Penyakit Batu Ginjal–Kenali lebih Jauh!

503

Diedit:

Batu ginjal merupakan penyakit yang menyerang sarung kemih seseorang atau kalkulus uriner. Penyakit ini berupa massa keras yang seperti batu dan terbentuk pada sepanjang saluran kemih. Batu ginjal ini dapat mengakibatkan pendarahan, rasa nyeri, infeksi, dan penyumbatan pada saluran kemih Anda.

Batu yang terbentuk pada bagian dalam ginjal disebut batu ginjal, sedangkan batu yang terbentuk pada kandung kemih disebut batu kandung kemih. Itulah perbedaan mendasar di antara keduanya. Urolitiasis merupakan istilah dari proses pembentukan batu tersebut. Mari baca selengkapnya mengenai penyakit batu ginjal di artikel ini.

Batu Ginjal Lebih Rentan Dialami Pria

Walaupun wanita bisa terserang batu ginjal juga, namun penyakit batu ginjal tetap lebih sering menyerang kaum pria. Sudah pernah dilakukan survei sebelumnya berkenaan dengan hal ini. Hasil survei menunjukkan bahwa pria diatas usia 70 tahun mempunyai risiko yang lebih tinggi terkena penyakit batu ginjal dibandingkan dengan wanita.

Penyebab Batu Ginjal

Sekarang mari kita berlanjut ke mengapa seseorang dapat terkena penyakit batu ginjal. Beberapa penyebab dari batu ginjal yaitu:

  • Pola makan tak teratur (contohnya karena rutinitas pekerjaan)
  • Faktor genetik atau faktor keturunan, khususnya jika silsilah keluarga terdapat yang mempunyai penyakit ginjal
  • Jarang minum air putih
  • Suka menahan buang air kecil
  • Suhu udara pada tempat sekitar
  • Konsumsi bahan berpengawet
  • Kondisi tempat kerja yang tak mendukung aktivitas keseharian

Batu Kecil dalam Kandung Kemih

Terkadang ada batu kecil dalam kandung kemih, umumnya keberadaan batu kecil ini dapat menyebabkan munculnya rasa nyeri pada perut di bagian bawah, tetapi terkadang juga tak menimbulkan gejala apapun. Apabila batu itu menyumbat aliran kemih, inilah yang berbahaya, karena bakteri bisa terperangkap pada air kemih dan akhirnya akan terjadi infeksi. Apabila penyumbatan berlangsung dalam waktu lama – Air kemih bisa mengalir balik menuju saluran dalam ginjal, dan mengakibatkan penekanan, kemudian menggelembungkan ginjal atau hidronefrosis.

Pada tahap akhir, kerusakan ginjal akan terjadi. Mengenai batu ginjal yang terbentuk semakin membesar itu dikarenakan kepekatan pada urine yang terlalu tinggi, di mana ini disebabkan karena seseorang kurang minum air putih. Itulah mengapa Anda sebaiknya minum air putih minimal delapan gelas setiap harinya, jangan sampai kurang. Jika warna urine Anda sudah kecoklatan itu merupakan tanda bahwa Anda kurang minum air putih, segeralah minum air putih sebelum batu ginjal terbentuk.

Resep Herbal Alami Penghancur Batu Ginjal

Ada beberapa pilihan untuk menghancurkan batu ginjal, khususnya jika sudah terjadi komplikasi. Pilihan pertama yaitu dengan operasi, penggunaan obat-obatan kimia, dan penggunaan herbal alami. Tetapi memang cara yang terbaik adalah cara yang no. 3, yaitu dengan menggunakan herbal alami.

Baca juga:  Kiat Praktis Mencegah Batu Ginjal

Herbal alami yang dapat Anda gunakan yaitu sarang semut. Sarang semut memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi, selain itu juga memiliki kombinasi sinergis dari multi-mineral di dalamnya. Flavonoid (Antioksidan dalam sarang semut) dapat bekerja aktif untuk menghambat kerja dari enzim xanthine oxidase – Karenanya proses pembentukan asam urat pun akan ikut terhambat – Perlu diketahui bahwa asam urat merupakan komponen dari pembentuk batu ginjal.

Terakhir, jangan lupa untuk selalu menjaga pola hidup yang baik dan konsumsi air putih yang cukup. Sebisa mungkin hindari kebiasaan yang bisa menyebabkan batu ginjal. Sekian artikel tentang penyakit batu ginjal, semoga bermanfaat.

Advertisement
Alinesia