Meredakan Gejala Gigi Tumbuh pada Bayi: Caranya?

642

Hampir semua anak bayi yang giginya baru saja mulai bertumbuh menunjukkan gejala-gejala yang khas. Anak mungkin rewel lebih dari biasanya karena merasa ada yang tidak nyaman di gusinya. Gigi yang mendorong gusi lah yang menimbulkan rasa tidak nyaman ini beserta gejala lain yang dialami bayi selama gigi tumbuh.

Anak Anda kemungkinan besar akan bertumbuh giginya ketika usianya mencapai 6 bulan. Gigi yang pertama kali tumbuh biasanya adalah gigi depan bawah (gigi seri tengah bawah), kemudian diikuti oleh dua gigi depan atas (gigi seri tengah atas).

Selain menjadi lebih rewel, bayi Anda bisa juga menunjukkan gejala lain, seperti:

  • Mengeluarkan lebih banyak air liur sejak dua bulan sebelum tumbuhnya gigi pertama.
  • Gusi menjadi bengkak.
  • Anak senang mengunyah benda yang padat.

Banyak orang tua menduga bahwa gigi tumbuh dapat menyebabkan anak demam dan diare, namun para ahli tidak menemukan bukti yang menguatkan dugaan tersebut. Gigi tumbuh hanya menyebabkan munculnya tanda dan gejala di area mulut dan gusi, bukan menyebabkan masalah di area lain pada tubuh.

Tips Sederhana untuk Meredakan Gejala Gigi Tumbuh pada Bayi

Pijatlah gusi bayi dengan jari Anda. Sebelumnya cuci dulu jari sampai bersih dan balut jari dengan bantalan kasa basah atau waslap yang lembap. Pijatlah secara perlahan gusi bayi untuk mengurangi ketidaknyamanannya.

Berikan anak teething tots. Ini adalah mainan berbentuk cincin yang khusus untuk digigit anak bayi. Pilihlah yang terbuat dari karet liat dan simpan mainan tersebut di kulkas agar dingin—dingin dapat meredakan nyeri akibat gigi tumbuh. Namun jangan dinginkan sampai beku, karena malah membuat nyeri bertambah parah.

Keringkan air liur anak. Mengeluarkan banyak air liur adalah bagian dari proses alami gigi tumbuh. Untuk mencegah iritasi kulit akibat air liur, lap dengan handuk bersih area sekitar mulut yang basah.

Berikan anak Anda potongan-potongan buah dingin. Dinginkan buah di dalam kulkas, bukan di freezer. Di samping mengurangi rasa nyeri, buah juga memiliki nutrisi yang bermanfaat bagi bayi Anda.

Jika tidak punya teething tots, Anda bisa membiarkan anak mengunyah waslap, handuk, atau kain yang bersih. Sama halnya dengan buah dan teething tos, dinginkan waslap atau rendam dalam air es.

Pastikan mainan atau waslap yang Anda berikan selalu dalam keadaan bersih dan cukup besar supaya tidak tertelan oleh anak Anda.

Gejala atau tanda yang ditunjukkan bayi Anda ketika giginya tumbuh sering kali dapat ditangani sendiri di rumah. Namun jika bayi Anda mengalami demam, diare, atau mengalami gejala penyakit lain, segera periksakan bayi Anda ke dokter. Bisa jadi masalahnya bukan pada gigi tumbuh, tapi pada bagian tubuh lain.