Obat Migrain di Apotik, Mana yang Tepat Buat Anda?


By Cindy Wijaya

Gejala migrain bukan hanya sakit kepala dan sekitarnya, tapi juga bisa termasuk mual dan muntah. Yang pasti gejala-gejalanya sangat tak mengenakkan. Beruntung ada obat-obatan yang dapat meringankan rasa sakit dan gejala-gejala migrain lainnya. Artikel ini akan menjelaskan pilihan obat migrain di apotik.

Obat-obatan berikut dikategorikan berdasarkan gejala migrain yang dapat diatasinya. Jadi kenali dulu gejala apa saja yang Anda rasakan sebelum memilih suatu jenis obat.

Obat Migrain di Apotik untuk Mengatasi Sakit Kepala

Anda dapat minum jenis obat ini saat mulai muncul tanda-tanda serangan migrain. Jenis obat ini disebut obat “abortif”, yang fungsinya untuk mencegah gejala-gejala umum seperti rasa sakit/nyeri, mual, dan sensitif terhadap suara dan cahaya. Beberapa diantaranya tidak boleh digunakan jika Anda mengalami migrain dengan gejala aura, jadi sebaiknya tanyakan dulu pada dokter.

Obat Ibuprofen

Ibuprofen adalah obat yang digunakan untuk meringankan rasa sakit/nyeri pada berbagai penyakit atau masalah kesehatan, termasuk untuk sakit kepala migrain.

Obat ini termasuk golongan OAINS (obat anti-inflamasi non strroid), yang cara kerjanya dengan menghalangi tubuh untuk menghasilkan zat-zat penyebab peradangan.

Contoh nama obat migrain di apotik K24, Kimia Farma, dan apotik lain: Bufect, Brufen, Axofen, Novaxifen, Dolofen, Etafen, Farsifen, Proris, Ibufen. Kisaran harga: Rp 2.000 – Rp 12.000 per strip.

Efek samping yang dapat ditimbulkan: Sakit perut atau pendarahan, ruam, pembengkakan. Juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Obat Parasetamol/Asetaminofen

Parasetamol, disebut juga asetaminofen, adalah obat yang digunakan untuk mengatasi rasa sakit/nyeri taraf ringan hingga sedang. Sehingga dapat juga digunakan untuk mengurangi gejala sakit kepala migrain.

Obat pereda rasa sakit ini paling baik jika segera diminum begitu muncul tanda-tanda sakit kepala migrain. Biasanya obat ini kurang efektif bila diminum saat gejalanya sudah berat.

Contoh nama obat migrain di apotik Kimia Farma, K24, dan apotik lain: Sanmol, Biogesic, Dumin, Naprex, Fevrin, dan Fasidol. Kisaran harga: Rp 1.500 – Rp 15.000 per strip.

Efek samping yang dapat ditimbulkan: Kerusakan pada hati, reaksi alergi, dan ruam di kulit.

Obat Naproxen

Naproxen adalah obat yang digunakan untuk meringankan rasa sakit/nyeri dalam berbagai masalah kesehatan/penyakit, termasuk meringankan sakit kepala migrain.

Obat ini termasuk dalam golongan OAINS (obat anti-inflamasi non streoid). Cara kerjanya adalah dengan menghalangi tubuh untuk menghasilkan zat-zat tertentu yang menyebabkan inflamasi (peradangan).

Contoh nama obat naproxen di apotik: Alif, Xenifar.

Efek samping yang dapat ditimbulkan: Sakit perut, pendarahan lambung, mual, muntah, ruam, kerusakan pada hati. Juga dapat meningkatkan risiko serangan jantung atau stroke.

Obat Migrain di Apotik untuk Mengatasi Mual

Banyak penderita migrain sering mengalami mual dan muntah di samping sakit kepala. Gejala-gejala itu biasanya akan membaik begitu Anda minum obat untuk sakit kepala.

Tapi kadang-kadang mual dan muntahnya begitu parah sampai seseorang tidak sanggup minum obat sakit kepala. Jika ini yang dialami, Anda bisa mencoba minum obat mual untuk meredakannya supaya bisa minum obat sakit kepala.

Obat Promethazine HCL

Promethazine digunakan untuk mencegah dan mengatasi mual dan muntah yang berkaitan dengan masalah kesehatan/penyakit lain.

Obat ini tergolong antihistamin yang bekerja dengan cara menghalangi zat tertentu (histamin) dalam tubuh yang dibuat oleh tubuh saat mengalami reaksi alergi. Efek lain dari obat ini (termasuk anti-mual, menenangkan, dan pereda sakit) dapat bekerja dengan memengaruhi zat lain (seperti acetylcholine) dan dengan bertindak langsung pada bagian otak tertentu.

Efek samping yang dapat ditimbulkan: Kebingungan, rasa kantuk, pusing, sakit perut, mimpi buruk, gerakan otot tak terkendali.

Obat Chlorpromazine HCL

Obat ini tergolong sebagai obat antipsikotik fenotiazin, bekerja dengan membantu mengembalikan keseimbangan zat alami tertentu di otak. Chlorpromazine juga dapat digunakan untuk mengendalikan mual/muntah yang menyertai migrain.

Efek samping yang dapat ditimbulkan: Kebingungan, rasa kantuk, pusing, sakit perut, mimpi buruk, gerakan otot tak terkendali.

Obat Prochlorperazine

Obat ini digunakan untuk mengobati mual dan muntah parah yang disebabkan oleh penyakit atau masalah kesehatan lain. Prochlorperazine termasuk dalam golongan obat fenotiazin.

Efek samping yang dapat ditimbulkan: Kebingungan, rasa kantuk, pusing, sakit perut, mimpi buruk, gerakan otot tak terkendali.

Alternatif dari Obat Migrain di Apotik

Pendekatan alternatif untuk pengobatan migrain bisa sangat efektif untuk sebagian orang, meski tidak semua. Namun karena dianggap aman, Anda bisa mencoba obat-obat alternatif ini untuk mengobati migrain untuk melihat apakah itu bermanfaat untuk Anda.

Jahe

Dalam hal suplemen yang diminum, jahe adalah satu-satunya yang secara konsisten terbukti efektif untuk mengurangi gejala migrain akut (muncul mendadak dan cepat memburuk). Anda dapat mengonsumsinya mentah, atau diseduh menjadi teh jahe.

Tiger Balm

Dalam hal pengobatan topikal (obat luar), Tiger Balm sama efektifnya seperti obat lain untuk mengurangi sakit kepala tegang. Tiger Balm juga telah digunakan dalam pengobatan migrain dan mendapatkan hasil yang positif.

Minyak Lavender

Minyak lavender adalah satu-satunya aromaterapi yang telah terbukti efektif dalam pengobatan serangan migrain. Menghirup minyak lavender dapat mengurangi keparahan migrain dan mungkin menghilangkan gejalanya juga.

Tips Praktis Meringankan Gejala Migrain

Ada cara-cara rumahan yang dapat dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan gejala migrain yang masih ringan.

Gunakan Kompres Dingin

Cobalah tempelkan kompres dingin sekitar 15-20 menit ke bagian kepala, leher, pundak, atau wajah yang terasa sakit. Suhu dingin menyempitkan pembuluh darah dan menenangkan saraf sehingga otak merasakan lebih sedikit rasa sakit.

Cukup Tidur

Salah satu pemicu umum migrain adalah kurang tidur. Cukupi kebutuhan tidur 7 – 9 jam setiap malam dapat membantu mencegah migrain kambuh. Anda mungkin harus mengatur jadwal tidur yang konsisten, karena perubahan pola tidur dapat memicu atau memperburuk migrain.

Konsumsi Kafein

Jika Anda tidak terbiasa minum kafein (seperti kopi), minum satu kali saja dapat mengurangi gejala-gejala migrain atau bahkan menghilangkannya. Akan tetapi ada juga orang yang mengalami migrain parah setelah mengonsumsi kafein, jadi solusi ini tidak efektif untuk semua orang.

Ingat juga bahwa migrain dapat menjadi gejala penarikan kafein. Jadi jika Anda ingin berhenti minum kopi, sebaiknya lakukan secara bertahap, tidak sekaligus. Memperhatikan asupan kafein harian adalah penting untuk pencegahan migrain.

Menghirup Udara Segar

Kadang keluar rumah untuk menikmati udara segar membantu meringankan migrain. Ini terutama jika Anda berada di ruangan yang tidak punya sirkulasi udara yang baik atau terpapar bau yang menyengat dan mengganggu.

Gejala-gejala migrain dapat diringankan, bahkan dihilangkan, dengan menggunakan obat yang tepat. Jadi penting untuk menemukan obat migrain di apotik yang efektif untuk Anda dan yang membantu mencegah kekambuhan di masa depan.

Konsultasikanlah dengan dokter Anda mengenai gejala-gejala migrain Anda. Anda dapat bekerja sama dengan dokter untuk mencari pengobatan yang tepat.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai obat migrain di apotik. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

WebMD. Drugs to Treat Migraine Headaches. https://www.webmd.com/migraines-headaches/migraine-treatment

Verywell Health. How Migraines Are Treated. https://www.verywellhealth.com/treatment-of-migraines-4583159

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>