Perawatan Gigi: Pencegahan dan Pengobatan Gigi Rusak


By Fery Irawan

Jika Anda memutuskan untuk pergi kedokter gigi, itu adalah keputusan yang bijak. Dengan demikian Anda dapat melakukan perawatan gigi, entah untuk pencegahan atau pengobatan gigi rusak.

Baik dalam keadaan sehat ataupun sakit, setidaknya Anda memerlukan pemeriksaan gigi setiap 6 bulan sekali. Lalu, apa yang dapat dokter lakukan dalam merawat kesehatan gigi Anda? Berikut ulasan lengkap seputar perawatan gigi atau pengobatan gigi.

Perawatan Gigi — Bagaimana Anda dapat Melakukannya?

Gigi yang tidak dapat diperbaiki dengan pemasangan kawat dengan desainnya yang tidak begitu kentara dan tidak perlu sering disetel. Adapula permasalahan yang berkaitan dengan bau napas tidak sedap dan biasanya disebabkan oleh bakteri yang ada pada pangkal lidah, itu dapat diatasi dengan menyikat atau mengerik lidah.

Alternatif yang lebih terkenal untuk perawatan gigi adalah pemasangan gigi palsu dengan cara ditanamkan (implant). Ini diawali dengan pemasangan pasak titanium ke dalam tulang rahang pada posisi gigi yang lepas. Setelah itu, tulang dan gusi dibiarkan sampai benar-benar sembuh, barulah gigi palsu dipasang pada pasak tersebut dan terasa seperti gigi asli.

Pencegahan Gigi Rusak

Sewaktu pemeriksaan gigi, bisa jadi dokter melakukan rontgen dan memeriksa keadaan gigi Anda. Apakah terdapat lubang atau tidak. Lalu, bagaimana jika ada lubang? Perawatan gigi yang diberikan dokter seringkali dilakukan dengan menyuntikan anestesi lokal, kemudian mengebornya sehingga lubang gigi dapat dibersihkan, dan ditambal.

Jika Anda takut disuntik, beberapa dokter modern sering kali menggunakan laser atau gel peluruh bagi gigi yang busuk. Jika pasiennya anak-anak, dokter akan memberikan perhatian khusus pada bagian geraham yang baru tumbuh untuk melihat jika timbul celah yang sulit dibersihkan, maka dokter akan segera menutupnya.

Pada pasien dewasa, dokter cenderung memerhatikan gusi sebagai bentuk perawatan gigi. jika ditemukan karang gigi dokter akan membersihkannya. Dokter juga dapat membantu Anda bagaimana caranya menyikat gigi dengan baik, bahkan ada yang merekomendasikan pasiennya ke ahli gigi guna mendapatkan layanan yang dibutuhkan.

Pengobatan Gigi Rusak

Untuk perbaikan gigi, memang membutuhkan biaya yang cukup mahal. Misalnya jika gigi Anda mengalami kerusakan, telepas, atau tidak rata, dokter seringkali dapat mengatasinya dengan beragam teknik baru untuk memperbaikinya.

Jika gigi depan Anda patah atau menghitam, dokter bisa jadi menyarankan penggunaan pelapis berbahan porselen yang hampir transparan atau serupa dengan warna email gigi sungguhan, dan dilekatkan pada permukaan gigi yang rusak sehingga menampilkan kesan baru. Perawatan gigi ini tentu akan memperbaiki penampilan penggunanya.

Untuk kerusakan yang lebih parah, dokter bisa saja menyarankan pemasangan mahkota atau jaket gigi. Dengan cara menutup seluruh gigi yang tertinggal, sehingga memiliki permukaan yang baru. Jaket gigi dapat berbahan emas atau bahan alami lainnya.

Bagi Anda yang sudah kehilangan banyak gigi, dokter bisa juga membuat gigi palsu yang dapat dilepas atau dipasang permanen, dengan metode jembatan (bridge) yang akan disambungkan pada jaket gigi di kedua sisi kiri dan kanan bagian yang ompong.

Demikianlah caranya perawatan gigi yang dapat dilakukan dokter sewaktu merawat kesehatan gigi Anda? Sewaktu memilih metode mana yang Anda butuhkan ingatlah bahwa tugas dokter gigi adalah menghilangkan rasa sakit pada gigi, jadi Anda tak perlu takut lagi sewaktu berhadapan dengan dokter gigi.

Sumber

Christine Frank DDS. Tips for Preventing Oral Health Problems. December 3, 2015. URL: https://www.healthline.com/health/dental-oral-health-prevention.

Jacquelyn Cafasso And Christine Frank, DDS. Everything You Need to Know About Dental and Oral Health. May 25, 2018. URL: https://www.healthline.com/health/dental-and-oral-health.

Tentang Penulis 

Fery Irawan

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Fery Irawan seorang editor sekaligus penulis yang antusias dan sadar untuk memberikan informasi kesehatan yang tidak berat sebelah. Aktif menulis beragam artikel kesehatan selama beberapa tahun terakhir. Ia selalu berupaya menyampaikan informasi yang aktual dan terpercaya, sesuai dengan ketentuan dan prinsip jurnalistik yang ada.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}