentukan karang gigi yang tidak terkontrol dan tidak teratasi.

Manfaat Noni untuk perawatan penyakit gingivitis dan periodontitis telah diuji dalam penelitian yang diulas di artikel “Effect of Morinda Citrifolia L. Fruit Juice on Gingivitis/Periodontitis.” Penelitian itu melibatkan 2 kelompok pasien penderita gingivitis/periodontitis yang diajarkan untuk mempraktikkan standar kebersihan mulut yang baik. Satu kelompok pasien diberikan 30 ml Noni juice + 30 ml air dua kali sehari untuk berkumur selama 2 menit lalu menelannya. Sedangkan kelompok yang kedua hanya mempraktikkan standar kebersihan mulut yang baik tanpa diberikan apa-apa. Pengujian dilakukan selama 4 minggu.

noni juice untuk ramuan herbal karang gigi
Noni Juice (© Wikivisual / WikiHow / CC BY-NC-SA 3.0)

Hasilnya menunjukkan bahwa dua kelompok pasien itu sama-sama mengalami perbaikan kondisi gigi dan gusi mereka, namun perbaikan lebih signifikan dialami oleh kelompok yang diberikan Noni juice. Diduga penyebabnya adalah karena Noni mampu menghambat pertumbuhan bakteri di gigi & gusi dan/atau inflamasi yang muncul akibat gingivitis/periodontitis.

Artikel itu kemudian menyimpulkan bahwa kombinasi antara praktik kebersihan mulut yang baik dan konsumsi Noni juice (untuk dikumur dan ditelan) adalah perawatan yang potensial untuk pengobatan gingivitis dan periodontitis.

Aturan Konsumsi Noni Juice:

Berbeda dengan ramuan herbal karang gigi lainnya, Noni juice tidak perlu diolah dan bisa langsung dikonsumsi. Cara konsumsinya yaitu dengan mencampur 30 ml Noni juice dengan 30 ml air lalu gunakan untuk berkumur selama 2 menit. Setelah itu bisa langsung ditelan. Lakukan ini 2 kali sehari selama minimal 4 minggu.

7 Tips Praktis untuk Mencegah Karang Gigi

Karang (kalkulus) gigi adalah hasil dari bercampurnya plak-plak di gigi dengan mineral dari air liur. Karang gigi menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri yang memakan gula dari makanan yang Anda konsumsi. Bakteri itu juga membentuk asam yang memecah email gigi, dan akhirnya membuat lubang di gigi.

Baca juga:  Resep Herbal Kencing Berdarah, Hentikan Infeksi Penyebabnya

Bakteri juga memproduksi racun-racun yang menimbulkan berbagai masalah gusi. Bahkan jika terus dibiarkan tak terkontrol, karang gigi akan mengakibatkan penyakit di gusi dan gigi seperti gingivitis atau periodontitis. Agar tidak mengalami akibat-akibat itu, Anda harus tahu caranya mencegah dan mengontrol karang gigi. Ikutilah tips-tips berikut ini.

Sikat Gigi secara Teratur

Minimal 2 kali sehari dan selama 2 menit setiap kali menyikat gigi. Gosok gigi hanya 30 detik dua kali sehari tidak akan menghilangkan plak di gigi. Gunakan sikat dengan bulu-bulu lembut yang cukup kecil untuk masuk ke mulut. Pastikan untuk menjangkau permukaan-permukaan yang sulit dijangkau di belakang gigi dan geraham belakang.

Gunakan Sikat Gigi Elektrik (Jika Mungkin)

Penelitian menunjukkan bahwa sikat gigi elektrik dapat lebih baik menghilangkan plak. Pastikan Anda memilih yang benar-benar aman dan berkualitas.

Pakai Pasta Gigi yang Tepat

Pakailah pasta gigi untuk tartar (karang gigi) yang mengandung fluoride. Fluoride membantu memperbaiki lapisan email. Beberapa produk pasta gigi memiliki kandungan bernama triclosan untuk membunuh bakteri di plak.

Gunakan Floss

Bersihkan gigi dengan benang gigi (floss). Benang gigi adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan plak di sela-sela gigi dan mencegah terbentuknya karang di bagian-bagian gigi yang sulit dijangkau.

Berkumur

Berkumur setiap hari dengan obat kumur antiseptik untuk membantu membunuh bakteri penyebab plak.

Jaga Asupan Makanan

Bakteri di mulut memakan gula dan zat tepung dari makanan yang Anda konsumsi. Saat memakannya, bakteri melepaskan asam yang berbahaya. Jadi kurangi konsumsi camilan dan gula. Lebih baik lagi jika Anda minum banyak air saat makan dan gosok gigi setelahnya.

Jangan Merokok

Penelitian menunjukkan bahwa orang yang merokok lebih mudah terbentuk karang di giginya.

Bila karang sudah terbentuk di gigi, disarankan agar pergi ke dokter gigi untuk membersihkannya. Jadi kunjungilah dokter gigi Anda setiap 6 bulan sekali untuk menghilangkan plak dan karang gigi yang mungkin menempel di gigi supaya tidak menimbulkan masalah lebih besar.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal karang gigi. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi ini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. (2008). 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Putri, Andikha & Ismana, Agung & Andriani, Ika. (2017). The Effectiveness of Tamarind Seeds and Fruit Extract Toothpaste as The Antibacterial Agent and Calculus Softener. 39th Asia-Pacific Dental and Oral Care Congress. Osaka, Jepang

H, Arab & A, Maroofian & S, Golestani & H, Shafaee & K, Sohrabi & A, Forouzanfar. (2011). Review of The Therapeutic Effects of Camellia Sinensis (Green Tea) on Oral and Periodontal Health. Journal of Medicinal Plants Research. 5(23): 5465-5469

Glang, Jonas & Falk, Wolfgang & Westendorf, Johannes. (2013). Effect of Morinda Citrifolia L. Fruit Juice on Gingivitis/Periodontitis. Modern Research in Inflammation. 2(2): 21-27

WebMD. What is Tartar? 6 Tips to Control Buildup. Reviewed: 2018-08-23. URL: https://www.webmd.com/oral-health/guide/tartar-dental-calculus-overview. Accessed: 2019-01-08. (Archived in WebCite®)


Advertisement
Alinesia