Punya Masalah Kesehatan? Singkirkan dengan Manfaat Temu Ireng!

756

Diedit:

Banyak sekali tanaman rempah yang ada di Indonesia yang digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit, salah satunya adalah temu ireng. Berbeda dengan jenis rimpang rempah lain, nama temu ireng tak begitu banyak dikenal. Tak banyak pula orang yang mengetahui manfaat temu ireng ini untuk kesehatan.

Menurut berbagai sumber pengobatan tradisional, Anda bisa menggunakan manfaat temu ireng sebagai bahan pengobatan beberapa penyakit seperti cacingan, kurang selera makan, luka, peradangan , flu, penyakit kulit, diare, dan lain sebagainya. Beberapa informasi juga mengatakan temu ireng bisa digunakan untuk membantu menyuburkan kandungan, mengatasi wasir, mengatasi nyeri haid, dan masih banyak lagi.

Apa sebenarnya rahasia dari temu ireng sehingga dikatakan bisa demikian manjur untuk mengatasi beragam jenis keluhan kesehatan? Berikut ini adalah beberapa informasi terkait manfaat temu ireng untuk kesehatan.

Dalam ulasan yang diterbitkan oleh jurnal internal Universitas Muhammadiyah Semarang dikatakan bahwa dalam temu ireng ditemukan sejumlah materi yang membuatnya kaya akan manfaat. Beberapa kandungan dari temu ireng tersebut antara lain saponin, minyak atsiri, flavonoid, kurkuminoid, zat pahit, damar, lemak, mineral, alkaloid ,renmin, germakrene ,kordione, isofortungermakrene , tetrametilfrazine, dan beberapa senyawa penting lain.

Dalam riset lain yang dikembangkan IPB, disampaikan bahwa minyak atsiri dalam temu ireng akan membantu berperan sebagai anti iritasi, anti bakteri, dan anti peradangan. Baik digunakan untuk pengobatan oral pada luka terbuka, infeksi kulit seperti kadas, kurap kudis, ataupun untuk dikonsumsi ketika terjadi peradangan dalam seperti radang lambung, radang usus, infeksi kandung kemih, radang paru-paru, dan lain sebagainya.

Sifat anti biotik alaminya juga baik untuk mengatasi sariawan, radang tenggorokan, flu dan beberapa infeksi pada area hidung serta telinga. Diketahui sifat anti piretiknya akan membantu menurunkan suhu tubuh.

Temu ireng juga bisa bekerja membantu mengatasi perut kembung, masuk angin, asam lambung tinggi dan masalah pencernaan lainnya. Besar kemungkinan ini karena peran minyak atsiri dalam temu ireng yang bekerja bersama kurkuminoid, alkaloid, dan beberapa senyawa lain.

Dalam pengobatan tradisional, ditemukan pula penggunaan ramuan berbahan temu ireng sebagai obat cacingan pada anak. Meski masih dalam riset beberapa kemungkinan seperti kandungan alkaloid, kandungan renmin, dan beberapa senyawa lain diduga menjadi penyebab kemampuannya mengatasi cacingan.

Dalam temu ireng sendiri diduga mengandung sifat anti karsinogen mengingat kadar flavonoid yang terkandung di dalamnya. Quercetin, bentuk flavonoid yang banyak Anda jumpai dalam temu ireng juga bekerja membantu meningkatkan fungsi hati.

Curcuminoid dan quercetin dalam temu ireng tak hanya baik untuk hati, tetapi membantu meningkatkan daya serap tubuh terhadap nutrisi mendorong sistem kelenjar dalam otak untuk membentuk sinyal lapar lebih efektif sehingga mendorong nafsu makan.

Beberapa khasiat lain yang juga banyak diakui menjadi manfaat temu ireng antara lain menyuburkan kandungan, membersihkan kandungan pasca persalinan, membantu mengatasi wasir, membantu mengatasi malaria, dan beberapa kondisi lain.

Adapun cara untuk menggunakan temu ireng sebagai pengobatan sangat beragam. Anda bisa manfaatkan secara oral dengan menghaluskan satu bagian rimpang temu ireng dan membalurkannya pada area kulit yang mengalami infeksi. Cara ini efektif untuk mengatasi beragam keluhan penyakit kulit.

Cara lain adalah dengan merebus beberapa rimpang temu ireng bersama air sampai air rebusan tersisa 1/2 . Setelah itu Anda saring dan minum. Pilihan lain dengan memarut beberapa rimpang temu ireng untuk kemudian diperas. Biasanya obat jenis ini bisa dipadukan dengan madu, jeruk nipis, jahe, dan perasa lain untuk mengurangi rasa getir dari temu ireng.

Ada banyak keluhan kesehatan yang bisa Anda atasi secara tradisional dengan metode ramuan ini, setidaknya demikian yang disampaikan oleh sejumlah literatur pengobatan tradisional. Beberapa penyakit seperti flu, radang tenggorokan dan hidung, masalah pencernaan seperti diare atau radang usus, malaria, cacingan dan masih banyak lagi. Selain itu ramuan ini baik untuk membersihkan kandungan pasca persalinan serta membantu mengatasi wasir.

Selain beberapa manfaat temu ireng di atas, beberapa pakar dari Univesitas Muhammadiyah Semarang juga memastikan ramuan perasan temu ireng yang dicampur dengan perasan daun tekokan akan membantu mengatasi keracunan.

Anda juga bisa mengonsumsi ramuan temu ireng ini setidaknya 2 -3 kali seminggu untuk membantu membersihkan diri dari racun dan toksin yang masuk ke dalam tubuh, juga membantu menjaga kesehatan hati untuk jangka panjang. Konon mengonsumsi rutin ramun temu ireng juga akan sangat baik untuk mengatasi jerawat dan keluhan kulit kusam, karena keluhan toksin tinggi bisa berpengaruh pada kesehatan kulit.

Rupanya memang tersimpan sederet manfaat temu ireng yang bisa Anda nikmati untuk kesehatan Anda. Tentu saja masih besar kemungkinan akan ditemukan sejumlah manfaat lain secara klinis dari temu ireng seiring berbagai riset lain yang masih mungkin dikembangkan.

Advertisement
Alinesia