Resep Herbal Darah Tinggi, Turunkan Tekanan Darah Tanpa Obat

615
calincing untuk resep herbal darah tinggi
Calincing (© Adam Grubb and Annie Raser Rowland / Flickr)

Diedit:

Tekanan darah tinggi harus segera diturunkan agar tidak menyebabkan komplikasi. Mungkin selama ini Anda selalu minum obat untuk menurunkan tekanan darah, tetapi pernah kah terpikirkan untuk mencoba cara alami? Misalnya dengan meramu resep herbal darah tinggi?

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya membuat ramuan herbal darah tinggi dari bahan-bahan yang sederhana namun terbukti efektif. Artikel ini juga akan menjelaskan apa sebenarnya penyebab darah tinggi dan tips-tips praktis untuk menjaga tekanan darah tetap normal.

Ramuan 1: Buah, Daun, dan Bunga Jeruk Nipis

Tanaman dan buah jeruk nipis (Citrus aurantifolia) sudah biasa digunakan dalam pengobatan tradisional untuk masalah darah tinggi. Efek anti-hipertensi (menurunkan tekanan darah) yang dimiliki jeruk nipis telah diuji dalam penelitian menggunakan model percobaan.

jeruk nipis untuk ramuan herbal darah tinggi
Daun, Bunga, dan Buah Jeruk Nipis (© Prosthetic Head / Wikimedia Commons)

Hasilnya didapati bahwa pemberian ekstrak jeruk nipis sebanyak 750 mg/kg berhasil secara signifikan menurunkan tekanan sistolik, tekanan diastolik, tekanan darah rata-rata, dan denyut jantung dari model percobaan. Hasil ini membuktikan khasiat jeruk nipis sebagai tanaman herbal untuk darah tinggi.

Kemampuan anti-hipertensi tersebut dikaitkan dengan kandungan bioflavonoid yang dimilikinya, yaitu hesperidin dan diosmin. Namun, dilaporkan juga bahwa jeruk nipis bertindak sebagai anti-hipertensi melalui kinerja angiotensin-converting enzyme.

Resep Herbal Darah Tinggi – Jeruk Nipis

Bahan:

Buah jeruk nipis, 2 buah.
Daun jeruk nipis, 30 lembar.
Bunga jeruk nipis, 20 kuntum.
Madu murni, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih bahan-bahan, lalu potong-potong seperlunya.
Masukkan ke dalam panci dan rebus bersama 3 gelas air.
Rebus sampai airnya tersisa 2 ¼ gelas.
Dinginkan, saring airnya, tambahkan madu, dan bagi menjadi 3 bagian.

Aturan Minum:

Minum ramuan herbal darah tinggi ini 3 kali sehari.
Minum setiap hari.

Ramuan 2: Calincing, Seledri, dan Bawang Putih

Calincing: Penelitian menunjukkan bahwa calincing efektif sebagai tumbuhan herbal untuk darah tinggi karena dapat membantu menurunkan tekanan darah. Didapati bahwa tekanan diastolik dan tekanan sistolik sama-sama berkurang setelah model percobaan diberikan ekstrak calincing.

Baca juga:  Nyeri saat Buang Air Kecil? Coba Atasi dengan Resep Herbal Ini
calincing
Calincing (© Adam Grubb and Annie Raser Rowland / Flickr)

Seledri: Seledri yang berbatang besar mengandung fitokimia bernama phtalide. Fitokimia ini dapat melenturkan jaringan di dinding-dinding arteri sehingga melancarkan aliran darah dan menurunkan tekanan darah. Tangkai seledri juga mengandung serat, magnesium, dan kalium yang membantu mengendalikan tekanan darah.

seledri
Seledri Batang Besar (© Gundy Quality Fruit and Veg)

Bawang putih: Bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang memiliki beragam manfaat, salah satunya adalah untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat mengurangi tekanan sistolik sebesar 7 – 9 mmHg dan tekanan diastolik sebesar 4 – 6 mmHg pada penderita darah tinggi.

bawang putih, tanaman herbal untuk darah tinggi
Bawang Putih (© Annick Vanderschelden / Flickr)

Resep Herbal Darah Tinggi – Calincing, Seledri, Bawang Putih

Bahan:

Tanaman calincing yang masih segar, 30 gram.
Seledri batang besar, 2 tangkai.
Bawang putih, 2 siung.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih semuanya dan rebus bersama 3 gelas air.
Rebus hingga airnya tersisa 1 gelas.
Dinginkan dan saring airnya.

Aturan Minum:

Minum ramuan herbal darah tinggi ini sekaligus habis.
Minum setiap hari.

Herbal Alternatif untuk Darah Tinggi: Noni Juice

Noni juice adalah minuman herbal yang terbuat dari sari buah Mengkudu. Buah ini ini sudah dikenal di seluruh dunia dengan khasiatnya sebagai tanaman herbal untuk darah tinggi. Dan berbagai penelitian pun telah membuktikan manfaatnya tersebut.

Salah satu penelitian diulas dalam artikel ilmiah berjudul “The Effects of Morinda citrifolia L. Noni on High Blood Pressure: A Mechanistic Investigation and Case Study.” Penelitian itu melibatkan 10 orang (3 wanita dan 7 pria berumur 28 – 56 tahun) yang didiagnosis mengidap darah tinggi tetapi tidak sedang mengonsumsi obat medis apapun.

Setiap orang diberikan Noni juice untuk dikonsumsi setiap hari selama 1 bulan. Setelah 1 bulan, didapati bahwa rata-rata tekanan darah mereka menjadi 132/76. Ini adalah hasil positif karena sebelum mengonsumsi Noni juice rata-rata tekanan darah mereka adalah 144/83.

Hasil penelitian itu membuktikan bahwa Noni juice sanggup menurunkan tekanan sistolik maupun diastolik. Diketahui bahwa cara kerjanya adalah dengan menghambat enzim ACE dan AT reseptor. Penelitian itu dan banyak penelitian-penelitian lainnya menunjukkan bahwa herbal ini dapat membantu menormalkan tekanan darah dan menjaganya tetap normal.

Baca juga:  Percepat Pemulihan Infeksi Ginjal Dengan Resep Herbal Ini
noni juice untuk ramuan herbal darah tinggi
Buah Mengkudu (© SOMMAI / Shutterstock)

Aturan Minum Noni Juice:

Berbeda dengan resep herbal darah tinggi lainnya, Noni juice bisa langsung diminum dan tidak perlu diolah lagi. Untuk menormalkan tekanan darah, dosis yang dianjurkan adalah 50 – 100 ml diminum 2 – 3 kali sehari. Ukuran 50 ml kurang-lebih setara dengan ¼ gelas belimbing.

Apa Sebenarnya Penyebab Darah Tinggi?

Ada sejumlah hal yang dapat memicu kenaikan tekanan darah. Jika Anda sedang mengalami darah tinggi cobalah evaluasi diri dan atasi/hindari hal-hal yang mungkin menjadi penyebabnya.

  • Terlalu banyak menambahkan garam di dalam masakan
  • Kurang aktivitas fisik
  • Kegemukan atau obesitas
  • Sering mengonsumsi alkohol dalam jumlah banyak
  • Merokok
  • Terus-menerus kurang tidur

Buatlah perubahan gaya hidup untuk membantu menormalkan tekanan darah. Meski begitu, ada beberapa pemicu darah tinggi yang tetap tidak bisa dihindari, yaitu usia tua dan riwayat darah tinggi dalam keluarga (kecenderungan genetik). Namun hal tersebut tetap bisa dikontrol dengan mengupayakan gaya hidup sehat dan mengonsumsi tanaman herbal untuk darah tinggi.

Tips-Tips Praktis untuk Menjaga Tekanan Darah Normal

Sebagaimana sudah disinggung di atas, Anda perlu membuat perubahan gaya hidup untuk mengendalikan tekanan darah. Walaupun efeknya mungkin tidak langsung terasa, namun yakinlah bahwa tips-tips berikut akan sangat bermanfaat dalam jangka panjang.

  • Batasi asupan garam tidak lebih dari 6 gram (1 sendok teh) per hari
  • Konsumsi makanan bergizi seimbang—terdiri dari bermacam buah-buahan segar dan sayur-sayuran
  • Upayakan untuk rutin olahraga dan tetap aktif secara fisik
  • Kurangi konsumsi alkohol
  • Kurangi berat badan jika Anda kegemukan
  • Kurangi minum kopi, teh, kola, dan minuman berkafein lainnya
  • Berhenti merokok
  • Upayakan tidur paling sedikit 6 jam setiap malam

Mulailah lakukan tips-tips di atas dari hari ini, tidak soal Anda sudah minum obat darah tinggi atau belum. Dibantu dengan konsumsi ramuan herbal darah tinggi yang tepat, tips-tips di atas bahkan bisa membuat Anda tidak perlu mengonsumsi obat.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang resep herbal darah tinggi. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas nusantara lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

Mohamed Eddouks, ed. 2016. Phytotherapy in the Management of Diabetes and Hypertension, Volume 2. Sharjah (UAE): Bentham Science Publishers

M, Ansari & J, Nasreen & A, Nadeem & K, Mohd. Imran. 2015. Pharmacological and therapeutic potential of Oxalis corniculata Linn. Discovery Phytomedicine. 2(3): 18-22

Cleveland Clinic. Celery May Help Bring Your High Blood Pressure Down. Published: 2015-04-09. URL: https://health.clevelandclinic.org/celery-may-help-bring-your-high-blood-pressure-down/. Accessed: 2018-12-18

WebMD. GARLIC. URL: https://www.webmd.com/vitamins/ai/ingredientmono-300/garlic. Accessed: 2018-12-18

P, Afa & S, Raevonne & W, Brett & K, Norman & J, Claude. 2008. The Effects of Morinda Citrifolia L. Noni on High Blood Pressure: A Mechanistic Investigation and Case Study. ACS Symposium Series. 993: 446-453

NHS. High Blood Pressure (Hypertension). URL: https://www.nhs.uk/conditions/high-blood-pressure-hypertension/causes/. Accessed: 2018-12-18