Racik Obat Batuk Alami dengan 3 Resep Herbal Gampang Ini

676
ramuan herbal batuk

Diedit:

Semua orang pernah mengalami batuk-batuk. Sebenarnya batuk adalah reaksi refleks tubuh untuk membersihkan tenggorokan dari lendir atau zat pengiritasi lainnya. Tetapi gejala batuk bisa sangat mengganggu dan Anda pun pasti ingin segera menghilangkannya. Tenang saja, artikel ini akan membahas 3 resep herbal batuk yang sederhana.

Di sini Anda akan menemukan informasi mengenai 3 jenis herbal yang telah lama dimanfaatkan untuk mengatasi batuk serta cara meramu herbal tersebut. Anda juga akan mendapatkan penjelasan tentang apa sebenarnya penyebab batuk dan tips-tips praktis untuk mempercepat pemulihan dari batuk.

Sawi Langit

Sawi langit (Vernonia cinerea) adalah tanaman pertama yang digunakan untuk resep herbal batuk. Tanaman herbal ini telah sejak lama dimanfaatkan sebagai pengobatan tradisional untuk gangguan batuk.

sawi langit untuk resep herbal batuk
Tanaman Sawi Langit (Credit: flickr/Nelindah)

Manfaat yang diberikan sawi langit tidak terlepas dari adanya berbagai senyawa bioaktif di dalamnya. Misalnya saja flavonoid, glikosida, senyawa fenolik, terpenoid, sesquiterpena, amirin, dan stigmasterol. Kandungan-kandungan senyawa itu membuat herbal ini memiliki kemampuan pengobatan yang terdiri dari anti-peradangan, analgesik, anthelmintik, dan antioksidan.

Sawi Langit untuk Resep Herbal Batuk

Bahan:

30 – 60 gram tanaman sawi langit beserta akarnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih tanaman sawi langit lalu potong-potong seperlunya.
Masukkan ke dalam panci yang sudah diisi 3 gelas air.
Rebus hingga airnya tersisa kira-kira 1 gelas.
Biarkan sampai dingin, lalu saring airnya dan bagi menjadi 2 bagian.

Aturan Pakai:

Minumlah 2 kali sehari di pagi dan sore hari.
Buat dan minum ramuan herbal batuk ini sampai sembuh.

Bunga Kacapiring

Herbal kedua yang termasuk dalam resep herbal batuk ialah kacapiring. Tumbuhan kacapiring (Gardenia jasminoides) sudah digunakan dalam pengobatan tradisional selama ribuan tahun. Bagian bunga dari kacapiring memiliki kemampuan anti-peradangan, anti-bakteri, dan anti-virus yang membuatnya berguna untuk mengatasi infeksi dan iritasi yang menimbulkan batuk.

bunga kacapiring untuk resep herbal batuk
Bunga Kacapiring (Credit: Shutterstock/Anuwat Sae-Oui)

Bunga Kacapiring untuk Ramuan Herbal Batuk

Bahan:

2 kuntum bunga kacapiring.
Madu secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih bunga kacapiring lalu rebus dalam panci bersama 3 gelas air.
Terus rebus sampai air rebusannya tersisa setengahnya.
Angkat, dinginkan, dan saring airnya.

Aturan Pakai:

Minumlah ramuan herbal batuk ini 3 kali sehari, masing-masing ½ gelas. Tambahkan madu setiap kali minum.

Daun Sirih

Resep herbal batuk yang ketiga akan menggunakan tanaman sirih (Piper betle) sebagai bahan utamanya. Daun sirih sangat baik untuk pengobatan batuk. Herbal ini akan melegakan sesak di dada dan sesak napas yang biasa dialami orang yang sedang batuk. Ditambah dengan madu, manfaat daun sirih semakin bagus untuk menghilangkan gejala batuk.

daun sirih untuk ramuan herbal batuk
Daun Sirih (Credit: redaksi-sehat.xyz)

Daun Sirih untuk Ramuan Herbal Batuk

Bahan:

10 – 15 lembar daun sirih yang masih segar.
Madu secukupnya.

Cara Meramu Resep:

Cuci bersih daun sirih, lalu masukkan ke dalam panci berisi 3 gelas air.
Rebus hingga airnya tersisa kira-kira ¾ nya dan tutup panci rapat-rapat.
Tambahkan madu.

Aturan Pakai:

Tunggu sampai dingin, lalu minumlah ramuan herbal batuk ini 3 kali sehari, masing-masing ¾ gelas.

Resep Herbal Batuk Alternatif dengan Noni Juice

Noni juice memiliki antioksidan tingkat tinggi yang membantu mengatasi berbagai penyebab batuk. Salah satu penyebab batuk adalah infeksi pada saluran pernapasan.Dan selama infeksi sistem imun memproduksi sitokin inflamasi dan radikal bebas. Akibatnya, timbul lah stres oksidatif yang memperbesar inflamasi yang sudah ada.

Baca juga:  Resep Kombinasi: Madu dan Bawang Putih untuk Kanker
buah noni, bahan baku noni juice
Buah Noni, Bahan Baku Noni Juice (Credit: Getty Images/Luamduan)

Herbal Noni juice memiliki kemampuan antioksidan kuat yang dihasilkan oleh kandungan bermanfaat di dalamnya. Misalnya, vitamin C dalam Noni memberikan kemampuan antioksidan dan anti-inflamasi kuat yang membantu pemulihan dari penyakit seperti bronkitis dan infeksi serius lainnya.

Selain itu, kandungan vitamin E di dalamnya akan mempertahankan fungsi dari sistem imun tubuh. Dengan demikian, sistem imun didukung untuk melawan berbagai penyebab batuk serta mencegah terjadi batuk kronis (terus-menerus).

Aturan Minum Noni Juice:

Noni juice sudah dikemas dalam bentuk minuman herbal yang siap minum. Untuk memperoleh manfaatnya, Anda hanya perlu meminumnya dengan dosis 50 ml (kurang-lebih setara dengan ¼ gelas belimbing) sebanyak 2 kali sehari.

Apa Sebenarnya Penyebab Batuk?

Batuk adalah reaksi refleks tubuh untuk membersihkan saluran udaranya dari lendir (mukus) dan zat-zat pengiritasi lain seperti debu atau asap. Batuk jarang sekali disebabkan oleh hal serius. Ada dua jenis batuk, yaitu “batuk kering” yang membuat tenggorokan gatal dan tidak berdahak atau “batuk berdahak” yang berarti ada dahak yang dihasilkan.

Biasanya batuk akan sembuh dalam waktu 3 minggu dan tidak butuh pengobatan khusus. Tetapi jika batuk terus-menerus, ada baiknya Anda periksa ke dokter untuk mengetahui penyebabnya. Terdapat sejumlah penyebab batuk, yang singkat maupun yang terus-menerus, dan berikut ini adalah beberapa yang umum:

Batuk Akut (Singkat):

  • Infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) yang berdampak pada tenggorokan atau sinus—contohnya pilek, flu, laringitis, sinusitis, atau batuk rejan.
  • Infeksi saluran pernapasan bawah (ISPB) yang berdampak pada paru-paru atau saluran udara bagian bawah—contohnya bronkitis akut atau pneumonia.
  • Alergi, contohnya rinitis alergi atau hay fever.
  • Kambuhnya penyakit kronis, seperti asma, penyakit pulmonari obstruktif kronis (PPOK), atau bronkitis kronis.
  • Debu atau asap yang terhirup.

Pada sejumlah kasus yang jarang terjadi, batuk akut mungkin adalah tanda awal dari masalah kesehatan yang kemudian mengarah pada batuk kronis.

Baca juga:  Resep Herbal Bau Badan untuk Pulihkan Kepercayaan Diri Anda

Batuk Kronis (Terus-menerus):

  • Infeksi saluran pernapasan kronis, misalnya bronkitis kronis.
  • Asma—ini juga biasanya disertai gejala-gejala lain, seperti bengek, sesak dada, dan sesak napas.
  • Merokok—batuk dari para perokok juga bisa menjadi gejala penyakit pulmonari obstruktif kronis (PPOK).
  • Bronkiektasis—penyakit dimana saluran udara di paru-paru melebar secara tidak normal.
  • Postnasal drip—lendir (mukus) menetes dari bagian belakang hidung ke tenggorokan, disebabkan oleh penyakit seperti rinitis atau sinusitis.
  • Gastroesophageal reflux disease (GERD)—penyakit dimana tenggorokan menjadi iritasi akibat naiknya asam lambung.
  • Obat-obatan resep, misalnya obat ACE inhibitor, yang biasa digunakan untuk darah tinggi dan penyakit kardiovaskular.

Kadang-kadang, batuk kronis bisa menjadi gejala dari penyakit yang lebih serius, misalnya kanker paru-paru, gagal jantung, penggumpalan darah di paru-paru, atau tuberkulosis.

Batuk pada Anak-Anak:

  • Bronkiolitis—infeksi saluran pernapasan ringan yang biasanya menimbulkan gejala-gejala mirip pilek.
  • Krup atau laringotrakeobronkitis—ini menimbulkan batuk “menggonggong” yang khas dan bunyi kasar saat anak bernapas yang disebut “stidor”.
  • Batuk rejan—perhatikanlah gejala-gejala seperti batuk yang keras, muntah, dan suara bengek yang tajam saat anak bernapas setelah batuk.

Penyebab batuk pada anak-anak sebenarnya mirip dengan orang dewasa, tetapi ada sejumlah masalah kesehatan yang lebih sering dialami oleh anak-anak seperti tiga di atas. Kadang-kadang, batuk kronis pada anak-anak juga menjadi tanda-tanda dari penyakit kronis yang serius, misalnya fibrosis sistik.

Tips Praktis untuk Mempercepat Pemulihan Batuk

Di samping menggunakan resep herbal batuk, Anda juga dapat mengupayakan berbagai hal untuk cepat menghilangkan batuk. Cobalah lakukan tips-tips praktis berikut ini di rumah Anda sendiri:

Minum Banyak Air

Infeksi saluran pernapasan atas seperti pilek atau flu menyebabakn postnasal drip. Lendir yang menetes itu akan membuat gatal tenggorokan, mengiritasinya, dan kadang menyebabkan batuk-batuk.

Jadi minumlah air untuk membantu menghilangkan lendir pada postnasal drip. Minum air juga membantu melembapkan selaput-selaput mukus. Hal ini khususnya berguna pada saat musim kemarau dimana udara cenderung kering.

Permen Lozenge dan Minuman Panas

Coba isap permen pelega tenggorokan (lozenge). Misalnya permen mentol dapat membuat kebas tenggorokan bagian belakang, dan itu akan mengurangi refleks batuk. Minum minuman panas, seperti teh madu, juga bisa melegakan tenggorokan.

Mandi Air Panas

Mandi air panas bisa membantu mengencerkan ingus di hidung. Tips ini bukan hanya membantu meringankan batuk yang disebabkan oleh pilek, tetapi juga yang disebabkan oleh alergi.

Hilangkan Zat-Zat Iritasi di Udara

Parfum dan pengharum ruangan yang beraroma mungkin tampaknya tidak berbahaya. Tetapi bagi beberapa orang itu bisa menyebabkan iritasi sinus kronis, menghasilkan lendir mukus yang berlebihan sehingga menyebabkan batuk kronis. Jadi hindarilah produk-produk pengharum semacam itu.

Zat pengiritasi di udara yang terburuk ialah asap. Hampir semua perokok pada akhirnya menderita batuk parah. Siapapun yang berada di dekat perokok dapat menderita iritasi pada saluran pernapasan mereka. Solusi terbaiknya adalah dengan berhenti merokok.

Itulah tips-tips praktis yang bisa Anda upayakan di samping mengonsumsi 3 resep herbal batuk di atas. Sebenarnya, batuk yang biasa sering kali akan hilang sendiri dalam waktu beberapa minggu saja. Tetapi batuk kronis yang disebabkan oleh penyakit tertentu sebaiknya dibantu pengobatannya oleh dokter. Jadi datanglah ke dokter bila batuk Anda lebih lama dari biasanya atau jika disertai gejala serius seperti berat badan turun, demam, atau kelelahan ekstrim.

Demikianlah artikel ini yang mengulas 3 resep herbal batuk. Semoga Anda memperoleh manfaatnya dengan segera menerapkan informasi dalam artikel ini. Nantikan juga ulasan lain seputar ramuan-ramuan herbal asal Indonesia hanya di Deherba.com.


Dalimartha, Setiawan. 2008. 1001 Resep Herbal. Jakarta: Penebar Swadaya

A, Oluwaseun, A, Nour, dkk. 2018. Efficient extraction of antioxidants from Vernonia cinerea leaves: Comparing response surface methodology and artificial neural network. Beni-Suef University Journal of Basic and Applied Sciences. 7 (3): 276-285

NHSinform. Cough. Updated: 2018-10-11. URL: https://www.nhsinform.scot/illnesses-and-conditions/lungs-and-airways/cough. Accessed: 2018-10-15. (Archived by WebCite®)

WebMD. Cough Relief: How to Lose a Bad Cough. Reviewed: 2015-07-01. URL: https://www.webmd.com/cold-and-flu/features/cough-relief-how-lose-bad-cough#1. Accessed: 2018-10-15. (Archived by WebCite®)


Advertisement
Alinesia