Obat Sakit Kepala di Apotik Tanpa & Dengan Resep Dokter


By Cindy Wijaya

Ada banyak pilihan obat sakit kepala di apotik, dan apa yang mempan untuk satu orang belum tentu berguna juga bagi orang lain. Mencari obat yang tepat bisa jadi tidak cukup sekali-dua kali mencoba. Namun jika Anda tahu apa saja fungsi dari masing-masing jenis obat sakit kepala, Anda bisa menyesuaikan jenis obat yang dicoba sesuai dengan keluhan Anda.

Dalam artikel ini akan dibahas mengenai pilihan obat sakit kepala yang umumnya tersedia di apotik, baik secara offline maupun online. Di samping obat tanpa resep dan obat resep, di akhir artikel juga akan dikupas sejumlah alternatif alami untuk membantu meredakan sakit kepala.

Obat Sakit Kepala di Apotik Tanpa Resep Dokter

Jenis obat sakit kepala di apotik yang paling sering dipakai adalah OAINS (obat anti-inflamasi non-steroid). Contoh OAINS yaitu ibuprofen dan naproxen.

Obat OAINS bekerja dengan cara mengurangi produksi dari bahan kimia bernama prostaglandin yang memicu peradangan, rasa sakit, dan demam. Mereka dapat melakukannya karena menghambat enzim-enzim bernama cyclooxygenase (COX) yang digunakan tubuh untuk memproduksi prostaglandin.

Karena prostaglandin melindungi dinding dari lambung dan usus, maka penggunaan OAINS yang berlebihan bisa menghilangkan bahan kimia ini dari saluran pencernaan sehingga menimbulkan risiko untuk tukak lambung dan perdarahaan di saluran pencernaan.

Di samping OAINS, obat jenis analgesik seperti acetaminophen juga tersedia sebagai obat sakit kepala di apotik. Jenis obat ini bebas efek samping di pencernaan yang biasa dikaitkan dengan penggunaan OAINS. Namun acetaminophen mungkin tidak seefektif OAINS dalam mengatasi beberapa jenis sakit kepala.

Cara kerja acetaminophen untuk mengatasi sakit kepala masih belum diketahui, namun diyakini mereka dapat bekerja pada jalur pengaktifan pusat yang mengurangi rasa sakit.

Meskipun obat ini lebih aman untuk lambung, tetapi kadang kerusakan di hati bisa terjadi apabila digunakan berlebihan atau diminum bersama alkohol.

Apabila sakit kepala disebabkan oleh masalah pada sinus karena reaksi alergi, maka obat sakit kepala di apotik yang lebih cocok ialah antihistamin dan obat semprot hidung steroid (steroid nasal spray).

Obat Sakit Kepala di Apotik dengan Resep Dokter

Terdapat beragam jenis obat sakit kepala resep yang biasa disarankan dokter apabila obat bebas tidak mempan. Pilihan obat yang tepat kebanyakan bergantung pada jenis sakit kepala yang Anda alami.

Migrain

Migrain mungkin ditangani dengan golongan obat oral bernama triptan. Obat ini bekerja pada reseptor serotonin di pembuluh darah, membuat mereka rileks.

Kadang dokter juga meresepkan dihydroergotamine (DHE) yang merupakan obat penyempit pembuluh darah, dan topiramate yang adalah obat antikonvulsan.

Untuk mengurangi mual dan muntah yang menyertai migrain, dokter mungkin meresepkan obat antiemetik seperti metoclopramide dan ondansetron. Mereka dapat berupa obat yang dimasukkan lewat mulu (oral) atau lewat dubur (rektum). Ada juga obat metoclopramide yang dimasukkan lewat infus untuk kasus migrain parah yang berlangsung lebih dari 12 jam.

Karena triptan seperti sumatriptan dan rizatriptan hanya bekerja untuk kasus migrain akut, dokter akan lebih sering meresepkan jenis obat lain untuk mencegah sakit kepala, seperti obat beta-blocker, antidepresan, antikonvulsan, dan CGRP inhibitor. Obat-obatan ini dapat efektif untuk sebagian orang, meski tidak semua.

Sakit Kepala Tegang

Obat sakit kepala di apotik jenis triptan tidak cocok untuk sakit kepala tegang. Bila obat OAINS dan acetaminophen belum cukup untuk mengobati, maka dokter mungkin meresepkan tricyclic antidepresan yang mengandung amitriptyline. Amitriptyline punya efek analgesik (pereda sakit) dan bekerja dengan cara meningkatkan ketersediaan serotonin dan norepinefrin di otak.

Obat amitriptyline yang diminum secara oral adalah satu-satunya obat yang secara konsisten menunjukkan hasil positif pada berbagai penelitian terhadap sakit kepala tegang yang kronis.

Sakit Kepala Klaster

Obat sakit kepala di apotik jenis triptan juga berguna untuk mengatasi sakit kepala klaster. Obat sumatriptan bisa diberikan lewat semprotan hidung atau suntikan ke kulit. Kedua metode ini tampaknya efektif untuk menghilangkan sakit kepala klaster, tapi tetap tergantung pada seberapa parah itu. Obat dihydroergotamine dan oksigen intranasal juga bisa berguna.

Sakit kepala klaster bisa sulit untuk dicegah namun diketahui merespons dengan baik obat verapamil, jenis calcium channel blocker yang biasa dipakai untuk darah tinggi. Bila verapamil belum mempan, obat lithium atau sedikit prednisone mungkin akan diresepkan.

Alternatif dari Obat Sakit Kepala di Apotik

Bergantung pada jenis sakit kepala yang Anda rasakan, Anda mungkin dapat mengurangi gejalanya dengan mencoba menghindari lingkungan, emosi, dan makanan yang memicu sakit kepala itu. Ini dapat dicoba pada kasus sakit kepala yang muncul sendiri ataupun sakit kepala yang muncul akibat efek dari penyakit lain, kehamilan, menopause, obat, atau penyebab lain.

Berikut tips-tips untuk setiap jenis sakit kepala:

  • Migrain dapat diringankan dengan beristirahat di ruangan gelap yang tenang dan sunyi, serta menempelkan kompres dingin ke dahi. Minum air juga membantu.
  • Sakit kepala tegang bisa dikurangi dengan lebih banyak tidur setiap malam atau dengan mengoreksi ukuran kacamata yang dipakai.
  • Sakit kepala klaster bisa jadi sulit untuk diatasi tapi kadang bisa dikurangi dengan mengurangi alkohol dan berhenti merokok.
  • Sakit kepala akibat sinus sering kali bisa diperbaiki dengan teknik irigasi nasal atau menghirup uap panas dari semangkuk air panas.
  • Sakit kepala eksersional bisa diredakan dengan pemanasan dulu sebelum olahraga, mulai olahraga dengan gerakan fisik yang ditingkatkan secara bertahap intensitasnya, dan pendinginan setelah olahraga.
  • Sakit kepala hipnik sering kali mereda setelah minum kopi atau minuman berkafein lain.
  • Sakit kepala hormonal disebabkan oleh pil KB dapat diatasi dengan mengganti jenis KB.
  • Sakit kepala servogenik yang disebabkan oleh sakit di leher bisa diatasi dengan menempelkan kompres dingin ke belakang leher atau melakukan peregangan leher secara perlahan.
Credit Photo: istockphoto

Sebenarnya hampir semua jenis sakit kepala akan membaik bila Anda memberi waktu untuk istirahat dengan tenang, menghindari cahaya terang dan suara bising, kapan pun mulai muncul gejalanya. Tetapi gejala yang tak tertahankan memang mungkin butuh obat sakit kepala di apotik untuk solusi yang cepat.

Sekali lagi, apa jenis obat yang umumnya disarankan untuk sakit kepala? Biasanya yang paling sering dipakai adalah OAINS (seperti ibuprofen dan naproxen) atau acetaminophen yang bisa dibeli tanpa resep. Bila tidak mempan, ada baiknya Anda periksa ke dokter untuk mendapat penanganan yang lebih tepat.

Demikianlah artikel ini yang mengupas tentang obat sakit kepala di apotik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga pembahasan-pembahasan menarik lain seputar solusi masalah kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Verywell Health. How Headaches Are Treated. URL: https://www.verywellhealth.com/headache-treatments-1719835

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>