Share:

Ketika asam urat kambuh—apapun itu pemicunya—gejala nyeri, ngilu, bengkak, dan kemerahan di sendi-sendi sering muncul di saat yang tidak diduga dan sangat mengganggu. Lebih mengganggu lagi apabila terjadi di malam hari dan kaki jadi terasa seperti terbakar. Adakah obat asam urat alami yang bisa membantu mengurangi gejalanya?

Kalau Anda sering merasakan pengalaman itu, kemungkinan Anda selama ini mencari-cari cara terbaik untuk mencegah atau setidaknya mengurangi kekambuhan tersebut. Dan Noni juice dapat meringankan derita yang Anda alami.

Mengapa Perlu Mencoba Noni Juice sebagai Obat Asam Urat?

Kemampuan Noni juice sebagai obat asam urat alami tidak hanya dibuktikan dari pengakuan para penggunanya yang tersebar dari mulut ke mulut. Sebenarnya Noni juice merupakan salah satu produk herbal yang terluas penyebarannya di seluruh dunia.

Agar bisa mencapai ketenaran itu, suatu produk herbal haruslah bisa terbukti khasiatnya. Baik dari segi empiris (pengalaman pengguna) maupun dari segi ilmiah. Itu berarti kabar keampuhannya pasti sudah didukung juga oleh penelitian-penelitian ilmiah.

Salah satu penelitian yang paling dibicarakan tentang Noni juice dicetuskan oleh Dr. Neil Solomon yang melibatkan 1.227 ahli kesehatan dengan melibatkan 25.314 pengguna sari buah Noni dari 80 negara. Penelitian tersebut difokuskan pada produk Noni juice yang mengandung sari buah Noni kurang dari 90%.

Penelitian Buktikan Kemampuan Noni Juice

Hasil penelitian tersebut memperlihatkan bahwa herbal ini mampu membantu pemulihan berbagai penyakit berat, termasuk artritis. Perlu diketahui bahwa salah satu penyakit artritis yang paling banyak diderita ialah penyakit asam urat.

Dari data penelitian tersebut yang kami peroleh dalam buku “NONI JUICE – How Much, How Often, For What”, didapati bahwa dari total 1.675 pasien yang diberikan Noni juice, ada 1.292 pasien yang mengaku sangat terbantu terlepas dari penyakit artritisnya.

Yang lebih istimewa lagi, herbal ini bukan hanya mampu memulihkan gejala-gejala yang Anda derita. Tetapi juga sanggup menetralkan problem kesehatan yang memicu asam urat. Misalnya problem kegemukan membuat tubuh lebih banyak memproduksi asam urat. Noni juice mengatasinya dengan membantu menurunkan lalu menjaga berat badan yang sehat.

Noni juice juga diketahui sanggup mengoptimalkan fungsi ginjal yang bertugas membuang asam urat berlebih. Dengan begitu proses pembuangannya menjadi lancar serta tidak mengendap di dalam tubuh lalu menimbulkan penyakit.

Akan tetapi, adakah penelitian ilmiah yang membuktikan bahwa Noni benar-benar mampu mengatasi asam urat itu sendiri, bukan hanya penyakit artritis secara luas? Anda bisa menemukan jawaban dari pertanyaan ini di bagian terakhir artikel berikut.

‘Snut-Snut’ Tak Lagi Kambuh dengan Noni Juice

Takut sewaktu-waktu asam urat kambuh? Simaklah bagaimana obat asam urat alami ini ampuh hilangkan nyeri sendi dan bengkak sampai tuntas! Jika Anda selama ini bermusuhan dengan seafood, jeroan, atau makanan lain karena takut asam urat kambuh, Anda mengalami hal yang sama seperti yang dulu dialami Bapak Koko. Namun sekarang ketakutan Bapak Koko jauh berkurang berkat bantuan herbal yang dikonsumsinya.

Bapak Koko sebenarnya gemar makan udang, tetapi karena penyakit asam uratnya, ia tidak bisa leluasa makan makanan favoritnya itu. “Kalau saya makan lebih dari 1 udang galah saja, pasti kaki saya terasa snut-snut,” katanya.

Sekali waktu ia pernah nekat memberanikan diri makan sampai 2 ekor udang. Alhasil benar saja, kakinya membengkak karena kadar asam urat tubuhnya menanjak. Selain itu kadar kolesterol dalam tubuhnya juga cenderung tinggi sehingga semakin tersiksa saja ketika asam uratnya kambuh.

Apa Sebenarnya Noni Juice Itu?


Noni juice adalah herbal yang terbuat dari buah Noni (Morinda citrifolia). Buah Noni sudah sejak 1.600 tahun lalu digunakan oleh para Kahuna (tabib) di desa-desa pulau Tahiti sebagai herbal untuk mengobati banyak penyakit. Bahkan mereka memuja dan menganggapnya sebagai buah suci karena khasiatnya itu.

Sekarang memang Noni tidak lagi dikenal sebagai buah suci oleh kebanyakan orang. Namun manfaatnya untuk pengobatan semakin tersohor setelah dilakukan beragam penelitian tentang Noni. Hasil-hasil penelitian tersebut pun dapat dengan mudah kita temukan dalam berbagai jurnal ilmiah yang bisa diakses secara online.

Namun situasinya berubah ketika istrinya mulai rutin memberikan Noni juice kepadanya setiap pagi dan sore hari. Pada awalnya Bapak Koko tidak tahu minuman herbal apa yang diberikan kepadanya karena baginya yang penting tinggal minum saja dan ia juga suka rasanya.

Sampai suatu saat ia dan istri diundang ke Tenggarong oleh seorang rekan. Tak disangka di sana sudah tersedia hidangan mewah yang kebanyakan makanan seafood. Karena tak enak hati menolak tawaran rekannya, ia terpaksa makan sambil bersiap-siap menanggung akibatnya. Ia bahkan sudah menyiapkan sendal sebagai ganti sepatu kalau-kalau kakinya membengkak.

Lantaran sudah siap-siap, terang saja Bapak Koko kaget karena yang dikhawatirkannya tidak terjadi! Ya, tidak ada tanda-tanda asam urat kambuh meski sudah menyantap cukup banyak seafood.

Akhirnya istrinya memberitahu bahwa herbal yang selama ini diminumnya adalah Noni juice—itulah yang membantu Bapak Koko terbebas dari kekambuhan asam urat tinggi.* Apakah Anda melihat perbedaan besar yang dimungkinkan oleh konsumsi herbal Noni juice?

Tak Lagi Rasakan Nyeri dengan Konsumsi Noni Juice

Simak satu lagi pengakuan dari pengguna Noni juice yaitu Bapak Ryan. Ia memulai ceritanya, “Saya memutuskan mencoba Noni juice yang kandungannya 100% sari buah Noni untuk obat asam urat saya.”

Pada saat menceritakan pengalamannya, ia sudah meminumnya setiap hari selama 2 minggu. “Saya mengalami penyakit asam urat akibat keseringan makan seafood yang ada cangkangnya, terutama udang. Sakit asam urat saya juga pasti kambuh kalau saya minum wine (anggur merah).”

penyakit asam urat - obat asam urat alami

Karena itu ia sempat berpantangan mengonsumsi makanan laut serta wine. Namun sejak rutin mengonsumsi Noni juice, ia memberanikan diri mencoba lagi makan seafood bercangkang dan minum wine yang selama ini digemarinya.

Bagaimana reaksi tubuhnya? Apakah asam uratnya kambuh lalu muncul rasa ngilu dan bengkak di persendian? “Sampai sejauh ini saya tidak merasakan gejala-gejala asam urat!” Ia menyimpulkan bahwa Noni juice efektif untuk obat asam urat yang dideritanya.*

*) Disclaimer: Hasil yang diperoleh bisa berbeda-beda tergantung kondisi tubuh masing-masing pengguna. Sumber: indonesiasehat.net dan nonijuicehealthbenefit.info.

Kambuhnya Serangan Karena Melanggar Pantangan!

Dari kedua kisah di atas terlihat bahwa Bapak Koko maupun Bapak Ryan punya riwayat kambuhnya serangan penyakit asam urat apabila pantangan mereka dilanggar.

Namun setelah teratur mengonsumsi Noni juice mereka tidak lagi merasakan kekambuhan walaupun mencoba makanan yang seharusnya tidak boleh. Ini menunjukkan bahwa herbal ini memang dapat dimanfaatkan sebagai obat asam urat alami untuk menangkal gejala-gejala asam urat. Bahkan manfaatnya mulai bisa dirasakan hanya dalam waktu 2 minggu penggunaan.

Noni Juice - obat asam urat alami
Noni juice memang merupakan herbal yang telah dipercayai banyak orang. Sudah begitu banyak orang di seputar dunia yang terbantu terlepas dari masalah kesehatan mereka. Bahkan ada yang menyatakan bahwa Noni juice adalah minuman kesehatan terbaik di dunia!

Herbal ini khususnya dapat berguna bagi Anda yang selama ini tetap saja naik kadar asam uratnya meskipun sudah sebisa-bisanya menjaga makan. Atau jika Anda sewaktu-waktu terpaksa harus melanggar pantangan makan karena saat itu tidak tersedia jenis makanan lain.

Apa yang Membuat Noni Juice Sangat Bermanfaat bagi Asam Urat?

Serangan asam urat yang menyebabkan ngilu dan bengkak di persendian tidak lepas dari peran xanthine oxidase—sejenis enzim yang mengkatalisasi reaksi oksidasi asam urat. Anda mengalami gejala-gejala asam urat tinggi apabila di dalam tubuh terlalu banyak zat purin. Sehingga memicu enzim xanthine oxidase menjadi terlalu aktif, dan akhirnya tubuh memproduksi asam urat secara berlebihan.

Kelebihan asam urat tersebut kemudian menimbun dan membentuk kristal urat yang tajam menyerupai jarum di persendian atau area sekitarnya. Sebagai akibatnya terjadi peradangan, pembengkakan, serta rasa nyeri yang menusuk pada area persendian.

Itulah sebabnya penderita asam urat seringkali diresepkan obat penghambat xanthine oxidase. Agar produksi asam urat yang berlebihan bisa dicegah atau dihentikan. Apakah Noni juice memiliki kemampuan seperti halnya obat resep kimiawi tersebut, yakni mencegah atau menghentikan produksi asam urat berlebih?

Kinerja Noni Juice Serupa dengan Obat Asam Urat


Suatu penelitian yang dilakukan oleh 4 orang peneliti yakni Palu A.K., Deng S., West B.J., dan Jensen J., memperlihatkan bahwa Noni juice memang dapat bekerja mirip seperti obat asam urat kimiawi.

Uji in Vitro - obat asam urat alamiHasil penelitian tersebut ditulis dalam jurnal “Xanthine oxidase inhibiting effects of noni (Morinda citrifolia) fruit juice.” Dijelaskan bahwa dalam uji in vitro di laboratorium, Noni juice terlihat menghambat kinerja enzim xanthine oxidase berlebihan yang memicu kadar asam urat tinggi.

Mereka menjelaskan bahwa efek penghambatan pada enzim tersebut adalah mekanisme alamiah Noni. Guna memulihkan penyakit asam urat dan penyakit-penyakit lain yang serupa. Anda bisa melihat kesimpulan dari hasil pengujian tersebut pada situs National Center for Biotechnology Information.

Jurnal di atas menyimpulkan bahwa Noni juice memiliki mekanisme kerja serupa obat resep untuk mengurangi kadar asam urat. Selain bekerja dengan menghambat enzim pemicu asam urat tinggi, Noni juga kaya akan kandungan vitamin C yang memperlancar proses penyaringan oleh ginjal. Dengan demikian kadar asam urat berlebih dalam tubuh dapat dikurangi dengan lebih efisien karena disaring oleh ginjal.

Dengan memperhatikan penjelasan-penjelasan diatas, Noni juice memang pilihan yang sangat layak dicoba sebagai alternatif pengobatan asam urat alami. Bahkan sekalipun Anda sesekali terpaksa harus melanggar pantangan asam urat, herbal ini dapat membantu mencegah dampak-dampak buruk menyiksa yang seharusnya Anda alami.

Ilustrasi Cara Kerja Noni Juice


Sebagai ilustrasi, cara kerja Noni juice mirip seperti memperbaiki rumah yang bocor. Terdapat kandungan dalam Noni yang bekerja seperti kain kering dan wadah air untuk menjaga keadaan dalam rumah tetap kering dan nyaman meskipun air tidak berhenti menetes sehingga dampak dari kebocoran itu bisa diringankan.

Lalu dari segi yang lain, terdapat kandungan yang berfungsi layaknya menutupi atau melapisi atap yang bocor. Agar sehingga atap tetap berfungsi sebagai pelindung dari air hujan. Seperti itulah penjelasan sederhana mengenai cara kerja Noni juice dalam memperbaiki kesehatan tubuh Anda.

Bila ingin mencoba herbal ini, Anda dianjurkan untuk secara teratur mengonsumsinya. Agar kadar asam urat di dalam tubuh dapat selalu ditekan senormal mungkin supaya tidak terjadi kekambuhan. Bahkan meskipun Anda memutuskan untuk berhenti mengonsumsinya setelah merasa puas, kadar asam urat normal Anda kemungkinan tidak akan melonjak kembali tinggi bila berupaya menjaganya dengan pola makan dan gaya hidup sehat.

Ingatlah bahwa Noni juice adalah satu-satunya herbal yang sudah teruji oleh waktu dalam mengatasi sekian banyak penyakit dan sudah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah yang sangat lengkap, melibatkan begitu banyak partisipan dari bidang medis. Ya, Noni juice merupakan salah satu herbal terbaik untuk obat asam urat alami agar Anda terbebas dari kekambuhan yang menyiksa.

Sumber Referensi:

Palu, Afa K, dkk. 2009. Xanthine Oxidase Inhibiting Effects of Noni (Morinda Citrifolia) Fruit Juice. Phytotherapy Research. 23(12):1790-1

Cindy Wijaya

Penulis beragam artikel kesehatan berpengalaman. Senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Saat ini bekerja sebagai penulis dan editor untuk Deherba.com. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.


Artikel di-posting oleh Cindy Wijaya dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.