Noni Juice sebagai Herbal Gangguan Menstruasi


By Cindy Wijaya

Nyeri dan kram saat haid bisa sangat mengganggu aktivitas Anda. Rasa sakitnya bahkan bisa terus ada sampai berhari-hari. Meski ini adalah hal yang biasa dialami banyak wanita, namun tentunya kita sangat bersyukur jika ada obat yang ampuh untuk mengatasi nyeri haid ini. Bila Anda sedang mencari herbal yang efektif sebagai obat alami untuk anti gangguan menstruasi, Anda dapat mempertimbangkan Noni juice.

Mengapa? Karena herbal ini sanggup meredakan nyeri haid yang bahkan sudah tergolong dismenore. Dismenore adalah rasa nyeri haid yang sedemikian hebatnya, sehingga memaksa penderitanya untuk beristirahat dan meninggalkan pekerjaan atau kegiatan sehari-harinya, selama beberapa jam hingga berhari-hari.

Di Indonesia, masalah nyeri & kram menstruasi diperkirakan dialami oleh lebih dari 50% wanita di usia subur dan 10% di antara mereka harus beristirahat total saat mengalaminya. Apakah Anda termasuk di antara mereka yang hanya merasakan sakit haid biasa? Atau Anda mengalami sakit yang sangat luar biasa sampai harus beristirahat total? Bagaimana pun intensitas rasa sakitnya, Noni juice dapat membantu Anda.

Kemampuan Noni Juice sebagai Herbal untuk Gangguan Menstruasi

Bagaimana herbal ini membantu menghilangkan, atau setidaknya, meredakan nyeri saat haid? Bahan baku Noni juice, buah Noni, mengandung nutrisi lengkap yang memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah sebagai analgesik, atau pereda rasa nyeri, yang telah dikenal luas dalam sejarah pengobatan tradisional. Karena itulah tanaman Noni punya sebutan “painkiller tree” (“pohon penghilang rasa sakit”).

Kemampuan analgesik dari buah Noni telah diuji dalam beragam penelitian ilmiah. Misalnya yang dilakukan pada tahun 2009 oleh Simla Basar dan rekan-rekannya dari University Clinic Hamburg, Jerman. Mereka mendapati bahwa buah Noni memiliki efek pereda rasa nyeri yang sebanding dengan obat analgesik kimiawi, tramadol.

Perlu diingat bahwa tramadol adalah obat analgesik golongan tinggi yang biasanya hanya diberikan pada nyeri dengan intensitas yang sangat tinggi. Jadi secara teori, herbal Noni berguna sebagai obat pereda nyeri haid karena memiliki kemampuan alami yang setara dengan obat analgesik kimiawi golongan tinggi.

Itu berarti rasa nyeri saat haid yang sedemikian hebatnya pun seharusnya bisa diatasi oleh herbal Noni. Dan karena Noni adalah bahan alami, maka kita tidak perlu terlalu khawatir dengan efek samping yang biasa ditimbulkan oleh obat kimiawi. Tapi apakah ada bukti ilmiah yang mendukung teori tersebut? Ya, ada! Di bawah ini akan diulas salah satu penelitian yang diadakan di negeri kita sendiri.

Bukti Penelitian Noni Juice sebagai Herbal Gangguan Menstruasi

Sejumlah penelitian mengenai manfaat Noni untuk menghilangkan, atau setidaknya meredakan, nyeri haid telah diadakan. Salah satunya dilakukan pada tahun 2015 oleh Heny Astutik dan rekan-rekannya dari Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang. Tujuannya adalah untuk mengetahui pengaruh olahan herbal Noni, Noni juice (sari buah Noni), terhadap dismenore.

Para partisipan dari penelitian ini ialah 25 mahasiswi di Jurusan Keperawatan, Politeknik Kesehatan Kemenkes Malang, dan di Sekolah Tinggi Kesehatan Kendedes yang mengalami gejala-gejala dismenore. Noni juice yang digunakan dibuat dari buah Noni pilihan yang mentah, segar, hijau, dan keras, dan diproses di laboratorium. Untuk menilai tingkat nyeri kram (dismenore) digunakan kuesioner menggunakan Skala Deskriptif Verbal yang terdiri dari 6 skala nyeri.

Bagaimana hasilnya? Sebelum perawatan dengan Noni juice, tingkat nyeri kram dari 17 partisipan (68%) berada di skala sedang dan 7 partisipan (28%) lainnya berada di skala berat. Setelah menjalani perawatan Noni juice, 18 partisipan (72%) sama sekali tidak lagi merasakan nyeri kram, dan 6 partisipan (24%) lainnya hanya merasakan nyeri skala ringan.

Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon memperlihatkan adanya perubahan yang signifikan pada rata-rata tingkat nyeri kram sebelum dan sesudah perawatan Noni juice. Sebagai kesimpulannya, para peneliti menuliskan bahwa Noni juice mampu secara signifikan meredakan rasa sakit kram pada perempuan muda yang sedang menstruasi.

Dengan begitu hasil penelitian ini menjadi dasar ilmiah yang membuktikan manfaat herbal Noni sebagai herbal yang ampuh untuk anti gangguan menstruasi. Bukan hanya sebagai pereda nyeri, Noni terbukti berperan sebagai herbal penghilang nyeri haid pada sebagian besar partisipan penelitian ini.

Apakah Noni Juice Aman untuk Diminum Setiap Hari?

Sewaktu datang bulan, bisa jadi Anda merasakan nyeri haid selama berhari-hari. Sebab itu Anda mungkin bertanya-tanya apakah herbal Noni juice aman untuk diminum setiap hari guna mengatasi gangguan menstruasi ini?

Ya, Noni aman untuk diminum setiap hari dan sudah ada pengujian yang dilakukan untuk mengetahui tingkat keamanannya.

Pengujian keamanan ini diadakan oleh Brett J. West dan rekan-rekannya pada tahun 2009, dan hasil pengujiannya dapat dibaca dalam jurnal ilmiah “Pacific Health Dialog.”

Mereka menyelidiki tingkat keamanan Noni juice apabila dikonsumsi setiap hari selama periode 28 hari. Para peserta pengujian diberikan minum Noni juice dalam 3 dosis berbeda, yaitu 30 ml, 300 ml, dan 750 ml. Bagaimana hasilnya?

Tidak terlihat efek yang negatif pada berat badan, tanda-tanda vital, serta pada hasil tes jantung EKG. Di samping itu juga tidak terlihat efek samping yang buruk pada hasil tes urin, tes darah, dan uji biokimia. Semua hasil baik ini terlihat pada para peserta yang minum Noni dalam dosis 30 ml, 300 ml, maupun 750 ml.

Oleh sebab itu bisa ditarik kesimpulan bahwa Noni juice merupakan herbal yang aman untuk anti gangguan menstruasi karena relatif bebas efek samping, bahkan meski diminum dalam dosis besar sekalipun. Jadi Anda dapat meminum Noni di kala nyeri haid mengganggu hari-hari Anda.

Jangan Ragu Mencoba Noni Juice untuk Herbal Gangguan Menstruasi

Apakah Anda ingin mencoba Noni juice untuk meredakan nyeri haid yang menggangu? Perlu diketahui bahwa herbal ini merupakan herbal yang kemampuannya telah teruji oleh waktu untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan telah didukung oleh banyak penelitian ilmiah yang lengkap, yang menyertakan banyak ahli kesehatan.

Dengan begitu Anda tidak perlu ragu apabila ingin memanfaatkan herbal Noni juice untuk mengatasi gangguan menstruasi, sekaligus untuk membuat kesehatan Anda secara keseluruhan menjadi lebih baik.

Ya, herbal ini sudah terbukti sanggup membantu mengatasi lebi dari 20 masalah kesehatan, dari yang ringan sampai yang berat! Kami menganjurkan Anda untuk membaca lebih lanjut tentang manfaat Noni juice di artikel: “Noni Juice Tingkatkan Imunitas, Lawan Hipertensi, Diabetes, dan 27 Masalah Kesehatan Lainnya!

Sumber

Sumber Referensi:

Basar, Simla, dkk. (2009). Analgesic and antiinflammatory activity of Morinda citrifolia L. (Noni) fruit.  Phytotherapy Research. 24(1): 38-42. DOI: 10.1002/ptr.2863

Astutik, Heny, dkk. (2015). The Effect of Noni Fruit Juice (Morinda Citrifolia) In Decreasing Menstrual Pain (Dysmenorrhea)-Phase II Experiment. In: The Proceeding of 6th International Nursing Conference: Emphasize the Art of Nursing on Research, Education into Clinical and Community Practice, November 16-17, 2015, Surabaya.

Tentang Penulis 

Cindy Wijaya

Artikel dibuat oleh tim penulisan deherba.com kemudian disunting dan di-review oleh Cindy Wijaya seorang editor dan penulis beragam artikel kesehatan. Ia senang meriset dan berbagi topik-topik kesehatan dan pemanfaatan herbal. Tinggal di “kota hujan” sehingga mencintai suasana hujan dan sering mendapat inspirasi ketika hujan.

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}