Serangan asam urat yang diakibatkan kadar asam urat tinggi menimbulkan rasa sakit dan pembengkakan di satu sendi atau lebih. Namun bagi Anda yang belum pernah mengalami sakit asam urat mungkin akan bingung tanda-tanda dari serangan ini. Artikel ini akan menjelaskan gejala-gejala asam urat tinggi yang perlu dicermati.

Tanda-tanda asam urat (atau kadang disebut serangan encok) biasanya baru akan muncul apabila kelebihan kadar asam urat di dalam tubuh sudah sampai membentuk semacam kristal keras di persendian Anda-yang disebut kristal urat.

Apa Saja Gejala Asam Urat Tinggi?

Jika kristal urat sudah terbentuk di persendian, maka gejala-gejala asam urat pun akan muncul. Serangan asam urat hampir selalu akut, artinya terjadi mendadak, dan sering menyerang di malam hari. Ciri-ciri asam urat yang perlu diwaspadai ialah:

  • Nyeri hebat di persendian.

    Penyakit asam urat biasanya memengaruhi sendi jempol kaki, tapi bisa juga terjadi di pergelangan kaki, lutut, kaki, tangan, serta pergelangan tangan. Rasa nyeri tampaknya paling parah selama 12-24 jam pertama.

  • Ketidaknyamanan di persendian.

    Seusai nyeri mereda, Anda mungkin merasakan ketidaknyamanan di area sendi selama beberapa hari sampai beberapa minggu.

  • Peradangan serta kemerahan.

    Sendi yang terpengaruh penyakit asam urat menjadi bengkak, lebih sensitif, dan kemerahan.

Kalau Anda merasakan rasa nyeri yang hebat dan mendadak di persendian, sebaiknya periksa ke dokter. Jika tidak mendapat penanganan yang baik, gejala-gejala asam urat bisa lebih parah lagi, bahkan dapat terjadi kerusakan di persendian.

Juga disarankan untuk segera periksa ke dokter bila Anda mengalami demam dan sendi terasa menjadi panas serta meradang, karena itu mungkin adalah tanda-tanda adanya infeksi.

Bagaimana Proses Terbentuknya Asam Urat Dalam Tubuh?

Sebenarnya sebelum Anda sampai mengalami penyakit asam urat, terdapat beberapa tahapan yang bisa Anda kenali tanda-tandanya. Pertama-tama, Anda perlu memahami tentang kondisi hiperurikemia.

Hiperurikemia adalah kondisi dimana kadar asam urat dalam darah sudah melewati batas normal. Kisaran kadar asam urat normal dalam darah ialah tidak lebih besar dari angka 7 mg/dL untuk pria dewasa dan 6 mg/dL untuk wanita dewasa. Anda bisa mengetahui berapa kadar asam urat dalam darah dengan menjalani tes darah serum urate.

Anda tidak perlu terlalu cemas jika ternyata Anda mengalami hiperurikemia, karena sebenarnya kondisi ini cukup banyak dialami orang-orang. Khususnya jika Anda seorang pria yang berusia diatas 40 tahun.

Lalu, apa penyebab asam urat dalam tubuh menjadi lebih tinggi daripada yang seharusnya? Pada saat tubuh memecah purin—zat yang ditemukan dalam jaringan tubuh dan dalam banyak makanan—maka terbentuk juga asam urat. Asam urat ini larut dalam darah lalu mengalir melalui ginjal dan kemudian dibuang bersama urin.

Jenis makanan yang mengandung banyak purin antara lain adalah seafood, jeroan, dan daging merah.

Apabila ginjal tidak mampu secara efisien menyaring asam urat atau jika tubuh terlalu banyak mendapat asupan makanan ber-purin tinggi, hal ini membuat kelebihan asam urat tersebut menimbun serta membentuk kristal urat.

Dan bila kondisi tersebut dibiarkan terlalu lama, kristal urat yang terbentuk dapat mengendap di ginjal kemudian membentuk batu ginjal. Atau yang lebih sering terjadi adalah kristal urat mengendap di persendian lalu menyebabkan peradangan artritis yang biasa disebut sakit asam urat. Pada saat inilah umumnya ciri-ciri asam urat baru dirasakan penderitanya.

Jangan Biarkan Asam Urat Terus Menyiksa!

Sebagaimana sudah disinggung di atas, penyakit asam urat apabila dibiarkan tanpa penanganan akan mengakibatkan dampak yang buruk bagi persendian Anda, bahkan bukan tidak mungkin juga menimbulkan kerusakan di ginjal. Oleh sebab itu, setiap penderita asam urat agar mendapatkan pengobatan yang tepat.

Bagi Anda yang tidak ingin bergantung pada obat kimiawi karena takut efek sampingnya bagi kesehatan, sebenarnya ada pilihan obat herbal yang aman dikonsumsi meski dalam jangka panjang. Salah satu yang paling direkomendasikan adalah minuman herbal Noni juice.

Bahkan ada pengalaman dari para pengguna Noni juice bahwa tanda-tanda asam urat mereka tidak kambuh meskipun sudah menyantap makanan yang dipantang. Jika pengakuan ini memang benar, maka Anda punya harapan untuk bisa kembali sesekali menikmati makanan favorit.

Noni Juice—Obat Asam Urat Alami Tuntaskan Ngilu-Ngilu Tanpa Sisa!


Noni juice adalah obat asam urat herbal yang aman dikonsumsi meski dalam jangka panjang. Suatu penelitian yang dilakukan oleh 4 orang peneliti, yaitu Palu. A.K., Deng S., West B.J., dan Jensen J., memperlihatkan bahwa Noni juice dapat bekerja mirip seperti obat asam urat kimiawi.

Penelitian tersebut diungkapkan dalam jurnal berjudul “Xanthine oxidase inhibiting effects of noni (Morinda citrifolia) fruit juice.” Para peneliti mendapati bahwa Noni juice menghambat kinerja enzim xanthine oxidase berlebihan yang memicu kadar asam urat tinggi. Mereka menjelaskan bahwa hal tersebut merupakan mekanisme alamiah Noni dalam memulihkan penyakit asam urat dan penyakit-penyakit lain yang serupa.

Dari penelitian tersebut bisa disimpulkan bahwa Noni juice memang berkhasiat menurunkan asam urat. Selain itu, Noni juga kaya akan kandungan vitamin C yang melancarkan proses pembuangan asam urat oleh ginjal. Dengan begitu kadar asam urat tinggi dalam tubuh bisa semakin dikurangi karena ginjal lebih mudah menyingkirkannya.

Perlu diingat bahwa tidak semua orang yang memiliki kadar asam urat tinggi akan mengalami serangan gejala asam urat dan tidak setiap orang yang mengalami keluhan encok memiliki kadar asam urat tinggi. Tanda-tanda asam urat tinggi bisa jadi sulit dideteksi apabila tidak menimbulkan keluhan apa-apa.

Ada yang bahkan sama sekali tidak merasakan ciri-ciri asam urat apa pun dan baru menyadari memiliki asam urat tinggi ketika melakukan pemeriksaan kesehatan untuk kondisi lain. Yang pasti, Anda harus menjaga kesehatan dengan pola makan sehat dan gaya hidup aktif agar terhindar dari risiko serangan penyakit ini.