Perawatan Behel Gigi: Tepat Membersihkan Kawat Gigi

674
Perawatan Behel Gigi atau Kawat Gigi
Sumber Gambar: Shutterstock

Diedit:

Perawatan behel gigi — Gigi bersih dan rapi tentu saja menjadi idaman dari setiap orang karena nantinya rasa percaya diri akan lebih dan penampilan menjadi lebih maksimal, selain itu pada saat tersenyum akan lebih manis. Bagaimana melakukan perawatan behel atau kawat gigi?

Oleh karena itu, mari kita perhatikan beberapa tips berikut. Tentu bagi mereka yang memiliki gigi kurang rapi melakukan beberapa hal berikut akan membantu agar gigi terlihat lebih rapi dan bersih. Salah satu cara yang digunakan adalah dengan memasang kawat gigi atau sering kali disebut dengan behel.

Tips Perawatan Behel atau Kawat Gigi


Setelah membahas beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum pemasangan kawat gigi dan selama melakukan pemasangan behel gigi, Anda juga sangat perlu untuk memperhatikan beberapa hal dalam perawatan behel gigi. Apa saja yang perlu diperhatikan? Berikut ini adalah beberapa di antaranya:

  • Yang pertama pastikan jika pasta gigi serta sikat gigi yang digunakan khusus untuk gigi berbehel. Untuk mendapatkan pasta gigi serta sikat gigi yang cocok Anda bisa mengunjungi dokter untuk konsultasi dan meminta rekomendasi.
  • Kemudian yang kedua adalah usahakan untuk menggunakan obat kumur setelah menyikat gigi. Hal tersebut bertujuan untuk menghilangkan sisa makanan yang menyelip pada gigi maupun behel itu sendiri sehingga kebersihannya tetap terjaga dengan baik.
  • Selain itu ada baiknya jika Anda menghindari konsumsi permen karet dan juga makanan yang keras atau yang mudah melekat pada gigi. Hal tersebut akan membuat behel menjadi mudah lepas dan juga menimbulkan rasa nyeri.
  • Kemudian jika memang ingin menggunakan behel, Anda bisa memilih behel yang tidak permanen sehingga bisa dilepas, hal tersebut bertujuan agar nantinya pada saat sikat gigi bisa dilepas dan behel tersebut dapat dibersihkan.
  • Selain itu yang sangat penting dan sangat perlu untuk diperhatikan adalah jangan lupa untuk rutin berkunjung periksa ke dokter dengan tujuan memastikan jika kondisi gigi dan behel Anda tetap baik.
Baca juga:  10 Cara Alami Mengurangi Sakit Gigi

Jadi itulah beberapa tips yang perlu diperhatikan dalam merawat gigi yang berbehel. Dengan memperhatikan perawatan behel atau kawat gigi tersebut tentu saja nantinya gigi Anda akan terawat dan terjaga sehingga tidak mudah berlubang.

Metode Perawatan Behel atau Kawat Gigi

Gigi berbehel memang rentan terkena berbagai macam bakteri yang dapat merusak kesehatan gigi. Dengan demikian tentu saja kesehatan gigi akan lebih baik dan juga gigi akan lebih rapi saat dilepas behelnya nanti.

Yang sangat perlu diperhatikan adalah pastikan jika jenis behel serta pemasangannya tepat dan berkualitas sehingga hasilnya lebih maksimal. Juga perhatikan perawatan behel atau kawat gigi selama pemakaian.

Pemakaian


Untuk sekarang ini behel juga menjadi trend tersendiri bahkan orang yang giginya tidak bermasalah serta sudah rapi menggunakan behel untuk hiasan gigi semata. Tetapi pada dasarnya fungsi dari behel sendiri adalah untuk merapikan gigi terutama untuk letak dan juga susunan gigi. Bagaimana perawatan behel atau kawat gigi?

Biasanya akan membutuhkan perawatan orthodentik berkala oleh dokter gigi yang memasang behel Anda. Akan digunakan removable appliance untuk melepas behel gigi permanen tersebut, dan terkadang juga menggunakan fix appliance atau alat cekat, maupun gabungan keduanya.

Ketika dalam perawatan menggunakan behel gigi, Anda sebaiknya merawat gusi dan kesehatan gigi Anda. Selain rajin membersihkan sisa makanan, Anda pun bisa mengonsumsi bahan herbal yang bisa membantu menyehatkan gigi dan gusi, misalnya bawang putih.

Dengan kandungan senyawa antiseptik yang dimiliki bawang putih. Maka bawang putih bisa membantu menjaga kesehatan gigi Anda. Antiseptik dalam bawang putih akan membunuh bakteri dan kuman penyebab seseorang mengalami sakit gigi.

Cukup ambil 1 siung bawang putih lalu bersihkan, tempatkan pada gigi yang sakit atau berlubang. Sesudahnya bersihkan menggunakan air hangat. Sekian artikel tentang perawatan gigi dan tips-tipsnya, semoga bermanfaat.

Advertisement
Alinesia