Mungkin Diet Anda Gagal Karena 7 Alasan Ini

191

Diedit:

Anda sudah berjuang keras berdiet selama beberapa pekan. Tapi kenapa sepertinya jarum di timbangan tak kunjung bergeser ke kiri. Kenapa seolah-olah diet gagal dengan sia-sia? Apa yang salah dengan diet Anda? Padahal orang bilang kalau diet itu sudah terbukti sukses menurunkan berat badan banyak orang.

Ternyata memang ada beberapa kesalahan diet yang sangat lazim dilakukan oleh pelaku diet. Tanpa mereka sadari justru kesalahan ini menjadi kebiasaan karena menganggapnya sehat dan aman untuk berat badan Anda. Tak ayal lagi, kebiasaan akibat salah kaprah inilah yang menyebabkan diet gagal. Apa saja kesalahan diet yang perlu Anda hindari mulai dari sekarang?

Mengonsumsi Jus sebagai Pengganti Makanan

Akibat perubahan bentuk buah dari padat menjadi cairan kental, terjadilah penurunan beberapa khasiat buah. Pengurangan khasiat itu semakin menjadi setelah Anda menambahkan gula atau madu dalam campuran jus. Memang dikatakan madu relatif aman untuk diet, tetapi bukan berarti tidak mengandung kalori.

Buah dalam bentuk utuh atau potongan, mengandung serat larut dan tak larut yang sangat tinggi. Serat inilah yang membantu Anda merasa kenyang lebih lama. Sedangkan buah yang sudah dilumat, otomatis lebih dari separuh seratnya hilang atau hancur. Ini berarti jus buah tidak sanggup menahan kenyang sampai waktu makan berikutnya. Akhirnya Anda tergoda untuk makan sebelum jam makan berikutnya.

Lebih buruk lagi, pengolahan jus yang tidak tepat juga bisa menyebabkan berkurangnya sejumlah enzim alami dalam. Padahal enzim dibutuhkan untuk fungsi pencernaan dan liver. Dengan mengonsumsi buah yang notabene mengandung fruktosa, Anda jelas membutuhkan banyak bantuan dari enzim-enzim ini untuk memaksimalkan kerja liver dalam mengolah fruktosa.

Jus buah yang dijual di pasaran jauh lebih buruk lagi, karena kebanyakan diolah dengan penambahan gula yang cukup tinggi sampai di atas 200 kalori per gelas. Jenis sari buah yang kental, seperti Noni Juice, jelas menjadi pilihan lebih baik karena menggunakan pengolahan khusus demi mempertahankan enzim-enzim alami buah.

Mengurangi Porsi Makan

Mengurangi porsi makan adalah kebiasaan paling lazim yang dilakukan pelaku diet. Sebenarnya ini kebiasaan yang salah kaprah mengingat pengurangan porsi sama saja membuat Anda kelaparan. Bukan hanya membuat Anda jadi makan lebih banyak di jam makan berikutnya, efek lapar akan mengganggu aktivitas harian Anda.

Tetaplah pertahankan porsi yang biasa Anda makan. Hanya saja pastikan Anda sudah mengubah komposisi menunya. Kurangi jumlah karbohidrat dan ganti dengan lebih banyak sayur yang kaya serat untuk membantu Anda menahan lapar. Tambahkan porsi protein dan imbangi dengan buah-buahan untuk membantu mengolah protein di dalam tubuh.

Porsi yang sama besarnya tetapi dengan komposisi yang diubah akan membuat Anda merasa kenyang meskipun rendah kalori. Kebutuhan nutrisi tetap terpenuhi, bahkan bisa saja lebih terpenuhi. Coba atur untuk semakin mengurangi kadar kalori pada menu sore dan malam.

Baca juga:  Diet Sehat Apa Itu Diet Golongan Darah O?

Menjalankan Diet Rendah Karbohidrat yang Tidak Seimbang

Diet ini memang diklaim sangat efektif mengatasi masalah kegemukan, bahkan dikatakan jauh lebih efektif dari diet rendah lemak. Namun coba cermati lagi semua program diet yang mengusung konsep diet rendah karbohidrat. Anda akan memahami bahwa ada banyak sekali aturan untuk memastikan diet ini berjalan sukses dan aman.

Bagaimanapun tubuh membutuhkan asupan kalori, dan karbohidrat adalah sumber kalori terbaik. Jika memutuskan mengurangi atau bahkan menghilangkan asupan karbohidrat, pastikan Anda mendapatkan sumber energi alternatif dalam diet Anda. Pastikan juga menambahkan sumber serat yang bisa bekerja sebagai penahan lapar. Atau pilihlah sumber karbohidrat yang juga mengandung serat tinggi sebagai alternatif.

Menjalankan diet rendah karbohidrat yang tidak seimbang adalah kesalahan diet. Karena akan membuat tubuh jadi lemah, gampang lapar, dan membuat Anda makan lebih banyak. Jadi percuma saja sudah berlelah-lelah menahan diri tidak makan nasi dan roti, tapi Anda makan banyak jenis makanan lain sehingga diet gagal.

Sembarangan atau Melewatkan Sarapan

Tahukah Anda kunci keberhasilan diet justru terletak pada menu dan porsi sarapan Anda? Bila Anda memutuskan melewatkan waktu sarapan atau memilih hanya makan selembar roti gandum atau sebuah apel, rasanya ini malah membuat diet Anda seharian jadi kacau.

Mungkin Anda merasa tidak lapar di pagi hari, tapi sembarang sarapan malah akan menambah rasa lapat sehingga Anda jadi tergoda makan sebelum waktunya. Masalah lainnya, ketika sedang sibuk beraktivitas, Anda malah kelaparan. Akhirnya Anda terpaksa mengunyah camilan yang biasanya mengandung kalori tinggi.

Agar tidak mengulangi kesalahan diet ini, pastikan untuk sarapan dengan menu seimbang. Mulailah pagi dengan nutrisi yang lengkap dan perut yang kenyang. Menu sarapan yang sehat harus terdiri dari serat, protein, dan vitamin untuk amunisi tenaga. Ini akan sangat efektif untuk menahan kenyang lebih lama sampai siang datang.

Kebanyakan Mengonsumsi Makanan Khusus Diet

Anda tertarik dengan promosi granola di media sosial yang menjanjikan asupan protein sehat untuk diet. Tapi Anda malah makan lebih dari dua mangkuk granola di waktu menjelang siang demi menahan lapar. Atau Anda melihat protein bar dijual dalam sebuah pameran kesehatan dan memilih membelinya sepak sekaligus. Besoknya Anda menghabiskan 5 bar sekaligus di sore hari.

Memang makanan itu sehat, aman untuk diet, dan bahkan membantu memaksimalkan diet Anda. Tapi itu kalau Anda mengonsumsinya dalam batas wajar. Percuma saja kalau Anda mengonsumsi dengan jumlah berlebihan. Akumulasi kalori yang terkumpul akan tetap saja membuat kalori dalam tubuh jadi naik sehingga diet gagal.

Kebanyakan Mengonsumsi Lemak Sehat

Belakangan ini banyak informasi kesehatan yang menyatakan bahwa lemak tidak selamanya adalah musuh pelaku diet. Memang ada lemak jahat yang siap menggempur tubuh Anda dengan kolesterol, tapi ada juga lemak baik yang malah bermanfaat untuk diet.

Baca juga:  Mengenal Lebih Baik Apa Itu Glikogen

Anda bisa memilih beberapa makanan sumber lemak sehat seperti ikan salmon, alpukat, kacang-kacangan, dan keju cottage. Tapi tentu saja, bukan lantas Anda diizinkan mengonsumsinya tanpa batas. Lemak tetap saja lemak, dan jika dikonsumsi berlebihan maka jumlahnya dalam tubuh juga akan melebihi kebutuhan. Dan kelebihan ini akan diubah menjadi cadangan lemak dalam tubuh.

Kunci agar tidak melakukan kesalahan diet ini adalah membatasi konsumsi lemak sehat. Lemak sehat mengandung sejumlah besar kalori meskipun tidak sebanyak lemak tak sehat. Lagipula, lemak biasanya memberi efek puas lebih cepat dari karbohidrat, jadi tidak perlu banyak makan lemak. Ada semacam sinyal dalam tubuh yang akan membuat Anda merasa enek bila kelebihan makan lemak. Jadi pastikan Anda menuruti sinyal ini.

Terlalu Ketat Mengikuti Diet Tinggi Protein

Dalam jangka pendek dan komposisi seimbang, diet tinggi protein berguna untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, kadang pelaku diet menjadi berlebihan melakukan diet protein—dengan porsi yang terlalu besar, tanpa nutrisi yang cukup seimbang, serta dijalankan dalam waktu lama.

Anda butuh bantuan sangat banyak vitamin, mineral, dan sejumlah fitonutrien untuk menunjang fungsi liver yang memastikan protein bisa diubah menjadi formula asam amino yang siap diserap tubuh. Dan bila kebutuhan ini tidak terpenuhi, ditambah lagi dengan kelebihan protein yang diasup, liver Anda bisa bermasalah.

Salah satu masalahnya adalah keterlambatan dalam sekresi lemak sehingga liver membentuk lapisan lemak di sekitarnya yang disebut lemak liver. Lemak ini berbahaya karena akan berada di sekitar lingkar perut dan memperlambat kinerja seluruh bagian organ perut. Pada akhirnya kesalahan diet ini membuat Anda tidak kunjung berhasil mengurangi bobot badan.

Manakah dari kesalahan diet yang selama ini Anda lakukan? Mulai sekarang coba tinjau ulang program diet yang selama ini Anda jalankan. Pastikan diet yang dijalankan memang sudah tepat dan sesuai dengan kondisi tubuh Anda.

Agar tidak terulang lagi kasus diet gagal, Anda juga bisa menambahkan asupan suplemen herbal yang efektif memperbaiki sistem metabolisme tubuh serta membantu penyerapan nutrisi. Sistem metabolisme yang meningkat akan membuat tubuh Anda membakar kalori lebih cepat sehingga mencegahnya menumpuk sebagai lemak dalam tubuh.

Tak hanya itu, ragam kandungan nutrasetikal di dalam Noni Juice ampuh menyeimbangkan nafsu makan sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda. Herbal ini juga dapat bertindak sebagai katalis dalam tubuh yang merangsang fungsi-fungsi alami tubuh untuk mencapai dan mendapatkan kesehatan yang optimal.

Dicapainya peningkatan kesehatan secara alami membuat konsumsi Noni Juice sebagai pelengkap yang bagus untuk diet jenis apa pun atau untuk memperoleh kesehatan yang prima. Jika Anda menghindari 7 kesalahan diet di artikel ini, lalu dipadukan dengan konsumsi herbal yang tepat, kemungkinan besar Anda akan cepat meraih berat badan yang diidamkan.

AdvertisementSimplisia.com