Obat Herbal Berkhasiat untuk Mengobati Darah Tinggi

256

Diedit:

Untuk mengatasi darah tinggi, ada baiknya Anda mengonsumsi masakan produksi rumah sendiri. Kelebihan dari memasak makanan sendiri adalah kita dapat mengatur bumbu apa saja yang akan digunakan.

Sebagai contoh, jika ingin memasak dada ayam yang bebas natrium, dada ayam tanpa kulit ditumis dalam minyak zaitun lalu diangkat. Masukkan perasan jeruk nipis dalam penggorengan, satu buah jeruk per dada ayam kemudian aduk selama kira-kira satu menit.

Masukkan saus di atas ayam, lalu bumbui dengan lada dan kemangi. Lezat, higienis, dan bebas natrium. Memperbanyak makanan yang mengandung kalium juga baik bagi penderita darah tinggi.

Makanan kaya kalium mudah didapatkan, diantaranya yaitu ubi jalar, bayam, kismis, melon, kentang panggang dengan kulit, pisang, blackberry, pepaya dan yoghurt tanpa lemak.

Makanan tersebut dapat disajikan dalam bentuk salad yang dapat menambah selera saat menyantapnya. Selain dengan mengatur menu harian Anda dan meminum obat-obatan yang diberikan dokter, obat herbal juga tak kalah berkhasiat untuk mengobati tekanan darah tinggi.

Misalnya, Jamur reishi, achillea wilhelmsii (sejenis tanaman berbunga), dan bawang putih, dll. Dalam beberapa studi tercatat bahwa tanaman-tanaman tersebut dapat menjadi obat untuk darah tinggi.

Namun, meski efektif, tanaman tersebut juga menimbulkan beberapa efek samping, terutama pada orang-orang yang sensitif terhadap kandungan yang terdapat dalam tumbuhan-tumbuhan tersebut.

Seledri, selain sebagai bahan pelengkap sayuran juga dapat dipergunakan untuk mengobati darah tinggi. Ambillah segenggam daun seledri lalu tumbuk sampai halus

Kemudian campur dengan air matang dan saringlah pada sebuah kain bersih/saringan halus. Usahakan air saringan sampai satu gelas. Kemudian diamkan selama satu jam baru diminum dengan sedikit ampas.

Minum secara rutin setiap pagi dan sore atau Anda bisa mencoba Noni Juice (sari buah Mengkudu) yang juga berkhasiat dalam menurunkan tekanan darah tinggi.

Baca juga:  Tekanan Darah Tinggi Bisa Mengakibatkan Gagal Ginjal!

Jika mengalami darah tinggi, Anda perlu bertekun dalam menjaga asupan makanan. Namun, jangan membuatnya menjadi pemicu stres. Pilih yang terbaik dan nikmatilah.

Advertisement
Alinesia