Share:

Gangguan menstruasi berupa nyeri ataupun kram bisa sangat menyiksa setiap wanita yang mengalaminya. Adakah herbal untuk gangguan menstruasi yang sanggup mengatasi hal tersebut? Bagaimana dengan Noni Juice sebagai herbal gangguan menstruasi? Bagaimana kinerja herbal anti gangguan menstruasi ini?

Dalam artikel ini, Anda akan melihat kinerja Noni Juice sebagai obat gangguan menstruasi. Temukan apa saja kandungan alami dari Noni Juice yang berbeda dengan obat anti gangguan menstruasi pada umumnya! Mari kita perhatikan perbedaan obat untuk gangguan menstruasi dengan Noni Juice berikut!

Noni Juice Sebagai Herbal Gangguan Menstruasi Terbaik, Benarkah?


Nyeri haid adalah salah satu keluhan yang sangat lazim dialami oleh wanita. Kontraksi pada dinding rahim dalam proses meluruhkan dinding terluar rahim kadang menimbulkan sejumlah efek fisik berupa rasa pegal dan nyeri yang menusuk. Skala nyerinya bisa relatif ringan, namun juga bisa cukup mengganggu bahkan membuat kesulitan untuk beraktivitas. Itulah alasan mengapa Anda membutuhkan herbal anti gangguan menstruasi.

Menurut sumber American Journal of Obstetrics and Gynecology tahun 1982 dikatakan bahwa 72% wanita mengalami masalah nyeri haid atau dalam bahasa medis disebut dengan dysmenorrhoea. Dan dari angka ini 15% di antaranya merasakan gangguan cukup serius dalam aktivitasnya akibat dysmenorrhoea ini.

Sebagian kasus nyeri haid memang bisa dikaitkan dengan kasus kesehatan kandungan semacam endometriosis, adenomyosis, uterine leiomyomata dan beberapa keluhan patologi pada area pelvis. Hanya saja sebenarnya sebagian hanya akibat dari kontraksi pada rahim dan Noni Juice sebagai herbal gangguan menstruasi dapat membantu meringankan gejalanya.

Rahim berkontraksi sebagai reaksi terhadap kinerja hormonal yang mendorong peluruhan lapisan endometrium pada sisi lapisan teratas dinding dalam rahim. Kontraksi ini menimbulkan efek inflamasi atau iritasi. Ini dijelaskan dalam Dysmenorrhea in adolescents: diagnosis and treatment yang dipublikasikan pada Paediatric drugs tahun 2008.

Baca juga  Tongkat Ali sebagai Herbal Peningkat Stamina

Menstruasi sendiri adalah peluruhan darah yang terhimpun pada internal sel-sel dinding endometrium ketika masa subur terjadi. Pelepasan darah dan kontraksi ini menimbulkan iritasi pada dinding rahim dan keberadaannya terbaca dengan adanya kandungan ESR dalam darah. ESR atau Erythrocyte Sedimentation Rate adalah komponen dalam darah yang menjadi penunjuk inflamasi. Lalu, bagaimana kinerja herbal untuk gangguan menstruasi?

Kandungan Noni Juice Sebagai Herbal Gangguan Menstruasi

Pada dasarnya, nyeri haid yang muncul berasal dari iritasi pada dinding rahim yang terbaca oleh oleh sistem syaraf. Kondisi ini terjadi berkat peran senyawa mediator yang menghantarkan sinyal pada sistem saraf. Lebih tepatnya, dimediasi oleh senyawa prostaglandin F2 Alfa yang terdapat dalam cairan mentruasi. Ketika dalam darah ditemukan adanya dua senyawa, ESR dan prostaglandin F2 Alfa, maka di saat itulah sinyal terbentuk.

Proceeding of the Western Pharmacology Society tahun 2002 dengan jurnalnya bertajuk Preliminary investigation of the anti-inflammatory properties of an aqueous extract from Morinda citrifolia (noni) membuktikan bahwa Noni bisa bekerja selain sebagai anti inflamasi juga sebagai analgesik dengan kemampuan yang relatif bisa dipadankan dengan NSAIDs dan morfin, namun dengan resiko yang jauh lebih rendah.

Berangkat dari pandangan ini kemudian sejumlah periset dari The University of the West Indies, Mona, Kingston 7, Jamaica mencoba melakukan uji efektifitas dari Noni Juice sebagai herbal gangguan menstruasi untuk membantu meredakan nyeri haid. Uji coba herbal anti gangguan menstruasi ini melibatkan setidaknya 100 mahasiswi yang dibagi dalam dua kelompok.

Masing-masing mendapatkan terapi placebo dan terapi ekstraksi noni sebagai herbal untuk gangguan menstruasi sebanyak 400 mg murni dengan dosis 2 kali sehari selama 5 hari di dalam lingkaran siklus haid. Siklus haid di sini adalah 2 hari menjelang hari haid dan 3 hari pada masa haid pertama.

Baca juga  Noni Juice sebagai Herbal Fibromyalgia

Dari hasil riset di atas ditemukan bahwa terjadi penurunan ESR pada darah haid menurun setidaknya 20 – 30%. Dan  secara keseluruhan, riset ini menjadi bukti bahwa terapi dengan Noni juice akan membantu menurunkan tingkat inflamasi pada permukaan dinding rahim akibat kontraksi dan peluruhan darah. Karena itu, Noni juice juga akan efektif bekerja menekan efek nyeri haid pada masa menstruasi.

Laporan dari riset ini dirilis dalam Obstretics and Gynecology International tahun 2013 dengan tajuk jurnal Morinda citrifolia (Noni) as an Anti-Inflammatory Treatment in Women with Primary Dysmenorrhoea: A Randomised Double-Blind Placebo-Controlled Trial.

“Analgesic” Terdapat Pada Herbal Gangguan Menstruasi

Dari gambaran herbal anti gangguan menstruasi tersebut, diketahui bahwa sebenarnya yang dibutuhkan oleh tubuh adalah terapi yang bisa mengatasi nyeri. Karena itu senyawa herbal untuk gangguan menstruasi ini akan mengirimkan sinyal pada sistem saraf sehubungan dengan keberadaan kontraksi pada area rahim.

Dan salah satu yang terbukti memiliki manfaat sebagai analgesik alami dengan resiko rendah adalah noni. Noni sejak dahulu sudah dikenal dalam pengobatan tradisional di berbagai kawasan sebagai terapi analgesik. Bahkan dalam riset-riset terdahulu juga ditemukan bahwa Noni Juice sebagai herbal gangguan menstruasi memiliki kemampuan anti inflamasi dan anti nyeri yang cukup ampuh mengatasi nyeri pada arthritis, asam urat dan reumatik.

“Serotonin” Penunjang Herbal untuk Gangguan Menstruasi

Menurut penelitian biokimia herbal untuk gangguan menstruasi, sindroma PMS berkaitan erat dengan kadar serotonin dalam darah. Seorang wanita yang sedang mengalami PMS biasanya memiliki kadar serotonin darah yang rendah. Karena itu, salah satu herbal anti gangguan menstruasi yang paling cocok untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang mengalami PMS adalah Noni juice. Noni Juice sebagai herbal gangguan menstruasi dapat meningkatkan kadar serotonin dalam tubuh, dan hal ini telah diujicobakan di laboratorium.

“Scopoletin” Pelengkap Herbal Gangguan Menstruasi

Noni Juice sebagai herbal gangguan menstruasi juga memiliki kandungan zat Scopoletin, yang bisa bersifat sebagai anti-inflamasi, meningkatkan sirkulasi darah, dan antibakteri. Menurut sebuah survei terhadap 2.573 wanita yang mengonsumsi herbal anti gangguan menstruasi. Khususnya untuk mengatasi rasa nyeri dan ketidaknyamanan akibat PMS. Diketahui 78 persennya melaporkan berhasil mengatasi gejala-gejala tersebut.

Ada hal yang juga perlu Anda perhatikan, Noni juice merupakan herbal untuk gangguan menstruasi yang kaya akan mikronutrien yang dibutuhkan tubuh. Fungsinya agar kerja sel dan organ berjalan dengan baik. Dan memang, mikronutrien itulah yang bisa membantu tubuh kita memperbaiki dirinya sendiri, melawan penyakit dan ketidaknormalan dalam tubuh. Jika Anda coba sekarang, Anda juga akan merasakan manfaatnya.

Jadi, untuk Anda para wanita yang kerap mengeluhkan rasa nyeri pada masa haid. Anda bisa mencoba untuk mengatasi nyeri haid yang Anda alami dengan mengonsumsi herbal anti gangguan menstruasi. Konsumsi Noni Juice sebagai herbal gangguan menstruasi pada masa menjelang haid dan di hari-hari awal haid untuk mendapatkan manfaat yang optimal.

Daftar Pustaka:

HM Fletcher, J Dawkins, C Rattray, G Wharfe, M Reid, and G Gordon-Strachan. 2012-12-23. Morinda citrifolia (Noni) as an Anti-Inammatory Treatment in Women with Primary Dysmenorrhoea: A Randomised Double-Blind Placebo-Controlled Trial. Hindawi Publishing Corporation Obstetrics and Gynecology International Volume 2012, Article ID 195454, 7 pages. URL:https://www.hindawi.com/journals/ogi/2013/195454/. Diakses 2018-11-13.

Marsha-Lyn GM Koy, Everton A Thomas, Oswald R Simon. 2002. Preliminary Investigation of the Anti-inflammatory Properties of an Aqueous Extract from Morinda citrifolia (Noni). Proc. West. Pharmacol. Soc. 45: 76-78. URL: https://www.researchgate.net/publication/11032293_Preliminary_investigation_of_the_anti-inflammatory_properties_of_an_aqueous_extract_from_Morinda_citrifolia_Noni. Diakses 2018-11-13.