Power Nap Cara Memulihkan Stamina Di Tempat Kerja

334

Diedit:

Apa yang pertama kali terbayang dalam pikiran Anda sewaktu mendengar kata ‘power nap’? Apakah Anda mengiranya sebagai sebuah alat olahraga atau alat bantu untuk memudahkan Anda beristirahat? Sayangnya ini bukanlah istilah untuk peralatan olahraga, melainkan istilah untuk istirahat sejenak guna memulihkan stamina yang dapat dilakukan di tempat kerja. Power Nap dapat dilakukan di sela-sela waktu istirahat kerja, seusai makan siang dengan durasi istirahat sebanyak 5 menit hingga 30 menit. Manfaatnya tentu mengembalikan konsentrasi yang telah hilang dalam seketika.

Kunci mengembalikan stamina Anda adalah mutu istirahat yang baik, bukan jumlahnya. Maka dari itu gunakan waktu 5 menit tersebut untuk benar-benar berada dalam keadaan yang relaks. Bagaimana pun cara Anda beristirahat pastikan Anda merasa nyaman. Apabila Anda berada di kantor, mungkin tidur sejenak di tempat duduk sambil mengangkat kaki sedikit dapat menyenangkan. Hanya saja beberapa orang akan salah mengira sebagai tindakan yang tidak sopan. Lalu, bagaimana mungkin hanya dengan waktu 30 menit, bahkan 5 menit saja Anda dapat segera pulih dari kelelahan?

Tubuh Anda ibarat sebuah mesin yang tidak pernah berhenti bekerja, jika dipakai terus-menerus tanpa adanya jeda istirahat, mesin akan mengalami ‘overheat’ atau kepanasan dan akhirnya rusak. Tubuh Anda juga serupa, ia butuh istirahat agar dapat menyeimbangkan diri dan mengembalikan fungsi setiap organ dengan maksimal. Kemampuan menyeimbangkan diri ini disebut juga homeostasis yang sangat dibutuhkan oleh sistem saraf, aliran darah, aliran getah bening, juga sistem pembuangan dalam tubuh agar dapat bekerja normal. Dan, lagi-lagi enzim memainkan peranannya!

Campur tangan enzim terasa saat Anda beristirahat dengan relaks, mereka membantu mengisi tenaga seperti mobil yang diisi bensin oleh petugas operator SPBU, serta mengembalikan kemampuan homeostasis. Pada keadaan normal, yaitu saat Anda bekerja – enzim sangat dibutuhkan oleh seluruh organ yang seringkali membuatnya kerja lebih keras, saat itu enzim tubuh tidak memiliki kesempatan untuk mengisi bahan bakar, hanya saat beristirahatlah ia bebas mengisi bahan bakar tubuh yand dibutuhkan. Terkadang tubuh memberikan sinyal yang mengartikan pentingnya power nap.

Baca juga:  Merasa Kurang Pintar? Inilah Cara Meningkatkan Kecerdasan Otak

Apa sinyal yang diberikan tubuh? Rasa mengantuk dan lelah adalah tanda utama yang perlu diperhatikan. Ketimbang Anda memaksakan diri untuk bekerja saat kantuk benar-benar menghampiri, alangkah baiknya untuk beristirahat 5 menit untuk memulihkan kesadaran Anda. Istirahat 5 sampai 10 menit saat kantuk tiba akan meningkatkan kualitas kerja Anda dan fungsi organ dikembalikan secara efisien. Jika Anda mengabaikan rasa kantuk ini, justru berakibat sebaliknya, hasil kerja Anda tidak akan maksimal. Parahnya jika Anda menganggap kopi dapat mengatasi rasa kantuk yang sangat berat. Kopi hanya menekan saraf Anda, pengaruhnya hanya sementara – selanjutnya Anda sakit kepala.

Advertisement
Alinesia