Pengobatan Kanker Indung Telur

520
pengobatan kanker indung telur

Diedit:

Bila Anda sedang mencari pengobatan kanker indung telur, ada baiknya untuk mempertimbangkan sebanyak mungkin pilihan yang ada. Artikel ini akan membantu Anda mendapat informasi mengenai obat kanker indung telur secara medis maupun alternatif.

Dalam artikel ini Anda akan mendapatkan pilihan informasi pengobatan kanker indung telur baik secara medis ataupun secara herbal. Ayo temukan beberapa informasi menarik lainnya dalam artikel berikut!

Pengobatan Kanker Indung Telur

Kanker indung telur atau ovarium merupakan jenis kanker yang cukup sering diderita oleh para wanita. Kanker ini menyerang bagian reproduksi wanita dan cenderung sulit untuk dideteksi apakah kanker tersebut ganas atau tidak.

Umumnya, ketika wanita diketahui menderita kanker indung telur, hasil diagnosanya cenderung sudah memasuki tahapan lanjut dan perlu penanganan segera. Jika sudah begitu, pengobatan kanker indung telur pun mesti segera dilakukan.

Jika sudah dalam tahapan lanjut, akan sulit bagi penderita kanker indung telur untuk dapat bertahan hidup sampai 5 tahun. Angka harapan hidupnya tinggal 20% sampai 30% saja.

Kanker indung telur terjadi pada perempuan yang mengalami disfungsi ovarium seperti menstruasi yang tidak teratur, sering sakit ketika menstruasi, menopause dini, atau pada mereka yang pernah melakukan aborsi. Itulah sebagian ciri-ciri kanker indung telur.

Sejatinya, kanker indung telur terjadi pada semua umur, dimana insidennya akan semakin tinggi seraya bertambahnya umur. Kanker indung telur juga akan meningkat insidennya secara signifikan pada mereka yang berusia di atas 40 tahun dan mengalami puncaknya pada usia antara 50 sampai 60 tahun, kemudian menurun secara bertahap pasca usia 70 tahun.

Apa yang menjadi gejala kanker indung telur? Kebanyakan penderita akan merasa nyeri di bagian perut secara terus-menerus, menstruasi tidak teratur, dan adanya perdarahan di rahim maupun perdarahan yang terjadi setelah menopause. Selain itu, berat badan dapat menurun secara signifikan.

Baca juga:  Obat Kanker Indung Telur Alami Khas Indonesia

Biasanya pilihan secara medis terdiri dari 2 metode pengobatan utama yaitu operasi dan kemoterapi. Kebanyakan pasien kanker indung telur dianjurkan menjalani operasi. Kadang-kadang dokter tidak dapat memastikan kanker sudah mencapai stadium berapa sebelum dilakukan operasi.

Pembedahan

Operasi kemungkinan akan menghilangkan kedua indung telur dan tuba falopi, rahim, serta omentum (lapisan jaringan lemak di dalam perut). Jika kanker sudah menyebar, dokter bedah akan mencoba untuk mengangkat sebanyak mungkin jaringan penyebab kanker indung telur di sekitarnya yang ikut terkena kanker.

Kemoterapi

Pengobatan kemoterapi melibatkan penggunaan obat kanker untuk membunuh sel-sel kanker. Kemoterapi seringkali dilakukan setelah pengobatan dengan operasi. Dalam beberapa kasus, kemoterapi dilakukan sebelum operasi untuk mengecilkan ukuran kanker serta memudahkannya untuk diangkat melalui operasi.

Beberapa jenis obat kanker indung telur yang berbeda dapat digunakan dalam kemoterapi. Pilihan obat kanker indung telur dan bagaimana serta kapan itu diberikan bergantung pada stadium kanker indung telur serta seberapa banyak kanker telah menyebar. Obat kanker indung telur yang paling umum diberikan adalah obat yang mengandung platinum (carboplatin), yang dapat digunakan sendiri atau dikombinasikan dengan obat yang disebut paclitaxel.

Bila Anda divonis terkena kanker indung telur, jangan takut, berikut beberapa pilihan terbaik pengobatan kanker indung telur yang tersedia saat ini, secara medis maupun alternatif. Faktanya, dengan pengobatan dan perawatan yang benar harapan kesembuhan kanker indung telur semakin besar. Pengobatan kanker indung telur terbagi menjadi pengobatan secara medis dan alternatif.

Jika Anda memilih pengobatan medis, maka kemungkinan Anda akan bekerja sama dengan tim dokter spesialis yang menyediakan perawatan dan pengobatan terbaik.

Tim dokter tersebut biasanya terdiri dari ahli bedah spesialis kanker (onkologi ginekologi), seorang ahli onkologi medis (spesialis kemoterapi), dan perawat spesialis kanker. Anggota tim lain mungkin termasuk ahli radiologi, patologi, fisioterapis, ahli gizi, dan ahli terapi okupasional.

Sarang Semut

Herbal yang satu ini dikenali dapat membantu proses pemulihan dari serangan kanker, bahan dasar alaminya sendiri ialah Sarang Semut Papua yang terdapat pada tanaman epifit asli Papua. Kandungan anti kanker dalam Sarang Semut menjadikannya sebagai obat kanker indung telur yang bisa menjadi pilihan pengobatan.

Saat memutuskan pengobatan yang terbaik untuk Anda, dokter mungkin mempertimbangkan ukuran dan seberapa jauh kanker sudah menyebar, kesehatan Anda secara keseluruhan, dan kondisi kesuburan Anda.

Bahkan banyak yang sedang menjalankan pengobatan medis dengan obat-obat kimiawi kemudian mengombinasikannya dengan kapsul ekstrak Sarang Semut. Lalu mereka mengaku merasakan proses kesembuhan yang lebih cepat dari sebelumnya.

Baca juga:  Pencegahan Kanker Indung Telur
Advertisement
Alinesia