Noni Juice sebagai Herbal Depresi

86
Ilustrasi Noni Juice sebagai Herbal Depresi
Credit Photo: joloei / Shutterstock

Seseorang yang mengalami depresi sering dirundung perasaan negatif. Jika Anda mengalaminya, Anda mungkin merasa susah untuk bangun di pagi hari dan untuk menjalani hari demi hari. Banyak orang lainnya juga berjuang menghadapi yang sama. Sebenarnya, depresi adalah gangguan kesehatan mental yang paling banyak diderita. Apabila ada herbal yang efektif dan aman sebagai anti depresi alami untuk meringankan perjuangan ini, apakah Anda ingin mencobanya?

Dalam artikel ini kita akan melihat alasan-alasan dan bukti-bukti bagaimana herbal Noni juice adalah pilihan yang layak dipertimbangkan untuk membantu mengatasi gejala-gejala depresi yang Anda derita.

Bahan baku Noni juice, yaitu buah Noni, telah digunakan secara tradisional untuk membantu pengobatan kecemasan dan depresi. Dan kini penelitian modern menunjukkan bahwa Noni memang memiliki manfaat untuk mengatasi depresi.

Pertama-tama, mari perhatikan salah satu hasil penelitian terbesar yang pernah dilakukan mengenai Noni juice. Penelitian ini diadakan oleh Dr. Neil Solomon, mengikutsertakan 1.227 pakar kesehatan serta 25.134 pengguna Noni juice dari 80 negara.

Para peserta penelitian ini menderita beragam gangguan kesehatan, mulai dari yang ringan hingga berat. Satu diantaranya adalah depresi. Bagaimana hasil dari penelitian ini?

Sebagaimana dituliskan dalam buku “NONI JUICE, How Much, How Often, For What”, dari keseluruhan penderita depresi terdapat 80 persen (1.512) orang yang terbantu untuk pulih.

Apa yang membuat Noni bermanfaat sebagai herbal untuk anti depresi alami? Bagian berikut akan menjelaskan alasannya.

Noni Adalah Alternatif Alami untuk Obat Anti Depresi

Sering kali orang mengandalkan obat anti depresi (yang disebut antidepresan) untuk mengurangi gejala-gejala depresi. Salah satu obat antidepresan yang biasa digunakan adalah obat penghambat MAO (singkatan dari Monoamine Oxidase).

Begini cara kerja obat penghambat MAO secara sederhananya: Enzim-enzim MAO di dalam tubuh kita memecahkan dan menghilangkan neurotransmiter monoamina di dalam otak, seperti dopamin, serotonin, epinefrin, dan norepinefrin. Jika jumlah neurotransmiter monoamina di otak terlalu sedikit, maka akan memicu gejala-gejala depresi.

Di sinilah obat penghambat MAO bekerja. Obat ini berfungsi menghambat enzim MAO sehingga mencegahnya untuk memecahkan dan menghilangkan neurotransmiter monoamina di otak. Maka gejala-gejala depresi akan ikut dicegah atau dikurangi.

Meski fungsinya yang efektif, namun sayangnya seperti obat kimiawi lain, obat antidepresan ini punya sejumlah efek samping. Misalnya dapat memicu darah tinggi, kenaikan berat badan, rasa kantuk berlebihan di siang hari, dan lain sebagainya.

Oleh sebab itu para ahli berupaya mencari sumber alami dari tumbuhan yang bermanfaat sebagai anti depresi tetapi aman dari efek samping negatif. Salah satu yang telah diselidiki dan ditemukan bermanfaat sebagai herbal untuk anti depresi adalah Noni (Morinda citrifolia), bahan baku Noni juice.

Mari kita perhatikan salah satu bukti penelitian ilmiah yang memperlihatkan bahwa herbal ini memang punya cara kerja serupa dengan obat antidepresan.

Herbal Noni Punya Cara Kerja sebagai Anti Depresi

Sebuah eksperimen dilakukan oleh Shixin Deng dan Brett J. West untuk menyelidiki kemampuan Noni untuk gangguan depresi. Hasil eksperimennya dipublikasikan pada 2011 dalam jurnal imliah “Asian Journal of Medical Sciences.” Berikut uraian dari hasil eksperimen tersebut.

Buah Noni diekstrasi menggunakan pelarut dan dipersiapkan menjadi ekstrak. Kemudian ekstrak Noni diuji fungsi penghambat MAO-A dan MAO-B (dua jenis enzim MAO) mereka. Hasil pengujian  menunjukkan bahwa aktivitas penghambatan terbesar dari ekstrak Noni terhadap enzim-enzim MAO-A dan MAO-B adalah sebesar masing-masing 78% dan 49% pada konsentrasi 100 μg/mL.

Temuan ini menunjukkan bahwa Noni mengandung kandungan-kandungan yang bersifat anti depresi. Lebih lanjut lagi, estrak Noni diselidiki kandungan-kandungan aktif di dalamnya. Sembilan senyawa murni berhasil diisolasi dan diidentifikasi sebagai yang menghasilkan efek anti depresi.

Sebagai kesimpulannya, eksperimen ini membuktikan bahwa Noni memang bermanfaat sebagai penghambat MAO alami. Berbagai kandungan di dalam Noni bekerja secara sinergis untuk menghambat aktivitas enzim-enzim MAO, baik MAO-A maupun MAO-B. Dengan bukti ini, tidak heran bila Noni juice layak dimanfaatkan sebagai herbal anti depresi.

Noni Juice Aman untuk Dikonsumsi Setiap Hari

Sebelumnya telah disinggung bahwa para ahli berusaha mencari solusi alami yang lebih aman dan sedikit efek samping daripada obat antidepresan kimiawi. Apakah Noni juice telah terbukti aman untuk dikonsumsi setiap hari?

Ya, sudah dilakukan pengujian keamanan berkenaan dengan hal ini. Salah satunya yang diadakan oleh Brett J. West dan rekan-rekannya pada 2009, dan hasilnya dipublikasikan dalam jurnal ilmiah “Pacific Health Dialog.”

Mereka mengamati tingkat keamananan dari Noni juice jika dikonsumsi setiap hari. Dalam pengujian selama 28 hari, para partisipan diminta meminum Noni juice dalam 3 dosis, yakni 30 ml, 300 ml, dan 750 ml. Bagaimana hasilnya?

Tidak ada efek negatif yang terlihat pada berat badan, tanda-tanda vital, maupun pada hasil tes jantung EKG (elektrokardiogram). Selain itu juga tidak terdapat efek samping yang merugikan pada hasil tes urin (urinalisis), tes darah (hematologi), dan uji biokimia. Hasil-hasil positif ini dialami oleh partisipan yang mengonsumsi dalam dosis 30 ml, 300 ml, maupun 750 ml.

Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa Noni juice adalah herbal anti depresi yang relatif bebas efek samping sehingga aman untuk dikonsumsi setiap hari, bahkan dalam dosis besar sekalipun. Jadi Anda tidak perlu ragu untuk menyertakan minum Noni ke dalam kebiasaan sehari-hari Anda.

Jangan Ragu untuk Mencoba Noni Juice sebagai Herbal Anti Depresi

Berdasarkan alasan-alasan dan bukti-bukti yang telah diulas, herbal Noni juice pantas jika disebut sebagai anti depresi alami yang efektif dan aman.

Noni punya cara kerja yang serupa dengan obat antidepresan, khususnya jenis obat penghambat MAO. Namun tidak seperti obat kimiawi, Noni juice aman untuk dikonsumsi setiap hari karena tidak menimbulkan dampak buruk pada tubuh kita.

Setelah membaca bukti-bukti yang telah diuraikan dalam artikel ini, apakah Anda ingin merasakan sendiri manfaat herbal ini?

Pertimbangkan juga fakta ini: Noni juice merupakan herbal yang sudah teruji oleh waktu dalam mengatasi beragam gangguan kesehatan dan telah didukung oleh berbagai penelitian ilmiah yang lengkap, melibatkan banyak orang dan pakar kesehatan.

Dengan begitu Anda tidak perlu ragu apabila ingin mencoba herbal Noni juice sebagai solusi alami untuk meringankan perjuangan melawan depresi.

Sumber

Sumber Referensi:

Deng, Shixin & West, Brett J. (2011). Antidepressant Effects of Noni Fruit and its Active Principals. Asian Journal of Medical Sciences. 3(2): 79-83

West, Brett J., dkk. (2009). A Double-Blind Clinical Safety Study of Noni Fruit Juice. Pacific Health Dialog. 15 (2): 21-32