Penyebab, Pencegahan, dan Pengobatan Flu


By Cindy Wijaya

Penyebab flu, dengan mengetahui penyebab dari penyakit flu maka Anda dapat mencegah, di mana mencegah itu lebih baik dibandingkan mengobati. Memang penyakit flu ini termasuk penyakit yang ringan, namun dapat mengganggu aktivitas keseharian Anda. Apalagi ketika musim hujan tiba, semakin banyak orang yang terserang flu. Belum lagi, flu ini termasuk jenis penyakit menular. Jika Anda memiliki anggota keluarga yang masih balita dapat tertular.

Penyebab flu memang salah satunya adalah faktor suhu sekitar (yang terkait dengan antibodi tubuh), karena itulah ketika musim hujan datang, udara yang dingin akan membuat Anda mudah terserang penyakit flu. Mari baca lebih lanjut mengenai penyebab flu.

Penularan Penyakit Flu

Penyebab flu salah satunya adalah karena tertular dari orang lain. Flu memang termasuk penyakit yang mudah sekali menular. Metode penularan bisa bermacam-macam, mulai dari gelas minuman, bersin, kontak langsung, berbagi alat makan, dan juga batuk. Di mana virus penyebab flu ini dapat hidung di udara bebas.

Apalagi jika Anda berada di sekitar orang yang sakit flu, sementara saat itu antibodi tubuh Anda sedang kurang bagus, bisa karena kondisi tubuh yang kurang fit. Misalnya karena kurang tidur, Anda akan mudah tertular penyakit flu. Virus yang bertanggung jawab pada penyakit ini adalah virus RNA, itulah virus penyebab flu.

Gejala Penyakit Flu

Penyebab flu sekarang di mana-mana, Anda tidak dapat mengetahui di mana virus itu berada, karena virus ini tidak terlihat oleh mata sebab berukuran mikro. Tetapi jika Anda tertular penyakit flu, Anda akan segera mengetahuinya. Itu karena jika terserang flu, Anda akan mengalami beberapa gejala pada tubuh Anda.

Selain penyebab flu, Anda juga perlu mengetahui gejala penyakit ini, yaitu demam, menggigil, nyeri otot, nyeri tenggorokan, sakit kepala, kepala menjadi terasa berat, rasa tak nyaman, nyeri otot, batuk-batuk dan tubuh juga akan merasa lelah. Jika Anda merasakan gejala tersebut, Anda mungkin sudah terserang penyakit influenza ini.

Faktor Penyebab Flu Lainnya

Selain beberapa faktor utama, juga terdapat faktor penyebab flu yang lain. Faktor penyebab tersebut tak lain adalah alergi, jika Anda memiliki alergi tertentu, maka ketika terkena faktor penyebab tersebut, alergi akan kumat dan Anda dapat terserang flu. Contoh alergi yaitu alergi pada debu, minuman es, dan minuman dingin.

Namun biasanya penyebab flu karena alergi ini dapat sembuh sendirinya tanpa perlu diberikan pengobatan. Yang terpenting apabila Anda terkena flu yang disebabkan oleh alergi, faktor penyebab flu tersebut harus Anda hindari. Jika Anda alergi terhadap debu, maka rajin-rajinlah membersihkan ruangan, dengan begitu debu pun akan hilang, Anda pun akan bebas dari penyakit flu.

Risiko Komplikasi Karena Flu

Setelah Anda mengetahui penyebab flu, Anda juga sebaiknya mengerti tentang komplikasi yang dapat disebabkan karena penyakit flu. Memang penyakit flu sangat jarang menyebabkan komplikasi yang sifatnya serius, namun terdapat beberapa kategori orang yang sebaiknya waspada jika terkena serangan penyakit flu ini, dimana risiko mengalami komplikasi akan lebih tinggi. Kategori orang-orang tersebut yakni:

  • Orang dengan masalah sistem antibodi tubuh, misalnya orang yang terserang penyakit HIV dan penyakit kanker.
  • Anak-anak
  • Ibu hamil
  • Penderita gagal jantung, diabetes, penyakit paru-paru dan penyakit kronis atau penyakit yang bersifat serius lainnya.

Orang-orang dengan kategori di atas jika terserang flu, lebih baik disembuhkan secepat mungkin. Akan lebih baik lagi jika penyebab flu dapat dihindari.

Pencegahan Penyakit Flu

Dengan mengetahui penyebab flu, Anda juga dapat melakukan pencegahan penyakit ini. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa penyakit flu dapat menyebar melalui batuk dan bersin. Oleh karena itu, disarankan untuk menghindari terserang flu, maka Anda harus menghindari penyebab flu tersebut, misalnya dengan menjauhi orang yang terserang flu.

Atau Anda dapat meminta orang yang terserang flu untuk menggunakan masker. Dengan begitu, penyebab flu berupa virus influenza tak akan menyebar saat orang tersebut bersin atau batuk, begitu pula ketika Anda yang terserang flu, Anda sebaiknya mengenakan masker juga agar penyakit flu tersebut tak menular ke orang lain.

Mandi Air Hangat

Penyebab flu salah satunya karena udara dingin. Oleh karena itu, bagi Anda yang memang tinggal di daerah tempat dingin atau tidak terbiasa dengan udara dingin, ketika mandi gunakan air hangat. Dengan mandi menggunakan air hangat, Anda pun akan merasa nyaman dan relaks. Jadi selain lebih aman dari serangan penyakit flu, Anda pun bisa sekaligus menghilangkan stress.

Tujuan mandi menggunakan air hangat ini, adalah untuk menghindari penyebab flu berupa kedinginan. Apalagi untuk Anda yang memiliki alergi terhadap udara dingin, mandi air hangat benar-benar direkomendasikan.

Sekarang Anda telah mengetahui penyebab flu dan pencegahannya, lalu bagaimana pengobatan yang dapat dilakukan? Pengobatan penyakit flu dapat menggunakan cara herbal. Namun mungkin cara ini kurang cocok jika penyebab flu karena alergi.

Kembali ke cara herbal, cara yang dapat Anda gunakan yaitu membuat campuran jahe dan madu. Campuran jahe dan madu dapat menghangatkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh juga. Caranya gunakan 2 ruas jahe parut dan selanjutnya Anda campur ke madu. Kemudian Anda dapat memakannya 3 kali per hari. Seiring waktu jika Anda terus menghindari penyebab flu yang lain, Anda akan segera sembuh dan penyakit flu akan sirna.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.