Deherba.com | Situs Herbal No. 1 Indonesia
hubungi kami

Bagaimana Cara Mengobati Maag? Bagaimana Cara Mengobati Maag?

Obat Maag—Bagaimana Cara Mengobati Maag Agar Tak Lagi Kambuh?

Banyak orang merasa tersiksa dengan penyakit maag yang mereka derita. Mereka mungkin harus sangat hati-hati dalam memilih makanan, karena kalau tidak maag mereka akan segera kambuh. Mungkin juga mereka harus sering-sering makan dalam porsi kecil agar tidak merasa nyeri. Jika Anda mengalami seperti itu juga, bisa jadi Anda sedang mencari-cari obat maag yang benar-benar ampuh.

Cara mengobati penyakit maag sebenarnya sangat bergantung pada penyebab sakit maag yang Anda derita. Meski begitu, banyak orang memilih suatu jenis obat maag tanpa peduli apa penyebab mereka sakit. Kecerobohan ini dapat membahayakan kesehatan Anda, karena jika tidak ditangani dengan benar, penyakit maag dapat memicu masalah kesehatan serius lainnya.

Segera Periksakan Penyakit Maag Anda ke Dokter!

Apabila Anda mengalami penyakit maag yang berulang-kali kambuh, sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter dan mintalah kepadanya untuk melakukan tes guna memastikan apa penyebab maag.

Jika sudah tidak dapat diperiksa menggunakan cara lain, dokter mungkin akan meminta Anda menjalani prosedur medis yang dinamakan endoskopi bagian atas. Prosedur ini dilakukan dengan memasukkan tabung kecil berlampu (endoskopi) melalui tenggorokan dan masuk ke dalam perut untuk mencari kelainan pada bagian perut.

Penyakit maag adalah luka atau borok yang menyakitkan pada lapisan lambung atau bagian pertama dari usus kecil—yang disebut duodenum.

Secara garis besar penyebab maag adalah kelebihan cairan asam atau kekurangan mukosa pelapis permukaan lambung dan usus. Cairan asam dalam saluran pencernaan dapat menggerogoti permukaan lambung atau usus kecil sehingga menciptakan luka terbuka.

Atau sebaliknya, apabila mukosa pelapis lambung dan usus terkikis, maka permukaan lambung atau usus menjadi kurang terlindungi dari cairan asam sehingga lebih rentan terluka. Apabila salah satu atau kedua kondisi tersebut terjadi, Anda akan menderita sakit maag.

Beberapa hal yang dapat menyebabkan kondisi tersebut antara lain: infeksi bakteri Helicobacter pylori (H. pylori) dan sering mengonsumsi obat pereda rasa sakit atau jenis obat lainnya. Sedangkan hal-hal lain yang memperparah luka maag adalah: merokok, minum beralkohol, stress berat, sering makan makanan pedas.

Bagaimana Cara Mengobati Maag yang Efektif?

Langkah untuk mengobati maag seringkali terdiri dari perubahan gaya hidup, mengonsumsi obat maag, dan/atau menjalani tindakan operasi. Bergantung pada penyebab maag, apakah akibat infeksi bakteri atau karena terlalu sering mengonsumsi jenis obat tertentu, maka langkah pengobatan maag pun akan disesuaikan.

Langkah paling pertama yang harus dilakukan adalah mengeliminasi zat-zat yang menyebabkan luka di permukaan lambung atau usus. Apabila Anda merokok atau minum alkohol, maka mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut!

Namun jika luka maag disebabkan oleh penggunaan jenis obat tertentu, Anda juga harus menghentikan penggunaan obat tersebut. Konsultasikanlah kepada dokter mengenai hal ini, karena mungkin dokter akan memberikan alternatif dari obat yang menyebabkan luka maag tersebut.

Bila Anda memilih jalur medis sebagai cara mengobati maag, langkah yang dianjurkan dokter antara lain seperti berikut:

  • Pengobatan proton pump inhibitor (PPI). Ini dilakukan bila penyebab maag adalah penggunaan obat pereda rasa sakit. Obat PPI berfungsi mengurangi kadar asam dalam saluran pencernaan (asam lambung) sehingga luka tidak terus-menerus digerus oleh cairan asam tersebut dan punya waktu untuk menyembuhkan diri. Obat PPI termasuk obat dexlansoprazole, esomeprazole, lansoprazole, omeprazole, pantoprazole, rabeprazole, dan natrium bikarbonat.
  • Obat antibiotik. Jika penyebab maag adalah infeksi bakteri, maka obat antibiotik mungkin diresepkan. Beberapa dokter mungkin meresepkan kombinasi obat antibiotik bersamaan dengan obat PPI. Selain itu, obat bismuth juga mungkin dianjurkan dalam pengobatan maag secara medis.
  • Endoskopi bagian atas. Kasus penyakit maag yang sudah menimbulkan perdarahan mungkin dapat diatasi dengan prosedur endoskopi.
  • Tindakan operasi. Kadang-kadang dibutuhkan operasi, khususnya jika sakit maag sudah menimbulkan lubang di dinding lambung atau jika terjadi perdarahan serius yang tidak dapat diatasi dengan endoskopi.

Cara mengobati maag secara medis di atas seringkali dapat menuntaskan masalah dengan efektif sehingga luka di lapisan lambung atau usus bisa sembuh dengan baik. Akan tetapi bila langkah-langkah pengobatan di atas tetap tidak sanggup menuntaskan sakit maag, maka kemungkinan Anda sudah menderita “ulkus refraktori”.

Kalau sudah begitu, kemungkinan kondisi tersebut disebabkan karena beberapa hal, antara lain: Anda tidak menjalani pengobatan sesuai petunjuk dokter, bakteri H. pylori kebal terhadap antibiotik, masih terus merokok, atau terus mengonsumsi obat pereda rasa sakit.

Penyebab ulkus refraktori lain yang lebih jarang terjadi adalah kondisi sindrom Zollinger-Ellison, infeksi bakteri selain H. pylori, kanker lambung, atau penyakit lain yang menimbulkan luka di lambung atau usus kecil seperti penyakit Crohn. Cara mengobati maag yang sudah mencapai ulkus refraktori biasanya dengan mengeliminasi faktor-faktor yang menghambat penyembuhan, dan dibantu dengan obat antibiotik.

Alternatif Herbal untuk Mengobati Maag

Cukup banyak orang mencari alternatif herbal untuk obat maag karena mereka khawatir dengan efek samping obat medis, atau karena memang ingin sembuh dengan cara yang lebih alami. Pertanyaannya sekarang, apakah ada herbal yang cukup ampuh untuk mengobati maag yang sudah berulang-kali kambuh?

Asalkan Anda tekun menjalani pengobatan herbal, sambil mengupayakan membuang faktor-faktor penyebab sakit maag untuk mendukung penyembuhan luka, maka Anda dapat merasakan khasiat herbal yang tak kalah efektif dengan obat maag medis.

Salah satu herbal yang dapat dimanfaatkan sebagai cara mengobati maag adalah Sarang Semut. Herbal ini memiliki kandungan flavonoid yang mempunyai sifat sebagai anti-bakteri. Ini berarti flavonoid bisa bekerja secara efektif untuk membunuh bakteri H. pylori penyebab sakit maag.

Apabila penyebab maag bukan infeksi bakteri, Sarang Semut juga tetap dapat dimanfaatkan. Karena herbal ini mengandung senyawa akif polifenol dan tokoferol, serta berbagai mineral yang bermanfaat seperti magnesium, fosfor, kalsium, seng, besi, dan natrium yang saling bekerja sama demi menetralisir kelebihan asam lambung di saluran pencernaan.

Berbagai kandungan tersebut juga sanggup membantu pemulihan luka pada lapisan lambung atau usus. Jika bakteri penyebab-penyebab maag tersebut—infeksi bakteri, asam lambung berlebih, serta luka di lapisan lambung atau usus—berhasil diatasi, maka kemungkinan besar Anda bisa kembali menikmati kesehatan seperti semula, tanpa perlu menderita akibat rasa sakit maag yang kambuh-kambuhan.

Informasi lebih lengkap mengenai herbal Sarang Semut dapat dibaca di artikel: Sarang Semut Papua Hancurkan Penyakit Berat!

Walaupun cara mengobati maag sudah berhasil dilakukan, bukan berarti Anda tidak perlu lagi menjaga kesehatan. Anda tetap harus selalu menjaga gaya hidup tetap sehat, termasuk menghindari makanan-makanan yang dapat kembali memicu maag kambuh. Untuk mengetahui apa saja jenis makanan tersebut, silakan lihat artikel: Pantangan Sakit Maag.

addfriends en 130
PENTING: Form komentar di bawah ini hanya digunakan untuk berbagi informasi antar pengunjung situs web ini. Apabila Anda ingin menghubungi kami silakan kunjungi halaman hotline kami.

Log In or Register