Hal pertama yang mungkin akan diingatkan oleh dokter Anda tepat ketika Anda mengalami serangan asam urat adalah mengatur pola makan. Tetapi tahukah Anda, penyakit asam urat tinggi juga bisa disebabkan oleh faktor-faktor lain di luar pola makan?

Tidak dipungkiri, bahwa penyakit asam urat berkaitan erat dengan naiknya kadar purin dalam tubuh. Dan sejumlah makanan memiliki peran besar dalam meningkatkan kadar purin dalam tubuh.

Tetapi tak selamanya penyebab naiknya kadar purin dan kadar asam urat dalam tubuh disebabkan oleh pola makan Anda. kenaikan kadar purin dan asam urat tinggi rupanya tidak selamanya bergantung pada pola makan.

Dan pada kesempatan ini kita akan mencoba mengupas beberapa aspek lain yang bisa menjadi penyebab asam urat tinggi  pada pasien penyakit asam urat. Ini akan membantu Anda memahami bagaimana seharusnya melindungi persendian Anda lebih baik dari serangan nyeri asam urat.

Asam Urat Tinggi dan Purin

Purin adalah penyebab masalah asam urat tinggi. Pada dasarnya purin bukan semacam toksin yang berbahaya bagi tubuh. Tubuh manusia memproduksinya dalam kadar terbatas dari proses pengolahan protein. Selain tentu saja diperoleh dari input makanan dan minuman yang sudah mengandung purin.

Menjadi masalah ketika purin dalam tubuh berada pada level terlalu tinggi hingga mendorong tubuh merubahnya menjadi asam urat. Asam urat inilah yang menjadi masalah bagi tubuh. Karena sifat asam urat yang demikian mudah mengendap dan membentuk menjadi kristal.

Endapan dapat terbentuk pada rongga-rongga sendi di beberapa bagian tubuh dan pada area ginjal. Karenanya kemudian dikenal keluhan arthritis atau nyeri sendi akibat dari pembentukan kristal asam urat pada persendian.

Pada ginjal asam urat juga rentan menciptakan masalah. Karena endapan asam urat pada ginjal dapat menjelma menjadi batu ginjal yang menyumbat fungsi renal ( sirkulasi keluar air urin)

Sejumlah jenis makanan memiliki kandungan purin tinggi dan mendorong peningkatan kadar purin dalam darah. Semakin tinggi kadar purin yang Anda konsumsi, semakin besar resiko untuk mengalami masalah penyakit asam urat tinggi.

Nyeri Persendian Ciri Utama Meningkatnya Asam Urat

Penyakit asam urat tinggi akan ditandai oleh serangan nyeri pada persendian. Serangan terjadi ketika kristal dari endapan asam urat tadi menyebabkan iritasi pada sendi.

Pada tahap berikutnya iritasi ini berkembang menjadi inflamasi. Karena pada dasarnya pada kondisi asam urat tinggi juga meningkatkan dorongan inflamasi pada tubuh.

penyebab penyakit asam urat tinggi

Sumber: Pinimg.com

Itulah kemudian Anda juga akan cukup familier dengan larangan untuk mengonsumsi jeroan atau alkohol yang memang sudah banyak diketahui mengandung kadar purin tinggi.

Beberapa jenis sayuran hijau juga dikatakan tidak bersahabat bagi penderita penyakit asam urat tinggi. Karena memang kedua jenis asupan tadi memiliki kadar purin tinggi.

Tetapi rupanya, bukan hanya makanan saja yang dapat mendorong terjadinya penyakit asam urat tinggi. Beberapa hal yang bisa jadi di luar dugaan Anda, ternyata juga dapat mempengaruhi penyakit asam urat.

Memahami dengan baik apa saja penyebab penyakit asam urat tinggi selain makanan akan membantu Anda lebih baik dalam mencegah kumatnya asam urat.

Fakta Mengejutkan Penyebab Penyakit Asam Urat

Apa saja hal-hal yang ternyata secara mengejutkan dapat mempengaruhi kadar purin dalam tubuh serta menjadi penyebab penyakit asam urat tinggi ? Berikut adalah beberapa di antaranya.

Kurang Aktif


Menjadi tidak aktif, terlalu banyak duduk dibelakang meja dan tidak banyak melakukan gerakan fisik terbukti memiliki peran meningkatkan resiko serangan asam urat tinggi.

Baca juga  Obat Asam Urat Generik vs Herbal

Dengan memiliki masalah arthritis memang akan membuat Anda tidak bisa beraktivitas fisik dengan leluasa. Melemahnya persendian pada tubuh Anda membuat Anda kadang tidak dapat bergerak dengan bebas. Tetapi tak lantas membuat Anda jadi tidak aktif.

Coba untuk tetap aktif bergerak tentu saja dengan beradaptasi pada situasi tubuh Anda. karena aktivitas fisik, termasuk olahraga akan melancarkan sirkulasi darah. Dengan sirkulasi darah yang baik akan membantu mendorong kelebihan asam urat dalam tubuh Anda dapat keluar melalui ginjal.

Tidak aktif secara fisik juga semakin melemahkan persendian Anda. sendi akan kehilangan elastisitasnya dan menyebabkan persendian semakin mudah mengalami kerusakan. Sendi yang terlalu lama tidak aktif juga akan semakin sulit melakukan proses regenerasi sel dan akan gagal untuk memperbaiki diri.

Dan tentu saja dengan olahraga Anda akan membantu membakar lemak yang berlebihan pada tubuh Anda serta membantu Anda menjaga berat badan tetap ideal. Karena obesitas memiliki efek cukup kuat meningkatkan resiko penyakit asam urat tinggi.

Aspirin


Aspirin atau asam asetilsalisilat merupakan salah satu pilihan obat yang bekerja sebagai anti nyeri. Biasa diberikan sebagai analgesik  pada keluhan nyeri kepala, sakit jantung dan membantu meredakan demam ringan.

Anda mungkin harus berjuang berhadapan dengan rasa nyeri ketika serangan asam urat tinggi muncul. Tetapi selalu pastikan untuk tidak memilih aspirin untuk atasi nyeri yang Anda alami.

Karena aspirin ketika dikonsumsi dalam level tertentu justru akan meningkatkan kadar asam urat. Ini dijelaskan dalam laporan Annals of the Reumatic Diseases tahun 2014.  Aspirin meningkatkan kecenderungan tubuh menimbun purin dan mendorong tubuh merubah purin menjadi asam urat.

Biasanya pasien jantung yang perlu mengonsumsi aspirin dengan rutin akan disarankan mengatur pola makan untuk mencegah naiknya asam urat dengan berlebihan. karena tingginya kasus asam urat pada pasien jantung yang mengonsumsi aspirin pada jangka panjang.

Untuk membantu Anda meredakan rasa nyeri yang Anda alami ketika serangan asam urat, pasien disarankan hanya mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen, parasetamol atau jenis steroid yang juga bekerja sebagai terapi anti inflamasi macam meloxicam atau peroxicam.

Terapi Diuretik


Beberapa makanan memiliki efek diuretik, demikian pula beberapa jenis terapi pengobatan. Menjalankan terapi duretik akan membantu Anda kencing lebih banyak, karena terapi akan menarik lebih banyak air dari dalam tubuh ke dalam ginjal.

Terapi ini banyak membantu Anda yang memiliki masalah tekanan darah tinggi, membantu menurunkan kadar air dalam darah dan menurunkan komposisi natrium dalam darah.

Dalam kadar ringan diuretik juga efektif membantu mencegah terbentuknya endapan asam urat dalam tubuh karena menarik kelebihan air berikut dengan komponen residu di dalamnya untuk keluar dari tubuh melalui urin.

Meski bermanfaat pada sejumlah kasus kesehatan, Anda perlu berhati-hati dengan terapi diuretik ini. Karena ketika berlebihan dengan terapi diuretik akan menyebabkan komposisi air dalam tubuh menurun. Anda akan mengalami dehidrasi.

Masalahnya dalam kondisi ini komponen zat terlarut dalam tubuh akan terkonsentrasi, termasuk zat asam urat. Ini memudahkan terjadinya pembentukan kristal pada persendian. Hal ini dijelaskan dalam Journal of Arthritis Reumatics tahun 2012.

Dehidrasi


Pada dasarnya, ketika kadar air dalam tubuh menurun dan kandungan zat terlarut di dalam air terkonsentrasi, maka di saat itu resiko Anda mengalami serangan asam urat tinggi akan meningkat.

Baca juga  Kaitan Erat Asam Urat dan Kolesterol

 Selain karena efek terkonsentrasinya zat asam urat dalam tubuh, dehidrasi akan memicu menurunnya lubrikasi dalam persendian. Air berfungsi sebagai lubrikasi atau pelumas bagi persendian.

Semakin baik kadar air dalam tubuh semakin lembab persendian dan semakin sehat kondisi persendian. Mereka yang kerap mengalami kekurangan minum akan beresiko mengalami persendian yang lebih kering dan rentan.

Jadi bukan hanya terapi diuretik saja yang berbahaya untuk pasien asam urat, tetapi juga kondis dehidrasi. Anda disarankan untuk tetap mengonsumsi air 8 gelas sehari.

Sebenarnya dapat disimpulkan, semakin sering Anda kurang minum, semakin sering tubuh Anda kekurangan cairan dan semakin rentan Anda mengalami serangan asam urat.

Kegemukan


Selama ini kebanyakan dari kita menilai asam urat memiliki kaitan erat dengan pola makan. Bahwa pasien mengalami serangan asam urat akibat pola makan tidak sehat yang terlalu kaya asupan purin. Purin sendiri adalah jenis produk turunan protein yang kita asup.

Tetapi ternyata asam urat juga bisa dipicu oleh faktor obesitas. Anda yang mengatur makan dengan lebih sehat dan kalori terkendali akan memiliki berat badan lebih sehat dan tentu memiliki resiko asam urat lebih rendah.

Ini karena penyakit asam urat dapat terbentuk dari gugusan endapan lemak perut atau jaringan lemak adiposa. Dan pada mereka yang mengalami kegemukan, gugusan lemak perut adalah hal yang sangat lazim muncul. Hal ini dijelaskan dalam The Journal of Biological Chemistry tahun 2013.

Puasa


Puasa dikenal baik untuk membantu memperbaiki fungsi hati dan fungsi pencernaan. Juga dikenal baik bagi Anda yang berencana menurunkan berat badan. Tetapi rupanya Anda perlu waspada akan resiko puasa terhadap masalah asam urat.

Apabila Anda rutin berpuasa  tanpa menjaga asupan nutrisi yang berimbang, Anda akan memiliki resiko tinggi mengidap penyakit asam urat. Karenanya penting untuk tetap menjaga asupan nutrisi berimbang selama puasa.

Kaitan puasa dan masalah asam urat berada pada meningkatnya kemungkinan tubuh untuk menarik sumber energi dari lemak. Kondisi yang mendorong tubuh memproduksi ketones.

Ketones adalah senyawa turunan yang diperoleh dari proses metabolisme lemak tubuh. Dalam kadar tertentu, ketones akan memicu tubuh memproduksi lebih banyak asam urat.

Menurut The Journal of Biological Chemistry tahun 2018, puasa menurunkan kadar pati dalam tubuh dan mendorong tubuh cenderung memproduksi energi dari lemak. Dan tentu saja memicu pembentukan ketones.

Di sisi lain, puasa akan menyebabkan seseorang mengalami penurunan kadar air. Masalah kekurangan minum dan dehidrasi dapat saja terjadi dan memudahkan pembentukan kristal asam urat yang terkonsentrasi dalam tubuh.

Tetapi di sisi lain, selama Anda menjalankan puasa dengan menekankan pada pengaturan pola makan yang tepat dan seimbang, justru memungkinkan pasien mencegah kadar asam urat tinggi.

Jadi puasa ramadhan dianggap masih relatif aman bagi pasien, selama dijalankan dengan tepat dan sehat. Sebagaimana dijelaskan dalam the Journal of Clinical Rheumatology tahun 2014.

Menopause


Menurut jurnal Arthritis Research and Terapy tahun 2008, resiko penyakit asam urat pada wanita yang telah mencapai masa menopause akan lebih tinggi dari wanita usia subur.

 Dan kondisi ini sebenarnya berkaitan dengan produksi estrogen yang menurun di masa menopause. Dikatakan, estrogen berperan dalam menstimulasi ginjal membuang asam urat.

Karenanya prosentasi pengidap asam urat pada wanita cenderung rendah dibandingkan dengan pria. Karena estrogen hanya dominan pada wanita. Tetapi peningkatan resiko pada masa menopause bisa meningkat akibat menurunnya kadar estrogen dalam tubuh.

Baca juga  6 Cara Atasi Asam Urat Secara Alami

menginjak usia 50 tahunan, resiko asam urat pada wanita akan meningkat. Inilah kemudian dikaitkan masa menopause sebagai penyebab asam urat.

Sejumlah riset juga membuktikan peran terapi hormon estrogen pengganti juga tak banyak membantu. Resiko asam urat pada wanita manula tetap pada level relatif tinggi. pengaruh hormon pengganti tetap lebih rendah dibandingkan estrogen alami.

Cidera


Cidera adalah hal yang lazim terjadi, tetapi bisa menjadi penyebab asam urat tinggi bila terbentuk pada titik sendi tertentu yang juga rentan mengalami asam urat. Persendian tertentu memang biasanya menjadi awal mula terbentuk asam urat, seperti pada area persendian jari, tumit dan lutut.

Cidera pada persendian akan membentuk ruang yang membuatnya lebih mudah terisi oleh kristal hasil endapan asa urat. Endapan asam urat yang terhimpun akan mengeras seiring waktu dan membentuk kristal.

Kristal ini akan sangat mudah membesar sehingga lebih sulit untuk dikendalikan. Rasa nyeri yang disebabkan oleh kristal macam ini bisa lebih kuat.

Cidera tak selalu dapat diasosiasikan dengan kecelakaan. Karena cidera pada persendian dapat pula disebabkan oleh efek pekerjaan fisik yang dikerjakan berketerusan seperti ketika mengetik, menjahit atau menyulam.

Karena aktivitas tangan dikerjakan berketerusan akan menyebabkan otot dan sendi jari mengalami efek cidera. Hal yang sama dapat pula terjadi ketika seseorang kerap mengenakan sepatu hak tinggi atau sepatu yang tidak nyaman.

Mengidap Osteoarthritis


Osteoarthritis adalah kondisi nyeri persendian yang berkaitan dengan berkurangnya kepadatan  komposisi tulang lunak atau tulang rawan pada area persendian.

Kondisi ini menyebabkan tulang lunak menjadi lebih rapuh. Sementara tulang lunak justru ini berfungsi sebagai penahan dan peredam benturan antar tulang di persendian.

Rapuhnya tulang lunak ini memudahkan area persendian membentuk area kosong yang kemudian dapat dengan mudah diisi oleh kristal asam urat ketika kadar asam urat naik.

Apalagi kebanyakan kasus osteoarthritis berkaitan dengan masalah penuaan. Dan resiko naiknya kadar asam urat pada seseorang juga turut meningkat seiring usia.

Sebagaimana dijelaskan dalam jurnal Frontiers of Medicine tahun 2017, ada kaitan sangat kuat antara pengidap osteoarthritis dengan keluhan asam urat.

Genetik


Bukan hanya penyakit hipertensi, diabetes ataupun jantung saja yang dapat diturunkan, penyakit asam urat ternyata juga memiliki unsur genetik yang kuat.

Sehingga pasien yang memiliki garis keturunan asam urat, akan memiliki resiko mengidap asam urat yang relatif tinggi. Terutama ketika usia Anda menginjak 40 tahunan.

Hal ini dijelaskan dalam sejumlah laporan riset termasuk pada Current Rheumatology Reports tahun 2013. Bahwa seorang yang memiliki garis keturunan asam urat akan cenderung mudah mengalami penyakit asam urat hingga 20%.

Asam Urat dan Noni

Noni memiliki manfaat baik untuk mengatasi penyakit asam urat dan mencegah terbentuknya kadar asam urat tinggi. Hal ini dijelaskan dalam laporan Phytoterapy Research tahun 2009.

Dijelaskan bahwa noni akan mencegah terkonsentrasinya asam urat dan membantu menjaga lubrikasi persendian dengan optimal. ini berkat kemampuan noni dalam menghambat oksidasi senyawa xanthine yang rupanya menjadi pendorong pembentukan asam urat.

noni untuk penyakit asam urat

Sumber: Shutterstock

Dalam noni juga tersimpan kandungan anti inflamasi  seperti sterol, terpenoid dan skolopetin. Selain itu noni juga membantu memiliki kemampuan untuk memicu proses regenerasi sel dan perbaikan dari kerusakan sel termasuk kerusakan pada persendian.

Mengonsumsi noni juice akan membantu Anda menurunkan level asam urat dalam tubuh, mencegah pembentukan endapan kristal asam urat dan membantu memperbaiki kerusakan sel pada persendian akibat asam urat.

Memiliki masalah asam urat tinggi memang mengharuskan Anda mulai mengatur ulang pola makan Anda. perhatikan dengan baik menu harian Anda untuk memastikan pola makan Anda tidak mendorong asam urat tinggi.

Tetapi di sisi lain penyakit asam urat bukan sekedar urusan mengatur pola makan. Sejumlah penyebab lain dapat mempengaruhi penyakit ini.

Perhatikan dengan baik apa saja yang mempengaruhi masalah asam urat yang Anda alami dan pahami pula bagaimana cara efektif mencegah penyakit asam urat.

😡
☹️
😐
☺️
😍