Bahaya Penggunaan Behel Lepas-Pasang


By Cindy Wijaya

Behel lepas-pasang atau lebih kerennya disebut behel fashion menjadi tren baru anak muda di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan gaya mereka.

Banyak anak muda yang salah gaul dan menganggap jika belum mengenakan behel belum bisa dikatakan gaul. Padahal ada banyak bahaya behel lepas-pasang yang mengintai para penggunanya!

Behel Lepas-Pasang — Benarkah Berbahaya?

Behel gigi ecek-ecek ini memiliki bahaya besar yang mengikuti di belakangnya. Jadi Anda harus lebih berhati-hati, jika ada keinginan untuk mengenakan behel fashion ini. Bahaya behel lepas-pasang menjadi keprihatinan tersendiri bagi banyak pakar kesehatan.

Jadi, Anda juga harus mulai prihatin dan patut khawatir jika Anda sendiri atau orang yang Anda sayangi mengenakan behel fashion ini.

Produsen ilegal behel sangat kreatif dan gencar dalam memasarkan produknya. Incaran empuk mereka adalah anak sekolah yang memiliki uang pas-pasan, tapi pasti juga ingin bergaya. Behel lepas pasang ini banyak dijual di pinggir jalan dengan harga yang sangat miring dari harga behel yang asli.

Ada beberapa motif yang menjadi primadona di kalangan pemakai behel, yaitu; pertama, karet behel motif O karena bentuknya yang bulat jika belum dipasang. Kedua, motif Power Chain atau motif rantai adalah behel yang menyatu satu sama lain.

Keunikan behel-behel ini tidak membuat bahaya behel lepas-pasang menjauh, melainkan semakin dekat dengan Anda.

Jenis selanjutnya kebanyakan diminati oleh anak SMA karena bentuknya yang lucu dan sesuai dengan mereka. Behel yang dimaksud yaitu behel motif bunga, Mickey Mouse, dan Hello Kitty.

Behel dengan motif tersebut berbentuk kepala si tokoh dan kelopak bunga sehingga peminatnya tidak ragu-ragu untuk mengenakannya. Meskipun motifnya lucu, tapi awas! Bahaya behel lepas-pasang mengancam Anda.

Baca Juga:  10 Cara Alami Mengurangi Sakit Gigi

Kata Pakar Kesehatan Soal Behel Lepas-Pasang

Bahaya yang ditimbulkan dari behel lepas pasang ini antara lain adalah masalah pencernaan karena bisa jadi bahan behel terbuat dari material berbahaya.

Kemudian bisa memperburuk susunan gigi, jika sering lepas pasang juga menimbulkan pengaruh terhadap struktur gigi. Dan timbulnya iritasi gusi, karena bahan yang digunakan tidak jelas dan berkualitas buruk.

Behel ecek-ecek juga membuat gusi bengkak, karena behel lepas pasang bisa menggores gusi yang strukturnya mudah tergores.

Kesulitan makan dapat dialami karena struktur behel fashion tidak dirancang oleh ahli sehingga mengganggu proses mengunyah makanan karena perlu melepas juga memasangnya kembali.

Bahaya behel lepas-pasang akan Anda alami jika tidak segera menghentikan pemakaian. Banyaknya bahaya yang ditimbulkan harusnya membuat Anda semakin sadar. Karena seberapapun butuhnya, jika memperburuk kesehatan maka segeralah hentikan.

Bahaya behel lepas pasang tidak bisa dicegah oleh siapapun kecuali Anda pemakainya sendiri. Karena dampak negatif yang ditimbulkannya pada daerah mulut dan gigi khususnya. Ancaman behel lepas-pasang sewaktu-waktu bisa menghampiri jika tidak diperhatikan dengan benar.

Sumber

Dr. Roberto Sleiter, DDS and Dr. Kristina Sleiter-Bajic, DDS. Removable Braces Easy To Maintain and Flexible. Jul 2, 2015. URL: https://dentalspecialist.ch/en/on-the-field-of-orthodontics/removable-braces/.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}