Pengobatan Gigi: Karang dan Gigi Busuk


By Fery Irawan

Tahukah Anda bahwa pergi ke dokter gigi merupakan problem kecemasan yang hampir dialami oleh kebanyakan penduduk dunia? Namun, pengobatan gigi perlu dilakukan jika Anda mengalami sakit.

Ya, sebuah survei mengatakan demikian. Lalu, apakah rasa cemas tersebut wajar? Sebenarnya, Anda merasa cemas karena memikirkan rasa sakit yang timbul saat pengobatan dilakukan. Tapi, apakah perawatan gigi memang begitu menyeramkan?

Pengobatan Gigi — Bagaimana Anda dapat Melakukannya?

Jika Anda masih ragu dan khawatir untuk melakukan pengobatan gigi, ada baiknya untuk mengutarakan kekhawatiran ini. Dokter biasanya akan membantu Anda dalam menenangkan diri. Sebelum perawatan dimulai, sebaiknya Anda mempersiapkan tanda tertentu sebagai indikasi jika Anda merasa tidak nyaman.

Karang Gigi

Anda sebenarnya tak pelu khawatir, metode pengobatan yang lebih modern seringkali diterapkan oleh negara-negara berkembang termasuk Indonesia. Misalnya, sewaktu Anda kedokter gigi hanya ada 3 hal yang akan dilakukan dokter.

Pertama, memberikan obat penawar rasa sakit yang dapat dioleskan. Kedua, melakukan pembiusan lokal sehingga Anda tidak akan merasa nyeri saat dokter melakukan tugasnya. Ketiga adalah penggunaan bor berkecepatan tinggi yang mempercepat proses pengobatan gigi. Maka dari itu, Anda dapat duduk santai dan tenang.

Ingatlah bahwa salah satu tujuan Anda ke dokter gigi adalah membersihkan karang gigi secara profesional dan biasanya dilakukan oleh asisten dokter gigi. Proses membersihkan karang gigi mencakup menyingkirkan plak gigi yang mengeras dan biasanya terletak diwilayah yang tidak terjangkauoleh benang pembersih gigi maupun sikat gigi.

Lalu, gigi akan digosok secara saksama agar terhindar dari penumpukan plak sekaligus menyingkirkan noda pada gigi. Tak jarang, jika dokter gigi Anda memberikan mineral fluorida guna mengurangi resiko pembusukan gigi. Mineral fluorida ini tersedia dalam bentuk gel, cairan, atau pelapis yang dioleskan oleh dokter gigi.

Baca Juga:  Perawatan Kebersihan Gigi: Sikat atau Benang

Gigi Busuk

Pembusukan gigi akibat demineralisasi dapat dicegah jika Anda melakukan pengobatan gigi sedini mungkin, kadang kala Anda bahkan perlu melakukan kunjungan rutin ke klinik.

Setidaknya Anda perlu menyingkirkan kadar asam yang dihasilkan oleh plak gigi yang menjadi penyebab utama pembusukan gigi. Jika ini tidak dilakukan tentu saja akan menyebabkan gigi berlubang, parahnya jika pembusukan gigi menyebar hingga pulpa atau serabut saraf.

Namun, hal itu tidak berarti tak ada solusi yang dapat diberikan oleh dokter gigi, masalah gigi berlubang seringkali dapat diatasi dengan ditambal.

Pertama, dokter akan mengebor gigi dan membersihkan lubang yang hendak ditambal—Anda tentu sudah diberikanobat pereda nyeri sebelumnya. Lalu, bahan tambalan amalgam dimasukkan ke dalam lubang tersebut dan akan segera mengeras, adapula yang disebut senyawa resin yang dibuat keras dengan sinar serat optik biru.

Lubang gigi yang dibiarkan dapat beresiko menjangkau pulpa gigi dan jika ini terjadi perawatan saluran akar atau root-canal perlu dilakukan. Perawatan ini mencakup menghentikan saraf gigi yang nyeri, lalu ditambal. Pada kasus yang parah seringkali memerlukan penutup gigi atau gigi palsu, bahkan pencabutan gigi jika dimungkinkan.

Tak ada salahnya untuk memperoleh informasi lengkap mengenai langkah pengobatan gigi yang akan Anda terima. Demikianlah tips yang perlu Anda coba jika takut saat ke dokter gigi.

Sumber

Christine Frank DDS. Tips for Preventing Oral Health Problems. December 3, 2015. URL: https://www.healthline.com/health/dental-oral-health-prevention.

Jacquelyn Cafasso And Christine Frank, DDS. Everything You Need to Know About Dental and Oral Health. May 25, 2018. URL: https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}