Share:

Terakhir Diedit:

Masalah kesehatan kadang diukur dari sejumlah gejala umum yang dialami seseorang. tetapi tak banyak yang tahu bahwa kondisi khusus yang muncul pada masa menstruasi Anda bisa pula menjadi pertanda adanya masalah pada tubuh Anda.

Masalah menstruasi memang masalah yang khas kewanitaan. Tentu saja hanya wanita yang merasakan menstruasi. Dan dari hal yang sangat feminis ini tubuh Anda kerap kali mengirimkan sinyal-sinyal yang kadang terabaikan.

Sinyal Menstruasi Yang Perlu diwaspadai

Sebenarnya yang perlu Anda pahami hanya perubahan dari siklus dan kondisi menstruasi Anda. Kebanyakan dari kita memandang perubahan pada kondisi menstruasi kita sekedar dipandang sebelah mata.

sinyal menstruasi

sumber : shutterstock

Sejumlah keluhan kecil sepert perubahan jadwal periode, jumlah darah yang keluar, rasa nyeri yang muncul memang kadang tidak berarti apa-apa bagi Anda. ini hanya sekedar perubahan lazim yang tidak serius. Namun bila perubahan terjadi berlebihan dan berketerusan, ada baiknya Anda menaruh waspada.

6 Sinyal Darurat Menstruasi!

Menurut Sherry A. Ross, MD, ahli ginekolog dan kesehatan kewanitaan, sekaligus penulis buku She-Ology: The Definitive Guide to Women’s Intimate Health mengatakan bahwa setidaknya da 6 tanda dari kondisi menstruasi Anda yang bila terjadi terus menerus bisa jadi adalah tanda bahaya.

Bila Anda mengeluarkan gumpalan darah

Kadang Anda menemukan gumpalan darah ditengah-tengah waktu haid Anda. bentuknya seperti jelly dengan warna merah tua atau merah segar. Biasanya gumpalan darah ini terjadi saat arah menstruasi Anda sedang deras-derasnya.

Sebenarnya tubuh sudah membentuk sistem anti koagulasi yang mencegah terjadinya pembekuan darah. Tetapi, ketika aliran darah menstruasi sangat deras, sistem koagulasi tak lagi cukup efektif mencegah pembekuan darah.

Tak ada yang perlu Anda khawatirkan dari gumpalan darah terutama bila ukurannya tak lebih dari 2 cm. Tetapi, coba untuk memeriksakan diri apabila Anda menemukan gumpalan darah keluar dalam ukuran besar-besar dan sering.

Sejumlah dugaan seperti keguguran, permasalahan hormonal, infeksi sampai masalah endometriosis kadang berkaitan dengan masalah keluarnya gumpalan darah yang masif di saat haid.

Bila darah keluar sangat banyak

Sebenarnya, darah yang keluar dari dalam tubuh saat haid totalnya tak lebih dari 3,5 sendok makan dengan periode panjang sekitar 7 hari. Tentu saja ini hanya rasio rata-rata sehingga ketika darah haid Anda tiap bulan sedikit lebih banyak atau lebih sedikit dari angka tersebut masih dianggap wajar.

Tetapi bila kadar darah yang keluar saat menstruasi menjadi sangat banyak, bisa jadi ada masalah kewanitaan dalam tubuh Anda. Secara medis ini disebut dengan menorrhagia. Ini adalah kondisi ketika haid seseorang menjadi sangat banyak dan panjang.

Kondisi ini kadang dianggap normal bila bersamaan dengan itu terjadi kenaikan berat badan yang cukup signifikan. Kelebihan lemak kadang berkaitan dengan kelebihan produksi estrogen dan memicu produksi darah berlebih. Selain masalah lemak, masalah hormonal juga dianggap dapat berperan di sini.

Dugaan umum pada masala h kewanitaan yang mungkin menyebabkan kasus menorrhagiai adalah penyakit PCOS atau Policystic Ovary Syndrome. Penyakit ini menyebabkan proses pembuahan mengalami gangguan dan akhirnya dapat menyebabkan produksi darah berlebihan haid.

Dugaan lain yang dapat berkaitan dengan menorrhagiai  adalah keluhan fibrosis rahim. Penyakit yang berkaitan dengan terbentuknya sejenis tumor jinak di dalam rahim dan memicu pelepasan darah berlebihan saat haid.

Dugan yang kadang juga terjadi adalah diagnosis endometriosis dan adenomyosis. Keduanya berkaitan dengan pembentukan sel berlebihan pada dinding rahim. Keduanya menyebabkan produksi darah berlebih dalam menstruasi.

Bila keluar noda di luar waktu haid

Idealnya memang tidak ada noda darah lagi keluar bila Anda sudah dinyatakan bersih jerawat. Karena darah yang dilepas tubuh melalui pelepasan dinding endometrium dan itu terjadi hanya 1 periode sekali.

Tetapi bisa jadi Anda malah mengalami masalah noda darah di luar waktu haid Anda datang. Dan keberadaan cairan darah pada waktu di luar masa haid ini bisa menjadi satu alam berbahaya bagi kita.

Keluarnya noda darah di luar waktu haid sebenarnya kebanyakan terjadi akibat efek fluktuasi hormon. Selama terjadi sesekali dengan volume darah yang sangat ringan, sebenarnya tak banyak yang perlu dikhawatirkan.

Tetapi apabila volume darah yang keluar relatif banyak dan kerap terjadi, bahkan terjadi di hampir tiap siklus haid Anda, segera hubungi dokter ginekologi Anda.

Ada kemungkinan Anda sedang mengalami masalah terkait dengan dinding rahim Anda seperti penyakit fibrosis atau lebih dikenal dengan sebutan miom, endometriosis atau adenomyosis. Beberapa kasus PCOS juga bisa ditandai dengan keluhan semacam ini.

Bila darah haid Anda terlalu cair dan berwarna aneh

Sudah tentu darah haid yang normal adalah darah segar dengan warna merah darah yang segar, tidak menggumpal tetapi juga tidak terlihat terlalu cair.

Kadang darah yang keluar akan muncul dalam warna pucat dan sedikit lebih cair. Tetapi juga dapat keluar dalam warna cokelat tua hingga kehitaman. Ada penjelasan cukup ilmiah untuk memahami bagaimana warna darah menstruasi dapat berubah-ubah.

Bila Anda sama sekali tidak menstruasi

Sebenarnya kasus berhentinya menstruasi secara mendadak adalah kasus yang tidak banyak terjadi. Jadi kebanyakan kasus semacam ini akan berkaitan dengan munculnya keluhan pada kesehatan kewanitaan seseorang.

Meski sejumlah pakar menganggap kosongnya satu atau dua periode haid bisa jadi hanya efek fluktuasi hormonal yang terjadi. Selama terjadi sesekali dan tidak dengan berketerusan kondisi ini dianggap wajar.

Tetapi bila Anda mulai menyadari haid Anda kosong dalam beberapa masa dan Anda telah meyakinkan Anda tidak hamil, bisa jadi di saat itu muncul masalah.

Sejumlah dugaan seperti penyakit PCOS dan fibrosis dapat memicu terjadinya masalah pada proses pembuahan. Akibat produksi telur yang tidak sempurna, dinding rahim tidak mengalami penebalan dan akhirnya tidak dapat mengalami menstruasi.

Anda juga bisa mengalami absen haid ketika Anda mengalami penurunan berat badan berlebih. Hindari penurunan berat badan yang berlebihan pada pasien, karena ini menjadi pemicu kuat maslaah absen haid.

Stress juga mungkin menyebabkan sistem reproduksi gagal  memproduksi telur dalam ovarium. Bila telur gagal diproduksi dengan sempurna, tidak akan ada sinyal untuk membentuk dinding rahim yang menebal dan akhirnya tidak ada dinding endometrium yang perlu dilepas dan memicu absennnya haid.

Bila Rasa nyeri yang berlebihan datang

Sekitar 80% wanita di dunia mengeluhkan rasa nyeri pada saat hari-hari pertama haid. Pada dasarnya ini adalah kondisi yang sangat wajar dan dianggap normal.

Rasa nyeri yang muncul pada awal-awal haid berkaitan dengan dinding rahim yang sebenarnya terbentuk dalam jaringan otot sama dan saling berkaitan kuat. Sehingga ketika masa haid tiba dan dinding dalam mengalami kontraksi untuk melepas lapisan endometrium, di saat yang sama bagian lain dari rahim juga turut berkontraksi.

Dorongan kontraksi bersamaan ini yang memicu munculnya rasa nyeri pada masa haid. Biasanya rasa nyeri hanya akan muncul di hari-hari pertama haid, sekitar 1 – 2 hari sebelum darah menstruasi pertama keluar sampai darah deras keluar tuntas.

Masalah nyeri haid biasanya berkaitan dengan otot rahim yang tidak terlatih dengan kontraksi. Beberapa pakar memandang peran olahraga akan sangat efektif melatih otot perut dan membantunya lebih kuat terhadap kontraksi pada masa menstruasi.

Kenapa warna dan tekstur darah berubah?

Sebenarnya, bila darah berwarna pekat gelap hingga kecokelatan hanya terjadi pada masa-masa menjelang haid berakhir, kondisi dinyatakan aman. Warna gelap pada darah disebabkan efek oksidasi sel darah merah yang belum sempat keluar sejak awal masa haid berjalan.

Baca juga  Waspadai Tanda-Tanda Menstruasi yang Tidak Wajar

Tetapi bila sejak awal darah yang keluar berwarna tua, sebaiknya periksakan diri. Bisa jadi ada perdarahan dalam yang terjadi pada rahim Anda dan baru keluar bersamaan dengan masa haid.

Masalah juga bisa muncul dari darah yang terlihat berwarna sedikit pucat dan cair. Warna ini berasal dari perpaduan darah dan cairan vagina atau malah keputihan. Kebanyakan kasus semacam ini berkaitan dengan kasus infeksi jamur dan bakteri, terutama bila keluhan ini juga disertai dengan aroma darah yang aneh.

Kapan ini menjadi sinyal masalah?

Masalah akan muncul apabila rasa nyeri muncul dengan lebih hebat. Rasa nyeri bahkan tidak tertahankan meski Anda sudah mengonsumsi obat pereda nyeri. Beberapa pasien bisa jatuh kelemasan akibat menahan nyeri yang kuat pada saat haid.

Masalah juga dapat muncul karena rasa nyeri yang muncul tidak segera hilang bahkan setelah hari ke 3 menstruasi. Rasa nyeri yang hebat dan tak kunjung selesai erat kaitannya dengan masalah kesehatan kewanitaan seperti endometriosis, adenomyosis dan keluhan fibroid atau miom.

Beberapa kasus nyeri juga tidak berpusat pada area tengah perut bawah tetapi pada sisi pinggang atau pada area bawah. Bisa jadi malah terbentuk masalah pada area pelvis seperti peradangan pelvis hingga keluhan peradangan pada serviks.

Kadang rasa nyeri juga bisa berkaitan dengan pembentukan sel kanker pada rahim. Keberadaan sel kanker memicu reaksi berlebihan pada dinding rahim. Terutama karena pada dinding terbentuk inflamasi akibat invasi kanker dan ini memicu reaksi kram perut.

Itu tadi sejumlah gejala pada masa-masa menstruasi yang mungkin perlu Anda waspadai. Beberapa gejala bisa jadi tak lebih hanya efek perubahan hormonal, efek stress dan efek diet yang tidak tepat.

Baca juga  Siklus Menstruasi: Bagaimana Prosesnya?

Tetapi tidak sedikit gejala yang muncul dari masa haid Anda adalah tanda-tanda adanya masalah kesehatan dengan organ kewanitaan Anda. pemeriksaan akan sangat diperlukan bila Anda yakini gejala yang muncul mulai mencurigakan.

Nurul Kuntarti

Seorang sarjana ekonomi yang menemukan hasratnya dalam bidang kesehatan sejak memiliki putri pertamanya. Keinginan untuk terus memahami dunia kesehatan dilanjutkan dengan mengabdikan diri dalam dunia tulis-menulis di bidang kesehatan, untuk terus menghasilkan artikel-artikel kesehatan yang akurat, kredibel, dan bermanfaat.


Artikel di-posting oleh Nurul Kurtanti dan di-review oleh tim penulisan deherba.com.