Daftar Obat Depresi di Apotik, Pastikan Tidak Salah Pilih

DITULIS OLEH:
Nurul Kuntarti 

September 17, 2021


Ada beragam jenis obat depresi di apotik Kimia Farma, K24, maupun apotik-apotik lainnya. Anda bisa temukan berbagai jenis obat dengan pendekatan berbeda untuk membantu mengatasi gejala-gejala depresi.

Jika Anda sedang mencari obat untuk depresi, penting untuk memastikan mana jenis obat yang tepat dan sudah lebih dulu berkonsultasi dengan dokter. Karena obat antidepresan jelas bukan obat yang bisa dikonsumsi sembarangan tanpa resep dokter.

Bagaimana Menemukan Obat Anti Depresi yang Tepat?

Mengutip dari penjelasan Debra Fulghum Bruce, PhD dalam WebMD, depresi adalah kondisi yang kompleks. Penyebab dan gejala depresi dapat berbeda-beeda dari satu pasien dengan pasien lainnya. Ada banyak faktor yang berperan.

Pada umumnya depresi dipicu oleh faktor-faktor seperti tekanan emosi atau trauma mental. Tetapi ada faktor internal yang dapat terkait. Dan aspek- aspek inilah yang kemudian akan menjadi titik utama bagaimana perawatan penderita depresi akan dipusatkan.

Aspek tersebut terutama terkait dengan kondisi hormonal. Penderita depresi menunjukan kondisi dimana reseptor hormon serotonin tidak bekerja optimal atau tidak aktif. Padahal terjadi aktivitas hormon kortisol dan dopamin yang diduga meningkatkan tekanan, kecemasan dan rasa gelisah.

Ini bisa berkaitan dengan genetik atau faktor eksternal. Bisa pula disebabkan oleh efek penggunaan obat tertentu. Selain itu depresi juga dapat disebabkan oleh efek trauma atau gangguan fungsi pada jaringan saraf pusat yang menyebabkan kinerja reseptor dan sistem neurotransmitter tidak bekerja optimal.

Kondisi ini juga bisa disebabkan oleh efek dari penyakit tertentu yang berkepanjangan seperti diabetes, arthritis, hipotiroid, penyakit jantung, dan gangguan ginjal. Beberapa penyakit mungkin memengaruhi kinerja saraf dan endokrin dan ini mungkin meningkatkan risiko depresi.

Menilik dari kondisi kondisi ini, maka depresi dapat diatasi dengan konsumsi obat-obatan tertentu. Selain pendampingan psikologis yang akan membantu memberi dukungan non-fisik pada penderitanya.

Tentu saja obat depresi di apotik K24, Kimia Farma, dan apotik lain harus diperoleh dan digunakan sesuai resep dokter. Pasien harus sebelumnya  melalui proses pemeriksaan mendalam untuk melihat apa penyebab dan bagaimana gejala depresi mereka.

Tips Menentukan Obat Anti Depresi yang Tepat

Untuk menemukan pilihan obat anti depresi yang tepat, Anda perlu memahami bagaimana pola depresi yang dialami. Ini menjadi acuan untuk menemukan jenis obat depresi di apotik Kimia Farma maupun apotik lain yang tepat. Pertimbangkan beberapa hal berikut:

  • Apa gejala yang Anda alami

    Setiap kasus depresi punya gejalanya masing-masing. Misalnya jika mengalami insomnia, maka obat anti depresi yang mengandung sedatif bisa menjadi pilihan terbaik. Jika sering merasakan keluhan migrain, obat yang memberi efek relaksasi pada otot dan saraf bisa menjadi pilihan.

  • Kenali efek samping yang mungkin muncul

    Sejumlah jenis obat antidepresan mungkin menyebabkan efek samping tertentu. Ada efek samping ringan seperti mulut kering dan kantuk berlebihan. Ada juga yang menyebebkan kenaikan berat badan dan gangguan fungsi seksual. Perhatikan juga potensi efek jangka panjang dari pengobatan seperti pengaruhnya pada fungsi hormon.

  • Interaksi dengan obat lain

    Beberapa jenis obat anti depresi mungkin bisa berinteraksi negatif ketika dikonsumsi bersamaan dengan obat-obatan lain. Misalnya memengaruhi tekanan darah, menurunkan ritme jantung dan lain sebagainya. Konsultasikan penyakit yang Anda alami saat ini selain depresi dan obat-obatan medis yang Anda konsumsi secara rutin.

  • Bagaimana efek obat pada keluarga pasien

    Beberapa dokter biasanya memilih untuk meresepkan obat anti depresi yang sama dengan obat yang juga diberikan untuk keluarga pasien yang juga memiliki riwayat depresi. Biasanya secara genetik efek obat yang berhasil pada satu pasien akan berpotensi berhasil juga pada keluarga mereka. Selain itu, obat yang dalam riwayat medis menunjukan keberhasilan di pengobatan sebelumnya, juga bisa menjadi pilihan untuk pengobatan depresi di masa sekarang.

  • Masalah reproduksi dan menyusui

    Sejumlah obat depresi di apotik bekerja dengan mengendalikan fungsi hormonal. Dan ini acapkali memengaruhi keseimbangan hormonal pada fungsi seksual dan reproduksi. Sehingga mungkin akan mengganggu fungsi kesuburan. Selain juga mungkin akan menyebabkan produksi ASI menurun.

  • Masalah kesehatan lain

    Kasus seperti hipertensi, diabetes, gangguan ginjal, kardiovaskular dan lain sebagainya memiliki kaitan kuat dengan depresi. Penyakit penyakit ini meningkatkan risiko depresi. Acapkali terapi depresi akan efektif hanya bila dilakukan bersamaan dengan upaya untuk mengatasi masalah kesehatan yang terkait.

Ilustrasi Obat Depresi di Apotik K24
Ilustrasi Obat Depresi di Apotik Kimia Farma, K24, dan Apotik Lain (Photo by cottonbro studio on Pexels)

Apa Saja Jenis-Jenis Obat Depresi di Apotik?

Sebenarnya, senyawa kimia yang berada dalam otak memengaruhi bagaimana kondisi tekanan dalam otak, khususnya hormon serotonin, dopamin, norepinefrin dan kortisol. Hormon ini bekerja memengaruhi bagaimana otot pada sistem saraf mengalami relaksasi dan ketegangan, bagaimana sirkulasi darah menuju dan dari otak berjalan hingga kinerja otak berfungsi.

Kebanyakan fungsi dari obat depresi di apotik Kimia Farma dan apotik lain bekerja pada kinerja senyawa kimia ini pada fungsi neurotransmitter, yaitu pada sel-sel otak ditemukan adanya sejumlah reseptor yang merespon sinyal dari senyawa hormonal ini. Ini yang berpengaruh pada kerja dari neurotransmitter.

Hormon serotonin adalah hormon relaksasi dan memberi rasa nyaman. Fungsinya penting untuk membantu menyeimbangkan kondisi mood. Hormon norepinefrin bekerja untuk menumbuhkan rasa semangat dan ketertarikan pada sesuatu. Ini menghilangkan mood  malas dan enggan beraktivitas pada penderita depresi.

Sedangkan hormon dopamin dan kortisol mendorong munculnya efek tekanan pada otak. Pada skala tertentu ini membantu konsentrasi dan kewaspadaan. Namun jika berlebihan efeknya akan memicu terjadinya stres dan depresi.

Dan obat depresi di apotik K24, Kimia Farma dan apotik lain dapat mengendalikan gangguan pada kondisi ini, namun dengan pendekatan yang berbeda-beda untuk tiap jenis obat. Berikut adalah jenis-jenis obat anti depresi yang tersedia di apotik:

  • Selective serotonin reuptake inhibitors (SSRI)

    Ini jenis obat medis anti depresi yang populer. Komposisi serotonin pada penderita depresi biasanya lebih sedikit dari seharusnya. Fungsi obat SSRI adalah dengan menghambat penyerapan serotonin, sehingga akan meningkatkan kadar serotonin dalam sel otak.

    Efeknya, penderita depresi akan mengalami peningkatan mood dan tekanan yang dirasakan dapat berkurang. Jenis terapi ini dianggap memiliki efek samping yang paling ringan. Beberapa efek samping tersebut seperti mual, kembung, mengantuk, kulit sensitif, anyang-anyangan dan gugup.

    Untuk kategori SSRI, contoh obat depresi di apotik Kimia Farma dan apotik lain antara lain fluoxetine (Lovan), citalopram (Cipramil), sertraline (Zoloft), escitalopram (Lexapro) dan paroxetine (Aropax).

  • Serotonin and norepinephrine reuptake inhibitors (SNRI)

    Tidak seperti SSRI yang hanya berfokus pada serotonin, SNRi bekerja juga pada reseptor hormon neropinefrin. Obat ini mencegah penyerapan kedua hormon ini oleh sel saraf. Hingga kadarnya akan relatif tinggi di dalam otak. Dilengkapi dengan meningkatkan kinerja reseptor yang akan meningkatkan respon otak terhadap sinyal kedua hormon tersebut.

    Terapi ini diharapkan membantu pasien mendapatkan semangatnya. Banyak penderita depresi enggan beraktivitas, memilih berdiam diri tanpa aktivitas karena tidak memiliki ketertarikan dan dorongan untuk itu. Namun dengan peran norepinefrin, semangat akan muncul dan pasien diharapkan lebih ingin beraktivitas.

    Untuk SNRI, contoh obat depresi di apotik K24 dan apotik lain yaitu duloxetine (Cymbalta), levomilnacipran (Fetzima), desvenlafaxine (Pristiq) dan venlafaxine (Effexor XR).

    Efek samping sedikit lebih banyak dari efek samping SSRI, misalnya pening, rasa seperti mabuk, mual, insomnia, mimpi buruk, gemetar, berdebar, rasa sedikit tegang dan munculnya kecemasan.

  • Anti depresan atipikal

    Dalam bahasa lain, antidepresan ini adalah Noradrenaline and specific serotonergic antidepressants (NASSA). NASSA bekerja dengan meningkatkan kadar noradrenalin dan serotonin dalam tubuh. Biasa diberikan pada kasus depresi dengan emosi yang kuat seperti amarah atau kesedihan yang mendalam.

    Untuk NASSA, contoh obat depresi di apotik adalah mirtazapine (Remeron), bupropion (Wellbutrin SR), vilazodone (Viibryd) dan vortioxetine (Trintellix).  Terapi jenis ini acapkali akan memberi efek gelisah dan detak jantung lebih cepat. Kadang juga memengaruhi seksual dan hormonal lain. Tetapi juga akan efektif mendorong mood dan keluhan emosi yang sulit dihentikan.

  • Anti depresan triclycic

    Terapi ini fokus pada reseptor dan respon sel terhadap serotonin, epinefrin, dan norepinefrin. Sehingga respon dari sel akan lebih efektif terhadap sinyal yang diberikan oleh sel-sel tubuh. Biasanya terapi ini diberikan ketika terapi medis lain seperti SSRI tidak mempan atasi depresi.

    Ada pun efek samping dari obat anti depresan di apotik ini antara lain gangguan detak jantung, konstipasi, gangguan tekanan darah, berkeringat terus menerus, dan lemas.

  • Monoamine oxidase inhibitors (MAOI)

    MAOI juga termasuk mudah didapatkan di apotik. Cara kerja uniknya akan menghambat enzim monoamine oxidase, enzim yang menurunkan level serotonin dan neropinefrin dalam otak, dan dapat menurunkan mood. Terapi ini biasanya menjadi pilihan terakhir bila terapi lain tidak bekerja optimal. Tetapi efek sampingnya sendiri terbilang lebih berat dari terapi anti depresan lain.

    Efek sampingnya antara lain masalah tekanan darah, edema hingga kenaikan berat badan. Selain itu, MAOID bisa berinteraksi dengan sejumlah makanan seperti keju dan alkohol. Anda juga perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan MAOI tidak berinteraksi dengan obat-obatan lain yang saat ini dikonsumsi.

    Untuk MAOI, contoh obat anti depresan di apotik adalah phenelzine (Nardil) ranylcypromine (Parnate) dan isocarboxazid (Marplan). Ada juga jenis MAOI dalam bentuk koyo untuk mendapatkan efek samping lebih ringan.

Alternatif Obat Depresi di Apotik yang Lebih Aman

Jika Anda khawatir dengan efek samping dari obat-obatan medis seperti di atas, Anda bisa mencoba alternatif obat depresi di apotik berupa herbal. Selain berbahan natural, herbal juga bisa dibeli tanpa resep di apotik maupun toko obat lain. Herbal memiliki manfaat yang tidak kalah baik untuk atasi depresi.

Cara kerja yang lebih alami akan membantu mengendalikan mood, memudahkan Anda merasa lebih relaks dan meringankan keluhan yang menyertai masalah depresi. Meski efek kerjanya tidak secepat obat medis, efek samping yang dihasilkan biasanya jauh lebih terkendali.

Rekomendasi Anti Depresi Alami: Noni Juice

Di antara pilihan alami di apotik, salah satu yang direkomendasikan sebagai herbal depresi yang efektif dan aman ialah Noni juice. Dalam buku NONI JUICE, How Much, How Often, For What, karangan Dr. Neil Solomon dijelaskan bahwa Noni juice sanggup membantu hingga sekitar 80% pasien yang depresi.

Sebagaimana dijelaskan dalam Asian Journal of Medical Sciences. Jurnal tersebut membuktikan bahwa Noni memiliki kandungan-kandungan yang bekerja sebagai anti depresan, misalnya dengan cara menurunkan produksi enzim monoamine oxidase.

Seperti sudah siebutkan, enzim ini mengurangi hormon serotonin dan neropinefrin yang penting bagi mood dan semangat. Artinya dengan mengambat produksi enzim monoamine oxidase, maka diharapkan kadar serotonin dan neropinefrin akan tetap tinggi sehingga dapat memperbaiki mood buruk yang dialami pasien.

Menariknya, obat depresi di apotik bekerja dengan cara yang mirip namun efek sampingnya cukup berat, sehingga sering dijadikan pilihan terakhir (contohnya obat golongan MAOI). Berbeda dengan Noni juice yang relatif aman dari efek samping.

Noni juga diketahui mengandung unsur sedatif dan relaksasi yang akan membantu meringankan keluhan kecemasan dan gejala insomnia ringan, sebagaimana dijelaskan dalam Phytomedicine: International Journal of Phytotherapy & Phytopharmacology.

Dalam jurnal lain yang diterbitkan dalam Journal of Natural Medicine, terungkap bagaimana efek Noni pada otak. Dijelaskan bahwa Noni menunjukan manfaat untuk membantu memperbaiki kerusakan pada jaringan otak dan neurotransmitter, termasuk di dalamnya memberi efek positif untuk kasus depresi.

Noni Juice, Alternatif Obat Depresi di Apotik K24
Noni Juice, Alternatif Obat Depresi di Apotik yang Lebih Aman (Photo by Ninetechno from Getty Images via Canva)

Keunggulan Mengatsi Depresi dengan Noni Juice

Noni juice tidak hanya efektif untuk mengatasi depresi dan keluhan sejenis. Karena terbukti secara klinis dan empiris bahwa Noni juga memiliki sejumlah khasiat kesehatan.

Sebut saja seperti membantu mengendalikan kadar gula darah, menjaga kesehatan pencernaan, mengatasi alergi, memperbaiki sirkulasi darah, sebagai anti-inflamasi, sebagai antioksidan yang baik, penurunkolesterol, memperkuat sistem imun, dan masih banyak lagi.

Sementara sejumlah keluhan kesehatan seperti masalah pencernaan, diabetes, kesehatan jantung, dan masalah imun cukup meningkatkan risiko depresi. Sebab ada kaitan yang sangat kuat antara kesehatan fisik dengan kesehatan mental.

Dengan mengonsumsi Noni juice, Anda tidak hanya akan membantu meringankan kdepresi, tetapi juga meredakan keluhan-keluhan fisik yang muncul karena depresi dan penyakit-penyakit yang dapat memperburuk kondisi depresi.

Amankah Mengonsumsi Noni Setiap Hari?

Dalam pengujian yang dilaporkan pada Pacific Health Dialog dijelaskan bahwa  Noni juice yang dikonsumsi dalam 3 dosis berbeda, yakni 30 ml, 300 ml, dan 750 ml, setiap hari selama 28 hari menunjukan peningkatan kualitas kesehatan secara umum, dan relatif bebas efek samping.

Uji dilakukan terhadap kondisi detak jantung melalui prosedur EKG (Elektrokardiogram), tes urin, dan tes darah. Didapati kondisi pasien cukup prima. Pandangan bahwa Noni dapat berisiko menyebabkan kerusakan ginjal pun dalam riset ini tidak terbukti.

Gambaran ini dapat menjadi acuan untuk mencoba memilih terapi alami untuk membantu mengatasi depresi. Anda bisa memperoleh Noni juice di apotik atau toko obat lain secara offline maupun online. Namun pastikan membeli dari penjual yang dapat dipercaya dan produknya sudah mendapat izin BPOM.

Demikianlah artikel ini yang membahas tentang pilihan obat depresi di apotik K24, Kimia Farma dan apotik-apotik lain. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda dan keluarga. Temukan juga artikel-artikel menarik lain seputar masalah kesehatan dan solusi alaminya hanya di Deherba.com.

Sumber Referensi

WebMD. Depression. https://www.webmd.com/depression/guide/what-is-depression

Mayo Clinic. Antidepressants: Selecting one that’s right for you. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/depression/in-depth/antidepressants/art-20046273

Deng, Shixin & West, Brett. (2011). Antidepressant Effects of Noni Fruit and its Active Principals. Asian Journal of Medical Sciences. 3. https://www.researchgate.net/publication/268415355_Antidepressant_Effects_of_Noni_Fruit_and_its_Active_Principals

Tentang Penulis

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting oleh Nurul Kuntarti seorang seorang sarjana ekonomi yang menemukan hasratnya dalam bidang kesehatan sejak memiliki putri pertamanya. Keinginan untuk terus memahami dunia kesehatan dilanjutkan dengan mengabdikan diri dalam dunia tulis-menulis di bidang kesehatan, untuk terus menghasilkan artikel-artikel kesehatan yang akurat, kredibel, dan bermanfaat. Silakan klik di sini untuk kontak penulis via WhatsApp.

Anda mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}