Penyakit Stroke Ternyata Bisa Dicegah dengan Biji Anggur

611

Diedit:

Berbahagialah Anda yang menyukai Anggur! Mengapa demikian? Karena ternyata buah Anggur ini tak hanya manis ketika disantap, namun juga banyak menyimpan khasiat untuk kesehatan.

Menurut penelitian otoritas kesehatan, buah Anggur mengandung banyak nilai gizi dimana dalam setiap 100 gram paling tidak terdapat 25 komponen gizi yang sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Tak mengherankan kalau Anggur memiliki manfaat dalam membantu mengatasi aneka penyakit seperti darah tinggi, lemah jantung, mencegah stroke, dan mengatasi masalah kulit.

Dalam Anggur terkandung likopen dan juga karotenoid dalam jumlah yang tinggi. Kedua zat kimia tersebut sangat berperan dalam menghambat berbagai perkembangan penyakit dalam tubuh.

Anggur juga disebut-sebut memiliki kandungan mangan yang signifikan dalam membantu sintesis energi dan juga membantu menjaga kestabilan kadar gula dalam darah.

Begitu juga bahwa Anggur mengandung zat antioksidan yang sangat bermanfaat dalam menangkal radikal bebas yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit degeneratif seperti kanker, jantung, dan lainnya.

Beberapa vitamin seperti vitamin C, K, B6, dan B1 juga terkandung dalam Anggur. Berbagai vitamin tersebut memiliki khasiat yang luar biasa bagi tubuh. Vitamin C misalnya, sangat bermanfaat dalam membantu penyembuhan luka dan meningkatkan imunitas atau sistem kekebalan tubuh.

Begitu juga dengan kulit Anggur yang mengandung resveratrol yang menurut penelitian zat ini bermanfaat untuk mencegah penyakit kanker dan membantu tetap kelihatan awet muda.

Buah Anggur juga mengandung gula alami terutama dalam bentuk fruktosa dan glukosa yang bermanfaat dalam mengatasi kelelahan dan hipoglikemi.

Demikian juga dengan bijinya yang dipercaya banyak mengandung mineral, mangan, dan juga seng yang tak kalah memiliki manfaat bagi tubuh. Bagi Anda yang gemar membuat jus Anggur, dipercaya bahwa itu dapat membantu menyembuhkan beberapa penyakit infeksi virus seperti herpes, polio, dan juga influenza.

Baca juga:  Pemulihan Stroke dengan Pijat Refleksi Stroke

Anggur Sebagai Pencegahan Stroke

Di dalam buah anggur terkandung zat yang dapat mencegah stroke yang disebut dengan endungeoned pycnogenol. Zat tersebut merupakan penguat kolagen yang dapat melenturkan pembuluh darah.

Sebagaimana diketahui bahwa usia manusia yang semakin menua berimplikasi pada pembuluh darahnya yang semakin rapuh dan sangat rentan terjadinya penyumbatan. Penyumbatan tersebut dapat menyebabkan penyakit stroke ataupun jantung koroner.

Nah, dalam konteks inilah pycnogenol memiliki fungsi untuk melenturkan pembuluh darah yang dalam usia lanjut sangat rentan terjadi penyumbatan.

Dan tahukah Anda bahwa zat pycnogenol tersebut ternyata lebih banyak terdapat dalam biji Anggur yang justru banyak dibuang oleh masyarakat karena kekurangpahaman.

Rata-rata banyak orang tidak mengetahui bahwa biji Anggur tersebut malah mengandung zat yang dapat mencegah terjadinya penyakit kanker. Makanya, mulai saat ini, bagi Anda yang ingin terhindar dari penyakit stroke maupun kanker maka ketika memakan Anggur jangan sampai bijinya dibuang.

Endungeoned pycnogenol yang sangat efektif dalam menekan terjadinya resiko stroke banyak terdapat dalam biji Anggur, mulai sekarang bisa lebih banyak dikonsumsi.

Percayalah bahwa mengonsumsi biji Anggur tak akan sampai membahayakan usus karena memang memiliki sifat yang lebih lembut (bahkan lebih lembut dibandingkan dengan biji Lombok)!

Khasiat lainnya dari Anggur, selain bijinya, ialah kulitnya yang sangat kaya kandungan flavonoid yang merupakan zat pencegah radikal bebas. Kandungan zat antioksidan dalam kulit Anggur ternyata lebih tinggi dibandingkan dengan vitamin C sehingga orang yang mengonsumsinya secara rutin dapat mencegah proses penuaan pada kulit. Banyak mengonsumsi kulit Anggur juga akan membuat kulit tampak lebih segar dan kencang.

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, buah Anggur ini sangat baik apabila dikonsumsi oleh para perokok ataupun orang-orang yang tinggal di daerah dengan tingkat polusi udara yang tinggi.

Baca juga:  Jenis-Jenis Stroke yang Harus Diwaspadai

Sedangkan kandungan zat gizi dalam buah Anggurnya sendiri sangat kaya kalium yang berfungsi untuk mengontrol tekanan darah. Buah Anggur memiliki kandungan manfaat di hampir seluruh bagiannya.

Banyak kalangan kesehatan yang menganjurkan untuk mengonsumsi 12-16 biji Anggur dalam setiap hari supaya berbagai kandungan gizinya dapat secara nyata dirasakan oleh tubuh.