Pemeriksaan Kanker Indung Telur

489
Pemeriksaan Kanker Indung Telur
shutterstock_339536309

Diedit:

Tahukah Anda bahwa sekitar 20% kasus kanker indung telur bisa ditemukan bahkan pada stadium awal. Pada saat kanker indung telur ditemukan lebih awal, ada kemungkinan 94% pasien kanker dapat hidup lebih lama. Beberapa penelitian besar sedang berlangsung untuk mempelajari cara tepat guna menemukan penyebab kanker indung telur sedini mungkin. Maka, pemeriksaan kanker indung telur apa saja yang tersedia dalam menemukan sel kanker pada indung telur?

Dalam artikel ini Anda akan menemukan beberapa informasi pemeriksaan kanker indung telur mulai dari tes pencitraan, tes darah, hingga biopsi. Ayo cari tahu selengkapnya dalam artikel berikut!

Pemeriksaan Kanker Indung Telur

Pada saat gejala muncul dan dokter menganggapnya sebagai kanker indung telur, maka biasanya kanker telah menyebar ke bagian luar indung telur. Selain itu, beberapa jenis kanker seringkali dapat dengan cepat menyebar ke bagian organ terdekat. Namun, memberikan perhatian sesegera mungkin pada saat gejala penyakit muncul dapat memperbaiki keberhasilan pengobatan dan penentuan stadium kanker indung telur.

Jika Anda memiliki gejala yang serupa dengan kanker indung telur yang dirasakan hampir setiap hari selama lebih dari beberapa minggu. Terlebih gejalanya tidak dapat dijelaskan secara umum, cobalah untuk memeriksakan diri kedokter spesialis ginekologi. Sehingga dokter dapat memastikannya melalui pemeriksaan kanker indung telur berikut;

Pemeriksaan Fisik

Pemeriksaan fisik merupakan tindakan pertama dalam memastikan keberadaan kanker setelah dokter berhasil mencari riwayat penyakit yang Anda derita. Dokter kemudian akan memeriksa kemungkinan terjadinya pembesaran pada indung telur saat melakukan pemeriksaan panggul.

Dokter juga akan memeriksa keberadaan cairan yang disebut asites di dalam perut. Cairan ini dikarenakan adanya kenaikan tekanan darah pada hati, kenaikan tekanan darah juga merupakan salah satu ciri-ciri keberadaan sel kanker yang sudah menyerang.

Baca juga:  Penyebab Kanker Indung Telur

Jika kecurigaan dokter beralasan dan hasil pemeriksaan memperlihatkan ada kemungkinan serangan kanker, maka dokter akan menganjurkan Anda untuk melakukan pemeriksaan medis yang intensif. Dengan demikian tindakan pencegahan kanker indung telur tahap lanjut dapat dilakukan.

Konsultasi Dokter Spesialis

Sebelum pemeriksaan intensif dilakukan, dokter bisa jadi menyarankan Aanda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis. Onkolog ginekologi merupakan istilah kedokteran yang menunjukan profesi dokter spesialis kandungan / ginekologi yang dilatih secara khusus mengatasi kanker pada sistem reproduksi wanita.

Pengobatan yang dilakukan onkolog ginekologi akan membantu Anda memastikan jenis pengobatan terbaik untuk kanker yang Anda miliki. Hal ini juga telah membantu pasien kanker indung telur untuk hidup lebih lama.

Pemeriksaan Pencitraan

Pemeriksaan ini dilakukan dengan beragam proses, seperti; pemindaian tomografi terkomputerisasi (CT), pemindaian magnetic resonance imaging (MRI) dan penelitian ultrasound yang dapat memastikan keberadaan benjolan pada panggul Anda.

Pemeriksaan ini tidak dapat memastikan bahwa benjolan yang ditemukan merupakan sel kanker, namun pemeriksaan ini dapat membantu dokter memastikan kemungkinan penyebaran kanker ke jaringan organ lainnya.

Tindakan Medis Biopsi

Ini merupakan satu-satunya cara untuk menentukan pertumbuhan benjolan yang muncul merupakan sel kanker atau bukan. Tindakan medis ini dilakukan dengan mengambil sampel benjolan dari area yang mencurigakan dan memeriksanya di bawah mikroskop. Untuk kanker indung telur, biopsi yang paling sering dilakukan ialah dengan cara mengeluarkan tumor.

Dalam semua prosedur ini, jaringan atau cairan yang diperoleh akan dikirim ke laboratorium. Di sana sampel jaringan yang diambil akan diperiksa di bawah mikroskop oleh seorang ahli patologi. Seorang dokter spesialis yang akan memeriksa sel di bawah mikroskop dan melakukan pemeriksaan laboratorium lainnya.

Baca juga:  Obat Kanker Indung Telur Alami Khas Indonesia

Demikianlah beberarapa pemeriksaan kanker indung telur yang dapat Anda lakukan sejak dini, baik saat gejala sudah tampak ataupun belum. Pemeriksaan ini hendaknya dilakukan oleh tenaga ahli berlisensi yang memang memiliki kemampuan baik dan dikenal ahli. Hal ini perlu dipastikan agar obat kanker indung telur yang Anda konsumsi benar-benar tepat dan efektif.

Advertisement
Alinesia