Hilangkan Bisul Menyakitkan di Payudara dengan 2 Resep Herbal Ini

921
akar kemuning untuk resep herbal bisul di payudara
Tanaman Kemuning (© Flickr/Farhan Haekal)

Diedit:

Bisul di payudara bisa terasa cukup menyakitkan, apalagi jika tergesek oleh pakaian. Apa yang perlu dilakukan untuk dengan cepat menghilangkan bisul ini? Adakah resep herbal bisul di payudara yang efektif?

Dalam artikel ini Anda akan belajar caranya membuat ramuan herbal bisul di payudara menggunakan bahan-bahan yang telah diteliti kemampuannya secara ilmiah. Temukan juga tips-tips praktis mematangkan bisul dan mencegahnya agar tidak muncul kembali.

Herbal 1: Daun Wungu & Santan

Tanaman daun wungu (Graptophyllum pictum) telah sejak dulu digunakan dalam pengobatan tradisional di Indonesia. Daun wungu dimanfaatkan untuk pengobatan sembelit, rematik, gangguan menstruasi, wasir, infeksi saluran kencing, pembengkakan, mematangkan bisul, menghaluskan kulit, mengobati luka, dermatitis, dan masih banyak lagi.

Berbagai penelitian pada ekstrak dari daun tanaman obat ini mengungkapkan bahwa ada kandungan analgesik dan anti-inflamasi yang dimilikinya. Salah satu penelitian tersebut dibahas pada jurnal ilmiah berjudul “Antiinflammatory effect of Graptophyllum pictum (L.) GRIFF.” Dengan kemampuan anti-inflamasi dan analgesik yang dimilikinya, daun wungu dapat membantu mengurangi rasa sakit, bengkak, dan peradangan pada bisul.

daun wungu untuk resep herbal bisul di payudara
Daun Wungu (© Wikimedia Commons/David J. Stang)

Bahan kedua dalam resep herbal bisul di payudara ini adalah santan. Penelitian menunjukkan bahwa santan memiliki kemampuan anti-infalamsi, anti-bakteri, anti-virus, dan anti-jamur yang sangat baik untuk menangani bisul. Kemampuannya tersebut dijelaskan dalam jurnal ilmiah berjudul “Antistress and antioxidant effects of virgin coconut oil in vivo.”

Dijelaskan bahwa minyak kelapa murni (virgin coconut oil), bentuk murni dari minyak yang diekstrak dari santan, kaya akan kandungan MCT dan asam laurat yang memiliki kemampuan-kemampuan tadi. Karena itu, santan dapat digunakan untuk membantu mengatasi infeksi bakteri penyebab bisul di payudara sekaligus mengurangi bengkak dan peradangan yang terjadi pada bisul.

santan untuk ramuan herbal bisul di payudara
Santan Kelapa (© Shutterstock/Nataliya Arzamasova)

Resep Herbal Bisul di Payudara – Daun Wungu & Santan

Bahan:

Daun wungu yang masih segar, secukupnya.
Santan kelapa, secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih daun wungu, lalu oleskan santan kelapa.
Panaskan daun di atas api hingga layu.

Aturan Pakai:

Selagi daun masih hangat, tempelkan di atas payudara yang bisulan.

Herbal 2: Akar Kemuning

Akar dari tanaman kemuning (Murraya paniculata) adalah bahan selanjutnya untuk resep herbal bisul di payudara. Dalam jurnal berjudul “Murraya paniculata (L.) Jack: A Potential Plant for Treatment of Toothache” dijelaskan bahwa akar kemuning mengandung kumarin, alkaloid, dan flavonoid.

akar kemuning untuk resep herbal bisul di payudara
Tanaman Kemuning (© Flickr/Farhan Haekal)

Ketiga kandungan tersebut dapat membantu menangani bisul dengan kemampuan anti-mikroba dan anti-inflamasi yang dimilikinya. Dengan kemampuan anti-mikroba, akar kemuning akan membantu mengatasi infeksi bakteri penyebab bisul. Dan kemampuan anti-inflamasinya bermanfaat untuk meredakan keluhan-keluhan seperti bengkak, peradangan, dan kemerahan pada bisul.

Resep Herbal Bisul di Payudara – Akar Kemuning

Bahan:

Akar kemuning yang sudah kering, 30 gram.

Cara Meramu Resep:

Cuci akar kemuning, lalu potong-potong secukupnya saja.
Rebus bersama 3 gelas air, tunggu hingga airnya tersisa 3 gelas air.
Setelah dingin, saring air rebusannya.

Aturan Pakai:

Minumlah ramuan herbal bisul di payudara ini 2 kali sehari, masing-masing ½ gelas.

Alternatif Resep Herbal Bisul di Payudara – Noni Juice

Sebagai alternatif ramuan herbal bisul di payudara, Noni juice akan membantu menghentikan infeksi dari dalam tubuh. Noni juice adalah minuman herbal yang efektif untuk mengatasi berbagai infeksi di tubuh yang disebabkan bakteri.

Baca juga:  Resep Herbal untuk Mematangkan Bisul dengan Cepat

Kemampuan anti-bakteri herbal ini dijelaskan dalam jurnal ilmiah berjudul “The Effect of Noni Fruit Extracts (Morinda Citrifolia) on Staphylococcus Aureus Growth.” Dijelaskan bahwa buah Noni—bahan baku Noni juice—terbukti mampu menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus.

noni juice untuk ramuan herbal bisul di payudara
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (© Shutterstock/iMoved Studio)

Bakteri Staphylococcus aureus diketahui sebagai penyebab utama dari infeksi bisul di payudara. Kemampuan anti-bakteri Noni diduga berasal dari kandungan senyawa terpenoid, alkaloid, dan flavonoid yang dimilikinya.

Noni juice bukan hanya mampu mengatasi bisul di payudara, tetapi juga akan mencegah berbagai infeksi kulit lainnya. Bahkan kulit akan dibantu menjadi lebih mulus dan halus apabila herbal ini diminum secara teratur.

Aturan Konsumsi Noni Juice:

Noni juice sudah diolah dalam kemasan herbal yang siap minum. Jadi Anda hanya perlu mengonsumsinya dengan anjuran dosisnya, yaitu sekitar 50 ml (kurang-lebih ¼ gelas belimbing) diminum sebanyak 2 – 3 kali sehari.

Apa Penyebab Bisul di Payudara?

Bisulan adalah masalah kulit yang normal dan umum terjadi. Bisul muncul jika ada folikel rambut atau kelenjar keringat di bawah permukaan kulit yang mengalami inefksi. Bisul muncul di lokasi-lokasi dimana keringat bisa mengumpul, seperti di ketiak, selangkangan, dan area wajah.

Area di bawah dan di antara payudara juga dapat menjadi tempat dimana bakteri penyebab bisul (Staphylococcus aureus) bisa menginfeksi folikel rambut atau kelenjar keringat di bawah kulit.

Bisul di payudara akan timbul bila bakteri tersebut berkembang di dalam folikel rambut atau kelenjar keringat serta tumbuh karena kulit-kulit mati dan nanah menumpuk di dalam folikel. Selain karena bakteri, bisul di payudara juga dapat disebabkan oleh jamur yang hidup di permukaan kulit.

Jika Anda memiliki bisul di payudara, kemungkinan akan terlihat benjolan lunak berwarna merah muda di payudara. Biasanya bisul berbentuk benjolan yang membengkak dari dalam kulit. Mungkin ada sedikit rasa sakit ketika menyentuhnya, jika sedang bergerak, atau saat tergesek pakaian.

Bisul umumnya tumbuh membesar seraya nanah berkumpul di dalamnya. Bahkan bisul di payudara yang berukuran besar kemungkinan perlu ditangani oleh dokter dengan cara dibedah.

Baca juga:  Atasi Luka Memar dengan Resep Herbal Memar

Bagaimana Cara Mematangkan Bisul di Payudara?

Anda tidak boleh mencoba membuka atau mengeluarkan sendiri nanah dari dalam bisul. Tetapi ada beberapa cara sederhana untuk membantu mematangkan bisul sehingga nanah lebih cepat keluar secara alami. Umumnya bisul tidak akan meninggalkan bekas luka kecuali dipaksa dibuka.

Cara terbaik dan termudah untuk mematangkan bisul di rumah adalah menggunakan kompres hangat. Suhu hangat meningkatkan tekanan pada pori-pori yang terinfeksi sehingga akan secara perlahan mendorong nanah dan dara ke atas permukaan kulit.

  • Rendam handuk kecil bersih di dalam air panas.
  • Peras handuk sebisa mungkin dan lipat menjadi kompres.
  • Tempelkan handuk tersebut ke bisul selama 10 – 15 menit.
  • Ulangi lakukan ini 3 – 4 kali sehari, atau sampai bisul terbuka dengan sendirinya.

Begitu bisul terbuka dengan sendirinya, Anda bisa mempercepat penyembuhannya dan mencegah infeksi lebih lanjut dengan cara:

  • Bilas luka bisul secara perlahan dengan sabun anti-bakteri dan tutupi dengan perban atau kain kasa yang bersih.
  • Cuci tangan hingga bersih menggunakan sabun anti-bakteri kapan pun menyentuh, menangani, atau mengganti perban penutup luka bisul.
  • Ganti perban atau kain kasa 2 – 3 kali sehari.
  • Langsung bersihkan area luka jika terkena kotoran.
  • Jangan sentuh atau menggosok luka sebelum benar-benar sembuh.
  • Cuci pakaian dan seprai dengan air panas dan keringkan di bawah sinar matahari terik.

Anda juga dapat menggunakan obat anti-inflamasi dan pereda sakit, misalnya ibuprofen atau asetaminofen, untuk mengurangi rasa sakit, bengkak, dan kemerahan akibat bisul. Biasanya salep antibiotik tidak membantu mengobati bisul, karena salep tidak meresap masuk ke kulit atau pori-pori yang terinfeksi.

Bagaimana Cara Mencegah Bisul di Payudara?

Terdapat beberapa tips untuk mencegah bisul muncul kembali di payudara atau di tempat-tempat lainnya. Tips-tips ini berfokus pada menjaga kebersihan kulit.

  • Secara teratur mandi menggunakan sabun anti-bakteri.
  • Gunakan sikat khusus, loofah, atau sarung tangan khusus untuk mengeksfoliasi kulit seminggu sekali, khususnya area di bawah atau di antara payudara, ketiak, selangkangan, wajah, dan pundak.
  • Minumlah air secara teratur dan konsumsi makanan bergizi untuk meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Olahraga secara teratur.
  • Bersihkan dan tutupi kulit yang terluka menggunakan perban atau kain kasa bersih.
  • Cuci tangan hingga bersih menggunakan sabun anti-bakteri setelah menyentuh bisul sendiri atau orang lain.

Apabila dalam 1 minggu bisul di payudara tidak juga membaik atau malah makin parah setelah menerapkan tips-tips yang dibahas di artikel ini, sebaiknya periksakan ke dokter agar ditangani secara medis.

Demikianlah ulasan artikel ini mengenai resep herbal bisul di payudara dan tips-tips praktis mematangkan bisul. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi yang disediakan di sini. Temukan juga info-info herbal khas Indonesia lainnya hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya.

O, Yukihiro, S, Setsuko, S, Soekeni, H, Masatoshi. 1989. Antiinflammatory effect of Graptophyllum pictum (L.) GRIFF. Chemical & Pharmaceutical Bulletin. 37(10):2799-802

Y, Swee Keong, B, Boon Kee, A, Norlaily, dkk. 2015. Antistress and antioxidant effects of virgin coconut oil in vivo. Experimental and Therapeutic Medicine. 9(1):39-42

Faisal, Md, Sarker, Md, Rahman, Ashif, dkk. 2014. Murraya paniculata (L.) Jack: A Potential Plant for Treatment of Toothache. Symbiosis. 2(3):1-3

D, Risnayanti, R, Yuliana, B, Nurhayati. 2017. The Effect of Noni Fruit Extracts (Morinda Citrifolia) on Staphylococcus Aureus Growth. Jurnal Pendidikan Glasser. 1(2):62-68

Sawyers, Tessa. Are Breast Boils Normal?. Reviewed: 2018-09-17. URL: https://www.healthline.com/health/breast-boil. Accessed: 2018-11-26

Huizen, Jennifer. Home Remedies for Boils. Reviewed: 2017-12-07. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/319939.php. Accessed: 2018-11-26