Blog Herbal No. 1 Indonesia
  • Home
  • Blog
  • Menstruasi
  • Nyeri Dada Menjelang Menstruasi: Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Nyeri Dada Menjelang Menstruasi: Apa Penyebabnya dan Bagaimana Cara Mengatasinya?


By Cindy Wijaya

Banyak wanita sangat yakin dengan satu gejala ini: Kalau mereka merasakan nyeri di salah satu atau kedua payudara mereka, itu artinya menstruasi mereka akan segera dimulai. Sering kali itu memang benar.

Nyeri dada menjelang menstruasi adalah bagian umum dari siklus haid banyak wanita, meski penyebab pastinya tidak diketahui. Diduga bahwa penyebab dada sakit sebelum menstruasi ada kaitannya dengan naik-turunnya hormon selama siklus haid.

Artikel ini akan mengulas apa saja yang harus Anda ketahui tentang nyeri payudara sebelum menstruasi, termasuk beberapa gejala spesifik yang membedakannya dengan nyeri payudara lainnya. Serta beberapa obat, suplemen, dan tips perawatan diri yang dapat menjadi cara mengatasi sakit payudara saat mau haid.

Gejala Spesifik dari Nyeri Dada Menjelang Menstruasi

Gejala dada sakit sebelum menstruasi disebut sebagai “nyeri payudara siklik”. Ini adalah salah satu dari dua jenis nyeri payudara, yang dalam istilah kedokteran disebut “mastalgia”. Jenis lainnya adalah “nyeri payudara non-siklik”.

Nyeri payudara siklik dapat muncul secara bervariasi selama fase siklus haid. Seorang wanita mungkin mengalami nyeri payudara siklik pada jadwal yang teratur, yang paling sering terjadi sebelum periode menstruasi.

Sewaktu muncul gejala-gejala nyeri payudara siklik, payudara mungkin akan terasa:

  • Sakit
  • Berat
  • Nyeri saat disentuh
  • Penuh
  • Bengkak

Sering kali rasa sakit terasa di kedua payudara, tapi mungkin rasa sakitnya tidak sama. Rasa sakit sering menyebar ke seluruh jaringan payudara, dan mungkin juga sampai ke ketiak atau lengan atas.

Nyeri payudara adalah bagian umum dari sindrom pra-menstruasi (PMS). Di samping nyeri payudara, gejala-gejala lain dari PMS adalah rasa lelah, gampang marah, dan kadar hormon yang abnormal.

Rasa tidak nyaman di payudara biasanya dimulai beberapa hari sebelum menstruasi dan bisa terus dirasakan sampai menstruasi berhenti, namun rasa sakitnya mungkin berkurang seiring waktu.

Seiring bertambahnya usia biasanya gejala dada sakit sebelum menstruasi akan lebih jarang terjadi, hingga pada akhirnya tidak lagi dirasakan saat sudah menopause.

Kondisi yang Terkait Nyeri Payudara Menjelang Menstruasi

Nyeri payudara siklik juga dapat terjadi akibat kondisi-kondisi pada payudara (yang tidak berbahaya). Berikut adalah sejumlah kondisi yang umum dialami:

  • Perubahan payudara fibrokistik dapat membuat payudara terasa memiliki benjolan. Perubahan ini tidaklah berbahaya, dan benjolan itu mungkin berisi cairan (kista) atau berupa jaringan parut (fibrotik). Payudara juga bisa terasa nyeri atau tebal karena perubahan tersebut.
  • Ektasia saluran susu adalah kondisi payudara lain yang tidak berbahaya. Saluran susu di dalam payudara menjadi tersumbat dan kemudian melebar dan menebal. Ini lebih sering terjadi pada orang yang mendekati menopause. Sering menyebabkan nyeri pada puting dan areola (bagian gelap yang mengelilingi puting).
  • Nyeri payudara konstrasepsi oral adalah efek samping umum dan ringan dari kontrasepsi hormonal (pil KB). Orang yang menggunakan pil kombinasi lebih mungkin mengalami nyeri payudara daripada mereka yang meminum mini pil.
Nyeri payudara siklik dianggap sebagai gejala yang normal, tapi gejala-gejalanya bisa cukup parah sehingga mengganggu aktivitas. Jika Anda mengalami nyeri payudara yang cukup parah, sebaiknya temui dokter untuk mendapat bantuan medis.

Apa Penyebab Nyeri Dada Menjelang Menstruasi?

Kadar hormon estrogen dan progesteron di dalam tubuh seorang wanita akan naik-turun selama siklus menstruasi. Kedua hormon ini sebenarnya sedang mempersiapkan payudara dan sistem reproduksi untuk kehamilan.

Jaringan-jaringan di payudara merespons kedua hormon tersebut dan diyakini menjadi penyebab dari nyeri payudara sebelum menstruasi.

Nyeri payudara siklik biasanya tidak ada kaitannya dengan kanker payudara, terutama kalau tidak ada gejala terkait lainnya. Gejala-gejala kanker payudara biasanya terdiri dari adanya benjolan di payudara atau ketiak, penebalan atau pembengkakan payudara, dan keluarnya cairan dari puting.

Dan seperti yang sudah dibahas di atas, ada beberapa kondisi yang juga menyebabkan nyeri payudara, seperti kista payudara, perubahan fibrokistik, ektasia saluran susu, dan nyeri payudara karena kontrasepsi oral. Semua ini adalah kondisi yang tidak berbahaya dan tidak terkait kanker.

Kapan Harus Waspada?

Meski sering kali nyeri payudara bukanlah gejala kanker, tapi adakalanya nyeri menjadi gejala pertama dari kanker.

Apabila nyeri payudara yang Anda rasakan terus-terusan ada atau semakin parah, sebaiknya temui dokter untuk mendapat pemeriksaan payudara klinis. Dan segera temui dokter jika Anda melihat adanya benjolan, perubahan pada kulit payudara seperti kemerahan, penebalan, atau mirip kulit jeruk.

Cara Mengatasi Sakit Payudara Saat Mau Haid

Langkah pertama dalam cara mengatasi sakit payudara saat mau haid adalah mengetahui apakah sakit payudara ini termasuk nyeri siklik atau non-siklik. Kalau Anda masih dalam usia subur (belum menopause), catatlah kapan dimulainya siklus menstruasi Anda dan kapan rasa sakitnya mulai dirasakan.

Nyeri payudara siklik seringnya dimulai menjelang waktu menstruasi dan mungkin terus dirasakan sampai menstruasi berhenti, tapi rasa sakitnya berkurang seiring waktu.

Anda juga bisa konsultasi dengan dokter untuk menemukan cara mengatasi sakit payudara saat mau haid yang terbaik.

Vitamin dan Suplemen

Ada beberapa perawatan alternatif yang dapat membantu mengatasi nyeri dada menjelang menstruasi, antara lain:

  • Minyak evening primrose
  • Chasteberry
  • Vitamin E
  • Vitamin B6

Sebelum mengonsumsi vitamin atau suplemen apapun, sebaiknya konsultasikan dengan dokter. Meski tampaknya tidak berbahaya, tapi ada beberapa herbal dan vitamin yang dapat mengganggu kerja obat yang mungkin sedang Anda konsumsi.

Obat Medis Resep Dokter

Ada beberapa obat medis yang dapat diresepkan dokter sebagai cara mengatasi sakit payudara saat mau haid, antara lain:

  • Diclofenac
  • Bromocriptine
  • Tamoxifen
  • Danacrine

Beberapa kombinasi pil KB juga dapat membantu mengurangi gejala dada sakit sebelum menstruasi. Dokter dapat memberikan saran mengenai kombinasi yang terbaik sesuai dengan gejala-gejala yang Anda rasakan.

Ingatlah bahwa Anda mungkin harus mencoba beberapa obat sampai akhirnya mendapat yang benar-benar efektif untuk Anda.

Perawatan Diri untuk Cara Mengatasi Sakit Payudara Saat Mau Haid

Selain menggunakan vitamin, suplemen, atau obat resep dokter, ada beberapa tips perawatan diri untuk membantu mengatasi nyeri payudara sebelum menstruasi.

  • Kurangi stres dengan rutin olahraga, mandi berendam air hangat, atau melakukan teknik pernapasan tertentu. Menggunakan aromaterapi juga bisa mengurangi stres.
  • Makan dengan benar: Batasi konsumsi daging dan penuhi piring makan Anda dengan sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian yang sehat.
  • Batasi kafein: Kafein dapat memperburuk nyeri dada menjelang menstruasi. Jadi batasi kafein dengan mengurangi kopi, teh, soft drink, dan bahkan cokelat.
  • Kurangi garam: Garam bisa memicu penumpukan cairan, yang dapat meningkatkan tekanan pada payudara.
  • Kurangi berat badan: Bahkan turun 1 kg saja sudah dapat mengurangi nyeri payudara sebelum menstruasi.
  • Minum obat pereda nyeri: Obat ibuprofen yang dijual bebas dapat membantu mengurangi rasa nyeri.
  • Pakai pakaian dalam yang nyaman: Support bra dapat mengurangi guncangan pada jaringan payudara selama periode menstruasi dan mengurangi nyeri payudara. Atau Anda mungkin merasa lebih nyaman saat memakai kamisol yang ringan.
  • Gunakan kompres panas atau dingin selama 20 menit: Pastikan untuk menaruh handuk di antara kulit dan kompres agar tidak mengiritasi jaringan payudara Anda.
Nyeri payudara siklik tidak ada kaitannya dengan gaya hidup dan kebiasaan makan yang buruk. Jadi bahkan orang yang sudah rajin hidup sehat pun tetap bisa mengalami sakit payudara menjelang haid.

Beberapa tips perawatan diri di atas dapat meringankan gejala-gejala yang Anda rasakan sebelum dan selama periode haid. Jika masih belum membaik juga, ada baiknya temui dokter untuk mendapat pemeriksaan lebih lanjut dan mendapat saran perawatan yang lebih efektif.

Demikianlah artikel ini yang mengulas gejala, penyebab, dan cara mengatasi sakit payudara saat mau haid. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi Anda. Temukan juga ulasan informatif lain seputar kesehatan hanya di Deherba.com.

Sumber

Verywell Health. Breast Pain and Your Menstrual Period. URL: https://www.verywellhealth.com/breast-pain-and-your-menstrual-period-429841

Verywell Health. Cyclical and Noncyclical Breast Pain. URL: https://www.verywellhealth.com/breast-pain-cyclical-and-noncyclical-430434

Mendapat manfaat dari artikel-artikel kami? Mohon berikan ulasan untuk terus menyemangati kami menulis > Google Review ★★★★★

{"email":"Email address invalid","url":"Website address invalid","required":"Required field missing"}