Noni Juice sebagai Herbal Depresi

502
Noni Juice sebagai Herbal Depresi, Noni Juice sebagai Obat Depresi, Herbal untuk Depresi, Obat untuk Depresi, Herbal Anti Depresi, Obat Anti Depresi, Sari Buah Mengkudu sebagai Herbal Depresi, Jus Mengkudu sebagai Obat Depresi
Sumber Gambar: Wikimedia Commons

Diedit:

Siapa yang tak pernah merasa khawatir, sedih, kecewa, atau patah semangat? Bagaimana jika ini adalah tanda depresi? Adakah herbal depresi yang bisa membantu? Seberapa efektif penggunaan herbal untuk depresi? Apakah herbal anti depresi aman untuk dikonsumsi? Bagaimana dengan Noni Juice sebagai herbal depresi?

Temukan bagaimana perbedaan obat depresi dengan herbal? Juga bagaimana kinerja obat untuk depresi atau obat anti depresi dalam tubuh Anda? Noni Juice sebagai obat depresi — bisakah disebut demikian?

Noni Juice Sebagai Herbal Depresi Terbaik, Benarkah?

Ya, pasti semua orang pernah mengalaminya—kekhawatiran dan kesedihan memang emosi yang wajar. Sayangnya, tidak semua orang mampu mengenali tanda keberadaan penyakit mental ini dan cenderung menyepelekan dampaknya. Sehingga ada yang berpikir bahwa Anda tak membutuhkan obat anti depresi ataupun konsumsi herbal anti depresi.

Penderita depresi dapat tiba-tiba dirundung kesedihan yang mendalam dengan maupun tanpa alasan yang jelas, kehilangan minat pada hampir semua kegiatan, mengasingkan diri, sulit tidur, kesulitan menahan emosi, merasa tidak berharga, bahkan berpikir ingin mati. Dalam situasi ini penggunaan herbal untuk depresi, bahkan obat untuk depresi masih bisa dihindari.

Namun pada kondisi berikut, penderita mungkin butuh bantuan baik berupa obat depresi ataupun herbal depresi. Jika tidak ditangani secara medis, penderita depresi bisa memiliki dorongan yang sangat kuat untuk bunuh diri, atau akibat halusinasi yang dialaminya, penderita depresi bisa jadi membahayakan atau bahkan membunuh orang lain secara tidak sadar.

Badan Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa di seluruh dunia, ada lebih dari 350 juta orang dari berbagai rentang usia yang mengidap penyakit ini. Dan, sayangnya, meski beberapa penderitanya berhasil mendapatkan diagnosa yang tepat, pengobatan seringkali terhambat akibat kurangnya sumber daya terlatih serta stigma sosial yang negatif terhadap penderita depresi. Penelitian memperlihatkan bahwa Noni Juice sebagai herbal depresi cukup membantu penderitanya untuk dapat mengurangi tingkat stres yang dirasakan.

Baca juga:  Apa Obat Herbal Pheochromocytoma Terbaik?

Yuk, Kenali Ragam Jenis Depresi Yang Ada!

Setidaknya ada 2 jenis depresi yang dapat Anda alami, keduanya menentukan jenis pengobatan yang dipilih. Baik dengan konsumsi obat anti depresi yang diberikan dokter ataupun konsumsi herbal anti depresi yang sudah teruji dan aman untuk dikonsumsi.

Terkadang penggunaan obat untuk depresi yang diberikan dokter bisa jadi cocok bagi penggunanya, namun tentu ada batas penggunaan dalam jangka panjang. Sedangkan pada herbal untuk depresi, penggunaannya dalam jangka panjang masih dapat ditoleransi asalkan sesuai dengan dosis pemakaian. Berikut adalah 2 jenis depresi yang umum terjadi!

Depresi Klinis — Para pakar medis sering menyebutnya sebagai depresi klinis, apabila ini timbul sebagai akibat adanya ketidakseimbangan biokimia dalam tubuh. Inilah mengapa para penderita depresi jenis ini seringkali luput mendeteksi kehadiran penyakit ini. Sehingga banyak yang tak menyadari bahwa Noni Juice sebagai herbal depresi dapat membantu tenangkan pikiran. Serta membantu memperbaiki kinerja otak dan syaraf saat mengalami tekanan.

Depresi Musiman (Seasonal affective disorder)

Misalnya, beberapa orang boleh jadi dirundung perasaan gundah ketika melihat cuaca yang mendung. Atau, akibat tidak melihat sinar matahari selama beberapa waktu selama musim dingin yang panjang (di beberapa belahan dunia). Dan, tak semua menyadari bahwa apa yang mereka alami itu merupakan salah satu jenis depresi yang dikenal sebagai gangguan afektif musiman (Seasonal affective disorder).

Di Indonesia memang tidak ada fenomena cuaca demikian yang bisa memicu terjadinya depresi. Hanya saja cuaca panas dan hujan yang tak menentu bisa jadi berdampak pada “mood” dan tingkat stres yang Anda alami. Konsumsi Noni Juice di saat cuaca terik akan terasa menyegarkan. Sedangkan konsumsi Noni Juice sebagai herbal depresi disaat hujan akan membantu Anda merasa tenang dan relaks. Sehingga depresi musiman dapat dihadapi tanpa putus asa.

Depresi Pasca Persalinan

Contoh lain adalah apa yang dikenal sebagai depresi pasca persalinan. Seorang wanita dengan diagnosis penyakit ini, boleh jadi merasa gembira, tetapi sesaat kemudian dapat segera dilanda berbagai emosi negatif. Ia mungkin cepat tersinggung, mudah gusar, dan lekas marah, bahkan sedih hingga taraf ingin bunuh diri. Atau, bisa jadi ia berpikir untuk melukai dan membunuh bayinya. Ini tidak mudah untuk diatasi, bahkan sekadar konsumsi Noni Juice sebagai herbal depresi tak cukup membantu penderita dalam tahap tersebut.

Prosesnya dimulai 24-48 jam pertama setelah kelahiran, dimana kadar hormon estrogen dan progesteron menurun drastis ke taraf yang lebih rendah daripada sebelum kehamilan, sehingga menciptakan perubahan yang drastis pada keadaan fisiologis tubuh. Proses ini, sama halnya dengan perubahan suasana hati dan ketegangan yang timbul menjelang periode menstruasi. Jika Anda memutuskan untuk konsumsi Noni Juice pasca persalinan, ada baiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu.

Depresi Non-Klinis — Pada kasus depresi nonklinis, yang umumnya dialami oleh banyak orang, ada banyak faktor yang menjadi pemicunya, diantaranya merupakan kombinasi dari faktor-faktor sosial, psikologis, dan biologis. Mengingat banyaknya faktor pemicu yang terlibat, maka penanganan bisa beragam pilihan. Mulai dari konsultasi medis dengan dokter psikolog, penggunaan obat untuk depresi atau obat anti depresi.

Baca juga:  Noni Juice sebagai Herbal Penyakit Ginjal

Mengintip Obat untuk Depresi yang Sering Diberikan Dokter!

Mengatasi depresi klinis seperti dua contoh di atas tentu tak semudah mengatasi depresi biasa (nonklinis). Umumnya depresi dapat diatasi dengan mudah diatasi melalui konsultasi, baik yang dilakukan dengan mencurahkan hati pada orang yang Anda percayai, maupun dengan bantuan tenaga professional.

Bagi penderita depresi klinis, obat-obatan antidepresan (obat depresi) boleh jadi dibutuhkan guna membantu memulihkan dan memelihara tingkat kestabilan zat-zat kimiawi dalam otak. Sehingga mencegah terjadinya serangan depresi. Namun, apa yang membedakannya dengan obat anti depresi?

Sayangnya, meski dalam kebanyakan kasus penggunaan obat-obatan antidepresan kimia tersebut memang membantu. Penggunanya seringkali tak luput dari efek samping yang tidak menyenangkan, seperti sakit maag, gangguan tidur, dan mulut kering. Inilah beberapa alasan mengapa tak sedikit yang mencari alternatif herbal untuk depresi atau herbal anti depresi. Kemudian beralih untuk mengonsumsi Noni Juice sebagai obat depresi.

Ini Dia Perbedaan Noni Juice Sebagai Herbal Depresi!

Bagaimana dengan konsumsi Noni Juice? Apakah sama dengan obat anti depresi? Berbeda halnya dengan mereka yang menggunakan obat untuk depresi, Noni Juice sebagai obat depresi dapat dikatakan sebagai antidepresan alami. Siapapun yang menderita depresi dapat menggunakannya, tanpa harus mengalami efek samping yang tidak menyenangkan.

Tentu berbeda dengan obat-obatan antidepresan kimia yang bisa jadi memang bermanfaat untuk penderita tertentu, tetapi ternyata berbahaya bagi penderita lainnya. Bagi mereka yang memilih Noni juice sebagai alternatif obat depresi alami. Keuntungan lain juga bisa didapat karena tak hanya depresi yang dapat diatasi olehnya, tak seperti obat depresi.

“Scopoletin” Terdapat Pada Herbal Anti Depresi

Siapa sangka jika buah tropis yang sering diabaikan oleh masyarakat karena penampilan, aroma, dan rasa yang kurang diminati. Ternyata memiliki manfaat ‘kebaikan’ didalamnya – apakah terdengar berlebihan? Sepertinya tidak, mengapa? Noni Juice Sebagai herbal depresi memiliki kandungan senyawa kimia yang bantu ringankan dampak stres berlebih. Kandungan ini disebut dengan scopoletin.

Kandungan dalam Noni Juice ternyata mampu meningkatkan produksi serotonin yang dihasilkan oleh kelenjar pineal. Serotonin diperlukan untuk menghasilkan hormon melatonin – hormon ini diperlukan guna mengurangi kadar stres dalam tubuh, sehingga depresi bisa berkurang dengan herbal anti depresi tersebut.

“Quercetin” Penunjang Herbal untuk Depresi

Penelitian menunjukkan bahwa makanan yang mengandung quercetin dapat membantu mengelola sejumlah masalah kesehatan, salah satunya kelelahan kronis dan gejala yang berkaitan dengan gangguan autoimun. Ternyata kandungan ini juga terdapat pada Noni Juice sebagai obat depresi.

Sebagai bioflavonoid utama dalam makanan, quercetin (sejenis “antioksidan polifenol”) dalam herbal anti depresi membantu memperlambat proses penuaan dengan cara mengurangi efek stres oksidatif pada tubuh. Stres oksidatif terjadi meningkat oleh karena diet yang buruk, tingkat stres yang tinggi, kurang tidur dan paparan racun kimia.

Herbal untuk depresi yang mengandung quercetin memainkan peran penting dalam mengatur respon sistem kekebalan terhadap stresor luar melalui jalur sinyal sel yang disebut kinase dan fosfatase. Keduanya merupakan jenis enzim dan protein membran yang diperlukan untuk fungsi seluler.

“Kaempferol” Pelengkap Herbal Depresi

Kaempferol (3,4 ′, 5,7-tetrahydroxyflavone) adalah flavonol alami, sejenis flavonoid, yang ditemukan di berbagai tanaman dan makanan yang berasal dari tumbuhan. Kaempferol berfungsi layaknya antioksidan yang mengurangi stres oksidatif. Senyawa ini diberi nama guna menghargai naturalis Jerman abad ke-17, Engelbert Kaempfer.

Kaempferol telah terbukti memiliki berbagai efek antioksidan in-vitro dan in-vivo. Pada konsentrasi rendah, bertindak sebagai “pemburu super-oksida” yang siap melahap radikal hidroksil yang sangat reaktif dan spesies peroksinitrit.

Pada konsentrasi tinggi, kaempferol mampu meningkatkan aktivitas atau ekspresi enzim antioksidan seperti; superoksida dismutase, katalase, dan heme oksigenase-1. Selain itu, Kaempferol juga dapat mencegah oksidasi protein lipid berkepadatan rendah. Kandungan ini melengkapi manfaat yang ada pada herbal untuk depresi.

Beragam temuan telah menunjukkan bahwa buah Noni merupakan inhibitor MAO-A (Monoamine Oxidase-A) dan MAO-B (Monoamine Oxidase-B) alami, yang melibatkan efek sinergis dari beberapa komponen aktif. Hasil penyelidikan ini memberikan alasan in vitro untuk penggunaan tradisional buah Noni sebagai herbal untuk depresi layaknya anti-depresi dan anti-kecemasan, serta meningkatkan rasa sehat.

Noni Juice juga ampuh mengatasi fluktuasi tekanan darah yang cenderung tidak stabil pada penderita depresi sekaligus menenangkan saraf-saraf dan otot-otot yang tegang dalam tubuh. Dampaknya, kestabilan emosi dan tubuh yang bugar karena konsumsi herbal anti depresi.


Narasingam M, Vijeepallam K, Mohamed Z, Pandy V. 2017. Anxiolytic- and antidepressant-like activities of a methanolic extract of Morinda citrifolia Linn. (noni) fruit in mice: Involvement of benzodiazepine-GABAAergic, serotonergic and adrenergic systems. Biomed Pharmacother. 2017 Dec;96:944-952. doi: 10.1016/j.biopha.2017.11.148. Epub 2017 Dec 6. Diakses 2018-10-15.


Advertisement
Alinesia