Stadium Kanker Indung Telur

505
Stadium Kanker Indung Telur
shutterstock_131102495

Diedit:

Tahukah Anda, apa itu stadium kanker indung telur? Stadium merupakan suatu proses yang dilakukan guna mengetahui jangkauan serangan sel kanker. Sehingga Anda bisa membedakan kanker indung telur stadium 1, kanker indung telur stadium 2, kanker indung telur stadium 3, atau kanker indung telur stadium 4.

Temukan info selengkapnya seputar stadium 1 hingga stadium 4 dari kanker indung telur yang menyerang Anda dalam artikel berikut ini! Simak bagaimana penentuan stadium kanker ditetapkan!

Stadium Kanker Indung Telur

Kebanyakan kasus dalam menentukan stadium kanker indung telur yang belum menyebar secara jelas dilakukan dengan cara operasi.

Tujuan dari tindakan medis ini ialah mengambil sampel jaringan yang dicurigai sebagai kanker untuk diperiksa dan ditentujan tingkatan stadiumnya. Penerapan stadium kanker biasanya membutuhkan sampel jaringan yang diambil dari bagian panggul ataupun perut lalu diperiksa dengan mikroskop.

Menentukan stadium kanker indung telur sangatlah penting, mengingat kanker indung telur memiliki gejala yang beragam pada stadium yang berbeda. Sehingga tindakan medis yang dilakukan untuk mengatasinya juga berbeda. Penentuan stadium yang akurat dapat menentukan keberhasilan pasien kanker dalam mengobati penyakitnya.

Jika stadium kanker tidak akurat, maka ada kemungkinan penyebaran kanker di luar indung telur yang tidak terobati. Saat stadium kanker telah ditetapkan maka ini tidak akan berubah, sekalipun sel kanker kembali muncul setelah pengobatan kanker indung telur ataupun menyebar di organ lainnya. Itulah kehebatan sistem penentuan stadium kanker.

Penentuan Stadium Kanker Indung Telur

Penentuan stadium kanker indung telur seringkali dilakukan dengan menggunakan sistem yang dikanal dengan istilah FIGO (International Federation of Obstetrics and Gynecology).

Sistem ini mengandalkan hasil pembedahan guna mengetahui tingkat keseriusan atau keparahan sel tumor (primer) dengan kode huruf T. Bersamaan dengan hal ini, kondisi tumor juga perlu dipantau penyebarannya pada kelenjar getah bening disekitar sel kanker dengan kode huruf N. Penyebaran menuju organ jauh lainnya juga perlu diperhatikan dan seringkali ditandai dengan kode huruf M.

Baca juga:  Obat Kanker Indung Telur Alami Khas Indonesia

Setelah klasifikasi T, N, dan M pasien ditentukan. Maka informasi tersebut akan digabungkan dengan sebuah proses yang disebut pengelompokan stadium guna menentukan tingkatannya. Hal ini ditandai dengan angka Romawi, mulai dari tahap I (stadium paling awal) sampai dengan tahap IV (stadium paling akhir).

Banyak stadium kanker dibagi ke dalam sub bagian yang ditandai dengan penambahan huruf atau nomor setelah angka Romawi untuk memperjelas keadaan Anda. Hal ini tampak sedikit membingungkan, namun Anda tak perlu khawatir karena tugas dokter untuk menjelaskannya secara sederhana.

Berikut penjelasan mengenai kanker indung telur stadium 1, kanker indung telur stadium 2, kanker indung telur stadium 3, atau kanker indung telur stadium 4.

Kanker Indung Telur Stadium 1

Pada stadium ini sel kanker masih berada di indung telur dan saluran tuba falopi. Pada stadium ini ada beberapa kemungkinan yang bisa terjadi. Misalnya; sel kanker berada di salah satu atau kedua indung telur maupun saluran tuba falopi.

Sel kanker belum keluar dari lapisan jaringan indung telur maupun saluran tuba falopi menuju permukaan sel bagian luar. Atau bahkan benjolan kanker telah pecah sebelum operasi dilakukan dan muncul dipermukaan jaringan bagian luar.

Kanker Indung Telur Stadium 2

Pada stadium ini sel kanker telah berada di satu atau kedua indung telur. Maupun saluran tuba falopi dan ada kemungkinan penyebaran kanker menuju bagian bawah panggul. Pada stadium ini beberapa kemungkinan juga bisa terjadi, misalnya; penyebaran kanker telah sampai ke rahim, saluran tuba falopi, maupun indung telur, bahkan jaringan lain yang ada di dalam panggul.

Kanker Indung Telur Stadium 3

Pada stadium ini sel kanker telah berada di satu atau kedua indung telur maupun saluran tuba falopi. Ada kemungkinan jika sel kanker telah menyebar ke bagian peritoneum di luar panggul. Maupun kelenjar getah bening di retroperitoneum (kelenjar getah bening yang ada di sepanjang pembuluh darah utama) tepatnya berada di belakang perut.

Beberapa kemungkinan bisa terjadi mulai dari penyebaran kanker menuju kelenjar getah bening retroperitoneum namun belum muncul ke permukaan peritoneum. Penyebaran kanker bisa jadi berukuran antara 10 milimeter (mm), bisa lebih kecil atau lebih besar dari ukuran tersebut.

Penyebaran kanker bisa jadi telah menyerang panggul, perut, bagian belakang perut, atau telah menyerang kelenjar getah bening retroperitoneal. Ukuran penyebaran kanker ini dapat mencapai 2 sentimeter (cm), bisa lebih kecil ataupun lebih besar dari ukuran tersebut.

Kanker Indung Telur Stadium 4

Pada stadium ini sel kanker telah menyebar ke organ luar dari area perut. Kanker bisa saja menyerang di sekitar paru-paru, menyerang kelenjar getah bening yang ada di selangkangan ataupun di luar rongga perut.

Jika Anda menjalani pemeriksaan kanker indung telur, cobalah untuk meminta penjelasan sederhana dari dokter yang merawat Anda sehubungan dengan prosedur stadium kanker tersebut. Dengan mengetahui stadium kanker dan ciri-ciri kanker indung telur, maka Anda dapat memilih beberapa pilihan obat kanker indung telur yang tersedia.

Baca juga:  Pemeriksaan Kanker Indung Telur

Hal ini juga yang menjadi pertimbangan para ahli medis dalam memberikan pilihan obat kanker indung telur yang cocok dengan kondisi Anda secara akurat. Demikianlah kanker indung telur stadium 1, kanker indung telur stadium 2, kanker indung telur stadium 3, atau kanker indung telur stadium 4 dapat ditentukan.

Advertisement
Alinesia