Penyakit pada Ginjal: Penjelasan dan Penyebabnya

554

Diedit:

Penyakit pada ginjal sebaiknya dikenali sekarang, termasuk apa penyebab penyakit ini dapat menyerang seseorang. Memiliki tubuh prima dan sehat memang adalah impian semua orang. Kesehatan tubuh ini termasuk harus memperhatikan penyakit pada ginjal, karena organ ginjal memegang peranan penting dalam kehidupan Anda.

Apabila organ ginjal Anda terganggu kesehatannya, maka Anda tentu tak bisa melaksanakan aktivitas sehari-hari dengan baik. Pekerjaan Anda pun pada akhirnya dapat terbengkalai. Tak hanya organ ginjal saja, melainkan juga organ tubuh yang lainnya, namun memang organ ginjal termasuk salah satu organ tubuh yang rentan terhadap serangan penyakit. Penyakit pada ginjal dapat mengintai kapanpun. Mari baca selengkapnya.

Fungsi Ginjal Terganggu

Penyakit pada ginjal dapat disebabkan oleh berbagai macam hal, dan kesemuanya akan menyebabkan fungsi ginjal menjadi terganggu. Beberapa contoh penyebab penyakit ginjal secara umum yaitu radang, infeksi bakteri, batu ginjal, serta lain sebagainya. Apabila salah satu organ ginjal Anda tak dapat berfungsi, bisa juga mengalami gangguan, organ ginjal yang kedua pun akan mengambil alih fungsi organ ginjal yang terganggu tersebut.

Namun, ini bukanlah hal yang baik, karena menyebabkan kerja ginjal terlalu keras, itulah bahaya penyakit pada ginjal. Jika Anda tak menjaga kesehatan, bisa-bisa Anda terserang penyakit pada ginjal, dan kedua organ ginjal Anda menjadi rusak.

Penting untuk Tubuh

Penyakit pada ginjal dapat mengganggu kinerja dari organ ginjal, dan seperti yang sudah diketahui oleh Anda jika ginjal mempunyai peranan penting untuk tubuh. Ginjal memiliki peranan untuk tempat penyaringan, dengan tujuan mengeluarkan zat-zat dari sisa metabolisme tubuh. Jika penyakit pada ginjal menyerang, otomatis fungsi tersebut akan terganggu.

Masalah zat sisa metabolisme pun akan terjadi, di mana zat sisa metabolisme tersebut jadi menumpuk kemudian menyebabkan macam-macam penyakit pada tubuh seseorang. Oleh karena alasan itu, penyakit pada ginjal sebaiknya dihindari, jika memang sudah terserang, maka secepat mungkin disembuhkan – Jangan menunggu hingga terjadi komplikasi yang cukup parah.

Jenis Penyakit pada Ginjal

Ginjal dapat terserang oleh beberapa macam penyakit. Adapun macam penyakit ginjal yang dapat terjadi pada manusia yakni:

Batu Ginjal

Penyakit pada ginjal yang pertama yaitu penyakit batu ginjal. Penyakit ini adalah penyakit yang cukup sering menyerang, bahkan banyak orang yang masih menyepelekan batu ginjal, padahal penyakit ini cukup mengganggu.

Penyakit pada ginjal yang satu ini disebabkan karena banyaknya benda organik dan mineral di ginjal, batu ginjal dapat terbentuk karena terjadi pengendapan garam kalsium pada rongga ginjal, kantong kemih atau saluran ginjal. Penyakit pada ginjal ini berbentuk kristal, namun kristal tersebut tak akan larut – Dapat disebabkan karena konsumsi air putih yang kurang namun konsumsi garam mineral cukup banyak.

Diabetes Mellitus

Yang berikutnya adalah penyakit kencing manis, atau dikenal juga dengan Diabetes Mellitus. Ini adalah penyakit yang menyerang yang disebabkan pancreas hanya memiliki kemampuan memproduksi insulin dalam jumlah sedikit, bahkan tak memproduksi insulin sama sekali. Penyakit kencing manis ini juga termasuk jenis dari penyakit pada ginjal yang cukup sering terjadi.

Insulin sendiri adalah hormon yang mempunyai fungsi mengubah glukosa ke glikogen, supaya kadar gula di dalam darah berkurang, juga untuk membantu menambah energi, jadi saat organ ginjal manusia hanya dapat memproduksi sedikit insulin saja, penumpukan glukosa di tubuh pun akan terjadi, begitu pula penumpukan glukosa dalam sel darah.

Gagal Ginjal

Penyakit pada ginjal berikutnya adalah penyakit gagal ginjal. Gagal ginjal adalah macam penyakit ginjal yang menyebabkan hilangnya seluruh maupun sebagian fungsi organ ginjal di tubuh. Karena itu gagal ginjal juga termasuk penyakit pada ginjal yang cukup serius.

Penyakit ini dapat terjadi disebabkan oleh tubulus dalam organ ginjal yang rusak, tubulus dapat rusak karena konsumsi obat-obatan dalam dosis terlalu tinggi, juga terlalu banyak konsumsi larutan organic, contohnya aseton dan etilen glikol, karbontetraklorida, selain itu juga dapat disebabkan karena banyak bersentuhan ke senyawa logam, contohnya timah, uranium dan merkuri.

Gagal ginjal juga dapat disebabkan oleh faktor yang lain, selain karena kerusakan yang sudah disebutkan sebelumnya. Penyakit pada ginjal ini juga dapat disebabkan oleh penyakit diabetes mellitus, di mana penyakit tersebut merusak bagian inti dari ginjal (Medulla), dan kandungan garam kalsium yang berlebih dalam ginjal.

Jika ingin mencegah penyakit pada ginjal ini maka Anda bisa mengubah pola hidup. Lakukan pola hidup yang sehat, dengan cara memenuhi kebutuhan nutrisi namun harus seimbang, selain itu juga untuk mencegah penyakit pada ginjal ini – Anda juga harus mengurangi konsumsi variasi bahan kimia, hingga akhirnya tubuh Anda pun akan benar-benar seimbang serta steril, bebas dari berbagai kandungan zat yang berbahaya.

Baca juga:  Kesehatan Ginjal: 7 Rahasia Paling Penting untuk Menjaganya

Penyakit pada ginjal dapat mengancam siapa saja, tanpa terkecuali. Oleh karena itu, marilah mulai menjaga pola hidup – Lakukan pola hidup yang sehat, hindari konsumsi makanan berbahan kimia, jauhi makanan dengan kandungan gula tinggi, dan banyak-banyak minum air putih. Niscaya penyakit pada ginjal pun dapat Anda hindari.

Dengan memiliki ginjal yang sehat, hidup pun akan menjadi lebih bahagia. Anda akan lebih leluasa dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari, tubuh pun nyaman dalam melakukan aktivitas. Tuntutan hidup Anda akan terpenuhi semua dengan baik, karena memang tubuh yang sehat itu sangatlah mahal harganya dan benar-benar penting, termasuk terhindar dari penyakit pada ginjal.