Manakala Kondisi Usus Memengaruhi Menstruasi Anda

503

Diedit:

Menstruasi merupakan periode yang umum dialami oleh wanita, namun adakalanya periode ini menjadi hal yang tidak lazim, yaitu saat timbul nyeri ketika sedang dalam periode menstruasi. Hal ini tentu menimbulkan penderitaan yang tersendiri, maka tak heran jika ada ‘celotehan’ yang mengatakan, ‘andai saja, wanita tak perlu datang bulan’. Namun, sebenarnya perlu Anda ketahui bahwa nyeri saat menstruasi biasanya terjadi karena pola hidup yang keliru.

Nyeri saat menstruasi biasanya disertai dengan nyeri pada bagian bawah perut, sakit pinggang, sakit kepala, pusing, mual, dan gelisah. Hal ini menandakan bahwa organ dalam tubuh tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Rasa nyeri saat menstruasi bisa disebabkan oleh gangguan dalam peredaran darah. Kemungkinan besar darah yang mengangkut nutrisi telah tercemar. Nutrisi yang diedarkan oleh darah berasal dari penyerapan makanan yang ada di dalam usus.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kondisi usus benar-benar memengaruhi periode menstruasi Anda. Hal ini membuktikan bahwa setiap organ tubuh bereaksi satu sama lain terhadap kesehatan dari seluruh tubuh. Apa tips kesehatan yang dapat membantu Anda mengatasi masalah ini? Perhatikanlah pola makan Anda, jika pola makan yang diterapkan buruk maka dapat menciptakan kondisi lingkungan yang buruk bagi usus, sehingga zat yang teroksidasi ikut terserap.

Beberapa makanan yang dapat menciptakan polusi di dalam usus adalah daging, susu, dan beberapa produk olahan susu yang dikonsumsi secara berlebihan. Kelebihan bahan-bahan ini akan dibuang dan menyebabkan penumpukan yang mengotori usus, sehingga gas beracun terbentuk dan membuat darah tampak lebih keruh daripada semestinya. Maka saat menstruasi terjadi, aliran darah menjadi tidak lancar sehingga terciptalah rasa sakit atau nyeri tersebut.

Tips Sederhana Mengatasi Nyeri Haid

Sekarang, Anda sudah mengetahui salah satu alasan mengapa timbul rasa nyeri saat menstruasi. Janganlah berpikir bahwa menstruasi merupakan hal yang menyiksa, padahal letak kesalahannya terdapat pada pola hidup Anda. Tips kesehatan lainnya yang bisa Anda lakukan ialah berolahraga ringan.

Baca juga:  Memilih Pembalut yang Aman dan Sehat

Olahraga ringan akan membantu sirkulasi darah, sehingga bekerja lebih optimal. Hal ini juga dapat memperlancar laju menstruasi yang Anda alami tanpa rasa nyeri. Olahraga ringan tidak memerlukan banyak sekali gerakan, peralatan, ataupun biaya besar. Berjalan kaki dan latihan pernapasan sudah dapat disebut olahraga ringan.

Olahraga ringan baik dilakukan guna menciptakan keadaan tubuh yang lebih relaks atau santai. Ya, usus Anda juga perlu melakukan relaksasi dan beristirahat – karena sewaktu Anda makan, bahkan setelah Anda selesai mengunyah makanan, usus tetap bekerja mencernanya lebih dari 8 jam sehari.

Demikianlah tips kesehatan yang bisa Anda terapkan guna menjaga kondisi usus tetap bersih, sekaligus menghidari timbulnya rasa nyeri saat menstruasi. Maka, mulailah pola hidup sehat dengan menjaga pola makan Anda sejak saat ini.

Anda bisa jadi harus membuat penyesuaian soal kebiasaan makan dan olahraga, namun hal ini tak seberapa jika dibandingkan dengan manfaatnya yang limpah, tak hanya bagi kesehatan reproduksi Anda, melainkan seluruh tubuh.

Advertisement
Alinesia