Obat Anti Depresi yang Dapat Dibeli Tanpa Resep Dokter


By Cindy Wijaya

Seorang penderita depresi berat membutuhkan obat anti depresi resep dokter untuk mengendalikan gejalanya. Jika tidak, gejala-gejalanya bisa menjadi terlalu berat baginya hingga muncul dorongan untuk bunuh diri. Namun penderita depresi ringan hingga sedang mungkin hanya butuh persediaan obat antidepresan yang dijual bebas (tanpa resep dokter).

Pilihan obat antidepresan tanpa resep dokter mungkin paling efektif jika dibarengi dengan penyesuaian gaya hidup, seperti olahraga teratur, cukup tidur malam, dukungan dari teman-teman, dan mengelola stres.

4 Pilihan Obat Anti Depresi Tanpa Resep Dokter

Ada banyak pilihan obat antidepresan yang dijual bebas, termasuk berbagai suplemen dan herbal, yang telah diselidiki manfaatnya untuk membantu depresi. Namun efeknya dapat bervariasi pada masing-masing orang, jadi selalu konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat, suplemen, atau herbal apapun.

St. John’s Wort

St. John’s Wort merupakan herbal yang sudah banyak digunakan sebagai obat antidepresan alami. Namun lembaga The National Center for Complementary and Integrative Health mengingatkan bahwa herbal ini tidak selalu bermanfaat bagi semua penderita depresi.

Karena itu, sebaiknya St. John’s Wort tidak digunakan sebagai pengganti obat anti depresi resep atau untuk menunda jadwal kunjungan rutin ke dokter Anda.

Ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan saat mengonsumsi St. John’s Wort sebagai obat antidepresan alami:

  • Efek samping: Selalu bicarakan dengan dokter sebelum mulai mengonsumsi herbal ini, karena efek samping dapat terjadi dan kadang bisa parah. Meski efek sampingnya jarang terjadi, namun itu bisa termasuk mulut kering, pusing, sembelit, gejala pencernaan, dan kebingungan.
  • Interaksi obat: Ada juga interaksi obat yang bisa berakibat serius. Misalnya, minum St. John’s Wort dengan obat HIV dapat membuat tubuh menghilangkan obat HIV pada tingkat yang jauh lebih besar, sehingga jumlah virus HIV pada tubuh pasien akan meningkat.
  • Sindrom serotonin: Jika diminum bersama obat SSRI, MAOI atau obat serotonergik lainnya, ada risiko sindrom serotoin, yang bisa berakibat fatal.
  • Sensitif terhadap matahari: Para ahli merekomendasikan penggunaan tabir surya (sunscreen) jika menggunakan herbalini, sebab berpontesi membuat pasien sensitif terhadap matahari.
Dosis St. John’ Wort yang digunakan dalam penelitian cukup bervariasi dan tergantung pada formulasi ramuan atau ekstraknya. Jadi sebaiknya perhatikan petunjuk produsen mengani dosis penggunaan pada kemasan produk dan konsultasikan dengan dokter Anda.

Asam Lemak Omega-3

Suplemen omega-3 sedang terus diselidiki manfaatnya sebagai obat anti depresi alami. Memang masih dibutuhkan lebih banyak penelitian, tetapi beberapa bukti menunjukkan bahwa omega-3 dapat membantu untuk mencegah atau mengurangi depresi ringan hingga sedang.

Ada tiga jenis omega-3: asam alfa-linolenat (ALA), asam eikosapentaenoat (EPA), dan asam dokosaheksaenoat (DHA).

EPA, yang terdapat pada ikan dan makanan laut lainnya, tampaknya memberikan manfaat terbesar untuk obat antidepresan alami.

Penelitian menunjukkan bahwa suplemen omega-3 yang digunakan sebagai tambahan atau pendamping obat anti depresi resep dokter menghasilkan hasil terbaik.

Jika Anda memutuskan untuk mencoba suplemen omega-3, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

  • Sakit perut: Meski suplemen omega-3, umumnya berasal dari minyak ikan, dianggap cukup aman, namun beberapa orang mungkin mengalami sakit perut dan sendawa amis jika mengonsumsi dosis tinggi.
  • Peningkatan pengencer darah: Dokter memperingatkan bahwa suplemen omega-3 dapat meningkatkan efek obat pengencer darah.

Orang pada umumnya bisa memperoleh jumlah ALA yang dibutuhkan dari makanan yang dikonsumsi, bersama dengan jumlah EPA dan DHA yang lebih kecil. Anda bisa memperoleh cukup omega-3 dengan mengonsumsi makanan yang bervariasi yang mencakup ikan dan makanan laut lainnya, kacang-kacangan, biji-bijian, minyak nabati, dan makanan yang diperkaya omega-3.

Tidak ada dosis khusus yang direkomendasikan untuk obat antidepresan. Namun direkomendasikan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 3 gram per hari tanpa izin dokter, karena ada potensi peningkatan risiko perdarahan.

Noni Juice

Bahan baku herbal Noni juice, yaitu buah Noni (Mengkudu), sudah sejak zaman dahulu digunakan secara tradisoinal sebagai obat anti depresi alami. Kini penelitian modern telah membuktikan bahwa Noni memang dapat digunakan sebagai pendamping obat antidepresan.

Noni Juice, Obat Antidepresan Alami
Noni Juice (Credit Gambar Noni: Sommai Larkjit/123rf)

Contohnya adalah salah satu penelitian terbesar yang pernah dilakukan mengenai herbal, mengikutsertakan 1.227 ahli kesehatan serta 25.134 pengguna Noni juice dari 80 negara. Penelitian ini diadakan oleh Dr. Neil Solomon dan menyelidiki manfaat Noni juice untuk berbagai gangguan kesehatan , termasuk depresi.

Hasilnya memuaskan, dimana didapati bahwa dari keseluruhan penderita depresi ada sebanyak 80 persen (1.512) orang yang dibantu untuk pulih dari gejala-gejala depresi.

Penelitian lain menunjukkan bahwa Noni memiliki cara kerja yang serupa dengan obat antidepresan resep dokter, khususnya jenis obat penghambat MAO. Namun tidak seperti obat kimiawi, herbal ini aman untuk dikonsumsi setiap hari karena tidak menimbulkan ketergantungan dan relatif bebas dari efek samping yang merugikan tubuh.

Baca juga artikel terkait: Noni Juice sebagai Herbal Depresi.

Jika ingin mencoba Noni juice sebagai obat antidepresan alami, Anda bisa mengonsumsi dengan dosis 50 ml diminum dua kali sehari, pertama di pagi hari setelah bangun tidur dan kedua di malam hari sebelum tidur. Lakukan secara rutin setiap hari agar mendapat manfaat terbesarnya. Manfaat yang paling cepat terasa biasanya adalah tidur malam lebih nyenyak, suasana hati yang lebih baik, dan lebih bersemangat.

SAMe

SAMe (S-adenosylmethionine) merupakan suplemen yang dapat digunakan sebagai obat antidepresan tanpa resep dokter.

Suplemen ini berperan dalam metilasi, suatu proses yang terlibat dalam pengaturan neurotransmiter seperti serotonin sehingga mungkin bermanfaat untuk meringankan depresi. Penelitian menunjukkan bahwa efek SAMe dalam meredakan depresi mirip dengan obat antidepresan jenis trisiklik.

Namun ada sejumlah efek samping yang dapat timbul dari penggunaan suplemen SAMe, antara lain:

  • Kepala pusing
  • Kenaikan kadar homosistein (protein yang terkait dengan penyakit kardiovaskular)
  • Gejala-gejala pencernaan
  • Hilang selera makan
  • Gangguan tidur
Selalu ikuti petunjuk penggunaan pada kemasan produk suplemen atau konsultasikan dengan dokter Anda untuk mendapat saran dosis yang tepat bagi Anda. Penting untuk diingat juga bahwa SAMe dapat memperburuk gejala-gejala mania pada penderita bipolar disorder.

Kapan Sebaiknya ke Dokter?


Depresi adalah masalah kesehatan mental yang dapat diobati. Meski penggunaan obat antidepresan alami yang dijual bebas dapat meringankan gejalanya, namun yang lebih disarankan adalah penanganan dari dokter ahli. Penanganan secara medis bisa sangat efektif mengobati, dan kadang bisa dikombinasikan dengan suplemen atau herbal.

Lembaga Anxiety and Depression Association of America menyarankan Anda agar mempertimbangkan untuk menemui dokter ahli kesehatan mental jika mengalami hal-hal berikut:

  • Gejala-gejalanya tidak membaik dalam beberapa minggu.
  • Depresi sangat parah sehingga tidak sanggup bekerja, bersekolah, atau bangun dari tempat tidur.
  • Punya pikiran untuk bunuh diri.
  • Sudah mencoba obat antidepresan, tetapi tidak membantu atau justru menimbulkan efek samping parah.
  • Mengalami efek samping yang terkait dengan penggunaan antidepresan alami.

Pengingat Sebelum Membeli Obat Anti Depresi yang Dijual Bebas

Obat, suplemen, ataupun herbal manfaat atau efeknya tidak selalu sama pada setiap orang. Jadi yang terbaik adalah lakukan dulu riset sebelum memulai mengonsumsi obat, suplemen, atau herbal apapun. Pastikan hanya membeli produk yang dibuat oleh produsen yang bisa dipercaya, dan cari tahu persis apa yang ada dalam kandungannya.

Juga pengingat bagi Anda yang mengonsumsi obat antidepresan resep dokter, karena beberapa suplemen dan herbal dapat mengganggu kinerja obat antidepresan resep atau menyebabkan interaksi berbahaya, sebaiknya konsultasikan dulu dengan dokter Anda.

Demikianlah artikel ini yang membahas mengenai pilihan obat anti depresi tanpa resep dokter yang dijual bebas. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan-ulasan lain seputar masalah kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Sumber Referensi:

Verywell Mind. Over-the-Counter Antidepressants. URL: https://www.verywellmind.com/over-the-counter-antidepressants-1066678

Deng, Shixin & West, Brett J. (2011). Antidepressant Effects of Noni Fruit and its Active Principals. Asian Journal of Medical Sciences. 3(2): 79-83

Mayo Clinic. Natural remedies for depression: Are they effective?. URL: https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/depression/expert-answers/natural-remedies-for-depression/faq-20058026

Medical News Today. 6 natural antidepressants: Are they effective?. URL: https://www.medicalnewstoday.com/articles/6-natural-antidepressants

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}
>